Kendaraan

Pilih Mana: Honda Jazz atau HR-V?

Honda merupakan salah satu pabrikan otomotiv yang memproduksi mobil nampaknya telah mewujudkan kebutuhan yang diharapkan oleh para konsumenya. Hal ini ditunjukan lewat grafik penjualan mobil beberapa tahun belakangan yang terus meningkat. Honda juga telah mengeluarkan banyak tipe mobil yang salah satunya adalah Honda Jazz dan HR-V.

Tentunya, tiap hasil produk keluaran Honda memiliki keunikan desain dan spesifikasi yang beragam. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kita akan membahas keduanya lebih lanjut dari segi mesin, dimensi maupun kelebihan dan kekurangannya, Yuk langsung saja kita bahas di bawah ini:

Honda Jazz

Honda Jazz yang dirilis kali ini memang hadir dengan konsep yang lebih sporty dan fresh, terutama pada bagian eksterior maupun interior di dalam ruang kabinnya. Bahkan, beberapa fitur baru pun juga dihadirkan untuk menunjang kenyamanan dan memberikan nilai lebih untuk calon konsumennya.

Hal itu terlihat jelas pada desain eksteriornya, Eksterior pada Honda Jazz Facelift ini diketahui menerapkan gaya desain yang mengedepankan konsep hatchback yang lebih agresif dan lebih gahar untuk mengangkat aura sporty yang lebih kental.

Upgrade pada bagian eksteriornya ini pun terlihat jelas pada setiap sisi atau bagian bodinya, baik dari sisi depan, samping maupun belakang. Sementara di sisi lain, pada sektor interiornya sendiri, Honda Jazz Facelift ini tak banyak membawa sentuhan baru.  Baca juga Pilih Mana: Honda Crv atau Hrv?

Mesin

Untuk bagian mesinnya, sebenarnya semua tipe New Jazz dilengkapi dengan basis mesin yang sama, yakni mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW dengan suplai bahan bakar PGM-FI yang sanggup menghadirkan performa impresif dan bertenaga.

Selain bisa memberikan performa yang unggul, mesin Honda Jazz juga terkenal irit berkat penerapan teknologi Drive by Wire (DBW) yang menghasilkan kontrol buka-tutup throttle valve untuk akselerasi yang lebih presisi tetapi tetap irit bahan bakar.

Tenaga yang dihasilkan mesin pada New Jazz sendiri sudah sangat mumpuni dengan sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 88 Kw (120 PS)/6.600 rpm dan juga torsi maksimum 14,8 kg.m (145Nm)4.800 rpm.

Selanjutnya, untuk penggeraknya sendiri, Honda Jazz menggunakan penggerak roda depan yang terpadu dalam dua transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan. Untuk New Jazz bertransmisi otomatis mengangkat mesin tipe  CVT lengkap dengan teknologi Earth Dreams Technology untuk menciptakan perpindahan transmisi lebih halus dan tampilan mesin yang lebih maksimal.

MesinHonda Jazz
Jenis Mesin 1,5 liter L15Z1 4 silinder segaris 16 katup DOHC
Isi Silinder 1.497 cc
Bahan Bakar Bensin
Transmisi 5­speed manual, 4­speed otomatis
Torsi Maksimum 14,8kgm(145Nm)/4800rpm
Daya Maksimum 88Kw(120PS)/6.000rpm

Dimensi

Dimensi Honda Jazz ini memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi mobil yang berkisar pada 1.524 mm. Ukuran ini merupakan dimensi yang sangat pas untuk sebuah hatchback. Sedangkan jika kalian hanya melihat ukuran bodinya, jelas mobil ini lebih cocok jika digunakan untuk pemakaian kegiatan sehari-hari.

Pada bagain suspensinya sendiri, buat mensupport kestabilan berkendara yang optimal, Honda Jazz telah dibekali dengan suspensi berkualitas lewat suspensi depan MacPherson Strut dengan per keong serta suspensi belakang berjenis H- Shape Torsion Beam.

Bagian pengendalian kemudi Honda Jazz juga terjamin sempurna berkat penerapan kemudi berteknologi Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS).
DimensiHonda Jazz
Panjang 3.965 mm
Lebar 1.094 mm
Tinggi 1.524 mm
Jarak sumbu roda 2.530 mm

Kelebihan Honda Jazz

  • Desain lebih modern dan sporty
    Kelebihan All New Honda Jazz yang paling terlihat jika dibandingkan dengan varian sebelumnya yaitu tampang mobil yang lebih modern dan sporty. Hal ini bisa dilihat dari seluruh bodi mobil yang di lapisi dengan desain yang sangat futuristik sehingga mobil hatcback honda ini terlihat lebih modern dan sporty khsusunya pada bagian depan yang dikemas dengan begitu menawan dengan perpaduan grill depan yang menyatu dengan headlamp.
  • Bantingan suspensi lembut
    Saat melewati jalanan yang bergelombang dan cenderung rusak dengan adanya lubang-lubang kecil akan sangat tidak terasa jika menggunakan Honda Jazz , suspensi terbilang empuk dan sangat nyaman untuk melewati beragam kendala yang ada di perkotaan.
  • Irit bahan bakar
    Honda Jazz dengan kapasitas mesin yang lumayan besar, mobil Jazz ini juga ternyata lumayan irit bahan bakar. Jika menggunakan bahan bakar oktan 90 misalnya, dengan satu liter bahan bakar mampu berjalan hingga 12,9 km untuk dalam kota, dan untuk luar kota bisa berjalan sejauh 17,3 km per satu liternya.

Kekurangan Honda Jazz

  • Belum dilengkapi dengan teknologi earthdream
    Honda Jazz ini memang belum dilengkapi teknologi earthdreams, memang teknologi tersebut ada pada mobil Honda yang cukup mahal dari pada Jazz. Teknologi ini di klaim Honda akan lebih ramah lingkungan, meningkatkan performa mesin dan juga tingkat efisiensi bahan bakar lebih irit lagi.
  • Headrest terlalu rendah
    Kelemahan yang relative pada jok baris ke 2. Pada Honda Jazz ini belum bisa dikatakan nyaman bagi penumpang yang memiliki postur badan yang tinggi, misalnya pada penumpang dengan tinggi lebih dari 170 cm, karena headrestnya sangat rendah.
  • Ground clearance cukup rendah
    Kekurangan  Honda Jazz pada ground clearance hampir semua permasalahan pada mobil hatcback. Ya memang tidak bisa dipungkiri dengan memiliki ukuran tubuh yang cukup mungil membuat mobil ini terlihat ceper. Jadi untuk anda yang ingin melakukan berkendara dengan mobil ini dijalan yang berkarakter tajam dan bergelombang sebaiknya lebih waspada.

HR-V

HR-V ini resmi menjadi penerus generasi lama sekaligus menjadi versi produksi massal dari Honda Vezel. Menyasar segmen Low Sport Utility Vehicle atau Low SUV, Honda HR-V ditempatkan satu level di bawah SUV andalan Honda lainnya yakni, Honda CR-V yang sudah lebih dulu melenggang di pasaran.

Kedatangan Honda HRV pun patut diapresiasi karena Honda Indonesia memutuskan untuk merakitanya di dalam negeri.

Honda HR- V ini sebagai unit biasa crossover yang mempunyai citarasa Indonesia. Bila diamati dari tampilan fisiknya, mobil ini memang membawa nuansa utility car generasi terkini yang terencana didesain supaya sanggup mendobrak seluruh arena jalanan. Hal lain yang mendasari konsumen begitu cepat menyukai Honda HRV adalah tampilan yang gagah dengan balutan body kuat dan sporty khas SUV yang kekinian.

Mesin

Honda HR-V tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni 1.5 L SOHC  dan 1.8L SOHC. Kedua mesin tersebut merupakan jenis mesin SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Untuk tipe mesin pertama, yakni 1.5L SOHC i-VTEC + DBW, tertanam pada Honda HRV tipe A, HR-V tipe S, HR-V tipe S CVT, serta tipe E CVT.

Mesin berkapasitas 1497 cc tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm. Sementara tipe mesin kedua, yakni 1.8L SOHC i-VTEC tertanam pada Honda HR-V tipe Prestige dan HR-V Special Edition JBL Audio.

Sedangkan mesin berkapasitas silinder 1799 cc tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 139 PS pada 6.500 rpm serta torsi sebesar 169 Nm pada 4.300 rpm.

MesinHR-V
Jenis Mesin 1,5 liter & 1,8 liter
Isi Silinder 1500cc & 1800cc
Bahan Bakar Pertamax
Transmisi MT/CVT 6 speed
Torsi Maksimum 145Kgm / 4.600 rpm & 169 Kgm / 4.300 rpm
Daya Maksimum 120PS / 5600 rpm & 139PS / 6500 rpm

Dimensi

Honda HR-V ini memiliki dimensi 4.294 mm x 1.722 mm x 1.580 mm. Ukuran tersebut akan membuat Honda HR-V sangat cocok untuk kebutuhan kendaraan harian karena ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, meski sejatinya mobil ini lebih cocok untuk berkendara jarak jauh. jika diajak touring ke luar kota pun Honda HRV juga bisa karena memiliki ground clearance yang cukup tinggi.

Honda HR-V juga dilengkapi dengan sistem suspensi yang berkualitas tinggi. Untuk suspensi depan, Honda mengusung sistem suspensi MacPherson Strut. Sedangkan untuk suspensi belakang, mobil ini mengaplikasikan sistem suspensi H-Shape Torsion Beam.

DimensiHR-V
Panjang 4.295 mm
Lebar 1.770 mm
Tinggi 1,605 mm
Ground Clearance 2610 mm

Kelebihan HR-V

  • Desain yang kekinian
    Walau tidak banyak berubah, desain eksterior HR-V tetap yang paling keren di antara lawan-lawannya. Desain modern dan enak dilihat, khas crossover zaman sekarang.
  • Bagasi yang sangat luas
    Dibandingkan dengan Honda Jazz, HR-V memiliki kapasitas bagasi yang cukup luas sehingga cocok jika kita ingin berepergian jauh yang mengharuskan membawa perlengkapan yang banyak.
  • Performa yang handal
    Fitur sudah cukup berlimpah mulai dari varian termurah, Ada dua pilihan mesin untuk menyasar segmentasi berbeda, Performa mesin yang 1,8 menggiurkan.

Kekurangan HR-V

  • Konsekuensi fitur lengkap, harga terbilang mahal
    Untuk setiap varin HR-V juga dibandrol dengan harga yang berbeda-beda tergantung dengan tipe dan bisa di bedakan dari segi fitur, untuk HR-V yang memiliki fitur yang cukup lengkap di bandrol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan varian lainnya.
  • Perubahan desain yang terlalu minim
    Dari berbagai tipe yang di keluarkan, untuk desain yang diluncurkan tergolong cukup minim sehingga terkesan sama saja dengan tipe sebelumnya.
  • Masih banyak konsep Honda Jazz pada mobil ini
    Pada mobil HR-V ini kita masih banyak menemukan konsep Honda Jazz, walaupun dari segi bentukan dan tampilan yang berbeda jauh namun jika kita lihat dengan konsep dalam masih banyak konsep Honda Jazz yang digunakan.

Pilih Mana: Honda Jazz atau HR-V?

Honda JazzHR-V
Kelebihan- Desain lebih modern dan sporty - Bantingan suspensi lembut - Irit bahan bakar - Desain yang kekinian - Bagasi yang sangat luas - Performa yang handal
Kekurangan- Belum dilengkapi dengan teknologi earthdream - Headrest terlalu rendah - Ground clearance cukup rendah - Konsekuensi fitur lengkap, harga terbilang mahal - Perubahan desain yang terlalu minim - Masih banyak konsep Honda Jazz pada mobil ini

Kesimpulan

Meskipun berada di rentetan kelas yang agak berbeda dapat kita tarik kesimpulan bahwa,  kedua mobil pabrikan Honda ini memiliki keunggulan. Baik dengan fitur yang dihadirkan secara khusus yang berpadukan dengan fitur bawaan dari Honda. Berbicara mengenai harga, Honda HR-V memang lebih mahal jika dibandingkan dengan Honda Jazz. Namun hal ini dirasa cukup wajar, karna mobil tipe SUV seperti HRV memang membutuhkan cost yang lebih. Namun walaupun murah, Jazz juga pilihan yang cukup bisa anda pilih jika kalian mencari mobil yang cocok untuk kegiatan sehari-hari di perkotaan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Jazz VS HR-V

VS

Leave a Reply