Kendaraan

Pilih Mana: Honda Beat atau Honda Vario?

Persaingan sepeda motor di Indonesia berlangsung sangat sengit. Setiap perusahaan bersaing menawarkan motor matic berkualitas yang bisa diandalkan sebagai kendaraan harian masyarakat Indonesia. Saking banyaknya tipe moto matic yang beredara di Indonesia, tentu membuat kita bingung memilih yang terbaik. Banyak faktor yang membuat sebuah sepeda motor dikatakan sebagai yang terbaik, seperti faktor keiritan bahan bakar dan performa mesinnya.

Kali ini kami akan membahas motor produksi dari PT Astra Honda Motor (AHM), yaitu Honda Beat maupun Honda Vario yang merupakan motor matic, dimana kendaraan matic dari Honda ini sangat populer dan bersaing ketat dengan kendaraan motor dari produsen lainnya.

Motor matic merupakan tipe sepeda motor yang otomatis yang tidak menggunakan operan gigi manual dan hanya cukup dengan satu akseleras, Ukuran sepeda motor matic  ini lebih kecil dan ringan daripada motor tipe bebek.

Sejarah Honda di Indonesia

Berdasarkan Wikipedia, PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down). Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc.

Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2001 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.

Saat ini PT Astra Honda Motor memiliki 4 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi di Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. Pabrik ke 3 berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 4 berlokasi di Karawang. Pabrik ke 4 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2014.

Dengan keseluruhan fasilitas pada PT Astra Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 5.8 juta unit sepeda motor per-tahunnya.

Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT Astra Honda Motor adalah pencapaian produksi ke 50 juta pada tahun 2015. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN.

Honda Beat vs Honda Vario

Honda Beat ini merupakan motor matic yang dikembangkan dengan konsep yang serba simple. Salah satu Honda Beat eSP terbaru ini memiliki ukuran desain yang lebih slim dengan bentuk wedge shape yang terlihat lebih runcing sehingga memberikan kesan stylish. Dan juga, konsep stylish tersebut juga didukung dengan performa mesin yang cukup bertenaga.

Dengan dibekali dengan  teknologi eSP ini akan menjadikan motor matik ini lebih irit bahan bakar dan tentunya lebih ramah lingkungan. Honda Beat  ini pun juga bakal dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang akan menunjang keamanan serta kenyamanan untuk pengendaranya.

Honda Vario ini dirancang dengan desain yang lebih minimalis dan tetap terkesan eksklusif serta modern. kali ini pembaruan pada Vario 150 ini tampak dari desain yang lebih mewah dan agresif berkat striping baru dengan emblem 3 dimensi (3D) sayap Honda. Selain itu, Honda Vario 150 memiliki performa tinggi jauh di atas motor matic lainnya.

Produk terbaru buatan Honda Vario 150  masuk ke dalam kelas motor matic  yang saat ini memiliki desain berkelas dengan gaya eksklusif, mesin lebih handal dan fitur yang tentunya lebih canggih dan fungsional. Baca juga Pilih Mana: Yamaha Lexi S atau Honda Vario 150?

Spesifikasi Honda BeatHonda Vario
Dimensi - 1856 x 666 x 1068 mm - 1919 x 679 x 1062 mm
Kapasitas tangki bahan bakar - 4 liter - 5,5 liter
Tipe mesin- 4-Stroke, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP- 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan
Tipe pengapian - Full Transisterized, Baterai- Full Transisterized
Isi silinder - 110 cc - 124,8 cc
Rasio - 9.5 : 1 - 11,0 : 1
Tipe busi - ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9 - NGK MR9C-9N
Transmisi - Otomatis, V-Matic - Otomatis, V-Matic
Tipe Rangka - Back Bone - Tulang punggung

Desain Honda Beat vs Honda Vario

Honda Beat
Pada bagian eksterior atau tampilan luar dari Honda BeAT eSP ini, terlihat memang memberikan tampilan yang lebih sporty. Honda Beat eSP di buat dengan model V-shape pada sisi bagian depan, dimana untuk susunannya, bagian bawah sudah terpasang lampu utama dan lampu sein terpasang dengan presisi di bagian atasnya.

Pada bagian belakang Honda Beat eSP memiliki jok yang begitu nyaman untuk ditunggangi, yang di desain lebih tinggi di bagian belakang, lengkap beserta behel yang dibuat material kuat. Lalu pada bagian tempat duduk, dibuat mengikuti alur body, yang membuatnya terlihat lebih sporty, apalagi dengan adanya bagian lampu belakang yang terbagi atas tiga bagian, yaitu Lampu rem, dan dua lampu sein di sisi bagian samping.

Honda Vario
Pembaruan pada motor terbaru buatan Honda ini terletak pada desain bodi lebih sporty dan modern dengan lekukan yang cukup tajam. Selain itu, kali ini pihak pabrikan juga menerapkan warna bodi monotone yang sangat elegan dan berkelas sehingga semakin membuat konsumen tertarik.

Selain itu, motor ini juga memiliki headlamp modern berjenis Dual Keen Eyes Headlight yang kini sudah menerapkan teknologi jenis LED dan dibekali pula dengan kedua lampu sein yang menyatu pada satu tempat berbentuk menyirip membuat tampilan depannya terlihat sangat agresif, mewah dan berkelas.

Bahkan dengan penerapan teknologi lampu LED tersebut maka dipastikan bakal semakin membuat berkendara pada kondisi gelap atau malam hari menjadi lebih nyaman dan aman karena sorotan lampu jenis ini lebih terang, lebih hemat, tahan lama dan dapat diandalkan.

Suspensi Honda Beat vs Honda Vario

Honda Beat
Untuk mendukung atau pun menyangga rangka maka Honda membekali motor matic ini dengan suspensi teleskopik pada bagian depannya. Sedangkan untuk bagian belakang, akan dibekali tipe suspensi lengan ayun yang dilengkapi peredam kejut tunggal.

Jadi tidak mengherankan jika Honda Beat eSP ini akan mampu menahan beban pengendara maupun penumpangnya.  Dengan adanya kedua suspensi tersebut dapat mengurangi goncangan ketika melewati jalan yang berlubang atau jalanan yang terjal penuh bebatuan.

Honda Vario 
Vario 150 telah dibekali dengan suspensi yang kokoh yaitu berupa suspensi depan Telescopik pada bagian depan yang mempunyai kenyamanan luar biasa. Belum lagi dengan suspensi belakangnya yang dipasangkan Swing Arm dengan suspensi Tunggal sehingga akan memberikan kemampuan maksimal pada motor buatan Honda ini tahan terhadap siapapun yang mengendarainya.

Dengan kerangka utama yaitu Underbone membuktikan bahwa motor matic ini cukup tangguh dengan bodynya yang cukup besar sehingga dinilai cukup tangguh dalam menjaga keseimbangan dan memberikan kenyaman pada penumpangnya.

Mesin Honda Beat vs Honda Vario

Honda Beat
Honda Beat eSP dibekali dengan mesin tipe SOHC berpendingin udara 4 langkah dengan kapasitas mesin hingga 110 cc dan membawa teknologi eSP. Mesin tersebut akan mampu menghasilkan tenaga sebesar 8.68 Ps setiap sampai pada putaran ke 7.500 rpm. Dan Honda Beat eSP ini mampu mencapai maksimum torsi hingga 9.01 Nm pada putaran ke 6.500 rpm. Kemudian, kekuatan yang dihasilkan dari semburan mesin tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi otomatis yang berteknologi V-Matic.

Honda Beat eSP ini hadir di bekali mesin SOHC berpendingin udara 4-langkah berkapasitas 110 cc yang siap melaju dengan kecepatan yang tinggi.

Honda Vario 
Honda Vario 150 pun hadir sebagai motor matic performa tinggi dengan pengembangan mesin 150 cc.  Dengan catatan waktu 11,6 detik, motor matic bermesin 150 cc dan berteknologi SOHC ini diklaim dapat menempuh jarak 0 – 200 meter dan dapat mencapai top speed 105 km/jam.

Honda Vario 150 ini pun juga dinekali dengan fitur Idling Stop System (ISS) menjadikan model ini dapat menekan konsumsi BBM agar lebih irit di kelasnya sebesar 46,9 km/liter dengan hasil emisi gas buang yang lebih baik dari standar emisi EURO 3.

Honda Vario 150 yang mengusung mesin berkapasitas 150 cc dengan teknologi eSP yang mana diklaim  dapat mencapai waktu akselerasi 11,9 detik untuk mencapai 200 m dan kecepatan maksimum mencapai 102 km/jam.

Pilih Mana: Honda Beat atau Honda Vario?

Honda BeatHonda Vario
Kelebihan- Desain yang oke - Fitur yang memupuni - Mesinnya lumayan irit- Kapasitas bagasi luas - Konsumsi bahan bakar irit - Lampu depan sudah dilengkapi dengan teknologi LED
Kekurangan- Bagasi tidak muat helm - Performa mesinnya biasa saja, meskipun sepertinya masih bisa ditingkatkan.- Kualitas ban kurang bagus menurut kami - Bodi besar

Kesimpulan

Setelah melihat pembahasan mengenai Honda Beat dan Honda Vario pada artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua motor keluaran dari Honda ini di bekali dengan fitur canggih yang sanggup bersaing dengan motor-motor yang ada sekarang ini. Mesin yang disematkan pada kedua motor ini juga sangat bagus dan sangat hemat bahan bakar. Selain itu juga kedua motor ini sangat nyaman dikendari. Tetapi jika kalian ingin memilih motor dengan bodi yang lebih ramping kalian dapat memilih Honda Beat tetapi jika kalian ingin memilih motor matic dengan fitur canggih yang lebih komplit Honda Vario dapat menjadi referensi kalian ya! Dari artikel ini semoga kalian bisa mengambil info positif dan dapat menjadi pertimbangan kalian ketika ingin membeli motor matic Honda ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Beat VS Honda Vario

VS

 

Leave a Reply