ElektronikTechnology

Pilih Mana: Headphone Shure atau Razer?

Headphone merupakan aksesori alat dengar sederhana yang hanya bisa digunakan melengkapi kebutuhan dalam hal mendengarkan suara dari berbagai perangkat. Headphone sangat cocok buat kamu yang selalu mendengarkan musik, menonton film maupun untuk bermain game.

Saat ini permintaan pasar headphone semakin meningkat, Hal inilah yang membuat beberapa produsen headphone berlomba-lomba menghadirkan headphone yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan entertain yang ada seperti merk headphone Shure dan Razer.

Pada artikel Selera.id kali ini kami akan membahas kedua kompetitor headphone Shure dan Razer. Yuk langsung saja disimak!

Headphone Shure

Shure merupakan salah satu perusahaan milik Amerika Serikat yang memproduksi berbagai macam benda elektronik yang berkaitan dengan industri musik dan audionya, seperti mic, mic wireless dan bahkan headphone. Baca juga Pilih Mana: Laptop Gaming Razer atau Laptop Gaming ROG?

Perusahaan Shure ini didirikan oleh Sidnet N. pada tahun 1925 di Chicago.

Sekarang ini produk Shure yang lebih dikenal dan bahkan terbilang populer mencakup headphone dan personal monitor system, dibandingkan dengan mic. Di Indonesia sendiri, headphone Shure tergolong headphone yang sangat digemari oleh para remaja. Hal ini juga berkaitan dengan kualitas premium headphone Shure namun dengan harga yang cukup beragam dari yang cukup terjangkau hingga sangat mahal.

Rekomendasi Headphone Shure

1.  Headphone Shure SRH440
Tipe Shure yang satu ini mengusung konsep closed-back headphone. Model headphone tipe ini cenderung tertutup sehingga ritme bass dan beat akan terdengar jelas tanpa terganggu oleh gelombang dari luar.

Frekuensi respon yang dimiliki headphone tipe SRH440 memiliki rentang antara 10 – 22.000 Hz.

Headphone Shure ini juga dilengkapi dengan kabel yang cukup panjang, yaitu sekitar 3 meter.  Tipe Shure SRH440 ini sangat pas untuk mendukung kegiatan studio karena kekuatan sensitivitas suaranya mencapai 105 dB.

2. Headphone Shure SRH 840
Tipe headphone Shure ini adalah salah satu produk unggulan dengan kualitas premium. Headphone ini memiliki desain yang cederung simpel dengan balutan warna dan tampilan yang elegan, sangat cocok menemani kalian untuk menjalankan aktivitas sehari-hari sambil mendengarkan musik.

Shure SRH 840 ini juga dibekali dengan dynamic neodyum magnet dan kabel pengganti. Untuk ukuran kabel yang disediakan sama saja dengan tipe SRH440, yaitu sekitar 3 meter. Tetapi. sensitivitasnya cenderung lebih rendah dibandingkan SRH440, yaitu hanya sekitar 102 dB.

3. Headphone Shure SE215
Tipe headphone shure yang satu ini menjadi salah satu andalan produk Shure. Shure juga membuat headphone ini untuk memanjakan para penikmat musik dengan suara bass yang lebih mantap di dengar, Tetapi, dengan suara tetap natural.

Untuk harganya dapat terbilang lebih mahal, yaitu sekitar satu juta rupiah, Tetapi dalam pembelian kalian juga akan mendapatkan aksesoris tambahan yang sangat berguna seperti eartips silikon, foam tips, alat pembersih dan pouch disertai dengan gantungan.

Shure SE215 ini juga memiliki desain yang cenderung  menggunakan warna campuran antara hitam dan transparan. Terdapat pula MicroDriver yang menjadi unggulan headphone Shure tipe SE215 ini. Kemudian model kabelnya tebal dan kuat mulai dari jack 3,5 mm yang dibuat besar dan kokoh serta bisa dilepas-pasang. Hal ini memungkinkan kabel memiliki ketahanan umur yang lebih lama (lebih awet).

Headphone ShureHarga per Oktober 2019
Headphone Shure SRH440Rp. 1.500.000
Headphone Shure SRH 840Rp. 3.000.000
Headphone Shure SE215Rp. 1.900.000

Kelebihan Headphone Shure 

  • Dilengkapi dengan kabel yang panjang
    Kelebihan yang pertama pada headphone Shure ini yaitu dilengkapi dengan kkabel yang cukup panjang seperti pada tipe Shure SRH440 dan Shure SE215 aitu sekitar 3 meter, yang akan membuat kalian dapat menggunakan aktivitas apapun dengan headphone ini tanpa terganggu.
  • Suara bass yang mantap
    Kelebihan yang lainnya yang dimiliki oleh headphone Shure ini yaitu headphone memang dikhsusukan untuk  para penikmat musik dengan suara bass yang lebih mantap di dengar, Tetapi, dengan suara tetap natural.
  • Desain yang elegan
    Keunggulan yang terakhir yang ada pada headphone Shure ini yaitu berbagai tipe dari headphone ini dilengkapi dengan desain yang elegan dan cukup mewah sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri kalian jika menggunakan headphone Shure ini.

Kekurangan Headphone Shure

  • Varian warna yang sedikit
    Walaupun headphone shure ini memiliki desain yang cukup elegan, Namun, headphone Shure ini sangat sedikit memberikan pilihan warna kepada pengguna, Warna yang dominan pada headphone ini yaitu warna hitam.
  • Harga mahal
    Kekurangan yang lain pada headphone Shure ini yaitu hedaphone ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal, Harga yang dibandrol rata-rata dari harga ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah.
  • Kabel yang gampang terbelit
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada headphone Shure ini yakni kabel yang gampang terbelit dikarenakan kabel cukup panjang jadi jika kita tidak berhati-hati kabel akan gampang terbelit dan rentan rusak.

Headphone Razer

Razer merupakan produk elektronik terkenal bagi para gamer di seluruh dunia. Tidak hanya mouse, laptop, dan mousepad, Razer juga memproduksi headphone. Kualitas headphone Razer tidak perlu diragukan lagi karena menjadi incaran bagi para gamers.

Perusahaan Razer merupakan produsen perangkat keras permainan global yang didirikan pada tahun 2005 oleh wirausahawan Singapura Min-Liang Tan dan Robert Krakoff, setelah menghimpun investasi besar dari pengusaha Hong Kong Li Ka-shing dan Temasek Holdings dari Singapura. Perusahaan tersebut memiliki markas besar ganda di Singapura dan San Francisco, California.

Rekomendasi Headphone Razer

1. Razer Kraken Pro V2
Tidak hanya untuk gaming, headphone Razer satu ini cocok digunakan bagi penikmat musik dan film sepertimu. Soalnya, kualitas suara dan desainnya bakal memanjakanmu. Razer Kraken Pro V2 punya bentuk yang ringkas dan nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas.

Jangan ragu menggunakan headphone Razer seri ini untuk mendukung permainanmu karena Razer Kraken Pro V2 dilengkapi dengan mikrofon yang memiliki sensitivitas hingga 118 dB. Sistem suara surround sound akan membuat suara yang keluar dari game akan terdengar lebih terfokus, utuh, dan jernih sehingga kebisingan di sekitarmu tidak terdengar.

2. Razer Kraken Pro Esports
Razer Kraken Pro Esports dilengkapi dengan desain mikrofon fleksibel yang bebas kamu gerakkan. Dibekali dengan driver bermutu terbaik, ukurannya besar, kabel audio jack serta kabel splitter sebesar 3,5 mm, juga remote berupa in-line yang menjadikanmu tak perlu repot menggunakan aplikasi eksternal untuk mengatur volume.

Headphone Razer seri ini siap memberikanmu suara jernih dan bass berkualitas, berkat driver magnet neodymium sebesar 40 mm.

Headphone Razer ini juga dilengkapi dengan komponen circumaural-nya membantu menyaring suara bising sehingga kamu bakal fokus bermain game.

3. Razer Thresher Ultimate
Headphone Razer nirkabel ini dirangkai menggunakan teknologi dolby digital sehingga kualitasnya jelas terbaik dan juga bebas lag. Receiver nirkablenya membuatmu bisa memindahkan konsol dan PC dengan gampang. Jarak untuk koneksi stabilnya mencapai 12 meter. Plus, Razer versi ini juga bisa dikonesikan ke PC dan dipakai dengan kabel audio standar.

Dilengkapi dengan tombol kontrol built-in serta mikrofon digital yang akan memberimu lebih banyak kebebasan. Perangkat audio yang didesain untuk PlayStation 4 dan Xbox One ini menghadirkan dua pilihan warna, yaitu nuansa biru untuk PS4 dan hijau untuk Xbox One. Bedanya dengan headphone lain, Thresher Ultimate dilengkapi charging stand yang bisa digunakan untuk memancarkan sinyal wireless hingga 2,4 GHz.

Headphone RazerHarga per Oktober 2019
Razer Kraken Pro V2Rp. 1.000.000
Razer Kraken Pro EsportsRp. 1.200.000
Razer Thresher UltimateRp. 3.300.000

Kelebihan Headphone Razer

  • Desain sederhana namun eksklusif
    Desain yang sederhana namun memiliki kesan eksklusif, menjadikan Razer Kraken sebagai salah satu gaming headset yang tidak akan termakan zaman. Di samping itu, headset ini juga terbilang ringan dan nyaman.
  • Performa suara yang memuaskan
    Bantalan pada bagian telinga juga bisa berfungsi dengan baik menghalangi suara bising dari lingkungan sekitar sehingga kamu akan lebih fokus ketika bermain. Bahkan suara langkah lawan yang mengendap-endap ketika kamu sedang bermain game online dapat terdengar dengan jelas.
  • Panjang kabel yang dapat dimodifikasi
    Kabel utama memiliki panjang lebih dari 130 cm, sehingga kamu akan leluasa bergerak tanpa takut terhalang atau terganggu. Jika perlu kabel lebih panjang, Razer juga menyediakan tambahan kabel hingga 200 cm untuk menunjang permainan game kamu.

Kekurangan Headphone Razer

  • Harga relatif mahal
    Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak produk Razer dibandrol dengan harga yang cukup mahal, sama halnya dengal produk lain headphone Razer ini juga dibandrol hingga jutaan rupiah.
  • Tidak cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari
    Kekurangan selanjutnya yaitu meskipun headphone ini juga bisa digunakan untuk mendengar lagu dan menonton film namun desainnya kurang cocok digunakan untuk sambil beraktivitas.
  • Service center yang belum merata
    Kekurangan terakhir yakni store resmi Razer di Indonesia cukup sedikit dan belum merata, Oleh karenanya jika kalian ingin membeli berbagai produk Razer terutama headphonenya dapat melalui online store yang terpercaya.

Pilih Mana: Headphone Shure atau Razer?

Headphone ShureHeadphone Razer
Kelebihan- Dilengkapi dengan kabel yang panjang - Suara bass yang mantap - Desain yang elegan - Desain sederhana namun eksklusif - Performa suara yang memuaskan - Panjang kabel yang dapat dimodifikasi
Kekurangan- Varian warna yang sedikit - Harga mahal - Kabel yang gampang terbelit - Harga relatif mahal - Tidak cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari - Service center yang belum merata

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan bahwa headphone Shure dan headphone Razer ini memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing, Tetapi dapat kami simpulkan juga bahwa keduanya pun cukup berbeda dan dapat kami sarankan jika kalian sedang mencari headphone untuk mendengarkan musik dan untuk sekedar menonton film untuk kegiatan seharihari headphone Shurelah yang cocok untuk kalian, Tetapi jika kalian mencari headphone untuk kebutuhan bermain game headphone Razer tidak boleh terlewatkan untuk dimiliki.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Headphone Shure vs Headphone Razer

VS

Leave a Reply