Aplikasi

Pilih Mana: Hay Day atau Farmville?

Saat ini game selalu memiliki banyak peminatnya, karena itulah game juga selalu muncul dengan berbagai macam jenis. Salah satu game yang ada saat ini adalah game yang memiliki konsep simulasi dalam peternakan dan pertanian. Dua game yang memiliki kategori seperti itu yakni Hay Day dan Farmville. Manakah yang paling baik untuk dimainkan? Hay Day atau Farmville?

Hay Day dan Farmville sebenarnya memiliki konsep yang sama dalam permainannya. Namun kedua game ini pastilah memiliki perbedaan. Game Hay Day memiliki kemampuan untuk membuat penggunanya tidak merasa bosan sebab memiliki banyak level dalam permainnanya. Sedangkan game Farmville merupakan game yang memiliki banyak fitur dan memiliki kualitas grafis yang baik untuk ukuran game Facebook.

Game Hay Day

Hay Day merupakan salah satu game untuk simulasi pertanian. Game ini dirilis pada tahun 2012 yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Supercell. Dikutip dari Duniaku.net Hay Day ini merupakan game pertama yang membuat Supercell sukses. Game ini memiliki banyak pengguna sebab lebih mudah untuk digunakan dan tidak memerlukan akun media sosial seperti Facebook. Baca juga Pilih Mana: PUBG vs Fortnite?

Kelebihan Game Hay Day

Berikut beberapa kelebihan game Hay Day yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Memerlukan Akun Facebook

Salah satu kelebihan memainkan game atau permainan Hay Day adalah Anda tidak membutuhkan atau tidak memerlukan akun Facebook seperti jika Anda ingin bermain di Farmville. Hal ini akan membantu Anda yang tidak memiliki akun Facebook, atau enggan untuk menghubungkan permainan dengan facebook.

  • Dapat Memanen Secara Instan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki game Hay Day adalah Anda dapat melakukan panen secara instan sehingga lebih cepat saat memanen. Dengan adanya kemampuan seperti ini, Anda dapat melakukan aktivitas lainnya dengan cepat karena tidak harus memanen secara manual yang lebih lambat.

  • Dapat Bermain Tanpa Mengeluarkan Uang

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki game Hay Day adalah Anda dapat menjalankan permainan tanpa harus mengeluarkan uang. Hal ini tentu berbeda dengan Farmville yang membutuhkan uang untuk bisa bermain.

Kekurangan Game Hay Day

Berikut beberapa kekurangan game Hay Day yang perlu Anda ketahui:

  • Lama Menunggu hasil Panen Jika Lahan Sempit

Salah satu kekurangan game atau permainan Hay Day adalah membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menunggu hasil panen jika memiliki lahan yang sempit. Namun jika lahan yang dimiliki tidak sempit, Anda tidak akan terlalu lama dalam menunggu hasil panen.

  • Bahan Baku Sulit untuk Dikumpulkan

Kekurangan lain ketika Anda bermain di Hay Day adalah Anda akan kesulitan untuk mengumpulkan bahan baku. Bahan baku yang sulit dikumpulkan tersebut meliputi bahan baku untuk toko, pertanian, peternakan sehingga Anda harus membeli dengan harga yang cukup mahal.

  • Sering Lambat dan Close Game

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki game Hay Day ini adalah sering lambat dan close game saat update terakhir. Hal ini tentu sangat mengganggu pemain yang ingin melakukan update pada game ini.

Kelebihan Game Hay DayKekurangan Game Hay Day
- Tidak memerlukan akun Facebook- Lama menunggu hasil panen jika lahan sempit
- Dapat memanen secara instan- Bahan baku sulit untuk dikumpulkan
- Dapat bermain tanpa mengeluarkan uang- Sering lambat dan close game

Game Farmville

Farmville merupakan sebuah permainan dengan simulasi pertanian dengan waktu yang nyata. Permainan ini dirilis pada tahun 2009. Untuk memainkan game ini, Anda membutuhkan sebuah akun Facebook.

Lihat juga:  Pilih Mana: Smadav atau Avira?

Kelebihan Game Farmville

Berikut beberapa kelebihan game Farmville yang perlu Anda ketahui:

  • Suara Hewan dalam Permainan Sesuai dengan Suara Asli

Salah satu kelebihan game Farmville adalah suara hewan yang terdapat dalam permainan hampir mirip dengan suara asli hewan tersebut. Sehingga saat memainkan permainan ini, Anda seolah-olah memang berhubungan dengan hewan aslinya.

  • Dapat Melatih Kepedulian dan Keaktifan

Kelebihan lain yang dimiliki game Farmville ini adalah dapat melatih kepedulian dan keaktifan penggunanya. Tumbuhan yang ada di game Farmville lebih cepat layu dan perlu disiram lebih sering. Karena memiliki sifat yang seperti ini, Anda akan terbiasa untuk melakukan hal yang berulang-ulang sehingga melatih kepedulian dan keaktifan pengguna.

  • Aktivitas Hampir Mendekati Keadaan Sebenarnya

Aktivitas, suara dan keadaan pada game ini hampir mendekati dengan keadaan sebenarnya. Suara saat Anda menyiram air dan suara pembangunan pada game ini sesuai dengan suara yang sebenarnya pada dunia nyata. Bentuk perilaku hewan pada game ini juga sesuai dengan perilaku hewan yang sebenarnya pula. Tidak hanya itu, proses penanaman dan tumbuh kembang tanaman juga hampir sama dengan keadaan yang sebenarnya.

Kekurangan Game Farmville

Berikut beberapa kekurangan game Farmville yang perlu Anda ketahui:

  • Membutuhkan Akun Facebook

Salah satu kekurangan game Farmville adalah membutuhkan akun Facebook untuk memainkan dan menjalankan game ini. Jika Anda tidak memiliki akun Facebook dan ingin menggunakan game ini, Anda sebaiknya membuat aku Facebook terlebih dahulu. Hal ini tentu berbeda dengan game Hay Day yang tidak memerlukan akun Facebook untuk memainkannya.

  • Harus Memanen Setiap Waktu

Kekurangan lain yang dimiliki oleh game Farmville ini adalah Anda harus melakukan panen setiap waktu jika terdapat pemberitahuan harus panen. Game ini tidak menyediakan tombol skip sehingga panen harus dilakukan dan tidak bisa dilewatkan setiap ada pemberitahuan.

  • Tidak Dapat Memanen Secara Instan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Game ini adalah panen yang dilakukan tidak bisa dilakukan secara instan. Untuk melakukan panen Anda harus melakukannya secara manual sesuai dengan ketentuan pada game Farmville.

Kelebihan Game FarmvilleKekurangan Game Farmville
- Suara hewan dalam permainan sesuai dengan suara asli- Membutuhkan akun Facebook
- Dapat melatih kepedulian dan keaktifan- Harus memanen setiap waktu
- Aktivitas hampir mendekati keadaan sebenarnya- Tidak dapat memanen secara instan

Pilih Mana: Hay Day atau Farmville?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Hay Day dan Farmville. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Game Hay DayGame Farmville
- Dirilis pada tahun 2012- Dirilis pada tahun 2009
- Dapat melakukan skip pada pemberitahuan panen- Harus melakukan panen setiap ada pemberitahuan panen
- Tidak membutuhan akun Facebook- Membutuhkan akun Facebook

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Hay Day dan Farmville dapat disimpulkan bahwa game Hay Day merupakan game yang lebih praktis untuk digunakan dan tidak terlalu mendekati keadaan yang sebenarnya. Sedangkan Farmville merupakan permainan yang pada proses permainannya hampir mirip dengan keadaan sebenarnya. Jika Anda termasuk orang yang sabar, ingin lebih natural dalam bermain maka Anda dapat memainkan Farmville.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Hay Day vs Farmville

VS

Leave a Reply