Auto TechTechnology

Pilih Mana: Headphone Razer atau Headphone SteelSeries?

Bermain game tentunya aktivitas yang menyenangkan, apalagi ditambah dengan suara yang menggelegar yang dihasilkan oleh game tersebut. Untuk mendapatkan kualitas suara yang maksimal tentunya membutuhkan sebuah headphone untuk menunjangnya, seperti Headphone Razer dan Headphone SteelSeries.

Headphone Razer dan Headphone SteelSeries merupakan perangkat gaming yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kedua merek terkenal ini tentunya sudah sangat berpengalaman di dunia game.

Penasaran dengan beberapa kelebihan serta kekurangan kedua headphone ini? Untuk itu pantengin terus Selera.id kali ini untuk mendapatkan info selengkapnya ya guys!

Headphone Razer

Razer merupakan produsen komputer dan aksesoris komputer asal California, Amerika Serikat. Razer dibuat pertama kali oleh Min-Liang Tan serta Robert Krakoff. Produk Razer ditargetkan khusus untuk para gamer. Produk yang dihasilkan Razer merupakan mouse, mousepad, keyboard, gamepad, laptop, headphone gaming dan lain sebagainya.

Karena fokus untuk gamer, maka dari itu semua produk aksesoris gaming merek Razer memiliki fitur serta spesifikasi yang benar-benar menjawab kebutuhan para gamer. Salah satu produk andalan Razer merupakan headphone.

Headphone Razer sendiri tentunya memiliki kualitas yang sangat baik. Suara yang dihasilkan tentunya sangat maksimal dan sesuai dengan kebutuhan gaming kamu, terlebih jika kamu memainkan game FPS. Baca juga Pilih Mana: Headphone Sennheiser atau Edifier?

Kelebihan Headphone Razer

  • Desain sederhana namun eksklusif
    Konsep yang simple tetapi mempunyai kesan eksklusif, menjadikan Razer sebagai salah satu gaming headphone yang tidak akan termakan zaman. Di samping itu, headphone ini juga termasuk ringan serta mempunyai bantalan kepala dan telinga yang cukup tebal sehingga tidak mengganggu ketika kamu gunakan. Didesain khusus untuk gamer, headphone ini akan jadi perlengkapan wajib yang mesti ada ketika kamu bermain game.
  • Nyaman untuk berbagai bentuk kepala
    Melihat bantalan yang ada pada bagian kepala dan telinga, headphone ini akan nyaman dipakai selama berjam-jam tanpa membuat telinga kamu sakit. Tidak hanya itu, pad pada bagian telinga juga bisa kamu sesuaikan dengan bentuk kepala dan posisi telingamu sehingga kamu bisa mendapatkan posisi paling nyaman supaya permainan game lebih maksimal.
  • Performa suara yang memuaskan
    Satu hal utama dari headphone gaming yakni bisa membuat suara dari game terdengar jelas dan jernih. Tentu saja perihal ini menjadi perhatian utama pihak Razer sebagai produsen karena perihal ini yang dicari oleh semua gamer. Bantalan pada bagian telinga juga bisa berfungsi dengan baik menghalangi suara bising dari lingkungan sekitar sehingga kamu akan lebih fokus ketika bermain. Bahkan suara langkah lawan yang mengendap-endap ketika kamu sedang bermain game online bisa ditangkap dengan jelas.

Kekurangan Headphone Razer

  • Harga tinggi
    Sudah sepantasnya jika headphone milik Razer memiliki harga yang cukup tinggi, karena memang kualitas dan performa yang dihasilkan sudah tidak perlu diragukan lagi. Tentunya akan membuat penggunanya makin betah menggunakan headphone ini.
  • Tidak banyak yang menjual
    Headphone milik Razer sendiri masih belum banyak yang menjual di Indonesia. Namun kamu jangan khawatir, karena sekarang kamu bisa membelinya secara online.
  • Kurang cocok untuk digunakan mendengarkan musik pop
    Headphone Razer sendiri tentunya dikhususkan untuk gaming saja. Tidak masalah jika kamu menggunakannya untuk mendengarkan musik, namun suara vokal dari musik tersebut dirasa kurang greget.

Rekomendasi Headphone Razer

1. Razer Kraken Pro V2
Jangan ragu memakai headphone Razer seri ini untuk mendukung permainanmu karena Razer Kraken Pro V2 dilengkapi dengan mikrofon yang mempunyai sensitivitas sampai 118 dB. Sistem suara surround sound akan membuat permainanmu 100 persen seru karena suara yang keluar dari game akan terdengar lebih terfokus, utuh, serta jernih sehingga kebisingan di sekitarmu tidak terdengar.

2. Razer Kraken Pro Esports
Headphone satu ini populer di kalangan para gamer. Razer Kraken Pro Esports didesain bersama mikrofon fleksibel yang bebas kamu gerakkan. Dilengkapi dengan driver berkualitas terbaik, ukurannya besar, kabel audio jack dan kabel splitter sebesar 3, 5 mm, juga remote berupa in-line yang menjadikanmu tidak perlu repot memakai aplikasi eksternal untuk mengatur volume.

3. Razer Electra V2
Driver audio 40 mm membuat headphone ini mengeluarkan suara bass yang enak ditelinga dan jernih. Terlebih didukung surround sound virtual 7.1, dipastikan kamu akan tenggelam dalam permainan, seolah bagai di dunia nyata! Pergerakanmu atau lawan jadi mudah terdengar sehingga kamu lebih terkonsentrasi untuk menang. Material aluminium frame menjadikan Razer Electra V2 lebih efektif dibawa dan digunakan, karena ringan serta awet.

Varian Headphone RazerHarga per Oktober 2019
Razer Kraken Pro V2Rp 992.000,-
Razer Kraken Pro EsportsRp. 835.543,-
Razer Electra V2Rp 860.000,-

Headphone SteelSeries

Headphone gaming & profesional SteelSeries merupakan headphone berkualitas dan original yang bisa kamu miliki untuk memenuhi perangkat audio kamu. Headphone ini mempunyai model beragam yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Dari segi desain, untuk headset game maupun headphone profesional, mempunyai desain yang aerodinamis, pas di kepala serta telinga, juga memberikan kenyamanan ketika dipakai.

Untuk kualitas suara yang dihasilkan juga amat baik. Karena headphone ini sanggup menghasilkan audio stereo yang sangat jernih, jelas, serta dentuman bass yang besar. Tetapi kamu tidak perlu takut, sebab untuk melengkapi kualitas suaranya headphone ini dilengkapi dengan pengatur volume. Headphone ini juga dilengkapi dengan mikrofon yang berguna untuk menangkap suara dengan jelas.

Headphone ini bisa dipakai untuk keperluan seperti bermain game melalui PC, recording atau dubbing, mendengarkan musik, menonton video di PC, maupun untuk berkomunikasi atau perlengkapan laboratorium bahasa dan telekomunikasi.

Kelebihan Headphone SteelSeries

  • Nyaman digunakan
    Desain headband yang fleksibel serta earpad dengan bahan kulit membuat SteelSeries nyaman dipakai untuk waktu yang lama. Waktu gaming Kamu yang bisa menghabiskan waktu sampai berjam-jam tidak akan berakhir dengan telinga yang lelah serta kepanasan.
  • Fleksibel
    Sebagian besar headphone SteelSeries ini mengusung mekanisme penopang kepala yang fleksibel. Tidak kaku seperti kebanyakan headphone kompetitor yang lain, fleksibilitas seperti ini tidak cuma membuatnya cukup mumpuni untuk menangani hampir sebagian besar ukuran kepala gamer tapi juga membuatnya tidak terasa terlalu menekan di kedua sisi.
  • Kualitas audio yang baik
    Pada seri SteelSeries Arctis 2019 Edition menghasilkan audio 60% lebih kencang di range netral dan mid. Headset ini juga berhasil mengurangi distorsi serta noise yang mengganggu, sehingga suara yang keluar sangat jernih. Perihal ini membuat SteelSeries Arctis 2019 Edition tidak cuma cocok untuk bermain games, namun juga untuk mendengarkan musik dan menonton film.

Kekurangan Headphone SteelSeries

  • Harga mahal
    Sama seperti headphone Razer, headphone milik SteelSeries juga memiliki harga yang cukup tinggi. Tentunya ini sesuai dengan kualitas dan performa yang diberikan SteelSeries untuk para penggunanya.
  • Belum banyak dijual di Indonesia
    Headphone SteelSeries juga masih tidak begitu banyak dijual di pasaran Indonesia sama seperti headphone Razer. Namun kamu bisa mendapatkan headphone SteelSeries ini di toko online.
  • Suara bass terlalu menonjol
    Suara bass yang dikeluarkan oleh SteelSeries dirasa terlalu menonjol. Memang ada yang senang dengan hal ini, namun tidak sedikit juga yang merasa terganggu. Untuk itu kamu bisa mengatur volume sesuai dengan selera dan kebutuhan gaming kamu.

Rekomendasi Headphone SteelSeries

1. SteelSeries Siberia 840
SteelSeries Siberia 840 tampil dengan beberapa upgrade yang membuat performa headphone ini jadi semakin lebih baik. Upgrade yang terdapat pada produk ini antara lain merupakan pro-bluetooth dan anti-lag. Dengan memakai aplikasi SteelSeries Engine 3, Kamu bisa menyesuaikan pengaturan equalizer serta mengatur tampilan di layar OLED.

2. SteelSeries Arctis 5
Mode yang dipakai headphone ini didominasi oleh plastik dan juga cukup ringan. Namun juga diberikan rubber soft touch di bagian luarnya dan pada bagian dalam di headband plastik yang berada di bagian atasnya. Nyatanya, untuk headband serta earcap nya ini, mempunyai dua bahan yakni, plastik dan fiber yang berfungsi dalam mengatur ukuran kepala serta kenyamanan telinga.

3. SteelSeries Arctis 7
Dengan pemakaian microphone yang tentu fleksibel dimana dalam headphone ini mic nya ini dapat dimasukan kedalam maupun keluar atau juga bisa dilepas. Kemudian dalam pemakaian konversi suaranya ini masih sama dengan seri Arctis 5 hanya saja jika yang seri kelimanya itu diposisikan secara terpisah.

Varian Headphone SteelSeriesHarga per Oktober 2019
SteelSeries Siberia 840Rp 4.290.000,-
SteelSeries Arctis 5Rp. 950.000,-
SteelSeries Arctis 7Rp 2.380.000,-

Pilih Mana: Headphone Razer atau Headphone SteelSeries?

Headphone RazerHeadphone SteelSeries
Kelebihan- Desain sederhana namun eksklusif - Nyaman untuk berbagai bentuk kepala - Performa suara yang memuaskan - Nyaman digunakan - Fleksibel - Kualitas audio yang baik
Kekurangan- Harga tinggi - Tidak banyak yang menjual - Kurang cocok untuk digunakan mendengarkan musik pop - Harga mahal - Belum banyak dijual di Indonesia - Suara bass terlalu menonjol

Kesimpulan

Headphone Razer dan Headphone SteelSeries tentunya headphone yang bisa menunjang aktivitas game kamu jadi lebih hidup dan seru. Meskipun harga yang disematkan cukup mahal, namun tentunya kamu tidak akan pernah menyesal menggunakan salah satu dari kedua headphone ini. Tentukan pilihan headphone kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Headphone Razer vs Headphone SteelSeries

VS

Leave a Reply