Kendaraan

Pilih Mana: Honda Brio atau Honda Jazz?

Honda sendiri merupakan produsen motor dan mobil yang sangat terkenal di seluruh dunia. Produk-produk yang dihasilkan pun sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Di Indonesia sendiri Honda terkenal akan produksi mobilnya yang memiliki spesifikasi baik dan fitur yang bermanfaat untuk pemiliknya. Seperti halnya Honda Brio dan Honda Jazz, kedua mobil ini memiliki badan yang tidak terlalu besar namun memiliki spesifikasi dan fitur yang cukup mutahir. Penasaran dengan detail dari kedua mobil tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Honda Brio dan Honda Jazz. Disini aja guys.

Honda Brio

Honda Brio Satya jadi salah satu motor penggerak keberhasilan Honda di Indonesia sepanjang 5 tahun terakhir. Debut di tahun 2013, 1 tahun setelah perkenalan Honda Brio, versi ‘paket hemat’ city car Honda yang mengisi segmen Low Cost Green Car (LCGC) ini menjawab banyak keinginan konsumen Tanah Air yang berencana beralih dari memakai motor ke mobil.

Supaya tren penjualan dari Honda Brio Satya terus menguat di tahun 2018, sekaligus juga sudah waktunya model yang mempunyai life cycle (pergantian model) di tahun ke-5 ini, maka kedatangan generasi terbaru All New Honda Brio Satya amat berarti adanya. Serta benar saja, bersamaan dengan World Premiere All New Honda Brio RS di event GIIAS 2018, PT Honda Prospect Motor (HPM) ikut memperkenalkan Honda Brio Satya 2018. Baca juga Pilih Mana: Daihatsu Sirion atau Honda Brio?

Desain Honda Brio

Terdapat area grill depan buat tipe Satya memakai panel berkelir chrome, sedangkan tipe RS memakai panel berkelir piano black. Tidak hanya itu aksen chrome yang dipakai pada Honda Brio Satya 2018 pula senada dengan aksen di dalam frame headlight berteknologi halogen dengan LED Position Light Guides.

Saat ini Honda Brio Satya 2018 juga telah memakai pintu bagasi tailgate gaya seperti city car normal pada umumnya. Ubahan ini dibutuhkan untuk alasan keamanan mobil lebih bagus bila dibanding pintu bagasi model lawas.

Buat membagikan kenyamanan lebih sepanjang perjalanan, Honda Brio Satya 2018 dibekali sistem pendingin AC Digital yang diklaim dapat lebih cepat mencapai suhu nyaman.

Jok penumpang depan Honda Brio Satya 2018 masih setia dengan konfigurasi jok dengan headrest yang menyatu, sekalipun saat ini didesain lebih tebal serta dilapisi kain bertekstur halus. Ubahan sangat signifikan sesungguhnya terdapat di jok belakang, dimana sandaran kepala di baris bangku kedua didesain terpisah buat tingkatkan kenyamanan serta keselamatan.

Mesin Honda Brio

Mobil ini menawarkan mesin 1.2 Liter i-VTEC yang mempunyai daya maksimal sebesar 90 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya menggapai 110 Nm pada 4.800 rpm. Tidak perlu khawatir boros bensin, sebab mesinnya irit bahan bakar.

Supaya performa mesin semakin maksimal, maka Honda memenuhinya dengan sistem elektronik Drive By Wire yang bermanfaat buat mengendalikan buka tutup throttle valve, sehingga kemampuan akselerasinya semakin maksimal tetapi senantiasa irit bahan bakar.

Mesin yang di punyanya pula dimaksimalkan oleh sistem pembakaran PGM-FI, alhasil semakin hemat bahan bakar. Nah buat menampung bahan bakar, Honda menyediakan tangki berkapasitas 35 Liter. Honda Brio juga jadi mobil LCGC pertama di Indonesia yang mengangkat sistem transmisi CVT.

Bukan transmisi CVT standar, sebab dilengkapi Earth Dream Technology yang membuat perpindahan transmisi lebih lembut, serta penampilan mesin lebih maksimal. Teknologi itu pula membuat Honda Brio semakin irit bahan bakar.

Tidak lupa ECO Indicator disematkan pada komponen panel meter, sehingga kita dapat berkendara hemat secara real time. Mobil sudah lulus uji standar Euro 2 oleh pemerintah Indonesia serta sudah penuhi syarat buat lulus uji emisi Euro 4, sehingga dipastikan ramah lingkungan.

Fitur Honda Brio

Buat komponen kaki-kaki, Honda Brio mengenakan suspensi depan MacPherson Strut serta suspensi belakang H-Shape Torsion Beam yang sudah disempurnakan, alhasil memberikan kenyamanan serta kestabilan ekstra dikala masbro mengendarainya. Setelah itu buat bagian pengereman, Honda Brio mengenakan rem belakang tromol dan rem depan cakram.

Tersedia teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) yang dapat mencegah penguncian roda dikala mengerem mendadak. Tidak hanya itu, ada juga teknologi EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang bermanfaat buat mendistribusikan daya pengereman sesuai dengan berat kendaraan.

Sistem pengereman ABS dan EBD dapat masbro miliki bila membeli Honda Brio Satya jenis E CVT dan Brio RS. Buat jenis E belum mempunyai sistem pengereman mutahir itu, sehingga harga Honda Brio 2019 itu dapat lebih terjangkau.

Harga Honda Brio

Harga Honda Brio Satya S (M/T) Rp. 131.500.000
Harga Honda Brio Satya E (M/T) Rp. 136.500.000
Harga Honda Brio Satya E (CVT) Rp. 151.500.000
Harga Honda Brio RS (M/T) Rp. 163.000.000
Harga Honda Brio RS (CVT) Rp. 178.000.000
Harga Honda Brio RS (CVT) Special Edition Rp. 182.000.000

Honda Jazz

Pembaruan pada Honda Jazz yang resmi dirilis pada 26 Juli 2017 ini memang diterapkan sebagai salah satu usaha dari pihak Honda dalam penuhi keinginan atau kemauan pasar yang semakin hari semakin meningkat. Pasalnya, dengan hanya berkutat pada model lama maka dipastikan pasaran Honda Jazz ini lambat laun bakal menyusut.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vespa GTS 300 atau Vespa GTS Super 300?

Maka dari itu, dengan diluncurkannya versi facelift pada hatchback buatan Honda yang juga jadi kompetitor berat untuk Toyota Yaris itu, tentunya merupakan salah satu strategi yang dapat dibilang lumayan efektif buat menarik atensi konsumen.

Desain Honda Jazz

Gubahan baru terlihat jelas pada tiap bagian bodi luarnya di mana untuk Honda Jazz tipe RS sendiri, nampak konsep bumper baru bergaris tegas serta dilengkapi dengan air intake pada bumper depan yang mempunyai ukuran lebih besar sehingga buatnya terlihat lebih agresif serta sporty.

Tidak cuma itu saja, grill depan pada Honda Jazz terbaru ini pula dibuat lebih segar dengan mengangkat konsep Intake Trapezoidal-Shaped yang juga disematkan pula fog lamp yang siap berkolaborasi dengan headlamp DRL LED yang didesain menyipit tajam.

Pada bagian interiornya, walau mendapat penyegaran baru namun tidak terlalu banyak, baik buat Honda Jazz tipe S ataupun tipe RS. Pasalnya, pada sektor interior ini, Honda cuma menambahkan sebagian penyegaran mendasar, sebut saja seperti penggantian panel AC-nya yang saat ini telah memakai panel digital dan sudah dilengkapi dengan fitur Smart Touch Auto.

Mesin Honda Jazz

New Jazz dibekali oleh basis mesin yang sama, yaitu mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW dengan suplai bahan bakar PGM-FI yang mampu menghadirkan performa mengesankan dan berenergi. Basis mesin pada Honda Jazz sendiri performanya sudah sangat terbukti sebab mobil ini sudah sering turun di jalan balap atau slalom.

Power yang dihadirkan mesin pada New Jazz sendiri sudah amat mumpuni dengan mampu mengeluarkan daya maksimum sebesar 88 Kw (120 PS)/ 6.600 rpm dan juga torsi maksimum 14, 8 kg.m (145Nm) 4. 800 rpm. Tidak hanya mampu membagikan performa unggul, mesin Honda Jazz juga terkenal hemat berkat penerapan teknologi Drive by Wire (DBW) yang menciptakan kontrol buka-tutup throttle valve buat akselerasi yang lebih presisi tapi senantiasa hemat bahan bakar.

Sebaliknya buat penggeraknya sendiri, Honda Jazz memakai penggerak roda depan yang terpadu dalam 2 transmisi, yakni manual 5 percepatan serta otomatis 5 percepatan.

Buat New Jazz bertransmisi otomatis mengangkat mesin tipe CVT lengkap dengan teknologi Earth Dreams Technology buat menciptakan perpindahan transmisi lebih lembut serta performa mesin yang maksimal. Bila menilik detail Honda Jazz pada ruang dapur pacunya, tidak salah bila mobil ini mendapat julukan sebagai salah satu mobil sangat berenergi di kelasnya.

Fitur Honda Jazz

Fitur mobil ini memiliki struktur rangka yang aman lewat G-CON + ACE, lalu ada juga beberapa fitur keamanan berstandar internasional seperti Side Impact Beam, Pedestrian Protection, Dual SRS Front Airbags, Seat belt Adjuster dan juga Seat belt 3P ELR dengan Pretensioner with Load Limiter.

Tak hanya menyajikan fitur keselamatan lengkap, kabin pada Honda Jazz pun juga sudah diatur agar aman untuk balita lewat penerapan jok ISOFIX dan Tether. Sedangkan fitur kenyamanan, juga tak mau kalah dengan kehadiran fitur multimedia Audio Single Din yang tersedia pada Honda Jazz tipe A.

Kemudian ada juga fitur Audio Double DIN (New Jazz S dan New Jazz CVT), 6.1 inchi Touch Screen Display (New Jazz RS dan New Jazz RS CVT), Advanced 7 inchi Audio-Video System yang tersedia pada All New Jazz RS CVT Limited Edition.

Lalu, semua tipe Honda Jazz juga sudah dilengkapi dengan MID LCD Display dan juga Auto Door Lock by Speed. Sementara untuk menunjang kenyamanan, semua tipe New Jazz juga sudah didukung dengan AC double blower.

Terakhir pada fitur keamanan, New Honda Jazz sudah dilengkapi pula dengan Key Type berjenis Wave Type atau Smart Key, Keyless Entry, Immobilizer, serta Alarm System untuk semua tipe kecuali All New Jazz RS CVT Limited Edition. Nah, dari semua kelengkapan fitur yang ada, kita bisa menyimpulkan bahwa spesifikasi Honda Jazz tak hanya memiliki desain eksterior yang keren, namun sisi keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengemudi serta penumpang juga sangat diperhatikan.

Harga Honda Jazz

New Honda Jazz Rp. 232.500.000,-
New Honda Jazz CVT Rp. 242.500.000,-
New Honda Jazz RS Rp. 262.500.000,-
New Honda Jazz RS CVT Rp. 272.500.000,-

Pilih Mana: Honda Brio atau Honda Jazz?

Midtrans Go-pay
Kelebihan - Mempermudah transaksi bagi pengusaha online - Sudah dipercaya oleh ribuan e-commerce - Platform yang terpercaya- Memberikan banyak promo yang menarik - Mendapatkan harga spesial bagi pengguna Go-jek - Pembayaran lebih mudah dan aman
Kekurangan - Hanya bisa digunakan di e-commerce - Hanya dikenal di kalangan pebisnis online- Fitur pembayaran E-Wallet cenderung lebih sedikit - Resiko kebocoran data

Kesimpulan

Setelah kita ulas mengenai detail dari Honda Brio dan Honda Jazz tadi diatas maka kamu tak perlu ragu lagi untuk memiliki salah satu dari kedua mobil besutan Honda tersebut. Kalau kalian cari mobil yang memiliki ukuran mini maka Honda Brio jawaban cocok buat kamu karena Honda Jazz sendiri memiliki ukuran yang sedikit lebih besar daripada Honda Brio. Tentukan pilihan mobil mu sesuai kebutuhan dan selera kamu ya guys.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Brio vs Honda Jazz

VS

Leave a Reply