ElektronikFashion

Pilih Mana: Headphone Sennheiser atau Edifier?

Merk atau brand Sennheiser dan merk Edifier merupakan suatu brand dari perusahaan elektronik yang khususnya banyak menjual mengenai perangkat musik dengan kualitasnya yang sangat bagus, salah satunya yaitu headphone Sennheiser dan Edifier.

Headphone Sennheiser dan Edifier sudah pasti banyak dikenal orang dengan spesifikasi yang memukau dan juga harga yang bervariatif atau kompetitif sehingga Anda bisa memilih jenis atau tipe headphone yang terjangkau dari kedua merk headphone ini.

Agar dapat Anda ketahui lebih jelas dan bisa memilih mana yang bisa menjadi referensi yang bagus, yuk baca penjelasannya di bawah ini.

Headphone Sennheiser

Merk atau brand Sennheiser pertama lahir sekitar satu bulan sebelum negara kita merdeka, tepatnya pada tanggal 1 Juni 1945, dengan nama yaitu Laboratorium Wennebostel (Labor W) di kota Wedemark, Hanover.

Pendirinya adalah seorang insinyur di bidang elektro bernama Prof. Dr. Fritz Sennheiser. Perusahaan audio asal Jerman yang merancang dan memproduksi berbagai jenis produk elektronik audio untuk keperluan konsumen.

Salah satu elektronik dari merk Sennheiser yang terkenal adalah headphone. Produk headphone dari Sennheiser memiliki kualitas yang sangat tinggi sehingga headphone dari mek ini banyak disukai oleh berbagai kalangan. Baca juga Pilih Mana: Headphone Shure atau Razer?

Kelebihan Headphone Sennheiser

  • Kualitas suara sangat powerful
    Suara bass yang detail dan bertenaga. Suara yang dihasilkan benar-benar natural, dengan neodymium magnet yang disematkan di dalamnya. Sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencari headphone dengan harga mini berkualitas maksimal.
  • Performa yang sangat tinggi
    Selain memiliki suara yang powerful dari headphone Sennheiser ini juga memiliki kelebihan dengan performa yang sangat tinggi headphone ini mampu menyuguhkan suara dengan kualitas memukau. Ketika mendengarkan musik dengan perangkat ini, Anda akan menyadari bahwa performa suara yang andal bikin betah berlama-lama menikmati audio.
  • Kekuatan kabel yang tinggi
    Kekuatan kabel dari headphones Sennheiser juga berkualitas tinggi. Kabel double side menjadikannya berbeda dengan earphone lainnya. Suaranya mantap. Kabel panjang, tapi suaranya nendang. Jadi, kualitas dari headphone juga tergantung dari kabelnya, yah. Bisa dikatakan bahwa kabel yang berkualitas akan menjadikan suara yang baik dan akan tersalur dengan benar ke telinga.

Kekurangan Sennheiser

  • Resiko pemalsuan produk
    Banyaknya keluhan dari berbagai kalangan mengenai headphone ini adalah bahwa brand dari headphone Sennheiser sering digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga menjual headphone dengan kualitas yang rendah tetapi menggunakan nama Sennheiser. Pastikan Anda membeli headphone merk ini di tempat yang resmi ya.
  • Desain yang biasa saja
    Kekurangan yang pertama dari headphone Sennheiser ini adalah desain yang terbilang biasa saja, dengan demikian hal ini tidak menjadi suatu kekurangan yang mencolok karena kualitas dan performanya sangat bagus.
  • Pilihan warna yang tidak variatif
    Selain memiliki desain yang biasa saja headphone Sennheiser juga memiliki kekurangan dengan pilihan warnanya. Warna yang dimiliki oleh headphone Sennheiser terbilang tidak begitu variatif.
Rekomendasi Headphone SennheiserHarga per Oktober 2019
Headphone Sennheiser HD-201Rp. 214.000
Headphone Sennheiser HD-202Rp. 449.000
Headphone Sennheiser PX100 Rp. 900.000

Headphone Edifier

Brand asal Dongguan dan Beijing, China ini sudah populer sampai Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Asia Pasifik berkat teknologi perangkat audio yang bisa bersaing di tingkat internasional.

Edifier banyak mengeluarkan produk untuk perangkat musik dengan kualitas yang sangat bagus disertai fitur dan spesifikasi yang tinggi, salah satunya yaitu produk headphone Edifier.

Untuk Anda yang ingin mencari sebuah headphone mungkin brand ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda mendengarkan musik dan menambah gaya style Anda semakin keren dan kece tentunya.

Kelebihan Headphone Edifier

  • Desain yang elegan
    Keunggulan yang terakhir yang ada pada headphone Edifier ini yaitu berbagai tipe dari headphone Edifier ini dilengkapi dengan desain yang elegan dan cukup mewah sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri kalian jika menggunakan headphone Edifier ini.
  • Suara bass yang mantap
    Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh headphone Edifier adalah suara bass yang mantap dari brand ini menjadikan headphone ini sangat disukai oleh kalangan anak muda khususnya, dengan menggunakan headphone ini membuat Anda ingin berlama-lama mendengarkan lagu.
  • Kabel yang cukup panjang
    Selain memiliki desain yang elegan dan juga suara bass yang mantap. Kabel yang panjang juga menjadi kelebihan bagi headphone Edifier ini. Karena kabel juga merupakan suatu komponen yang penting untuk menghasilkan sebuah suara yang bagus.
Lihat juga:  Pilih Mana: Mesin Cuci Sharp atau LG?

Kekurangan Headphone Edifier

  • Resiko pemalsuan produk
    Kekurangan yang pertama adalah sama halnya dengan headphone brand Sennheiser, bahwa headphone dari Edifier ini juga dapat terjadi resiko pemalsuan produk yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang membuat headphone kualitas rendah tetapi menggunakan brand atau merk Edifier. Sehingga pastikan Anda membelinya di toko resmi atau web resmi dari merk ini.
  • Pilihan warna yang sedikit
    Jika Anda ingin membeli headphone yang dengan pilihan warna yang cukup banyak, maka dari itu headphone dari Edifier belum menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya headphone dari Edifier memberikan warna yang sedikit, hanya kebanyakan warna hitam saja.
  • Belum banyak tersebar toko resminya
    Jika Anda ingin membeli produk headphone dari Edifier ini belum bisa untuk Anda membelinya di store resmi, karena untuk store resmi masih sangat jarang di Indonesia, Anda bisa membelinya melalui situs online yang terpercaya ya.
Rekomendasi Headphone EdifierHarga per Oktober 2019
Headphone Edifier Series M710Rp. 365.000
Headphone Edifier W800BTRp. 582.000
Headphone Edifier H640PRp. 745.000

Tips Merawat Headphone

  • Keringkan setelah digunakan untuk berolahraga
    Meski headphone yang Anda gunakan didukung dengan teknologi splashproof atau waterproof, penyimpanannya perlu diperhatikan agar tidak berada dalam kondisi yang lembab.
Oleh karena itu, ketika Anda sudah selesai menggunakan headphone setelah berolahraga, keringkan bagian permukaan earbuds yang terkena keringat dengan menggunakan kain bersih.

Sebaiknya, kain yang digunakan untuk membersihkan earbud merupakan kain yang memiliki daya serap tinggi sehingga permukaan headphone Anda benar-benar kering saat dibersihkan.

  • Simpan di dalam wadah khusus
    Beberapa jenis headphone wireless tanpa kabel biasanya sudah dilengkapi dengan wadah yang juga memiliki fungsi sebagai charger. Ketika bepergian, sebaiknya Anda selalu membawa tempat penyimpanan tersebut agar komponen headphone tidak hilang ataupun rusak. Terlebih lagi jika tempat penyimpanan tersebut juga berfungsi sebagai charger, jangan sampai Anda kehabisan baterai
Jika headphone Anda tidak dilengkapi dengan wadah penyimpanan, ada baiknya Anda memiliki wadah penyimpanan khusus untuk memisahkan headphone dengan barang-barang lain ketika disimpan di dalam tas.
  • Bersihkan teratur dengan air hangat
    Anda perlu membersihkan headphone secara teratur agar komponen headphone tidak kotor oleh debu. Bilas dengan cara teratur lapisan silikon pada bagian earbuds agar tidak berdebu dan merusak komponen elektronik di dalam headphone.
Lapisan silikon atau lapisan busa perlu dilepas terlebih dahulu, cuci dan keringkan kembali sebelum dipasangkan. Tahap ini bisa membuat kuping Anda lebih nyaman ketika sedang memakai headphone.
  • Cegah penggunaan terlalu lama
    Sebagaimana perangkat elektronik pada umumnya, penggunaan headphone yang terlalu lama dapat menimbulkan kerusakan. Biasanya, pemakaian yang terlalu lama akan menimbulkan bagian speaker pecah dan kualitas suara menjadi rusak.
Oleh sebab itu, sebaiknya setelah memakai headphone selama 2 jam berturut-turut, istirahatkan fungsi speaker dengan memberi waktu jeda untuk mendengarkan audio dari alat pemutar musik atau gadget.
  • Gulung kabel dengan rapi setelah digunakan
    Fungsi kabel merupakan bagian penting yang perlu dilindungi secara maksimal agar headphone Anda dapat digunakan dengan lebih awet. Ketika sudah tidak dipakai, sebaiknya kabel digulung dengan rapi dan perlahan untuk disimpan di dalam wadah khusus.
Hal ini penting agar kabel tidak tersangkut dengan barang-barang lain yang berpotensi merusak. Pastikan juga Anda sudah melepas port koneksi headphone Anda agar konektor tidak tersangkut dan rusak.

Pilih Mana: Headphone Sennheiser atau Edifier?

Headphone SennheiserHeadphone Edifier
Kelebihan- Kualitas suara sangat powerful - Performa yang sangat tinggi - Kekuatan kabel yang tinggi - Desain yang elegan - Suara bass yang mantap - Kabel yang cukup panjang
Kekurangan- Resiko pemalsuan produk - Desain yang biasa saja - Pilihan warna yang tidak variatif - Resiko pemalsuan produk - Pilihan warna yang sedikit - Belum banyak tersebar toko resminya

Kesimpulan

Headphone Sennheiser dan Edifier memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, keduanya juga memiliki spesifikasi yang sangat bagus dengan harga yang dapat Anda beli cukup terjangkau. Jika mengenai kualitas sepertinya memang headphone Sennheiser jauh lebih unggul, tetapi bukan berarti headphone Edifier tidak bagus ya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Headphone Sennheiser vs Edifier

VS

Leave a Reply