Kendaraan

Pilih Mana: Honda Jazz atau Suzuki Swift?

Membandingkan kendaraan sejenis seperti Honda Jazz atau Suzuki Swift,  bukan lah semata-mata dari perbandingan harga. Akan tetapi jauh lebih penting pada fitur dan mesin apa yang ada pada mobil tersebut. Perusahaan Honda dan Suzuki kini bersaing ketat dalam mobil jenis Hatchback Compact. Ke duaperusahaan tersebut terus berinovasi pada jenis mobil Hatchbacknya agar bisa mengenggam pasar mobil hatchback khususnya pasar Indonesia.

Mungkin sebagian dari anda bingung ingin memilih yang mana dari kedua mobil Honda Jazz atau Suzuki Swift. Tapi tenang saja,  karena pada artikel ini kami akan membahas komparasi dari Honda Jazz atau Suzuki Swift, maka dari itu silahkan simak artikel di bawah ini.

Honda Jazz

Spesifikasi Honda Jazz di tahun 2019 jauh meningkat dibandingkan Jazz generasi sebelumnya. Banyak fitur baru yang dibawanya, dan tersedia beberapa varian yang otomatis mempengaruhi harga Honda Jazz 2019. Untungnya harga mobil ini cukup kompetitif untuk bersaing melawan mobil Hatchback sekelasnya.

Tersedia dua varian berbeda dari Honda Jazz, yakni Jazz standar dan Jazz RS. Keduanya tersedia dalam varian transmisi manual dan matic (otomatis) yang bisa dipilih sesuai dengan kebiasaan berkendara. harga Honda Jazz RS yang lebih mahal membuatnya memiliki fitur lebih lengkap. Desainnya juga lebih keren, karena memiliki bumper depan lebih sporty dan dilengkapi dynamic side skirt serta bumper belakang dengan diffuser. Baca juga Pilih Mana: Honda Jazz atau HR-V?

Pilihan berbagai macam warna yang membuat Honda Jazz semakin menarik diantaranya adalah warna Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Attract Yellow Pearl, dan Phoenix Orange Pearl Two Tone yang berpadu dengan atap berwarna hitam. 

Fitur Honda Jazz

Fitur paling menarik dari Honda Jazz tipe RS adalah Paddle Shift. Fitur ini hanya tersedia pada tipe RS CVT yang notabennya merupakan varian termahal. Harga Honda Jazz RS CVT tersebut melebih Rp. 270 Jutaan, jadi wajar apabila fiturnya lebih lengkap dibandingkan Jazz RS manual yang dibanderol Rp. 260 Jutaan. Perbedaan harganya cukup signifikan, jadi wajar apabila fiturnya jauh berbeda. Namun soal dapur pacu, kedua varian Honda Jazz menggunakan mesin bertipe yang sama.

Mesin pacunya ditenagai 1.5 L SOHC silinder segaris dengan 16 katup dan dilengkapi teknologi i-VTEC serta DBW. Mesin tersebut memiliki volume silinder 1.497cc dengan 4 silinder segerasi yang bisa memuntahkan toris sebesar 45 Nm pada 4.800 rpm.

Sedangkan tenaganya mencapai 120 PS pada 6.600 rpm. Tenaga yang dikeluarkan cukup besar, dan hemat bahan bakar. Hal ini tidak lepas dari teknologi i-VTEC dan sistem pembakaran Fuel Injection (PGM-Fi).

Performa Honda Jazz

Honda tidak mengganti mesin Honda Jazz sama sekali, dan tidak mengubah apapun pada mesin 1.5 L SOHC i-VTEC 4 silinder. Dengan mesin tersebut Honda Jazz ini dapat menghasilkan 118 daya kuda pada rpm 6.600 dan torsi 145 Nm saat torsi 4.600 rpm.

Namun kini transmisi CVT Honda Jazz sudah mengusung 7 percepatan, sementara versi manualnya masih 5 percepatan saja. Saat mencobanya di jalanan, masih sama seperti versi sebelumnya.

Untuk bagian performa, sebenarnya semua tipe New Jazz dibekali oleh basis mesin yang sama, yakni mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW dengan suplai bahan bakar PGM-FI yang sanggup menghadirkan performa impresif dan bertenaga.

Kelebihan Honda Jazz

  • Fitur hiburan lengkap
    Fitur hiburan yang lengkap dan canggih pada Honda Jazz ini, memang tidak bisa dipungkiri kebutuhan akan hiburan pada saat berkendara sangatlah penting, hal tersebut dikarenakan dengan adanya hiburan membuat penumpang dan pengemudi jauh dari rasa bosan saat berada diperjalanan. Dan untuk memberikan hiburan yang berkualitas, Pihak Honda membekali mobil hatcback terbarunya dengan fitur multimeda yang lengkap dan canggih
  • Fitur keselamatan lengkap
    Sebagai mobil keluaran terbaru memang sudah seharusnya jika mobil Honda Jazz ini dibekali dengan fitur keselamatan yang lengkap sebab keselamatan berkendara merupakan prioritas utama yang di inginkan oleh para pengendara.
  • Lampu sudah menggunakan jenis LED dan DRL
    Lampu pada Honda Jazz ini sudah menggunakan LED dan DRL, dengan menggunakan jenis lampu mobil ini urusan pencahayaan pada mobil ini semakin terang karena kualitas pancaran cahaya yang dikeluarkan begitu bagus. Dan dari segi tampilannya pun mobil akan terlihat lebih mewah.

Kekurangan Honda Jazz

  • Mesin belum di dukung eartdream
    Kekurangan Honda Jazz salah satunya yaitu mesin belum di dukung eartdream yang mengurangi performa dari mesin ini, andaikan mesin pada mobil ini sudah dibekali dengan eartdream pasti performanya akan lebih gahar dan untuk akselerasi pun sangat sempurna karena handling sangat mendukung.
  • Ground clearance yang rendah
    Dengan ground clearance yang rendah, dengan ukuran ground clearance pada Honda Jazz ini berpengaruh terhadap bodi nya yang cukup rentan kebentur dengan aspal saat melewati jalan yang berlubang.
  • Kualitas audio yang biasa saja
    Kualitas audio yang terdapat pada Honda Jazz ini pun tergolong biasa saja, meskipun fiturnya lengkap. Namun untuk menikmati multimedia yang premium, kalian perlu merombak sistem audionya dengan kualitas yang tinggi.

Suzuki Swift

Saat hadir pertama kali, Suzuki Swift memang menampilkan konsep yang cukup berbeda dari varian hatchback lainnya. Jika Honda Jazz generasi pertama tampil dengan nuansa elegan minimalis.

Swift tampil dengan konsep hatchback baru yang menggabungkan antara desain sporty khas Amerika dengan aura elegan khas mobil-mobil Eropa. Maka jadilah konsep mobil small hatchback ala Suzuki Swift ini. Secara dimensi, Swift memang nampak lebih kecil dari kebanyakan mobil yang memilki tipe yang sama.

Suzuki sendiri kini memiliki tiga tipe utama Swift, yakni All New Swift 1.4L yang juga sering disebut Swift tipe GX, lalu ada New Swift GS 1.4L, serta varian tertinggi Suzuki Swift Sport 1.6L.

Fitur Suzuki Swift

Suzuki Swift ini juga memiliki fitur keselamatan lengkap dengan standar internasional. Mulai dari Dual SRS Airbags (tipe GX), Side Impact Beam, Seatvelt dengan teknologi ELR, dan juga teknologi pengereman ABS dan EBD (Tipe GX dan Sport) semua sudah ada pada Suzuki Swift ini dan fitur child proof lock pada pintu belakang.

Suzuki Swift juga dirancang dengan teknologi TECT (Total Effective Control Technology) Body System yang didesain untuk mampu menyerap getaran sehingga sangat aman saat terjadi benturan.

Pada kabin Suzuki Swift pun juga sudah dibekali dengan audio system modern yang dilengkapi fitur USB socket untuk terintegrasi dengan digital audio player sehingga dapat dengan mudah mendengarkan playlist musik kapanpun kalian mau.

Performa Suzuki Swift

Pada bagian mesin mobil ini, Suzuki menawarkan tiga varian, yaitu All New Swift GX, Sport dan GS. Masing-masing dari ketiganya ditunjang dengan spesifikasi mesin yang berbeda-beda. Misalnya saja Swift GS dan Swift GX dilengkapi dengan mesin bertipe K14B DOHC VVT dengan kapasitas silinder 1.372 cc.

Mesin jenis ini memiliki 16 katup dengan 4 silinder segaris dimana tenaga maksimal yang mampu dihasilkannya sebesar 95 PS dengan rpm menunjukkan angka 6.000 sedangkan torsinya sebesar 130 Nm dengan rpm menunjukkan angka 4.000.

Selanjutnya, pada tipe sport, Mesin bertipe M16 telah dipasangkan dimana kapasitas mesin ini sebesar 1.586 cc. Mesin yang ditanamkan pada Suzuki Swift Sport ini merupakan salah satu tipe mesin berkapasitas terbesar di kelasnya. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan dari mesin sejenis ini yaitu sebesar 160 PS pada 4.400 rpm sementara torsinya sebesar 160 NM pada 4.400 rpm.

Kelebihan Suzuki Swift

  • Harga terjangkau
    Keunggulan Suzuki Swift yang selanjutnya yaitu harga mobil yang sangat terjangkau, ya memang jika dibandingkan dengan Harga Honda Jazz, harga mobil suzuki ini lebih terjangkau. Bisa dibilang selisih harganya cukup jauh.
  • Sistem transmisi halus
    Keunggulan mesin Suzuki Swift yang bisa dijadikan pertimbangan yaitu perpindahan transmisi yang halus. Dengan perpindahan transmisi yang halus, tentunya para pengemudi lebih mudah mengemudikan mobil ini diberbagai kondisi.
  • Mesin responsif
    Keunggulan Suzuki Swift lainnya yaitu,  performa mesin yang gahar dan responsif, pabrikan suzuki membekali mobil ini dengan mesin berkapasitas 1500 cc yang memiliki kekuatan maksimal 110Hp 6.000RPM dengan puncak torsi 143Nm, 4.000RPM.

Kekurangan Suzuki Swift

  • Ruang kabin sempit
    Jika kalian memiliki anggota keluarga yang lebih dari empat orang sebaiknya jangan memilih mobil ini, Karena, ruang kabin pada mobil ini sangat sempit yang mampu menampung hanya empat orang saja. Dan jika dipaksakan untuk menampung lebih dari empat orang, kenyamanan berkendara akan sangat kurang dan terasa sesak.
  • Tenaga mesin turun
    Jika kalian yang menyukai akselerasi di jalan raya, pasti akan merasa sedikit kecewa dengan mesin yang digunakan pada Suzuki Swift ini. Karena, mesin yang dulu di gunakan dapat memberikan tenaga lebih besar dari pada sekarang,  Dari model yang bagus dan juga fitur yang mendukung akan sedikit kecewa ketika melihat mesin yang diberikan Swift sekarang.
  • Minim fitur interior
    Minimnya fitur keselamatan yang ada pada mobil ini termasuk Kelemahan Suzuki Swift yang perlu anda ketahui, padahal jika melihat kompetitornya harusnya mobil hatcback suzuki ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap karena sekarang ini keselamatan berkendara merupakan hal yang wajib di utamakan.

Honda Jazz vs Suzuki Swift

Berikut tabel perbandingan spesifikasi antara Honda Jazz dan Suzuki Swift, yakni:

Spesifikasi Honda Jazz Suzuki Swift
Tipe Mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW K14B, DOHC, VVT
Diameter x Langkah 73,0 x 88,4 mm 73,0 x 82,0 mm
Daya Maksimum 88Kw(120PS)/6.000rpm 95PS/6.000rpm
Torsi Maksimum 14,8kgm(145Nm)/4800rpm 130Nm/4.000rpm
Dimensi P X L X T 3.965 x 1.094 x 1.524 mm 3.850 x 1.695 x 1.510 mm
Kapasitas Tangki 40 Liter 42 Liter
Tipe Transmisi 5-Speed M/T 5-Speed Manual / 4-Speed Automatic

Pilih Mana: Honda Jazz atau Suzuki Swift?

Honda Jazz Suzuki Swift
Kelebihan- Fitur hiburan lengkap - Fitur keselamatan lengkap - Lampu sudah menggunakan jenis LED dan DRL - Harga terjangkau - Sistem transmisi halus - Mesin responsif
Kekurangan- Mesin belum di dukung eartdream - Ground clearance yang rendah - Kualitas audio yang biasa saja - Ruang kabin sempit - Tenaga mesin turun - Minim fitur interior

Kesimpulan

Sudah kita bahas dari kedua mobil dari Honda dan Suzuki yaitu Honda Jazz atau Suzuki Swift, Pada artikel di atas sudah kita bahas mengenai segi fitur dan performa nya dimana kedua nya sangat penting kita ketahui jika kita ingin membeli sebuah mobil, Dari pembahasan itulah kita mengetahui bahwa Honda Jazz atau Suzuki Swift mempunyai keunggulannya masing-masing. Oleh sebab itu, Dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan dan selera yang kalian inginkan. Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi yang informatif untuk anda memilih mobil antara Honda Jazz mauapun Suzuki Swift.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Jazz VS Suzuki Swift

VS

Leave a Reply