Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: HiLo atau Zee?

Masa pertumbuhan anak merupakan masa dimana anak sedang membutuhkan nutrisi yang banyak untuk diserap oleh tubuhnya yang akan berpengaruh ke perkembangannya. Selain nutrisi di dapat dari makanan sehat dan sayuran. Susu mendapatkan peranan penting untuk melengkapi kebutuhan anak yang tidak bisa di dapatkan dari makanan tersebut. Salah satu susu pendamping makan yang sangat praktis dan mudah di temukan yaitu HiLo dan Zee.

Kedua produk susu ini sering dianggap hampir serupa oleh kebanyakan orang, Namun, keduanya cukup berbeda loh! Pada artikel kali ini akan kita bahas kedua nya agar kalian dapat membedakannya dan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kalian.

HiLo

HiLo adalah merk susu yang di produksi oleh NutriFood, salah satu perusahaan dengan produk-produk yang cukup terkenal di Indonesia. HiLo memiliki beberapa varian yang ditujukan untuk segmen dengan usia berbeda. HiLo Teen dan HiLo School mentarget segmen anak-anak dan remaja. Hilo Active mentarget segmen usia 19-50, sedangkan HiLo Gold mentarget usia 50 tahun ke atas.

HiLo mengusung positioning sebagai susu kesehatan tulang dan sendi. HiLo mengklaim bahwa produknya mengandung Glucosamine dan Chondroitin yang bermanfaat bukan hanya bagi kesehatan tulang, namun juga bagi kesehatan sendi.

Jumlah kalsium yang dibutuhkan per hari berbeda-beda untuk masing-masing kelompok usia. Berdasarkan angka kecukupan gizi, jumlah kalsium yang dibutuhkan per hari adalah:

  • 500 mg kalsium per hari untuk anak berusia 1-6 tahun.
  • 600 mg kalsium per hari untuk anak berusia 7-9 tahun.
  • 1000 mg kalsium per hari untuk remaja berusia 10-18 tahun. 

Kalsium tidak dapat diproduksi di dalam tubuh karena itu kebutuhannya harus dipenuhi melalui asupan makanan. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu. Termasuk susu HiLo yang mempunyai kalsium yang tinggi. Baca juga Pilih Mana: HiLo atau Boneeto?

Manfaat Susu Hilo

1. Memaksimalkan Pertumbuhan Tulang
Sebagai susu yang kaya akan kandungan kalsium, HiLo akan sangat baik untuk pertumbuhan, terutama bagi kaum remaja yang sedang dalam masa penting pertumbuhan. Susu ini dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang, bahkan lebih baik dari susu lainnya yang beredar luas di pasaran. Kandungan kalsium dan zat besinya mampu memenuhi kebutuhan tulang dengan baik.

2. Menjaga Kekuatan Gigi
Kalsium yang terdapat di dalam susu HiLo, akan menjaga kekuatan gigi dengan baik dan maksimal. Bukan hanya itu saja, susu ini juga bisa membantu pertumbuhan gigi lebih maksimal, mengingat di dalamnya terdapat kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi. Jika asupan zat besi dan juga kalsium mencukupi, maka perkembangan dan pertumbuhan gigi bisa berjalan dengan baik.

3. Mencegah Osteoporosis
Kebanyakan susu yang beredar di pasaran tentu akan memberikan efek pencegahan terhadap penyakit osteopososis. Namun, kandungan kalsium yang tinggi di dalam susu Hilo tentu dapat bekerja dengan lebih baik dan maksimal. Dengan kandungan yang jauh lebih lengkap, susu ini bisa diandalkan untuk mencegah penyakit tersebut.

4. Menguatkan Sel-Sel Tubuh
Susu HiLo mempunyai bayak sekali kandungan vitamin dan mineral. Hal ini dapat membantu untuk menguatkan sel-sel di dalam tubuh. Kekuatan sel ini juga akan menambah kesehatan tubuh secara keseluruan, sehingga tubuh tidak akan rentan terhadap sejumlah penyakit yang, khususnya penyakit yang menyerang sistem pencernaan.

5. Membantu Memaksimalkan Tinggi Badan
Susu HiLo sangat baik untuk dikonsumsi para remaja, sebab kandungan kalsium yang tinggi di dalam susu ini dapat membantu untuk memaksimalkan tinggi badan. Bukan hanya itu saja, sejumlah vitamin dan mineral di dalamnya juga akan sangat bermanfaat untuk masa pertumbuhan remaja.

Berikut beberapa varian susu HiLo beserta harga per Agustus 2019 pada tabel di bawah :

Varian Hilo Harga
Susu Hilo Active Green Tea (200 gr) Rp 35.000
Susu Hilo Active Tiramisu (200 gr) Rp 35.000
Susu Hilo Active Vanilla (500gr)Rp 72.000
Susu Hilo Active Chocolate (750 gr)Rp 100.000
Susu Hilo Gold Plain (750 gr)Rp 105.000
Susu Hilo Gold Chocolate (750 gr)Rp 105.000
Susu HiLo Teen Yoghurt Banana (250 gr)Rp 34.000
Susu Hilo Teen Chocolate (750 gr)Rp 94.000
Susu HiLo Teen Vanilla Caramel (750 gr)Rp 95.000

Kelebihan Hilo

  • Sebagai pelengkap gizi
    Makanan yang sehat dan bergizi memang baik untuk tubuh, namun gizinya kurang lengkap jika tidak di sertai dengan susu. Susu HiLo menjadi salah satu susu yang melengkapi kebutuhan gizi anak Anda sehari-hari. Sehingga anak Anda akan bisa menjalani hari dengan penuh semangat dan maksimal dalam melakukan berbagai aktivitas.
  • Mengurangi resiko kanker usus
    Susu memang paling bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Tapi, jangan salah susu juga aktif untuk membersihkan usus untuk membuang zat-zat yang tidak diperlukan dan tidak bermanfaat bagi tubuh. Hal ini akan bermanfaat untuk mengurangi resiko dari penyakit kanker usus.
  • Kandungan lemak yang lebih rendah
    Hal ini sudah pasti, karena susu rendah lemak memiliki kandungan lemak yang rendah yaitu sekitar 2.5 gram lemak per gelas. Sedangkan pada susu biasa umumnya terdapat 5 gram lemak per lemak. Susu rendah lemak bisa menjadi alternatif untuk Anda yang takut gemuk tanpa harus meninggalkan susu.

Kekurangan HiLo

  • Jika tidak cocok akan menimbulkan alergi
    Beberapa orang yang tidak cocok dengan berbagai varian susu cenderung akan menimbulkan alergi. Oleh sebab itu sebelum kalian meminum produk susu kalian wajib cek kandungan yang ada, dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya.
  • Rasa yang terlalu manis
    Varian rasa yang ditawarkan oleh HiLo cenderung cukup manis karena HiLo tidak menyediakan rasa plain, Tetapi bagi anda yang menyukai manis susu ini sesuai dengan selera anda.
  • Mengandung banyak gula
    Beberapa penelitian telah membuktikan jika susu formula yang mengandung banyak gula dapat menyebabkan anak mengalami obesitas. Oleh sebab itu, konsumsi susu dengan batasan yang telah dianjurkan ya moms.
Lihat juga:  Pilih Mana: Chil Kid atau Enfagrow?

Zee

Susu Zee merupakan nama merek produk dagang asli Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan Kalbe Nutritionals. Di pasaran sendiri, tidak sulit menemukan susu Zee karena sudah dijual bebas, baik di toko-toko tradisional, ritel modern, maupun situs e-commerce. Harga susu Zee sendiri bervariasi, tergantung ukuran kemasan dan varian rasanya.

Produk susu ini pertama kali dirilis pada tahun 2010 lalu oleh Kalbe Nutritionals, yang merupakan bagian dari PT Kalbe Farma, salah satu perusahaan farmasi terkemuka, baik di skala nasional maupun internasional. 

Ditujukan untuk konsumen anak-anak usia 5 tahun hingga remaja berusia 18 tahun, produk susu Zee umumnya dijual dalam bentuk susu bubuk dalam kemasan 350 gram atau 500 gram, namun ada juga kemasan sachet berisi 40 gram yang dijual dalam bentuk renceng. Produk susu ini juga dikatakan memiliki nutrisi yang paling lengkap dan berkualitas platinum. Susu Zee tersedia dalam berbagai varian, sesuai dengan usia konsumen.

Manfaat Susu Zee

1. Sebagai Sumber Protein
Protein sangat baik untuk pembentukan membran sel dan mempercepat regenerasi sel. Tanpa protein, mustahil tubuh bisa tumbuh kembang. Massa otot juga sangat dipengaruhi protein. Besarnya manfaat protein ini merupakan salah satu khasiat Susu Zee yang tidak boleh diremehkan.

2. Kaya dengan Vitamin B Kompleks
Vitamin B Kompleks adalah jenis multivitamin yang terdiri dari sekelompok vitamin, mulai dari Vitamin B1 hingga B12. Multivitamin B ini memiliki peranan yang sangat besar untuk tubuh. Bisa membuat badan jadi sehat. Terutama dalam hal imunitas dan keseimbangan cairan.

3. Mengandung Prebiotik
Ini hampir sama namanya dengan Probiotik. Tapi ini adalah Prebiotik. Yaitu senyawa natural yang berasal dari makanan, yang tidak mampu diserap oleh usus. Namun fungsinya baik sebagai perangsang tumbuhnya bakteri positif di dalam usus. Ternyata Susu Zee juga mengandung prebiotik ini.

4. Sebagai Sumber Kalsium
Manfaat Susu Zee menawarkan Hi-Calsium, yang artinya tinggi kalsium. Seorang anak memang membutuhkan asupan kalsium yang melimpah agar tulangnya dapat tumbuh maksimal. Tulang yang tidak mampu tumbuh baik bisa menghambat pertumbuhan, seperti badan akan nampak kurus. Untuk itu, Zee ini memang cocok sekali diberikan pada anak-anak.

Berikut beberapa varian susu Zee beserta harga per Agustus 2019 pada tabel di bawah :

Varian ZeeHarga
Susu Zee UHT Up & Go Strawberry Milk Shake (200 ml)Rp 4.000
Susu Zee UHT Up & Go Chocolate (200 ml)Rp 4.000
Susu Zee Kid Vanilla 10x (40 gram)Rp 26.500
Susu Zee Reguler Vanilla Twist Milk (350 gram)Rp 40.000
Susu Zee Reguler Honey Milk (350 gram)Rp 40.000
Susu Zee Reguler Swizz Chocolate Milk 350 (gram)Rp 40.000
Susu Zee Platinum Chocolate Rich (350 gram)Rp 56.500
Susu Zee Reguler Chocolate Milk (900 gram)Rp 95.500
Susu Zee Platinum Vanilla Rich (350 gram)Rp 59.000

Kelebihan Zee

  • Mencegah gizi buruk
    Kandungan nutrisi pada susu Zee dapat melengkapi nutrisi pada anak dan juga dapat mencegah gizi buruk pada anak. Dalam saat masa pertumbuhan anak aktivitas anak pun semakin meningkat oleh sebab itu, nutrisi yang butuhkan juga cukup banyak jadi selain makanan yang bergizi lengkapi juga dengan susu yang bernutrisi.
  • Membantu pertumbuhan
    Susu Zee dilengkapi dengan kandungan kalsium yang tinggi, dimana kebutuhan kalsium yang tinggi juga sangat di butuhkan saat masa pertumbuhan anak dan juga dapat menjaga sistem imun pada anak.
  • Tersedia beragam kemasan
    Kelebihan yang lain pada susu ini yaitu tersedia dalam beragam kemasan, termasuk kemasan langsung minum yang bisa dibawa dan dikonsumsi dimanapun dan juga Zee manwarkan kemasan sachet yang bisa lebih hemat.

Kekurangan Zee

  • Kurang efektif untuk meninggikan badan
    Sesuai dengan klaim yang diberikan susu Zee dapat membuat anak tumbuh tinggi, untuk efek yang di berikan juga berbeda dari masing-masing anak. Jika meminum susu ini saja tidak akan bisa meninggikan badan, tentu saja harus di barengi dengan olahraga ya.
  • Varian rasa yang sedikit
    Dibandingkan dengan HiLo varian rasa yang ditawarkan oleh susu Zee bisa dibilang sedikit. Varian rasa yang menjadi favorit kebanyakan anak adalah rasa coklat.
  • Mengandung gula yang tinggi
    Susu formula Zee mengandung gula yang tinggi. Sehingga menimbulkan rasa manis yang cukup terasa. Sehingga, untuk mengkonsumsinya harus sesuai dengan takaran yang tepat dan tidak di anjurkan minum yang berlebihan.

Pilih Mana: HiLo atau Zee?

HiLoZee
Kelebihan- Sebagai pelengkap gizi - Mengurangi resiko kanker usus - Kandungan lemak yang lebih rendah- Mencegah gizi buruk - Membantu pertumbuhan  - Tersedia beragam kemasan
Kekurangan- Jika tidak cocok akan menimbulkan alergi  - Rasa yang terlalu manis  - Mengandung banyak gula - Kurang efektif untuk meninggikan badan  - Varian rasa yang sedikit - Mengandung gula yang tinggi 

Kesimpulan

Hilo dan Zee merupakan susu formula pendamping makan untuk memberikan nutrisi yang seimbang untuk tumbuh kembang anak. Kedua susu tersebut mempunyai kemasan yang praktis dan gampang dijumpai di minimarket terdekat. Namun, Hilo maupun Zee mempunyai manfaat dan keunggulan yang berbeda. Jadi, dapat kalain sesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan nutrisi yang di butuhkan. Untuk konsumsi susu perhatikan umur yang di anjurkan pada kemasan produk terlebih dahulu ya moms!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

HiLo VS Zee

VS

Leave a Reply