Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: HiLo atau Boneeto?

Susu merupakan asupan yang sangat baik untuk pertumbuhan anak, terutama pada usia 5 tahun keatas. Untuk itu diperlukan susu dengan kandungan yang baik dan bermanfaat untuk tubuh seperti halnya produk susu HiLo dan Boneeto.

HiLo sendiri sebenarnya adalah susu yang diperuntukkan untuk orang dewasa, namun HiLo juga memiliki varian yang khusus dikonsumsi untuk anak-anak. Sedangkan Boneeto memang memiliki varian yang dikhususkan untuk anak-anak.

HiLo dan Boneeto sendiri cukup digemari oleh anak-anak karena rasanya yang bervariasi dimulai dari chocolate, strowberry, vanilla dan lain sebagainya. Namun kedua susu ini tentu memiliki kekurangan yang cukup signifikan dari segi harga maupun kandungannya. Agar lebih jelas lagi, yuk kita simak artikel ini!

HiLo

HiLo merupakan merek susu yang dibuat oleh perusahaan Nutrifood Indonesia. Nama HiLo diduga berasal dari kata “High” dari High Calcium dan “Low” dari Low Fat yang muncul pada tulisan kemasan produk pertama HiLo yang diluncurkan pada tahun 2004.

Merek HiLo sendiri terdiri atas sebagian tipe produk dan umumnya, semua produk yang dikeluarkan di bawah merek HiLo mengutamakan sifat tinggi kalsium serta rendah lemak. Sebagian varian produk HiLo juga disuplementasi dengan kondroitin dan glukosamin.

Produk HiLo umumnya dijual dalam bentuk susu bubuk dalam kemasan 250 gram atau 500 gram tergantung dengan kebutuhan susu anak ya guys. Baca juga Pilih Mana: Dancow atau Lactogen?

Manfaat HiLo

  1. Menjaga kekebalan tubuh pada anak
    Tanpa nutrisi yang lengkap dan seimbang, anak-anak lebih rentan terkena penyakit dan umumnya ditandai dengan cepat lesu, gangguan tidur, serta kurang aktif. Susu mengandung banyak nutrisi yang penting supaya sistem kekebalan tubuh bisa bekerja dengan baik, misalnya protein, zinc, serta vitamin B6.
  2. Perkembangan syaraf otak
    Susu tidak hanya mengandung kalsium, melainkan juga mengandung zat besi yang membantu perkembangan otak anak. Zat besi juga penting untuk pembentukan senyawa neurotransmitter yang membantu proses belajar serta konsentrasi.
  3. Membantu menjaga tekanan darah
    Susu tinggi kalsium mengandung banyak mineral yang berfungsi penting dalam menjaga tekanan darah seperti kalsium, magnesium, serta kalium. Tidak hanya itu, kandungan senyawa peptida bioaktif pada susu juga dipercayai berperan penting.
  4. Sumber Vitamin D
    Kandungan vitamin D pada susu rendah lemak berperan penting tingkatkan penyerapan kalsium di dalam susu. Dengan begitu, kalsium pada susu rendah lemak bisa digunakan secara efisien guna melindungi kepadatan tulang dan fungsi tubuh lainnya.

Kelebihan HiLo

  • Menjaga kesehatan tulang
    HiLo untuk anak seperti HiLo Teen dan HiLo School mengandung 500mg kalsium yang mampu menjaga kesehatan tulang dan juga pertumbuhan tulang dan tinggi badan yang lebih optimal.
  • Menjaga kesehatan dan gigi
    Kalsium merupakan penyusun tulang dan gigi yang penting untuk membantu menguatkan gigi dan melindungi kepadatan tulang. Susu tinggi kalsium umumnya juga diperkaya dengan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium sehingga penggunaannya di dalam tubuh lebih maksimal.
  • Mengoptimalkan pertumbuhan anak
    Mengkonsumsi susu berkalsium tinggi penting untuk mendukung pertumbuhan tulang. Sebagai alternatif lebih sehat, konsumsilah susu tinggi kalsium yang rendah lemak supaya manfaat susu bisa didapat tanpa kelebihan asupan lemak.

Kekurangan HiLo

  • Sistem kekebalan tubuh anak terganggu
    Seperti yang kita tahu bahwa HiLo memiliki kandungan zinc yang bisa menghambat pertumbuhan serta mengakibatkan terganggunya sistem kekebalan tubuh sehingga lebih gampang sakit.
  • Harga mahal
    Harga yang ditawarkan varian HiLo School dan HiLo Teen terbilang cukup mahal mengingat kandungan dan manfaat yang diberikan HiLo sepadan dengan pertumbuhan anak.
  • Mengidap alergi jika tidak cocok
    Beberapa anak tentu ada yang tidak cocok dengan berbagai varian susu HiLo dan cenderung akan menimbulkan alergi. Oleh sebab itu sebelum membeli produk susu kalian wajib cek kandungan yang tertera.
Spesifikasi Hi-Lo
Varian produkHi-Lo Shcool, Hi-Lo Teen
Varian rasa200mg, 500mg, 750mg
Varian ukuranGreen tea, yoghurt banana, chocolate, vanilla caramel, vanilla vegiberi

Boneeto

Susu Boneeto merupakan salah satu merek susu bubuk di Indonesia yang diproduksi oleh Fonterra Brands Indonesia yang merupakan perusahaan susu asal New Zealand. Fonterra Brands Indonesia ini sudah beroperasi di 140 negara di dunia serta menguasai sepertiga pasar susu di dunia.

Susu yang dahulu dikenal dengan nama Andec ini sudah lama berada di Indonesia tetapi senantiasa mempertahankan keunggulannya sejak dulu walaupun gaungnya sudah berkurang di iklan layar tv maupun yang lainnya.

Lihat juga:  Pilih Mana: HiLo atau Zee?

Susu Boneeto biasa dikemas dalam kotak karton berukuran 700 gr dan 350 gr untuk susu bubuknya maupun kotak berukuran 125 ml untuk susu siap konsumsi. Susu yang banyak berada di pasaran Indonesia ini ada dalam bermacam varian seperti rasa choco choc, vanila twister, yummy instant maupun Boneeto junior dengan rasa honey yummy.

Manfaat Boneeto

  1. Memperkuat tulang
    Komposisi yang terkandung didalam susu Boneeto seperti magnesium, kalsium, fosfor dan protein yang memiliki kadar cukup tinggi. Dengan begitu struktur jaringan tulang akan terpenuhi nutrisi secara optimal.
  2. Menyehatkan organ-organ
    Kombinasi zat besi, protein, vitamin c dalam susu Boneeto terbukti sangat baik dalam kesterilan dan kesehatan organ-organ sistem pencernaan mulai dari usus kecil, usus besar, saluran uretra bahkan pada lambung.
  3. Memperkuat sistem imun tubuh
    Susu Boneeto memiliki manfaat yang sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk itu kalian tidak perlu ragu lagi terhadap susu ini.
  4. Mengenyangkan
    Adanya karbohidrat, zat besi dan protein dalam kandungan susu Boneeto dipercaya bisa memberikan efek mengenyangkan dan rasa lapar terutama kala anak sedang tidur. Sehingga bisa menghindari resiko obesitas.

Kelebihan Boneeto

  • Sumber energi tubuh
    Susu Boneeto mengandung energi, lemak, protein serta karbohidrat yang dapat bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh anak untuk membantu melaksanakan aktivitas tiap hari yang bisa mendukung pertumbuhannya.
  • Sumber berbagai macam vitamin
    Susu Boneeto mengandung berbagai berbagai vitamin yang berguna untuk tubuh, mulai dari vitamin A, D, C, E, K serta vitamin B kompleks. Dalam menunjang proses pertumbuhan tulang, tambahan konsumsi vitamin D dari susu Boneeto juga bisa membantu penuhi asupan vitamin D yang bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.
  • Meringankan rasa lelah setelah berolahraga
    Protein yang juga terkandung dalam susu Boneeto berguna untuk membantu menutrisi otot setelah olahraga sehingga tidak begitu terasa letih. Olahraga amat bermanfaat bagi anak untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

Kekurangan Boneeto

  • Resiko alergi
    Sama halnya dengan susu HiLo tadi, Boneeto pun memiliki kandungan yang tidak semua anak bisa mencernanya dengan baik. Dampak buruk yang terjadi apabila anak tidak cocok dengan kandungan susu ini seperti gatal-gatal, diare dan sebagainya.
  • Kandungan gizi kurang
    Seperti yang kita tahu bahwa Boneeto kerap mempromosikan produknya melalui iklan di tv dengan iming-iming gizi yang tinggi, namun pada kenyataannya gizi yang terkandung di dalamnya terbilang cukup rendah bila dibandingkan dengan produk susu lainnya.
  • Varian rasa
    Anak-anak tentunya senang dengan susu yang memiliki rasa yang bervariasi. Namun pada produk Boneeto variasi rasanya terbilang cukup sedikit, maka dari itu Boneeto bisa dibilang kurang berinovasi masalah varian rasa.
Spesifikasi Boneeto
Varian produkBoneeto junior
Varian rasaCoklat, vanilla, strowberry, choco coc
Varian ukuran125ml, 200ml, 350gram, 700gram

Pilih Mana: HiLo atau Boneeto?

HiLo Boneeto
Kelebihan- Menjaga kesehatan tulang - Mengoptimalkan pertumbuhan anak - Menjaga kesehatan dan gigi- Meringankan rasa lelah setelah berolahraga - Sumber energi tubuh - Sumber berbagai macam vitamin
Kekurangan- Sistem kekebalan tubuh anak terganggu - Mengidap alergi jika tidak cocok - Harga mahal- Resiko alergi - Varian rasa - Kandungan gizi kurang

Kesimpulan

HiLo dan Boneeto tentu memiliki beberapa orang yang sangat mengandalkan kandungannya, dan tidak sedikit juga orang yang kurang begitu suka menkonsumsinya tergantung dengan selera. Namun jika kalian menginginkan rasa yang nikmat dengan gizi yang tinggi, maka saya merekomendasikan HiLo untuk susu harian anak, mesikpun harga yang ditawarkan cukup lebih tinggi dibandingkan dengan Boneeto. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

HiLo vs Boneeto

VS

Leave a Reply