Elektronik

Pilih Mana: Headset atau Earphone?

Mendengarkan musik, menonton film atau video, hingga bermain game merupakan aktivitas yang dapat menghibur penggunanya. Namun, aktivitas ini kadang dapat mengganggu orang-orang sekitar yang kurang menyukai hal ini. Agar tidak mengganggu orang lain dalam melakukan aktivitas ini, Anda dapat menggunakan perangkat untuk membantu mendengar audio secara pribadi. Dua alat atau perangkat yang dapat menjadi pilihan Anda adalah headset dan earphone. Anda dapat memilih salah satu atau bahkan menggunakan keduanya, headset atau earphone.

Banyak orang yang salah mengartikan dan sulit membedakan antara headset dan earphone. Dilihat dari segi ukurannya, headset memiliki ukuran yang relatif lebih besar. Sedangkan earphone memiliki ukuran yang sangat kecil dan mudah untuk dibawa. Earphone ini biasanya disertakan dan sepaket dengan handphone. Baca juga Pilih Mana: Laptop atau PC?

Headset

Headset merupakan salah satu alat audio yang digunakan untuk mendengar sesuatu lebih jelas dan jernih dari perangkat lain. Headset memiliki dimana dua device digabung menjadi satu. Perangkat pertama yaitu perangkat input berupa mikrofon dan yang kedua yaitu perangkat output speaker. Jika dilihat dari bentuknya, headset memiliki bentuk yang relatif besar . Bagian speaker pada headset ini dapat menutupi atau bahkan menutupi telinga pemakainya. Besarnya ukuran speaker pada headset bertujuan agar suara yang dikeluarkan dapat lebih maksimal. Headset memiliki bentuk yang melingkar pada bagian atas kepala.

Kelebihan Headset

Berikut beberapa kelebihan headset yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Mikrofon

Headset memiliki bentuk yang hampir sama dengan headphone, tapi headset dilengkapi dengan microfon yang terpasang. Microfon tersebut biasanya terpasang pada salah satu speakernya (biasanya bagian sebelah kanan) terdapat unit mikrofon. Dari segi penggunaan, headset lebih sering dipasangkan dengan PC ketimbang perangkat mobile. Headset ini juga biasanya digunakan untuk layanan customer service, gamer, dan lain sebagainya. Headset memiliki fungsi yang kompleks sesuai dengan masing-masing jenis. Fungsi lain dari headset misalnya misalnya headset standar biasa digunakan untuk mendengarkan lagu, layanan hotline, customer service, dan lainnya yang tidak membutuhkan spesifikasi tinggi.

  • Kualitas Suara Lebih Bagus dan Jernih

Keunggulan headset yakni Anda bisa mendapatkan kualitas suara yang lebih bagus dan lebih jernih dibandingkan saat menggunakan earphone atau earbuds. Selain itu, sirkulasi udara ke dalam telinga pun tetap lancar karena masih adanya celah antara headset dan telinga.

  • Cocok Digunakan Bermain Game

Headset merupakan alat yang dapat digunakan dengan baik untuk bermain game. Terdapat beberapa fitur khusus untuk game. Fitur khusus tersebut misalnya seperti suara yang lebih jernih dan kuta. Bahkan saat ini telah dirilis beberapa jenis headset dengan beberapa macam fitur pula. Sebagai contoh, jika Anda memainkan beberapa game yang menyediakan fitur audio 7.1 seperti Left 4 Dead misalnya, maka Anda perlu menggunakan dheadset dengan fitur audio 7.1 pula.

Kekurangan Headset

Berikut beberapa kekurangan Headset yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Ukuran yang Relatif Besar

Mengingat ukurannya cukup besar, headset akan cukup merepotkan jika Anda menggunakannya untuk mobile. Anda membutuhkan tempat yang lebih besar untuk menyimpan headset ini.

  • Menimbulkan Rasa Panas dan Merah

Hal yang biasa dikeluhkan oleh pengguna headset adalah timbulnya rasa panas dan telinga yang memerah setelah beberapa saat menggunakan headset. Volume yang dikeluarkan headset dapat menjadi penyebab terjadinya gangguan untuk pendengaran. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan volume agar tidak terlalu mengganggu fungsi pendengaran Anda selanjutnya.

  • Hanya Dapat Digunakan pada Tempat dan Waktu Tertentu

Salah satu kekurangan headset ini adalah hanya dapat digunakan pada tempat dan waktu tertentu saja. Anda tidak bisa menggunakan headset pada saat berbaring karena tidak akan nyaman. Penggunaan headset di tempat-tempat umum juga tidak terlalu baik karena terlihat sangat mencolok.

Kelebihan Headset Kekurangan Headset
- Memiliki mikrofon - Memiliki ukuran yang relatif besar
- Kualitas suara lebih bagus dan jernih - Menimbulkan rasa panas dan merah
- Cocok digunakan bermain game- Hanya dapat digunakan pada tempat dan waktu tertentu

Earphone

Earphone merupakan alat audio yang memiliki fungsi yang sama seperti perangkat lainnya. Cara pnggunannya adalah dengan cara memasukkan speaker yang berukuran kecil ke dalam lubang telinga pengguna. Earphone tidak memiliki speaker yang dapat menutupi telinga seperti headset dan headphone.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 7 atau Xiaomi Redmi 7?

Kelebihan Earphone

Berikut beberapa kelebihan earphone yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Ukuran Kecil Sehingga Mudah untuk Dibawa

Salah satu keunggulan earphone adalah memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dan ringkas. Dengan bentuk yang kecil ini, Anda dapat dengan mudah membawa kemana pun bahkan dapat dimasukkan ke dalam saku baju ataupun celana. Jika dilihat secara sekilas, earphone memiliki bentuk dan ukuran yang hampir sama dengan handsfree. Bedanya adalah, pada earphone tidak terdapat tombol audio tambahan yang biasanya terdapat pada daerah percabangan kabelnya. Anda dapat menggunakannya dengan sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkannya ke dalam telinga bagian luar.

Dengan demikian, Anda dapat melakukan tanpa mengganggu kenyamanan. Anda dapat menemukan earphone ini dengan mudah, misalnya Anda dapat menemukannya dalam paket penjualan perangkat untuk pemutar musik dan sebagainya. Dengan ukuran yang dimiliki ini, Anda dapat dengan mudah untuk membawa earphone ke manapun Anda pergi. Dengan menggunakan earphone, Anda bisa mendengarkan berbagai macam suara dengan yang Anda inginkan dengan volume yang lebih rendah dibandingkan saat Anda menggunakan headset.

  • Cocok untuk Orang yang Selalu Ingin Bergerak

Selain mudah di bawa ke mana-mana, Anda juga dapat menggunakan earphone berbarangan atau seiringan dengan melakukan aktivitas apapun. Anda dapat menggunakan earphone sambil makan, di perjalanan, mengendarai motor, mengendarai mobil, di dalam busway, hingga aktivitas-aktivitas lainnya tanpa merasa terganggu.

  • Dapat Dipakai di Manapun dan Kapanpun

Karena memiliki ukuran yang relatif kecil, Anda dapat memakai earpun saat melakukan apapun. Seperti duduk, berbaring, menyandar atau aktivitas lainnya. Anda tidak akan merasa terganggu dan tidak ada yang akan mengganjal saat menggunakan earphone.

Kekurangan Earphone

Berikut beberapa kekurangan earphone yang perlu Anda ketahui:

  • Menyebabkan Munculnya Rasa Sakit pada Gendang Telinga

memang untuk sebagian telinga yang cukup sensitif, penggunaan earphone bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit pada gendang telinga karena distribusi suara langsung dari earphone bisa merusak bulu-bulu halus dalam lubang telinga. Dikutip dari Tempo.co penggunaan earphone yang terlalu kuat dan terlalu sering dapat mengakibatkan masalah seperti gangguan pendengaran permanen, infeksi pada telinga serta efek buruk pada otak.

  • Tidak Cocok Digunakan untuk Bermain Game

Bagi Anda yang memerlukan perangkat untuk bermain game, maka earphone bukan merupakan pilihan yang tepat.

  • Masih dapat Mendengar Kebisingan dari Luar

Salah satu kekurangan earphone adalah jika volume tidak dimaksimalkan masih ada suara dari luar yang terdengar. Hal ini akan membuat pendengaran terhadap sesuatu atau musik menjadi kurang maksimal.

Kelebihan Earphone Kekurangan Earphone
- Memiliki ukuran kecil sehingga mudah untuk dibawa - Menyebabkan munculnya rasa sakit pada gendang telinga
- Cocok untuk orang yang selalu ingin bergerak - Tidak cocok digunakan untuk bermain game
- Dapat dipakai di manapun dan kapanpun- Masih dapat mendengar kebisingan dari luar

Pilih Mana: Headset atau Earphone?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara headset dan earphone. Perbedaan kedua hal tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

Headset Earphone
- Memiliki ukuran yang lebih besar - Memiliki ukuran yang relatif kecil
- Cocok digunakan untuk bermain game - Tidak cocok digunakan untuk bermain game
- Cocok digunakan pada perangkat PC atau laptop- Cocok digunakan untuk handphone dan perangkat lain

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai headset dan earphone di atas dapat disimpulkan bahwa Anda dapat menggunakan kedua jenis alat ini sesuai dengan tujuan dan kepentingan masing-masing. Jika Anda membutuhkan alat audio untuk mendukung aktivitas bermain game, menonton dan menggunakan perangkat PC, maka headset merupakan pilihan yang tepat. Tapi, jika Anda membutuhkan alat audio untuk dapat digunakan dengan mudah kapan saja dan di mana saja, maka Anda sebaiknya menggunakan earphone yang lebih praktis digunakan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Headset vs Earphone

VS

Leave a Reply