Pilih Mana: Headset Bluetooth atau Headset Kabel?

Loading...

Dapat kita ketahui kalau sekarang banyak yang mempermasalahkan headset kabel lantaran munculnya tipe baru dari headphone yang bernama bluetooth headphone. Tanpa kabel, kamu sudah bisa mendengarkan musik atau apapun dari medium penyimpan suara layaknya yang tradisional.

Lalu apa yang menjadikan ini sebuah masalah? Itu adalah masalah kualitas diantara Headset Bluetooth atau Headset Kabel . Tidak sedikit orang berpendapat jika headset berkabel kualitasnya masih lebih bagus ketimbang Headset Bluetooth. Namun karena kepraktisan yang di tawarkan dan inovasi dalam model yang ditawarkan lebih kekinian Headset Bluetooth menjadi pilihan bagi kaum remaja. Berikut ini akan kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan Headset Bluetooth atau Headset Kabel di bawah. Semoga bermanfaat!

Headset Bluetooth

hobi mendengarkan musik melalui headset ? Musik memang paling cocok dijadikan teman kegiatan kita sehari-hari atau sekadar jadi pelarian ketika sedang suntuk. Nah, tentu rasanya tidak lengkap apabila mendengarkan musik sambil beraktivitas tanpa menggunakan headset. Baca juga artikel kami sebelumnya mengulas tentang Pilih Mana: Buku atau E-Book?

Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang ada banyak jenis headset Bluetooth yang dapat digunakan tanpa kabel. Hal ini tentunya akan mempermudah kamu dalam beraktivitas, karena kamu tidak perlu khawatir akan kabel headset yang kusut atau putus. Jangkauan konektivitasnya pun tidak perlu diragukan lagi, karena headset bluetooth dapat disambungkan dengan gadget sejauh 10 meter.

Kelemahan dan Kelebihan Headset Bluetooth

1. Kualitas suara inferior, tapi tidak dapat berubah-ubah
Headset Bluetooth tidak memiliki kualitas suara yang sebaik Headset kabel. Bisa diimbangi, tapi perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar lantaran harus memberikan material yang lebih bagus sebagai pengganti kabel. Belum lagi jika jarak headset-mu dengan mediumnya cukup jauh, membuat suara yang dikeluarkan bisa terputus-putus. Tetapi sisi positif dari bluetooth headphone adalah suaranya tidak banyak berubah jika dipasangkan dengan medium yang lain.

2. Membutuhkan pengisian baterai
Tidak seperti headset berkabel, bluetooth butuh diisi daya baterai untuk bisa digunakan. Ini memberikan keterbatasan dalam jangka waktu mendengarkan. Itu berarti kamu harus memperhatikan baterai pada headset-mu dan juga ponsel, MP3 atau perangkat elektronik yang kamu gunakan sebagai penyimpan lagu.

3. Lebih praktis tapi lebih mudah hilang
Kamu tidak perlu bingung atau sebal untuk membenarkan kabel yang kusut, terlebih ketika kamu memiliki aktifitas yang menuntut untuk bergerak sangat cepat, seperti berolahraga. Namun di sisi lain itu juga menakutkan karena sebenarnya kabel bisa menjadi penjamin agar headset itu tidak jatuh ke tanah.

Jika kamu menggunakan headset, alat untuk mendengarkan musik itu masih mudah terlihat oleh mata. Tetapi jika itu dalam bentuk earphone macam AirPod yang kecil bisa-bisa hilang.Jika semuanya hilang kamu masih tidak begitu sebal karena kamu tidak ragu-ragu untuk membeli yang baru. Tetapi jika hanya satu sisi saja yang hilang lantaran sangat tanggung dan itu akan sangat menyebalkan.

Loading...

4. Kompatibel ke semua barang yang memiliki fitur bluetooth
Headset Bluetooth mudah dipasangkan selama barang-barang tersebut memiliki fitur bluetooth. Kamu tidak perlu bingung dengan lubang jack yang terkadang berbeda-beda. Yang jadi permasalahan adalah jika bluetooth penyimpan lagumu bermasalah sehingga tidak dapat atau sulit menerima sinyal.

Headset Kabel

Variasi dari headphone yang pertama dan sudah tidak asing lagi yaitu Headphone kabel yang tentunya mempunyai keunggulan tersendiri dan yang pasti Headphone kabel sedikit lebih mudah di temukan dan dapat anda temukan juga di online shop seperti di Tokopedia, masih banyak penjelasan lebih lanjut lagi simak di bawah ya.

Kelemahan dan Kelebihan Headset Kabel

1. Kualitas suara yang lebih baik dan dapat ditingkatkan
Headphone berkabel dipastikan bisa memberikan kualitas suara yang lebih baik karena kabelnya yang mampu menghantarkan listrik. Perbedaan harganya bisa mencapai Rp500 ribu hanya untuk mendapatkan kualitas suara yang sama.
Belum lagi jika headphone-mu punya fitur untuk mengganti kabel yang berarti kamu lebih bisa eksplorasi suara. Tapi berhati-hatilah, menggonta-ganti kabel bisa membuatmu ketagihan.

2. Tidak perlu mengisi baterai, tapi perlu meluruskan kabel
Kabel yang kusut sudah menjadi permasalahan sehari-hari jika kamu menyimpan atau membawanya dengan tidak benar. Waktumu bisa terbuang hanya karena membenarkan kabel kusut tersebut. Akan tetapi, kamu tidak perlu repot mengisi daya baterai karena headphone kabel tidak memerlukan baterai dan tinggal langsung pasang untuk mendengarkan musik.

3. Kabel yang dapat putus dan rusak
Permasalahan lain dari headphone berkabel adalah kabelnya yang putus. Sering sekali karena dilipat dengan tidak benar, menyebabkan kabel dalam putus dan membuat kamu tidak bisa mendengar apa-apa.

Jika headset atau earphone-mu punya fitur ganti kabel, itu tidak jadi masalah. Tapi jika terpasang rapat dan tidak dapat diganti, maka kamu perlu membuang semuanya dan perlu ganti baru. Jangan salah, walaupun seperti itu, kabelmu juga bisa menjadi pengaman dan penyelamat agar headphone atau earphone-mu tidak mudah jatuh.

4. Perlu menyesuaikan kabel jack
Kabel jack umum yang dimiliki headphone adalah 3,5 mm. Itu adalah ukuran rata-rata yang biasa dimiliki ponsel ataupun medium MP3 lainnya. Tapi ada pula jack berukuran berbeda.

Biasanya itu digunakan untuk masuk ke dalam amplifier yang digunakan untuk bermain instrumen listrik. Permasalahan lain adalah semakin seiringnya zaman, mulai banyak ponsel yang tidak menggunakan headphone jack sehingga kamu gak bisa menggunakan headset jack-mu.

Pilih Mana: Headset Bluetooth atau Headset Kabel ?

Headset Bluetooth Headset Kabel
Kelebihan - Headset Bluetooth lebih praktis - Lebih kekinian - Tidak gampang rusak karena tanpa kabel- Kualitas suara lebih baik - Lebih Murah - Gampang di temukan
Kekurangan- Lebih mahal di banding Headset Bluetooth - Kualitas suara yang kurang baik dibandingkan Headset kabel- Gampang putus - Mudah kusut

Kesimpulan

Sebenarnya bluetooth dan kabel sangatlah setara dilihat dari harganya. Kamu bisa menemui Headset bluetooth biasanya lebih sedikit mahal di bandingkan dengan dengan yang Headset kabel, namun dijamin kualitas suaranya akan berbeda karena versi bluetooth mengalokasikan kualitas suaranya dan kepraktisan tanpa kabel.

Itu artinya headset berkabel lebih baik digunakan kepada orang yang tidak sekedar mendengarkan musik, melainkan juga mencari suara. Sedangkan yang versi Headset bluetooth lebih cocok untuk mereka yang suka dengan kepraktisan dan tidak mau repot. Versi manapun dapat digunakan tergantung kebutuhan dan kondisi.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Headset Bluetooth VS Headset Kabel

VS

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *