Makanan dan Minuman

Pilih Mana: HokBen atau Gokana?

Saat ini sudah banyak orang Indonesia yang menyukai makanan khas Jepang seperti ramen, bento dan beberapa makanan lainnya. Hal itulah yang diusung oleh beberapa restaurant yang membawa konsep Jepang seperti HokBen dan Gokana.

HokBen dan Gokana sendiri merupakan restaurant keluarga bersertifikat halal yang menyediakan makanan dan minuman khas Jepang yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi kalau ingin makan disini dengan keluarga maupun orang terdekat kamu.

Lalu bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan dari restaurant khas Jepang ini? Tenang saja, semua itu akan dibahas lebih lengkap dalam artikel yang satu ini. Disini aja ya!

HokBen

Hoka Hoka Bento merupakan salah satu restaurant yang buka di Indonesia. Hoka Hoka Bento biasa menyediakan makanan Jepang cepat saji yang sekarang sudah mempunyai banyak menu.

Jika kamu pergi kesana, kamu akan merasakan makan dengan sensasi seperti di Jepang, karena restaurant ini memang mempunyai tampilan yang mirip dengan restaurant yang ada di Jepang sana.

HokBen didirikan di Jakarta pada tanggal 18 April 1985, di bawah lisensi PT. Eka Bogainti. Restoran pertama hadir di Kebon Kacang, Jakarta. Cabang pertama dibuka di Bandung. Saat ini, Hoka Hoka Bento mempunyai 27 cabang yang tersebar di berbagai lokasi di Jawa Barat.

Pembukaan gerai pertama di Surabaya. Sampai saat ini, ada 10 gerai HokBen yang tersebar di berbagai lokasi di Surabaya dan Malang. HokBen memperoleh Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sertifikat Halal No.00160048830908.

Mulai 15 Oktober 2013 Hoka Hoka Bento hadir dengan nama baru yaitu HokBen dengan tampilan, penawaran, pelayanan serta nuansa yang lebih segar dan bersahabat.

Pada 17 Agustus 2016 HokBen Apps hadir untuk Pengguna Smartphone Android, dan untuk pengguna IOS pada Nov 2016.

Tahun 2017 tepatnya pada 27 September, HokBen meraih Sertifikat Sistem Jaminan Halal dari LPPOM MUI. Dengan diraihnya Sertifikat Sistem Jaminan Halal ini, masyarakat tidak perlu ragu dalam mengkonsumsi produk HokBen.

Di tahun 2018, HokBen kembali membuat sejarah. HokBen pertama kali hadir di pulau Sumatera, tepatnya di kota Bandar Lampung.

Dengan dibukanya HokBen MBK Bandar Lampung, maka kini HokBen mempunyai total 147 store. Semua store HokBen dimiliki penuh oleh PT Eka Bogainti dan tidak membuka sistem franchise.

Pada tanggal 12 Maret 2019, HokBen (PT. Eka Boga Inti) memperoleh sertifikasi BSI ISO 9001:2015 Quality Management. Baca juga Pilih Mana: Sushi atau Kimbab?

Kelebihan HokBen

  • Sudah mengantongi label halal
    Hokben sudah memenuhi 11 kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) sehingga sudah sah mengantongi Sertifikat Halal sejak tahun 2008. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan sajian makanan dan minuman dari HokBen.
  • Minuman menyehatkan
    Untuk urusan minuman, restoran lain kebanyakan sediakan minuman manis dimana ini merupakan pantangan terbesar untuk pengidap diabetes. Namun, dengan minuman teh Ocha di HokBen, kamu akan merasa aman mengkonsumsinya sebab berbahan alami teh hijau dalam kemasan yang dingin serta menyegarkan.
  • Makanan jepang yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia
    Makanan dari HokBen adalah makanan dari Jepang. Namun tidak perlu khawatir, semua menu-menu di HokBen ini ternyata telah disesuaikan dengan lidah orang-orang Indonesia, dijamin deh sekali coba langsung ketagihan,

Kekurangan HokBen

  • Tidak membuka franchise
    Buat kamu yang ingin membuka franchise dari HokBen harus mengurungkan niat tersebut karena HokBen sendiri sampai saat ini tidak membuka franchise dan semua store HokBen dimiliki penuh oleh PT Eka Bogainti.
  • Makanan kurang renyah
    Menurut beberapa review yang sudah pernah makan di HokBen menjelaskan bahwa sebagian makanan yang disajikan kurang “garing” sehingga kurang begitu nikmat. Namun hal ini hanya segelintir orang saja yang pernah merasakan.
  • Hanya tersedia di beberapa tempat
    HokBen sendiri hanya tersedia di beberapa kota besar di Indonesia tidak seperti tempat makanan terkenal lainnya yang sudah mempunyai banyak cabang sampai ke kota-kota kecil sekalipun.
Spesifikasi HokBen Keterangan
PerusahaanPT. Eka Bogainti
AsalIndonesia
Makanan andalanBeef yakiniku dan beef teriyaki
Lihat juga:  Pilih Mana: Anlene atau Entrasol?

Gokana

Gokana menyediakan berbagai macam masakan Jepang yang Halal dengan citarasa Indonesia. Dengan banyak variasi menu dan tingkat kepedasan yang cocok untuk siapapun, kamu dapat menikmati makanan yang lezat dengan harga bersahabat!

Salah satu ciri khas dari interior Gokana yaitu warna lampunya yang berwarna kuning seperti warna lampu bohlam. Desain pada dindingnya juga identik dengan motif kotak-kotak. Kursi yang dipakai ada 2 jenis, ialah kursi serta bangku lazim. Kamu bisa memilih dengan bebas ingin duduk di kursi yang mana saja.

Gokana menyediakan snack gratis di dalam toples besar yang bisa kamu ambil sepuasnya. Tidak ada batasan untuk mengambil snack tersebut. Umumnya snack itu terletak di dekat pintu masuk restoran dan sudah disediakan piring kecil untuk mengambil snack tersebut. Kamu bisa menyantap snack itu sambil menunggu pesanan tiba.

Gokana yang dalam bahasa Jepang berarti mewah, hadir menyuguhkan konsep kemewahan interior, menu, dan rasa yang istimewa. Yang pasti juga keramahan dari para pelayannya.

Menu spesial di restoran ini yaitu Tempura Hot Ramen. Menu ini gabungan udang tempura dan mie ramen pedas. Cita rasa dari kuah ramen yang pedas, segar, dan renyahnya udang tempura menimbulkan sensasi lezat di lidah. Sajian ini menjadi ciri khas dari restoran Gokana Ramen.

Kelebihan Gokana

  • Sudah mendapatkan sertifikat halal
    Sama seperti HokBen, Gokana adalah restaurant yang menyuguhkan makanan khas Jepang yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia dan sudah bersertifikat halal. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi dengan makanan dan minuman yang disajikan Gokana.
  • Terdapat snack
    Saat kita makan di restaurant Jepang ini, kita akan disuguhkan dengan snack yang bisa kamu makan sebanyak apapun gratis sembari menunggu pesanan utama yang kamu pesan.
  • Pelayanan yang ramah
    Saat memasuki restaurant Jepang ini kita akan disambut dengan ramah oleh pelayan yang ada di Gokana tersebut. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri agar orang senantiasa datang lagi karena pelayanan yang ramah dan makanan yang enak.

Kekurangan Gokana

  • Tempat cuci tangan kerap kotor dan basah
    Tempat cuci tangan merupakan salah satu faktor nyaman tidaknya kita berada di restaurant. Gokana sendiri memiliki tempat cuci yang kerap basah dan kotor menurut beberapa review orang yang sudah pernah makan disana.
  • Meja makan kerap berminyak
    Menurut beberapa review orang meja yang berada di restaurant Gokana ini cukup berminyak. Namun saat ini sudah mereka sudah melakukan beberapa perbaikan masalah kebersihan di restaurant nya.
  • Masih belum banyak cabang di Indonesia
    Sama seperti HokBen, Gokana juga hanya tersedia di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan lainnya. Untuk kota-kota kecil dan beberapa wilayah lainnya restaurant ini belum tersedia.
Spesifikasi GokanaKeterangan
PerusahaanPT Champ Resto Indonesia
AsalIndonesia
Makanan andalanTempura hot ramen dan teppanyaki

Pilih Mana: HokBen atau Gokana?

HokBen Gokana
Kelebihan- Sudah mengantongi label halal - Minuman menyehatkan - Makanan jepang yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia - Sudah mendapatkan sertifikat halal - Terdapat snack - Pelayanan yang ramah
Kekurangan- Tidak membuka franchise - Makanan kurang renyah - Hanya tersedia di beberapa tempat - Tempat cuci tangan kerap kotor dan basah - Meja makan kerap berminyak - Masih belum banyak cabang di Indonesia

Kesimpulan

HokBen dan Gokana merupakan restaurant khas Jepang yang enak dan memiliki nuansa yang nyaman kala kita makan disana. Harga yang disematkan oleh kedua restaurant ini juga cukup kompetitif dan tidak merogoh kocek terlalu dalam. Kamu bisa pilih tempat makan kamu sesuai dengan selera ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

HokBen vs Gokana

VS

Leave a Reply