Kendaraan

Pilih Mana: Honda Brio atau Suzuki Ignis?

Saat ini banyak produsen mobil mengeluarkan mobil dengan ukuran kecil yang memiliki spesifikasi mumpuni, seperti halnya Honda Brio dan Suzuki Ignis. Kedua mobil ini sekarang menjadi dambaan untuk beberapa orang khususnya anak muda yang ringan dibawa berkendara menyusuri jalanan kota. Penasaran dengan performa dan fitur yang dimiliki oleh kedua mobil tersebut? Kali ini saya akan membahas Honda Brio dan Suzuki Ignis. Disini aja guys.

Honda Brio

Mobil Honda Brio muncul sebagai mobil hatchback yang mempunyai konsep mirip dengan Bahasa desain Honda Jazz. Dari awal kehadirannya mobil Honda Brio langsung bisa menarik atensi banyak orang Indonesia. Dimensinya yang kompak serta konsep bagus dan nama besar Honda, mobil Honda Brio sanggup langsung melejit di pasaran.

Hadir sebagai city car semacam Honda Jazz, mobil Honda Brio mempunyai harga yang lebih bersahabat dan dimensi yang lebih akur menjadikannya sesuai sebagai kendaraan di dalam kota. Dengan konsep apiknya harga Honda Brio sendiri berada di bawah Honda Jazz yang menjadikan banyak orang yang mau membeli Jazz tetapi mempunyai kendala finansial akhirnya menjatuhkan opsi pada mobil Honda Brio. Baca juga Pilih Mana: Mitsubishi Xpander atau Daihatsu Terios?

Desain Honda Brio

Honda Brio menawarkan desain penuh gaya yang dilengkapi bumper serta grille anyar yang menyatu dengan lampu utama. Mobil ini pula mengadopsi teknologi Heat Rejecting Green Tinted Glass yang membuat kaca mobil sanggup mengurangi sinar UV dari matahari. Kemudian buat bagian belakang mempunyai konsep Rear Combi Lamp yang modern. Sayangnya lampu Brio Satya belum memakai teknologi LED. Alhasil kamu wajib membeli Honda Brio RS bila ingin memperoleh pencahayaan lebih jelas di malam hari.

Meski dari luar terlihat kecil, tetapi ruang kabin kabinnya sangat luas serta dibantu A/C Digital yang membuat kita betah berlama-lama di dalam mobil ini. Seluruh kenyamanan itu dapat kamu miliki bila membeli Honda Brio RS.

Mesin Honda Brio

Mobil ini menawarkan mesin 1.2 Liter i-VTEC yang mempunyai daya maksimal sebesar 90 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya menggapai 110 Nm pada 4.800 rpm. Tidak perlu khawatir boros bensin, sebab mesinnya irit bahan bakar.

Supaya performa mesin semakin maksimal, maka Honda memenuhinya dengan sistem elektronik Drive By Wire yang bermanfaat buat mengendalikan buka tutup throttle valve, sehingga kemampuan akselerasinya semakin maksimal tetapi senantiasa irit bahan bakar.

Mesin yang di punyanya pula dimaksimalkan oleh sistem pembakaran PGM-FI, alhasil semakin hemat bahan bakar. Nah buat menampung bahan bakar, Honda menyediakan tangki berkapasitas 35 Liter. Honda Brio juga jadi mobil LCGC pertama di Indonesia yang mengangkat sistem transmisi CVT.

Bukan transmisi CVT standar, sebab dilengkapi Earth Dream Technology yang membuat perpindahan transmisi lebih lembut, serta penampilan mesin lebih maksimal. Teknologi itu pula membuat Honda Brio semakin irit bahan bakar. Tidak lupa ECO Indicator disematkan pada komponen panel meter, sehingga kita dapat berkendara hemat secara real time. Mobil sudah lulus uji standar Euro 2 oleh pemerintah Indonesia serta sudah penuhi syarat buat lulus uji emisi Euro 4, sehingga dipastikan ramah lingkungan.

Fitur Honda Brio

Buat komponen kaki-kaki, Honda Brio mengenakan suspensi depan MacPherson Strut serta suspensi belakang H-Shape Torsion Beam yang sudah disempurnakan, alhasil memberikan kenyamanan serta kestabilan ekstra dikala masbro mengendarainya. Setelah itu buat bagian pengereman, Honda Brio mengenakan rem belakang tromol dan rem depan cakram.

Tersedia teknologi ABS (Anti-Lock Braking System) yang dapat mencegah penguncian roda dikala mengerem mendadak. Tidak hanya itu, ada juga teknologi EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang bermanfaat buat mendistribusikan daya pengereman sesuai dengan berat kendaraan.

Sistem pengereman ABS dan EBD dapat masbro miliki bila membeli Honda Brio Satya jenis E CVT dan Brio RS. Buat jenis E belum mempunyai sistem pengereman mutahir itu, sehingga harga Honda Brio 2019 itu dapat lebih terjangkau.

Harga Honda Brio

Harga Honda Brio Satya S (M/T) Rp. 131.500.000
Harga Honda Brio Satya E (M/T) Rp. 136.500.000
Harga Honda Brio Satya E (CVT) Rp. 151.500.000
Harga Honda Brio RS (M/T) Rp. 163.000.000
Harga Honda Brio RS (CVT) Rp. 178.000.000
Harga Honda Brio RS (CVT) Special Edition Rp. 182.000.000

Lihat juga:  7 Oli Mobil Matic Terbaik 2021

Suzuki Ignis

SUV produksi Suzuki ini akan dihadirkan di tengah ketatnya persaingan pasar otomotif di Indonesia dalam bentuk utuh (CBU) yang diimpor langsung dari India. Tidak cuma itu saja, Suzuki Ignis pun juga akan menawarkan bekalan detail cukup kuat dengan segudang fitur yang cukup fungsional dan cukup mutahir buat mendukung kenyamanan maupun keselamatan konsumen.

Yang cukup menarik, bila dibanding dengan mobil jenis LCGC yang diketahui sebagai mobil ekonomis ramah lingkungan, Suzuki Ignis pun juga bakal dijual dengan harga yang cukup bersaing. Tentu, perihal itu merupakan nilai plus tersendiri untuk SUV besutan Suzuki ini.

Desain Suzuki Ignis

Diawali dari depan Suzuki Ignis, nampak gaya yang mengusung konsep Clam Shell Bonnet yang begitu stylish serta tampak begitu modern. Konsep ini terbuat dengan konsep grill depan memanjang meliputi lampu utamanya.

Kemudian, pada sektor bodi sampingnya, kelihatannya tidak ada yang cukup menonjol. Cuma saja, bentuk desain yang berciri khas SUV kompak terlihat cukup kokoh juga pada area bodi samping Suzuki Ignis itu. tiba pada sektor belakang, mobil ini bakal muncul dengan mengangkat High Mount Stop Lamp berteknologi LED serta Rear Combination Lamps yang didesain begitu serasi serta seimbang dengan gaya lekuk tubuh pada komponen bodi belakang Suzuki Ignis itu.

Pada sektor interiornya ini, nampak dashboard depan yang dibuat secara terpisah dengan Head Unit yang dibawanya. Pada head unit maupun dashboardnya itu, telah dilengkapi dengan panel instrumen yang lumayan futuristik di mana pada Head Unit Suzuki Ignis sendiri dilengkapi dengan sebagian fitur hiburan.

Mesin Suzuki Ignis

SUV garapan Suzuki ini kabarnya hendak memercayakan mesin jenis K12M yang mempunyai kapasitas sampai 1.197 cc dengan 16 katup serta mempunyai konfigurasi 4 silinder. Mesin itu pun juga tidak asal-asalan. Alasannya, susunan mesin yang dibawa Suzuki Ignis ini diklaim sanggup membagikan daya maksimum yang lumayan besar. Di mana, mesin itu sanggup menciptakan energi daya maksimum sampai 83 Ps pada putaran ke 6.000 rpm.

Sementara itu, buat maksimum torsi yang sanggup digapai yakni 113 Nm pada putaran ke 4.200 rpm. Tentu saja dengan semburan daya itu bakal membuat laju kecepatan dari Suzuki Ignis ini semakin luar biasa tangguh. Nah, daya yang dikeluarkan dari mesin yang dibawanya itu nantinya bakal disalurkan lewat 2 varian sistem transmisi, ialah manual 5-percepatan dan otomatis yang bergantung pada variannya.

Apalagi, konsumsi bahan bakar pada mobil ini juga diketahui menggapai 23,64 kpl buat transmisi manual serta 23,44 kpl buat transmisi auto gear shift (AGS). Sehingga, sektor permesinan pada detail Suzuki Ignis ini juga akan semakin gahar serta handal dan ramah lingkungan.

Fitur Suzuki Ignis

Buat mendukung keselamatan maka Suzuki juga telah membekalinya dengan Dual SRS Airbags yang siap melindungi penumpang depan maupun pengemudinya kala terjadi benturan keras pada Suzuki Ignis ini dari depan.

Tidak hanya itu, buat membantu pengendara dalam mengatur lajunya maka mobil juga membenamkan teknologi pengereman ABS System yang dipastikan bakal sanggup membagikan kualitas pengereman handal dan sanggup mencegah terjadinya anti selip pada ban Suzuki Ignis ini.

Tidak cukup sampai di sana, fitur hiburan pun juga ikut disematkan pada Head Unit di bagian interior di mana dengan kehadiran head unit itu konsumen dapat memainkan musik sepuasnya.

Harga Suzuki Ignis

Suzuki Ignis GL MT Rp 139.500.000,-
Suzuki Ignis GLX MT Rp 159.500.000,-
Suzuki Ignis GLX AGS Rp 169.500.000,-

Pilih Mana: Honda Brio atau Suzuki Ignis?

Honda BrioSuzuki Ignis
Kelebihan - Peformanya yang bertenaga - Irit BBM - Ramah lingkungan- Mudah untuk bermanufer - Desain modern - Harga lebih murah dari Honda Brio
Kekurangan - Bagasi sempit - Desain interior kurang menarik- Kurang stabil - Mesin berkapasitas kecil

Kesimpulan

Setelah kita bahas diatas bahwa Honda Brio dan Suzuki Ignis merupakan mobil yang memiliki spesifikasi mumpuni dengan harga yang cukup ekonomis. Namun jika kalian menginginkan varian mesin yang beragam dengan fitur yang beragam pula maka Honda Brio adalah jawaban yang pas buat kamu. Tentukan pilihan mobilmu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Brio vs Suzuki Ignis

VS

Leave a Reply