Kendaraan

Pilih Mana: Honda Air Blade atau Yamaha Aerox?

Honda dan Yamaha tak henti-hentinya mengeluarkan produk motor yang memanjakan para calon pembelinya, fitur serta performa produk nya selalu dipikirkan matang-matang, maka tak heran kedua merek ini masih eksis sampai saat ini. Contoh dari kedua produk ini adalah Honda Air Blade dan Yamaha Aerox, mungkin sebagian orang ada yang sudah tahu namun ada juga beberapa yang belum tahu mengenai fitur serta performa dari kedua motor ini. Penasaran ? Jangan kemana-mana disini aja ya.

Honda Air Blade

Honda Air Blade, motor Skutik Underbone yang telah muncul semenjak tahun 2007 lalu di Vietnam serta di negara Asia tenggara yang lain termasuk Malaysia. Skutik ini disaat itu muncul untuk menghadapi rivalnya di bagian yang sama seperti Yamaha Nouvo dan juga Suzuki Skywave/ Hayate juga Suzuki Impulse. Baca juga Pilih Mana: Vespa GTS 300 atau Vespa GTS Super 300?

Desain Honda Air Blade

Motor ini dilengkapi dengan 1 silinder SOHC berpendingin cairan, Skutik dengan dek tak rata juga pakai suspensi belakang ganda ini power puncaknya menggapai 8,4 kW pada 8.500 rpm serta torsi maksimal sebesar 11,26 N m pada 5.000 rpm.

Serta dengan ukuran ban yang seperti dengan Honda Vario (tetapi memiliki konsep velg berbeda 6 palang) yakni 80/90-14 untuk depan 90/90-14 buat belakang ini mempunyai berat motor sebesar 110 kg aja.

Tidak cuma itu, Honda Air Blade pula didesain dengan warna magnetik yang bisa memunculkan kesan stereoskopis 3D. Di Indonesia, pewarnaan serupa sudah diterapkan pada Kawasaki Ninja 250 yang baru. Memanglah warnanya seakan mendapat sentuhan airbrush.

Mesin Honda Air Blade

Masalah mesin, Honda Air Blade 125 2019 masih mengenakan mesin yang yang sama dengan Honda Vario, yaitu 125cc dengan output tenaga 8,4 [email protected] 8.500 rpm serta 11,26 [email protected] 5.000 rpm. Honda Air Blade 125 ini merupakan motor matic dengan rancangan sporty tetapi senantiasa nampak elegan.

Dibuktikan dengan sebagian part yang menunjang tampilannya jadi makin keren. Maka tak heran jika banyak yang mengidam-idamkan motor ini. Buat fiturnya sendiri, motor ini mempunyai headlamp tajam dengan DRL di atas lampu utama. Sekilas dari mika headlamp seperti memiliki Vario di Indonesia, serta konsumsi DRL mendekati dengan yang terdapat di CBR250RR.

Fitur Honda Air Blade

Honda Air Blade 125 sudah mengenakan sistem penguncian tanpa anak kunci atau Keyless Ignition System yang lebih nyaman dan sederhana. Speedometer masih belum full digital seperti vario 125 di Indonesia, melainkan masih kombinasi analog serta digital buat bar bensin di komponen bawahnya.

Lampu belakang sudah pakai LED agar kekinian, dengan konsep yang meruncing serta tampak lebih langsing dibandingkan lampu belakang Vario new. Buat lampu sen (Sign Lamp) nya masih ikut dengan stoplamp, tidak terpisah seperti Vario 2018.

Harga Honda Air Blade

Air Blade 125 2019 ini dijual dengan harga sangat ekonomis dengan harga Rp. 23,4 jutaan. Bayangkan skutik 125cc biayanya sejajar skutik 150, terlebih ini cuma tipe standar alias tipe paling murah, sebab buat tipe paling mahal skutik ini dibanderol dengan harga Rp. 26 jutaan buat tipe SE.

Yamaha Aerox

Diluncurkan pada ajang beberapa saat yang lalu, Yamaha rupanya cukup cepat buat melakukan penyegaran pada Yamaha Aerox 155 VVA. Bagaimana tidak, alasannya belum mencapai satu tahun dari peluncurannya, Yamaha telah menawarkan pembaruan pada bentuk luar motor bertajuk Yamaha Aerox 155 VVA ini. Bukan tanpa alasan, penjualan motor ini yang masih kalah dibandingkan dengan sebagian rivalnya, memang mengharuskan Yamaha buat melakukan seluruh hal buat menarik atensi para calon pelanggannya.

Detail mesinnya yang serupa dengan Yamaha NMAX rupanya membuat Yamaha Aerox 155 VVA ini masih kalah dengan motor premium NMAX yang jauh lebih laris. Di mana, mesinnya yang berkapasitas 155 cc memang membuatnya bisa menciptakan daya yang terhitung cukup powerfull. Pasti hal ini jadi suatu hal yang layak dipikirkan untuk para calon pelanggan Yamaha Aerox 155 VVA itu.

Desain Yamaha Aerox

Bila kita melihat dari depan, nampak suatu headlamp berteknologi LED lamp yang terpasang manis serta meruncing ke atas alhasil menunjukkan kesan sporty serta tajam yang amat nyata pada Yamaha Aerox 155 VVA ini. Di bagian lain, dengan ditopang headlamp yang memakai teknologi LED itu maka iluminasi pada motor ini lebih sempurna, terutama kala dikendarai di jalur yang sepi serta sedikit lampu penerangan.

Tiba pada bentuk tubuh samping, kita dapat melihat sebagian lekukan tegas serta tajam dengan motif khas “X” alhasil membagikan opini yang begitu gagah serta aerodinamis. Tidak hanya itu, pada bagian sisi dari bentuk konsep detail Yamaha Aerox 155 VVA ini pula nampak suatu tangki besar yang sanggup menampung 4, 5 liter bahan bakar sebagai bekal bahan bakar yang ditaksir cukup banyak, terutama bila dikendarai dalam perjalanan yang jauh.

Tidak hingga cuma itu aja, pada Yamaha Aerox 155 VVA ini nampak pula suatu bagasi besar yang berpadu dengan tangki bahan bakarnya di mana bagasi itu sanggup menaruh helm Full Face berukuran XL, Jaket Hujan, serta benda bawaan yang lain. Masih pada sektor bodi sampingnya, nampak pula suatu knalpot dengan pelindung yang terpasang manis pada bagian sisi kanan Yamaha Aerox 155 VVA ini.

Mesin Yamaha Aerox

Motor matik besutan Yamaha ini bakal dibekali dengan jenis mesin SOHC dengan kapasitas mesin 155cc generasi terkini. Mesin itu diklaim bakal sanggup menciptakan daya yang amat gahar buat kelas skutik, yakni sanggup menggapai daya maksimal sampai 14,8 Hp pada putaran 8.000 rpm serta sanggup mencapai puncak torsi sampai 14,4 Nm pada putaran ke 6.000. Daya yang begitu besar pada Yamaha Aerox 155 VVA itu tentu juga tidak lepas dari disematkannya suatu teknologi mesin yang bernama Variabel Valve Actuation (VVA) di mana teknologi ini diklaim bakal membuat performa mesin lebih berenergi.

Kemudian, daya gahar yang diperoleh mesin itu bakal disalurkan lewat suatu transmisi V-Belt Automatic yang sedia mendorong skutik ini dengan daya yang kuat. Tidak cuma itu aja, detail Yamaha Aerox 155 VVA ini pun juga bakal dibenamkan suatu teknologi yang bernama Blue Core di mana teknologi ini bakal membuat motor matik ini lebih hemat bahan bakar, efisien serta pastinya lebih ramah lingkungan.

Dengan mengenali zona mesin yang diusung skutik besutan Yamaha itu maka dapat disimpulkan kalau sektor dapur pacu dari detail Yamaha Aerox 155 VVA cc ini terhitung berenergi gahar serta powerfull tetapi senantiasa hemat bahan bakar serta pastinya ramah lingkungan.

Fitur Yamaha Aerox

Yamaha Aerox ini bakal jadi skutik pertama di Tanah Air yang bakal mengandalkan sistem penguncian Keyless alhasil tidak diperlukan anak kunci pada saat menghidupkan motor ini. Di bagian lain, Yamaha Aerox 155 VVA ini juga dilengkapi dengan fitur Stop & Start System yang amat bermanfaat dalam menekan pemakaian bahan bakar pada saat motor berhenti. Tidak cuma itu aja, fitur lain juga pula ikut disematkan yakni Smart Motor Generator yang bakal menghasilkan suara mesin terdengar lebih halus pada saat dihidupkan di awal.

Terdapat satu lagi fitur menarik yang jadi harapan Yamaha Aerox 155 VVA, yakni Electronic Power Socket yang dapat dipakai buat mengisi ulang smartphone kala berkendara. Di sisi itu, sistem keyless Yamaha Aerox 155 VVA pula dilengkapi immobilizer serta Answer Back System yang buatnya terasa lebih canggih serta memudahkan penggunanya mencari posisi motor kala berada di parkiran.

Tidak sampai di sana saja, buat mendukung keamanan maka Yamaha Aerox 155 VVA ini pun juga akan dibekali dengan sistem pengereman ABS (Anti- lock Brake System) yang akan jadi salah satu fitur yang diandalkan Yamaha Aerox buat bersaing dengan Honda Vario 150 eSP. Teknologi itu bakal mengoptimalkan sistem pengereman serta menghindari penguncian roda kala mengerem secara tiba- tiba.

Sayangnya fitur ABS cuma ada pada roda depan mengenang buat ban belakang masih mengenakan rem tromol. Meski begitu, Yamaha menjanjikan kalau detail Yamaha Aerox 155 VVA itu diisi dengan bermacam pertimbangan matang.

Harga Yamaha Aerox

Harga Yamaha Aerox 155 VVA versi standar dihargai dengan angka Rp 22,85 juta. Sedangkan buat versi S version Yamaha meningkatkan harganya jadi Rp 27,2 juta. Sementara itu buat versi R Version tidak mendapatkan penyegaran sehingga harga jual dari Yamaha Aerox 155 VVA R Version ini tetap berada pada angka Rp 22,5 juta.

Pilih Mana: Honda Air Blade atau Yamaha Aerox?

Honda Air BladeYamaha Aerox
Kelebihan - Memiliki bagasi yang luas - Memiliki fitur keyless - Memiliki fitur ACG starter - Memiliki speedometer digital - Memiliki electronic power socket - Mesin bertenaga
Kekurangan- Harga yang cukup mahal - Penggunaan ban yamg masih standar- Memiliki jok belakang yang kurang nyaman - Bagasi depan kecil

Kesimpulan

Honda Air Blade dan Yamaha Aerox sudah memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk dibawa ke jalanan kota, semuanya adalah tergantung dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Namun kalau kamu menginginkan fitur ABS pada motor kamu, maka Yamaha Aerox jawabannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Air Blade vs Yamaha Aerox

VS

Leave a Reply