Kendaraan

Pilih Mana: Honda Beat atau Yamaha Mio?

Sepeda motor matic saat ini sangat digemari masyarakat. Tidak hanya bagi kaum perempuan saja yang kebanyakan memang menjadi sasaran utama, namun saat ini kalangan pria ternyata juga meminati motor dengan transmisi otomatis ini. Dua diantara produk motor matic di Indonesia yang paling laris dan disukai masyarakat adalah dari Honda Beat dan Yamaha Mio. Nah, dari sini banyak orang yang bingung untuk memilih Honda Beat dan Yamaha Mio.

Pertarungan Honda Beat dan Yamaha Mio dimulai dari tahun 2008, saat Beat generasi pertama dirilis. Kedatangannya langsung mengusik keberadaan Mio, yang merupakan petahana sejak 2003. Setelah itu, keduanya menjadi saling berlomba mengeluarkan motor terbaiknya.

Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai kedua pesaing ini yaitu Honda Beat dan Yamaha Mio dengan lebih jelas, agar kalian dapat membandingkan performa keduanya. Jadi, dibaca terus sampai akhir ya!

Honda Beat

Honda Beat kali ini hadir dengan membawa pembaruan pada segi desain, dan penambahan fitur baru yang membuatnya semakin canggih dibandingkan generasi sebelumnya. Fitur yang sangat menonjol adalah hadirnya fitur ECO Indicator yang berguna untuk mengoptimalkan gaya berkendara agar semakin irit. Tidak hanya itu saja, motor matic ini juga menawarkan perubahan desain yang membuatnya terlihat semakin sporty. Baca juga Pilih Mana: Honda Beat atau Honda Vario?

Honda Beat ini tersedia dengan tiga varian yang disediakan, yaitu tipe CW, CBS, dan CBS-ISS.

Desain pada Honda Beat eSP berubah sangat drastis dibandingkan generasi sebelumnya. Bagian depan terlihat semakin sporty dengan hadirnya lampu headlamp terbaru yang dibuat senada dengan lampu belakang. Tidak hanya itu, Honda juga menyediakan berbagai warna striping yang lebih menarik dan terasa lebih sporty. Fitur-fitur yang sebelumnya dimiliki Honda Beat juga dimiliki generasi terbaru ini.  Motor matic ini tetap bisa dinobatkan sebagai salah satu motor matic paling irit di Indonesia.

Spesifikasi Honda Beat

Desain Honda Beat
Honda Beat eSP hadir dengan balutan desain baru yang terlihat lebih segar dan memiliki desain lebih ramping yang menambah kesan sporty tampilan luarnya. Tidak hanya itu saja, motor matic ini juga menawarkan garis bodi lebih tegas dengan berbagai pilihan warna striping yang lebih menarik dibandingkan Honda Beat generasi sebelumnya.

Sedangkan untuk dimensinya, motor matic ini memiliki bodi berukuran panjang 1.856 mm, lebar 666 mm, dan ketinggian 1.068 mm. Honda Beat juga menawarkan desain headlamp baru yang menggabungkan lampu sein dengan lampu utama. Untuk lampu sein-nya berada diatas dan dibuat dengan bentuk meruncing yang terlihat sangat sporty.

Performa Honda Beat
Honda Beat juga memiliki performa mesin bertenaga. Sayangnya, Honda tidak memberikan perubahan terhadap kapasitas mesin motor ini. Mesin 4 Langkah SOHC dengan kapasitas 110cc akan dioptimalkan oleh sistem pendingin udara, sehingga mesin tetap adem meski dipakai dalam waktu lama.

Tidak ketinggalan teknologi sistem pembakaran Injeksi (PGM-Fi) akan mengoptimalkan efesiensi bahan bakar, sehingga Honda Beat eSP tetap mampu mempertahankan posisinya sebagai motor matic paling irit di Indonesia. mesin yang dipakainya mampu menghasilkan tenaga maksium mencapai 8.6 PS yang bisa diraih pada putaran mesin 7.500 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 9.01 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Honda Beat kali ini juga dilengkapi dengan fitur terbaru yang membuat Honda Beat eSP makin menarik yaitu:

  • New Eco Indocator
    Fitur terkini yang menginformasikan bahwa kendaraan sedang diopersikan secara efisien. Saat lampu indicator menyala, menandakan cara berkendara kamu lebih irit bahan bakar.
  • Combined Digital Panel Meter
    Kombinasi panel meter analog dan digital kini hadir semakin canggih, membuat informasi berkendara lebih mudah terbaca.
  • Combi Brake System
    Fitur canggih yang memudahkan keseimbangan pengereman roda depan dan belakang secara tepat. Lebih praktis, serta nyaman disemua kondisi jalan.
  • Parking Brake Lock
    Mencegah motor loncat saat mesin dihidupkan dan lebih nyaman saat berhenti ditanjakan maupun turuna
  • Secure Key Shutter
    Parkir menjadi lebih aman dengan sistem penguncian magnet yang kuat dan mengurangi resiko pencurian.
  • Side Stand Swicth
    Mesin tidak dapat dinyalakan saat standar turun. 
Spesifikasi Honda Beat 
Dimensi1.856 x 666 x 1.068 mm
Berat 92 (CW) / 93 kg (tipe CBS)
Kapasitas tangki4 Liter
Tipe mesin 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP
Kelas110cc
Volume Langkah50 x 55,1 mm
Perbandingan Kompresi 9,5:1
Daya Maksimum6.38 kW (8.68 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum9,01 Nm (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm
Tipe TransmsiOtomatis, V-Matic

Kelebihan Honda Beat

Berikut beberapa kelebihan yang ditonjolkan oleh Honda Beat yang dapat menjadi referensi anda, yaitu:

  • Fitur-fiturnya lengkap
    kelebihan honda beat eSP yang pertama dari segi fitur salah satunya adalah dari keamanannya yang lengkap, motor ini sudah dilengkapi dengan adanya kunci pengaman bermagnet. Sehingga akan secara otomatis lubang kunci akan tertutup ketika kunci kontak tidak terdapat pada lubang kunci. dan berbagai fitur lainnya.
  • Performa mesin handal
    Dibekali dengan tipe mesin 4 tak SOHC berpendingin udara yg memiliki kapasitas 110 cc menjadikan salah satu dari kelebihan honda beat eSP dan mesin motor honda tersebut mampu memberikan daya maksimal mencapai 7.500 rpm serta mampu memberikan torsi maksimal mencapai 6.500 rpm. Sehingga dapat dipastikan jika Honda Beat ini akan melaju cukup kencang dijalan.
  • Konsumsi bahan bakar irit
    Honda Beat dilengkapi dengan sistem bahan bakar PGM-FI yang menjadikan konsumsi bahan bakar motor Honda Beat eSP ini akan menjadi lebih irit, sehingga para pengguna sepeda motor honda beat eSP ini tidak perlu merasa takut akan kehabisan bahan bakar ketika sedang berkendara.

Kekurangan Honda Beat

Selain mempunyai banyak banyak keunggulan, Honda Beat ini juga ternyata mempunyai beberapa kekurangan loh, yaitu:

  • Ukuran jok sempit
    Jok motor Honda Beat ini masih dibuat sama seperti varian sebelumnya, sehingga tempat duduk Honda Beat eSP ini masih sempit, ditambah lagi dengan jok motor Honda Beat ini cukup keras. Mungkin hal tersebut akan terasa kurang nyaman pada saat digunakan, terlebih lagi jika kalian ingin melakukan perjalanan yang jauh.
  • Material body tipis
    Kekurangan lainnya yang terdapat pada Honda Beat eSP ialah pada matrial bodi, dimana bahan yang digunakan untuk membuat bodi motor Honda Beat eSP ini sangat tipis. Sehingga bodi motor matic ini akan lebih mudah retak atau bahkan pecah ketika berbenturan dengan sesuatu.
  • Kualitas cat kurang maksimal
    Kualitas cat motor Honda Beat ini dirasa masih kurang maksimal dan hal tersebut akan berdampak kepada keawetan dari warna cat motor ini.

Yamaha Mio

Yamaha Mio hadir dengan beberapa varian salah satunya Yamaha Mio S, Yamaha Mio kali ini dibekali dengan dengan kemampuan spesifikasi yang handal. Hal ini pastinya sebagai bentuk upaya dari pihak PT YIMM sendiri sebagai usaha untuk menarik perhatian calon konsumen.

Berkaitan dengan spesifikasi, Yamaha Mio S sendiri hadir dengan pembaruan desain khas skutik perkotaan dengan mengusung gaya desain yang lebih modern dan dinamis di mana kali ini Yamaha telah melengkapi headlamp dengan teknologi lampu LED sehingga akan memberikan pencahayaan yang lebih modern dan maksimal.

Spesifikasi Yamaha Mio

Desain Yamaha Mio
Motor matic hasil pabrikan Yamaha yang satu ini memang dihadirkan dengan membawa konsep desain bertema “Smart and Sophiscated”.  Di mana, tema desain yang diperlihatkannya tersebut lebih mengedepankan sisi dinamis dan tampilan yang lebih simpel.

Kesan “Smart and Sophiscated”  pun juga terlihat jelas dari beberapa bagian pada Yamaha Mio S ini, mulai dari bagian depan yang tampak sebuah headlamp yang sangat stylish dengan teknologi LED sehingga selain menampilkan aura modern, tentunya skutik ini dipastikan bakal sanggup memancarkan cahaya yang lebih maksimal.

Yamaha Mio ini dilengkapi dengan lampu hazard pada bagian headlamp ini sebagai tanda ketika dalam situasi darurat. 

Kemudian, Pada sisi sampingnya sendiri terlihat sangat anggun dengan ruang pijakan kaki yang cukup lega sehingga berkendara pun akan semakin nyaman serta membuat si pengemudinya pun merasa nyaman. Jok pada Yamaha Mio S ini dibuat simpel memanjang ke belakang seperti motor matic pada umumnya.

Performa Yamaha Mio
Mesin motor matic dari jajaran Mio Series yang satu ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena, Yamaha akan melengkapi dengan mesin SOHC silindrer tunggal 4 langkah dengan volume silinder hingga 125 cc. Di mana, tipe mesin dan kapasitas kubikasi Yamaha Mio S tersebut nantinya akan dipasangkan dengan sistem transmisi V-Belt Automatic.

Dengan kolaborasi antara tipe mesin dan sistem transmisinya tersebut tentunya membuat performa dari motor ini sanggup mengeluarkan power maksimal hingga 7.0 kW per putaran ke 8000 rpm dan torsi puncaknya 9.6 Nm per putaran ke 5500 rpm. Dengan begitu maka dipastikan bahwa mesin yang ada Yamaha Mio S ini terbilang sudah cukup handal di kelasnya.

Setelah melihat desain dan performa yang ditawarkan oleh Yamaha Mio ini, ternyata motor matic ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang handal, yaitu:

  • Headlamp LED
    Selain lebih terang dan hemat daya, yang jelas desainnya pun terlihat lebih mewah berkat penggunaan desain reflektor diamond cut serta lampu posisi berwarna biru.
  • Hazard
    Fungsinya untuk menambah visibilitas motor saat terjadi kejadian darurat seperti motor mogok atau ban bocor.
  • Push pull throttle
    Fitur ala motor sport lain yang ada pada Yamaha Mio ini adalah push-pull throttle, atau holder gas menggunakan dua kabel.
  • ECO indicator
    Indikator yang terhubung dengan ECU ini memandu pengendara agar berkendara lebih efisien, dengan klaim Yamaha konsumsi BBM bisa lebih irit 5% sampai 10%. 
Spesifikasi Yamaha Mio 
Dimensi1.870 x 85 x 1060 mm
Berat 94 Kg
Kapasitas tangki4,2 L
Tipe mesin Air cooled, 4-stroke, SOHC
Kelas125cc
Volume Langkah52,4 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 9,5 : 1
Tenaga Maksimal 7.0kW/8000rpm
Torsi Maksimum9.6N.m/5500rpm
Tipe TransmsiV-belt automatic

Kelebihan Yamaha Mio

Yamaha Mio ini juga mempunyai beberapa kelebihan yang membuat motor matic ini menjadi idaman, diantaranya:

  • Tampilan stylish dan berkarakter
    Desain motor yang begitu stylish dan berkarkater dengan tampang motor yang stylish dan futuristik tentu akan meningkatkan rasa kepercayaan diri bagi setiap pengendaranya.
  • Sangat stabil
    Stabilnya motor saat melakukan akselerasi tidak lepas dari penggunaan rangka berjenis Underbone yang dipadukan dengan jenis suspensi yang begitu bagus sehingga memberikan handling yang sempurna.
  • Gesit dan lincah
    Karena dimensi motor yang tidak terlalu besar namun juga tidak kecil. Belum lagi kemasan body yanga erodinamis tentu akan menambah kemudahan pengguna pada saat melakukan manuver di berbagai karakter jalanan.

Kekurangan Yamaha Mio

Diatas sudah kita bahas mengenai kelebihan yang ada pada Yamaha Mio ini, Kali ini akan kita bahas juga kekurangan dari Yamaha Mio, yakni:

  • Posisi kemudi kurang nyaman
    Posisi kurang nyaman khususnya pada saat motor ini digunakan untuk perjalanan jauh. Dengan posisi tempat duduk dengan stang yang cukup jauh, membuat pengendara akan cepat lelah.
  • Desain headlamp kurang inovatif
    Banyak yang menilai desain lampu pada motor ini sama halnya dengan kompetitornya sehingga banyak yang menilai headlamp pada motor ini kurang inovatif.
  • Jok kurang nyaman
    Ukuran jok yang tidak terlalu luas, dan juga dengan bentuk jok yang terlalu datar membuat pengendara ataupun penumpang merasa kurang nyaman.

Pilih Mana: Honda Beat atau Yamaha Mio?

Honda Beat Yamaha Mio
Kelebihan- Fitur-fiturnya lengkap - Performa mesin handal - Konsumsi bahan bakar irit - Tampilan stylish dan berkarakter - Sangat stabil - Gesit dan lincah
Kekurangan- Ukuran jok sempit - Material body tipis - Kualitas cat kurang maksimal - Posisi kemudi kurang nyaman - Desain headlamp kurang inovatif - Jok kurang nyaman

Kesimpulan

Kedua motor matic ini Honda Beat dan Yamaha Mio memiliki karakter desain yang hampir serupa. Kedua motor matic ini sama-sama masuk dalam dalam kelas entry level, Harga yang di tawarkan dari kedua motor matic ini pun hampir sama. Tetapi dari spesifikasi yang telah kita bahas pada artikel di atas keduanya pun memiliki keunggulannya masing-masing. Jika kalian ingin memilih kedua dari motor matic ini dapat kalian sesuaikan dengan karakteristik yang  cocok untuk anda dan spesifikasi yang di inginkan. Semoga pada artikel kali ini kalian dapat menentukan untuk memilih motor matic sesuai dengan kemauan kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Beat VS Yamaha Mio

VS

Leave a Reply