Kendaraan

Pilih Mana: Honda BRV atau Mitsubishi Xpander?

Mitsubishi Xpander hadir telah memiliki fitur yang dibenamkan pada mobil SUV kebanyakaan, mobil ini berada di kelas MPV tetapi membawa karakter dan tampilan SUV. Honda BRV menjadi saingan yang seimbang untuk Xpander varian tertinggi, yang akan kita bahas di bawah mengenai perbedaan dari segi Interior dan eksterior maupun harga dari kedua mobil tersebut.

Honda BRV

Mobil Honda memang selalu menjadi primadona masyarakat. Hal ini nampak pada penjualan yang selalu meningkat setiap tahunnya. Untuk tetap menjadi produsen favorit masyarakat maka kemudian pihak Honda melakukan strategi dengan mengeluarkan mobil-mobil terbaru. Salah satu mobil terbaru dari Honda tersebut adalah Honda BRV

Honda BRV memiliki spesifikasi panjang 4.456mm, lebar 1.735mm serta tinggi 1.666mm. Dengan jarak sumbu roda 2.662mm dimana memiliki jarak pijak roda depan dan roda belakang 1.500mm. Ground Clearance 201mm lebih aman dengan kondisi jalan yang tidak rata juga terhadap genangan air dalam batas toleransi terbaik di kelas SUV mobil ini.

Honda BRV mengusung mesin 1500cc SOHC 4 silinder segaris yang dilengkapi dengan 16 katup dengan terdiri dari 8 katup hisap dan 8 katup buang yang secara sistem buka tutupnya sudah dengan sistem elektronik I-VTEC, sehingga mampu memberikan performance mesin secara sempurna juga pemakaian bahan bakar yang hemat sesuai dengan tingkat kebutuhan kendaraan. Baca juga Pilih Mana: Xpander atau Rush?

Interior dan Eksterior Honda BRV

Interior Honda BRV merupakan mobil little SUV dengan kabin ala MPV. mobil ini dapat mengangkut 7 orang penumpang. Pada bagian dashboardnya, mempunyai fitur yang lengkap dengan penataan board yang amicable. Dashboard Honda BRV mendominasi warna hitam dilengkapi dengan fitur sound player Double DIN dengan layar 6.1 inci touch screen yang sudah cukup menunjang kebutuhan excitement di dalam kabin.

Pada bagian interior Honda BRV board instrumen juga terlihat cukup sederhana, namun tetap mewah. Terlihat dari desain blend kemudi yang kecil dan speedometernya yang minimalis. Pada bagian jok, terdapat board instrumen berteknologi One Touch Tumble. Bagian belakang kabin terlihat cukup luas. Jok penumpang mobil ini juga sudah dibekali dengan teknolog 50:50 collapsing line 3, jok dapat dilipat sebagai bagian tambahan bagasi. Honda BRV juga menyematkan fitur AC Double Blower untuk menunjang kenyamanan penumpang.

Untuk bagian eksterior Desain headlamp pada BRV mengusung model long shape dengan garis tegas ke samping dengan teknologi projector headlamp. Dimensi lampunya play on words tidak begitu lebar. Sedangkan pada front flame broil, Honda BRV menngusung model edge bertingkat dengan aksen krom mengkilat yang dilengkapi insignia merk Honda tepat di bagian tengah. Mobil ini juga mempunyai lekukan bodi yang dinamis dan tajam pada bagian sampingnya, dengan penggunaan spion model retractable mirror.

Selain itu, tampilan samping Honda BR-V juga terlihat semakin lively berkat tambahan aksesoris bumper hitam berbahan fiber pada sisi bawah yang melingkar dari depan mengikuti alur ke belakang bodi mobil. Stoplamp dibuat menonjol dengan desain yang cukup futuristik berpadu dengan spoiler yang turut mempermanis atmosphere energetic nya.

Harga Honda BRV

Harga Honda BRV paling murah adalah tipe S bertransmisi manual yang dijual mulai harga Rp 226,5 juta. BRV tipe S M/T ini memang merupakan tipe terendah, namun sudah dibekali dengan kelengkapan fitur yang lumayan lengkap. Kemudian, harga di atas tipe S ditempati oleh dua BRV tipe E yang terdiri dari dua varian. Untuk Honda BRV tipe E manual dijual dengan harga Rp 236,5 juta, sedangkan untuk BRV tipe E CVT dijual dengan harga Rp 246,5 jutaan. Lantas untuk harga tertinggi ditempati oleh BRV Prestige CVT yang dijual dengan harga Rp 261,5 juta.

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander terlihat dengan jelas bagaimana bentuk bodi yang begitu sempurna di mana kontur bodi eksterior yang tampil dengan begitu menawan dan memukau. Bukan tanpa alasan mengingat mobil masa depan buatan Mitsubishi ini memang mengusung gaya desain yang menggabungkan antara Pajero Sport dan Outlander. Di sisi lain, yang cukup menarik bahwa MPV Mitsubishi Xpander ini bakal diproduksi secara masal di pabrik lokal, yaitu berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Tentu saja, hal tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi PT MMKSI mengingat telah dipercaya sebagai pabrik pertama untuk memproduksi Small MPV bertajuk Mitsubishi Xpander ini. Mitsubishi Xpander ini juga menawarkan ruang kabin yang cukup lega dan beberapa fitur canggih yang siap memberikan kenyamanan kepada para penumpang ketika berkendara jauh.

Interior dan Eksterior Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander ini juga memiliki bagian interior yang cukup mewah dengan ruang kabin yang begitu luas. Kemewahan pada sektor interiornya ini pun semakin terasa berkat bagian dashboard yang dikemas begitu rapi dan dipadukan dengan warna putih kontras berhias aksen perak sehingga membuat kesan elegan pada Mitsubishi Xpander ini pun kian begitu memukau.

Secara lebih detail, bisa kita mulai pada dashboard depan yang tampak jelas didesain dengan mengusung warna Beige and Black yang dilengkapi beberapa fitur canggih dan fungsional seperti sebuah layar sentuh yang cukup lebar dengan tampilan menu pilihan navigasi yang jelas. Selain itu, fitur-fitur lain pun juga turut disematkan pada Mitsubishi Xpander ini untuk mendukung aktivitas pengguna, sebut saja seperti Bluetooth untuk menunjang koneksi jarak dekat, sistem navigasi peta lokasi, dan konsol kendali musik yang bisa digunakan untuk mengendalikan atau mengatur menu musik kesukaan.

Desain eksterior Mitsubishi Xpander MPV ini yang begitu futuristik terlihat dari di keseluruhan bodinya. Sebagaimana saat perkenalan konsepnya, mobil MPV ini akan mengusung gaya desain yang mengusung tema Attractive Dynamic Design yang merupakan hasil dari penggabungan antara konsep MPV dan SUV. Sehingga, akan tampak dengan jelas gaya dinamis dan ekspresi visual serta sebagai desain untuk menunjang perlindungan penumpang.

Harga Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander ini akan banderol antara Rp.189 juta sampai Rp.246 juta. Secara lebih rinci, terdiri dari beberapa tipe, yaitu tipe GLX M/T yang dijual pada harga Rp 189 juta, tipe GLS M/T pada harga Rp 208.550 juta, tipe Exceed pada harga Rp214.550 juta Exceed M/T.

Pilih Mana: Honda BRV atau Mitsubishi Xpander?

Honda BRVMitsubishi Xpander
Kelebihan - Nama besar Honda dan layanan after sales terjamin . - Kepraktisan kabin setara Mobilio . - Konsumsi bahan bakar irit dari mesin L15 yang legendaris .- Desain revolusioner yang memaksa kompetitornya segera berbenah - Ruang penyimpanan berlimpah dengan pengaturan kursi yang fleksibel - Mesin dilengkapi teknologi MIVEC
Kekurangan- Beberapa bagian terlalu mirip dengan Mobilio yang lebih murah. - Performa biasa saja di putaran awal. - Kemudi dengan power steering elektrik terasa minim feedback.- Material interiornya terlalu sesuai dengan status Low MPV - Rem belakang masih tromol - Besaran torsi dan tenaganya biasa saja

Kesimpulan

Mitsubishi Xpander ditempatkan untuk menyasar segmen LMPV dan Honda BR-V yang memang dilabeli sebagai LSUV. namun dari jika dilihat dari spesifikasinya keduanya Honda BRV atau Mitsubishi Xpander dalam kelas yang sama yakni mesin 1.500 cc dan masing-masing punya kemampuan mengangkut penumpang sebanyak 7 orang. Jadi dapat kalian pilih sesuai dengan keinginan kalian dan karakter kalian.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda BRV VS Mitsubishi Xpander

VS

Leave a Reply