Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: HiLo atau Milo?

Asupan protein dan kalsium sangat dubutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kesehatan sel-sel jaringan di dalam tubuh, membentuk kekebalan tubuh dan menjaga keseimbangan hormon. Pada dasarnya pemenuhan asupan protein didapatkan dari mkanan, buah dan sayuran. Namun asupan kalsium dapat ditemukan pada produk susu yang mengandung kalsium tinggi salah satunya HiLo dan Milo.

HiLo dan Milo mempunyai populeritas dan penggemarnya masing-masing. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai kedua produk susu yang tinggi akan kalsium ini yang dapat menunjang aktivitas harian anak anda. Stay Tune!

HiLo

HiLo merupakan merek susu yang diproduksi oleh perusahaan Nutrifood Indonesia. Merek HiLo sendiri terdiri atas beberapa jenis produk dan umumnya, semua produk yang dikeluarkan di bawah merek HiLo mengutamakan sifat tinggi kalsium dan rendah lemak. Beberapa varian produk HiLo juga disuplementasi dengan kondroitin dan glukosamin. Produk HiLo umumnya dijual dalam bentuk susu bubuk dalam kemasan 250 g atau 500 g.

Nama Hilo dianggap berasal dari kata “High” dari High Calcium dan “Low” dari Low Fat yang muncul pada tulisan kemasan produk pertama HiLo yang dirilis pada tahun 2004.

Susu HiLo terdapat kalsium yang tinggi dan rendah lemak dimana susu ini memiliki banyak manfaat. Susu ini mengandung banyak sekali vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Susu ini juga mengandung mineral yang membuat tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh yang kuat. Baca juga Pilih Mana: HiLo atau Boneeto?

Kandungan dan Manfaat HiLo

1.  Kalsium
Kalsium adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Nah, sumber kalsium tertinggi terdapat pada susu HiLo. Kalsium pada susu HiLo juga bisa untuk mengurangi risiko osteoporosis. Penyebab terjadinya osteoporosis disebabkan adanya pengeroposan struktur tulang sehingga bisa menyebabkan penderita menjadi terlihat bungkuk. Oleh karena itu susu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena bisa membantu pembentukan serta memperbaiki sel tulang.

2. Lemak yang rendah
Kelebihan berat badan akan membuat anda tidak percaya diri. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, mengkonsumsi susu Hilo ini sangat di anjurkan.karena susu HiLo ini mengandung kalori yang sedikit, tidak banyak lemak serta anda mengetahui waktu yang baik untuk minum susu HiLo. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan bertambah gemuk.

3. Vitamin B1 dan B2
Manfaat vitamin B1 bisa menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan nafsu makan, dan menjaga keseimbangan air dalam tubuh.  Vitamin B2 juga memiliki banyak manfaat yang penting bagi tubuh. Manfaat vitamin B2 bisa mengurangi risiko glaukoma, membantu fungsi sistem saraf, membantu perbaikan jaringan tubuh dan membantu kesehatan kulit, kuku, dan rambut.Manfaat vitamin B2 ini juga bisa mengubah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi energi.

4. Dilengkapi dengan 74 mineral organik
Termasuk kalsium, magnesium, zinc, ferum, fosfor, dan selenium, dll) dari alga merah yang bantu pertumbuhan anak secara optimal. HiLo juga sebagai pelengkap makanan serta nutrisi yang penting, dikarenakan kandungan yang ada didalam susu ini dianggap lengkap dan seimbang dengan bahan makanan yang mengandung sumber protein, karbohidrat, vitamin, lemak dan mineral.

Produk HiLo Keterangan
HiLo TeenDiperuntukkan bagi remaja dengan kandungan Kalsium. Produk ini juga ditingkatkan kandungan vitamin B1 dan B2-nya.
HiLo SchoolUntuk anak sekolah dengan tinggi kalsium dengan lemak yang paling rendah dan nutrisi lengkap untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
HiLo ActiveSusu yang ditingkatkan konsentrasi kalsiumnya bagi usia 19-50 tahun.
  • HiLo Teen : HiLo Teen merupakan susu tinggi kalsium dan rendah lemak. HiLo Teen dengan berbagai pilihan rasa. HiLo bubuk tersedia dalam rasa chocolate, vanilla caramel dan yoghurt banana. Untuk kemasan praktis siap minum, HiLo Teen memiliki dua rasa, yaitu HiLo Teen rasa chocolate dan HiLo Teen rasa orange biscuit.
  • HiLo School : Susu HiLo School merupakan susu tinggi kalsium rendah lemakpaling enak, untuk tumbuh ke atas ga ke samping. Nikmati varian rasa Chocolate, Honey, Vanilla Vegiberi, Vanilla, dan kemasan siap minum Vegiberi.
  • HiLo Active : HiLo Active dihadirkan khusus usia 19 – 50 tahun.  HiLo Active bubuk memiliki empat pilihan rasa, chocolate, vanilla, green tea dan belgian chocolate. dan jenis susu siap minum tersedia HiLo rasa tiramisu. 

Kelebihan HiLo

  • Membentuk tulang agar lebih kuat
    Seringkali, susu rendah lemak difortifikasi dengan kandungan kalsium yang lebih tinggi. Dengan demikian, minum 1 cangkir HiLo rendah lemak tinggi kalsium dapat membantu memenuhi hingga setengah dari kebutuhan kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membuat tulang lebih padat.
  • Mengurangi resiko penyakit jantung
    Resiko penyakit jantung menjadi hal yang paling banyak dikhawatirkan oleh sebagian besar orang, terutama mereka yang pada dasarnya memang rentan akan hal tersebut. Minum susu HiLo secara teratur dapat membantu kelancaran peredaran darah dan mengurangi resiko penyakit jantung. Ketika peredaran darah lancar, maka tekanan darah juga akan ikut stabil dan normal dengan sendirinya. 
  • Menjaga agar badan tetap bugar
    Bagi remaja yang memiliki segudang aktifitas yang padat, asupan gizi yang seimbang tentu harus selalu dijaga dengan baik. Susu Hilo akan memberikan asupan gizi yang dibutuhkan tersebut, sehingga tubuh tetap bugar dan sehat.

Kekurangan HiLo

  • Menimbulkan alergi jika tidak cocok
    Beberapa orang yang tidak cocok dengan berbagai varian susu cenderung akan menimbulkan alergi. Oleh sebab itu sebelum kalian meminum produk susu kalian wajib cek kandungan yang ada, dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya.
  • Tidak tersedia varian untuk anak balita
    Susu HiLo cukup banyak memilki varian rasa dan berbagai varian produk sesuai usia sampai tua, tetapi sayangnya produk susu saat ini belum mneghadirkan susu khusus untuk anak usia 5 tahun kebawah, jadi walaupun rasanya manis dan enak jangan diberikan terlalu banyak pada anak usia di bawah 5 tahun ya moms!
  • Harga yang cukup mahal
    Untuk varian susu bubuk, harga HiLo ini cukup tergolong mahal, Tetapi dengan kualitas yang ada pastinya harga sebandingkan dengan apa yang kita dapatkan. Tetapi HiLo juga tersedia susu sekali minum yang harganya masih bersahabat dikantong.

Milo

Susu Milo yang diproduksi oleh Nestle ini merupakan campuran zat bubuk cokelat dan gandum yang dapat diminum baik secara panas maupun dingin. Susu ini tidak hanya digemari oleh anak-anak, namun juga oleh orang dewasa di banyak bagian di seluruh dunia. Di beberapa tempat bahkan Milo sudah diproduksi menjadi cokelat batang dan sereal.

Milo pertama kali berasal dan dipasarkan di Australia, dan mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 1974.

Milo sangat populer sebagai susu berenergi yang dapat membantu meningkatkan aktivitas tubuh dan memberikan energi lebih dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Kandungan dalam susu Milo menjadi salah satu pendukung untuk meningkatkan energi ketika sedang menjalani berbagai kegiatan.

Kandungan dan Manfaat Milo

1. Mengandung Protomalt
Dalam setiap satu sendok susu milo terdapat kandungan protomalt. Protomalt ini adalah ekstrak malt yang berasal dari jenis malt barli yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ekstrak malt dalam protomalt adalah kandungan yang terdiri dari karohidrat kompleks atau gabungan dari berbagai jenis karbohidrat yang sangat berguna untuk menjaga aktivitas yang dilakukan.

2. Terdapat Actigen E
Actigen E merupakan kandungan dalam susu Milo yang merupakan gabungan dari gabungan 8 vitamin dan 4 mineral. Vitamin yang terdapat dalam actigen E termasuk vitamin B1. Vitamin B1 ini memiliki fungsi untuk membantu mengeluarkan tenaga dari karbohidrat yang dibawa oleh kandungan protomalt. Sehingga energi yang didapatkan dengan mengkonsumsi susu Milo dapat dirasakan oleh tubuh.

3. Zat Besi dan Vitamin B12
Minumsusu milo dapat mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah karena susu milo mengandung zat besi. Zat besi ini memiliki fungsi untuk proses pembentukan sel darah merah. Selain itu, susu milo juga mengandung vitamin B12 yang juga dapat membantu menghasilkan sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf.

Varian HiLoKeterangan
Milo Activ-Go 3in1Minuman Susu cokelat bubuk yang lezat dan praktis dan penuh nutrisi. Mengandung lebih banyak energi bernutrisi untuk mendukung aktifitas harian anak.
Milo Actigen-E Minuman serbuk cokelat berenergi dengan susu yang membantu memenuhi kecukupan energi.
Milo UHT Minuman energi lezat yang terbuat dari cokelat, susu, dan malt. MILO mengandung Actigen-E dan Protomalt, berbagai vitamin B dan C.
  • Milo Activ-Go 3in1 : Mengandung Protomalt (extract malt) merupakan karbohidrat komplek sumber energi yang tahan lama agar anak tetap aktif dan penuh konsentrasi. Zat gizi mikro (vitamin dan mineral) berperan penting dalam pelepasan energi dan pemeliharaan tulang untuk mendukung pertumbuhan dan aktifitas fisik anak.
  • Milo Actigen-E : Milo Actigen-E  adalah perpaduan unik berbagai vitamin B, vitamin C, kaya akan kalsium, dan mengandung Magnesium untuk membantu menghasilkan energi secara optimal dari karbohidrat, lemak dan protein yang berasal dari makanan anda pada proses metabolisme energi dalam tubuh.
  • Milo UHT : Mengandung banyak kalsium dan magnesium untuk membantu menghasilkan energi optimal dari karbohidrat, lemak, dan protein selama proses metabolisme makanan. Milo UHT tersedia dua ukuran sajian 115 ml dan 200 ml karton. 

Kelebihan Milo

  • Mempercepat regenerasi sel
    Protein tinggi pada susu Milo sangatlah berperan penting untuk tubuh karena dapat membantu mempercepat regenerasi sel. Perlu diketahui bahwa sel tubuh manusia itu normalnya memiliki siklus hidup dan mati. Dan komponen dari sel mayoritas adalah protein. Otomatis, untuk bisa terus melakukan regenerasi sel, tubuh butuh asupan protein.
  • Penambah sumber energi 
    Susu Milo mengandung Protomalt merupakan sumber kalori yang bagus dan rendah gula. Manfaat Milo yang mengandung Protomalt dapat menjadi sumber energi yang tidak menyebabkan penumpukan trigliserida dalam tubuh. Sehingga tubuh selalu sehat, terbebas dari serangan gula darah naik (diabetes).
  • Mengandung Vitamin B Kompleks
    Susu Milo memang mengandung vitamin B kompleks. Ini adalah vitamin yang sangat bermanfaat sebagai penyangga kebutuhan nutrisi pada tubuh. Vitamin yang terdiri dari berbagai vitamin seperti B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12 ini fungsinya hampir mempengaruhi seluruh komponen sistem kesehatan tubuh.

Kekurangan Milo 

  • Rasa terlalu manis
    Milo mempunyai cita rasa yang cenderung sangat manis. Bagi anda yang kurang menyukai rasa yang terlalu manis ada baiknya meminum milo yang di campur dengan es batu, karena cara itu sedikit ampuh mengurangi rasa manis pada Milo.
  • Hanya satu varian rasa
    Milo hanya memberikan satu varian rasa yaitu cokelat, dibandingkan dengan HiLo yang menawarkan berbagai mcam varian rasa pada produk susunya dan juga tidak cocok bagi kalian yang tidak menyukai cokelat.
  • Menimbulkan alergi bagi yang tidak cocok
    Susu Milo ini hanya menawarkan rasa cokelat dan berbahan dari susu, bagi kalian yang alergi dengan cokelat maupun susu sapi ini sangat tidak dianjurkan untukn mencoba susu Milo.

Pilih Mana: HiLo atau Milo?

HiLoMilo
Kelebihan- Membentuk tulang agar lebih kuat - Mengurangi resiko penyakit jantung - Menjaga agar badan tetap bugar - Mempercepat regenerasi sel - Penambah sumber energi  - Mengandung Vitamin B Kompleks
Kekurangan- Menimbulkan alergi jika tidak cocok  - Tidak tersedia varian untuk anak balita - Harga yang cukup mahal - Rasa terlalu manis - Hanya satu varian rasa  - Menimbulkan alergi bagi yang tidak cocok 

Kesimpulan

Perbandingan HiLo dan Milo yang telah kita bahas di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa kedua produk mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan mempunyai cita rasa yang berbeda pula. Namun, untuk manfaat yang ditawarkan keduanya sangat bagus untuk kesehatan pada tubuh. Oleh sebab itu, dapat kalian pilih HiLo dan Milo sesuai dengan selera masing-masing.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

HiLo VS Milo

VS

Leave a Reply