Elektronik

Pilih Mana: Home Theater atau Soundbar?

Memiliki bioskop sendiri dirumah tentu menjadi idaman untuk setiap orang, terlebih untuk mereka yang malas untuk keluar rumah hanya untuk pergi ke mall lalu memesan tiket untuk menonton film. Home Theater dan Soundar menjadi salah satu perangkat yang memiliki fungsi sebagai pengganti bioskop dan bisa kamu pasang dirumah kamu. Bisa kapan saja kamu menonton film tanpa harus menunggu waktu yang telah ditentukan. Penasaran dengan detail dari kedua perangkat tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Home Theater dan Soundbar. Stay tune guys.

Home Theater

Sesuai dengan namanya, home theater merupakan seperangkat alat yang dibuat untuk mewujudkan ruangan di rumah Kamu seperti di bioskop atau di tempat konser dengan mutu suara yang terdengar lebih jelas.

Home theater umumnya ada dalam tipe 5.1 ch yang dibantu dengan 5 speaker serta satu subwoofers (perangkat yang bertanggung jawab terhadap suara bass), atau tipe 5.2 ch yang menyediakan 2 subwoofers.

Terdapat pula tipe 7.1 ch yang dibantu dengan 7 speaker serta satu subwoofers. Semakin banyak jumlah speaker yang ditambahkan, suara di sekitar ruangan Kamu bakal semakin terasa seperti di bioskop. Tidak hanya itu, bila jumlah subwoofer semakin banyak, tambahan efek suara yang dikasih juga semakin mantap.

Suasana mengasyikkan yang dapat Kamu nikmati di rumah ini tentu bakal meningkat bila home theater speaker Kamu pula dilengkapi dengan perangkat pemutar seperti DVD, VCD atau Blue-Ray player dan AV amplifier. Baca juga Pilih Mana : CGV atau XXI?

Kelebihan Home Theater

– Bisa menonton film sepuas hati tanpa perlu ke bioskop
– Memberi kesan mewah pada rumah kamu
– Mampu menghilangkan rasa penat / bosan

Rekomendasi Home Theater

Polytron PHT 728
Polytron PHT 728 muncul dengan konsep tower sky, membuat Kamu bisa menikmati kemewahan suara sekaligus konsep yang mempesona. Kamu bakal memperoleh pengalaman berkualitas dengan seri ini! Kejernihan suara dari speaker ini dibantu dentuman bass bertenaga serta diiringi dengan sistem surround yang begitu bersih. Dengan keluaran suara dari sistem speaker 5.1 ch, Kamu bakal merasa dikelilingi suara dari tayangan yang lagi Kamu putar sehingga membawa suasana bioskop ke rumah kamu.

Roadmaster HT-2014M
Home theater speaker keluaran Roadmaster ini dilengkapi dengan sistem Dolby Digital 5.1 yang sanggup membuat Kamu merasakan sensasi bioskop di rumah sendiri. Dengan suara surround yang fantastis dan gambar berkualitas tinggi yang diperoleh DVD player-nya, Roadmaster HT-2014M ini bakal memberikan Kamu pengalaman hiburan yang luar biasa!

Tidak hanya itu, konsep speaker satelitnya mudah dipasang di dinding, atau Kamu bisa mengaturnya dengan sudut tertentu supaya suara yang diperoleh lebih meruang, walau dengan estetika tata letak yang minimalis. Home theater speaker ini pula dilengkapi dengan koneksi digital HDMI, USB playback, serta Tuner Radio.

Polytron PHT 925
Kamu mau home theater speaker dalam negeri dengan mutu terbaik? Polytron PHT 925 dapat jadi salah satu opsi Kamu. Dengan didampingi 4 buah tower speaker dan satu subwoofer, home theater system ini bakal membagikan mutu audio melebihi rata- rata! Tidak hanya itu, Polytron PHT 925 ini pula dilengkapi digital FM buat Kamu yang senang menikmati siaran radio, serta ada pula colokan mikrofon untuk berkaraoke. Tetapi sayangnya, produk ini belum dilengkapi pemutar blue-ray.

Panasonic SC-XH333
Panasonic SC-XH333 ini dilengkapi dengan 4 surround speaker serta subwoofer yang sanggup menggetarkan hati Kamu dengan suara bass yang energik. Dengan fitur bass blast yang mendentumkan suara bertenaga dari subwoofer serta 4 surround speaker pendukung, home theater speakers ini bakal menyuguhkan Kamu mutu suara yang prima.

Soundbar

Soundbar merupakan salah satu sistem suara dengan bentuk yang langsing serta modern. Berbeda dengan home theater yang cukup besar serta memerlukan banyak kabel dalam pemasangannya, soundbar menggabungkan sebagian unit speaker dalam satu wadah kolom yang panjang.

Bentuk umum soundbar yaitu kotak panjang yang langsing dan dapat dipasang di dinding, di bawah atau di depan Televisi ataupun ditempatkan di atas rak kabinet. Sebab wujudnya yang efisien tidak akan membatasi kalian menyaksikan Televisi.

Penampilan dari Soundbar pula dapat menambah sensasi suara yang lebih luar biasa dibanding dari televisi langsung. Tetapi bila dibanding dengan home theater, suaranya lebih unggul home theater.

Untuk itu bila kalian membeli soundbar kalian butuh sokongan sebuah subwoofer wireless buat menciptakan suara bas yang nendang. Subwoofer lepas ini bermaksud buat menaikkan daya output suara yang lebih kencang dibanding dengan subwoofer kecil yang telah terinstalasi dalam unit soundbar. Semakin panjang soundbar, semakin banyak driver yang dapat ditaruh di dalamnya.

Kelebihan Soundbar

– Lebih efisien tempat daripada home theater
– Tampilan lebih elegan
– Harga soundbar lebih ekonomis

Rekomendasi Soundbar

Samsung HW-MS650 Sound bar
Tidak puas hanya mendominasi segmen pasar TV aja, Samsung saat ini juga bersiap untuk melakukan ekspansi ke pasar home entertainment audio pula. Ekspansi ini bisa terlihat dari inovasi produk mereka yang diberi sebutan HW-K850 serta yang terutama yaitu HW- K950 Dolby Atmos Sound bar dan sebagian speaker nirkabel lainnya.

Tetapi, di atas itu semua adalah soundbar HW-MS650 yang jadi produk teratas untuk bagian sound bar dari Samsung. Tidak ada satupun sound bar yang mencampurkan begitu banyak suara agresif dengan skala kejernihan, terutama dalam perihal bass dan unggul secara konsisten antara film serta musik.

Sony HT-ST5000 Sound bar
Sony HT-ST5000 jadi sound bar paling mahal di dalam daftar ini, tetapi dengan sejumlah uang ini Kamu bakal memperoleh sound bar yang sempurna serta menawarkan teknologi Dolby Atmos dengan suara surround yang konvensional.

Harga yang mahal ini menunjukkan perangkat ini tidak buat orang kebanyakan, penawaran terbaik senantiasa jatuh ke Samsung HW- MS650. Tetapi, bila kalian mau mempunyai sound bar yang high end, produk inilah pilihannya.

Q Acoustic M4 Sound Bar
Sound kafe yang satu ini sepintas memang terlihat tidak begitu mengesankan dengan pengaturan yang klasik serta cuma dibantu 2. 1 channel sound tanpa kehadiran sokongan HDMI. Tetapi, kalian perlu mendengarkan mutu suara M4 dikala memutar musik serta film. Seluruh keraguan kalian sebelumnya bakal terhapus seketika.

Philips Fidelio B5
Philips Fidelio B5 ialah perangkat yang impresif serta sempurna untuk mereka yang senang menyaksikan film dengan efek suara yang mengagumkan namun tidak ingin ribet dengan pemasangan surround sound system 5. 1. Dengan decoding DTS Digital Surround dan Dolby Digital 5. 1, perangkat ini mampu menciptakan suara terbaiknya. Campuran antara audio yang baik dan nyaman di telinga membuat Fidelio B5 jadi opsi terbaik buat para penggemar film.

Pilih Mana: Home Theater atau Soundbar?

Home TheaterSoundbar
Kelebihan - Kualitas audio yang baik - Menghilangkan rasa bosan - Menonton kapan saja sesuka hati- Efisien tempat - Harga lebih murah - Lebih elegan
Kekurangan - Harga mahal - Memakan banyak tempat- Kualitas audio kalah bagus dengan Home Theater - Fitur tidak sebaik Home Theater

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Home Theater dan Sounbar diatas, maka bisa kita simpulkan bahwa Home Theater dan Soundbar memiliki kegunaan yang sama yaitu untuk menonton film, TV, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Namun jika kalian menginginkan kualitas yang berasa seperti di bioskop, maka saya rekomendasikan Home Theater untuk menemani kamu menonton acara kesukaan kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Home Theater vs Soundbar

VS

Leave a Reply