Kendaraan

Pilih Mana: Honda Jazz atau Toyota Agya?

Saat ini dunia otomotif sedang berkembang dengan pesat, khususnya dengan mengeluarkan mobil hatcback atau biasa disebut dengan city car yang cocok dikendari di situasi perkotaan. Salah satu perusahaan yang sedang bersaing dengan ketat yaitu Honda dan Toyota. Dimana keduanya berlomba menghadirkan mobil city car handalan yaitu Honda Jazz dan Toyota Agya.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas Honda Jazz dan Toyota Agya sebagai mobil city car, mobil manakah yang lebih baik? kita akan membahas lebih lanjut dari keduanya pada artikel di bawah ini, jadi langsung saja disimak ya!

Honda Jazz

Honda Jazz dapat terbilang merupakan kesuksesan Honda, karena Honda menjual Honda Jazz dengan pangsa pasar lebih dari 150 negara. Dengan pencapaian seperti itu akhirnya membuat Honda berinisiatif memasukkan hatchback lima pintu yang ketika itu belum terlalu populer di Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Honda Jazz atau Suzuki Swift?

Mobil yang terkenal dengan nama Honda Fit tersebut dipasarkan PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai tahun 2004 untuk mengisi kekosongan varian hatchback kelas menengah. Honda Fit pun dibawa ke Indonesia dengan nama Honda Jazz yang menjadi produk debut hatchback Honda di Indonesia.

Semua tipe Honda Jazz dilengkapi dengan basis mesin yang sama, yakni mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW dengan suplai bahan bakar PGM-FI yang sanggup menghadirkan performa impresif dan bertenaga.

Dimensi dari Honda Jazz ini juga tidak terlalu besar, karena pasar yang dituju adalah anak muda yang kebanyakan jarang membawa barang dengan jumlah yang banyak dan jika membawa penumpang pun paling banyak empat orang saja, berbeda seperti orang tua yang sudah memiliki anak, tapi tidak sedikit juga para orang tua yang tetap ingin berjiwa muda sehingga memilih Honda Jazz.

Kelebihan Honda Jazz

  • Ukuran kabin yang tergolong luas
    Meskipun desain mobil hatchback honda ini tampak kecil dari luar, namun untuk bagian kabin dirancang cukup lega. Dan hal tersebut tentunya dapat memberikan kenyamanan berkendara kepada para penggunanya.
  • Desain tampak modern dan sporty
    Kelebihan Honda Jazz untuk desainnya yang bisa dibilang sudah cukup modern dan tidak termakan waktu sama seperti desain eksteriornya, meskipun untuk sisi fitur interior yang disematkan masih belum cukup lengkap atau kurang canggih.
  • Fitur multimedia dan keselamatan yang lengkap
    Kelebihan Honda Jazz yang ditawarkan kepada pengguna yaitu untuk menunjung tinggi faktor keselamatan membuat mobil ini dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap, selain itu untuk memberikan rasa berkendara dengan nyaman dan menyenangkan.

Kekurangan Honda Jazz

  • Harga cukup mahal
    Kemudian untuk Kekurangan Honda Jazz generasi Ketiga yang banyak dikeluhkan calon pembeli yaitu harga Honda Jazz yang dibandrol cukup mahal. Harga Honda Jazz terbaru ini cukup mahal untuk kelas mobil hatcback.
  • Ground clearance terlalu rendah
    Sebenarnya untuk Kekurangan Honda Jazz pada ground clearance hampir semua permasalahan pada mobil hatcback. Dengan memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil membuat mobil ini terlihat ceper. Jadi untuk kalian yang ingin mengemudi dengan mobil ini dijalan yang bergelombang sebaiknya lebih berhati-hati.
  • Mesin belum di dukung eartdream
    Mesin pada Honda Jazz belum di dukung eartdream yang mengurangi performa dari mesin ini, Seandainya, mesin pada mobil ini sudah dilengkapi dengan eartdream pasti performanya akan lebih sempurna.

Toyota Agya

Mobil Toyota Agya ini akan dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau dan dilengkapi spesifikasi cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan konsumen, terutama para remaja.

Datang sebagai mobil LCGC dengan tampilan baru, tentu saja akan membuat Toyota Agya ini menjadi lebih menarik bagi para konsumen. Karena, dari setiap sisi bodi atau eksterior yang ada pada mobil LCGC garapan Toyota ini memang dibuat lebih stylish dan sporty. Hal itu bisa dilihat dari bentuk desain yang dibawanya, terutama pada sektor depan yang lebih menawan.

Untuk mesinnya sendiri akan ditawarkan 6 varian mesin, antara lain 1.0 G M/T, 1.2 G M/T, 1.2 G A/T, 1.2 TRD M/T, dan TRD A/T.

Kelebihan Toyota Agya

  • Lampu utama dilengkapi dengan LED light guide dan smoked projector
    Lampu utama mobil toyota agya ini telah dirancang menggunakan modil lampu LED light guide dan smoked projector. Sehingga penerangan jalan pada saat berkendara malam hari menjadi lebih terlihat jelas.
  • Fitur keselamatan terbaru
    Untuk kelebihan Toyota Agya dari segi fitur keselamatannya, telah terdapat beberapa fitur keselamatan yg diantaranya adalah side impact beam, dual SRS airbags, rem tambahan ABS dengan tipe terbaru, isofix, 3 point safty seatbelt dan seatbelt reminder. Fitur – fitur tersebut mungkin merupakan fitur – fitur standar yang sudah pasti akan terdapat dibeberapa tipe mobil keluaran terbaru.
  • Interior yang modern
    Kelebihan Toyota Agya lainnya ialah terdapat pada bagian interior, dimana interior toyota agya ini telah dirancang dengan model yg cukup modern dan elegan. Selain itu, didalam interior mobil Toyota Agya ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur standar yg akan memanjakan penggunanya.

Kekurangan Toyota Agya

  • Kualitas yang standar
    Kekurangan mobil Toyota Agya yaitu pada kualitasnya. Sangat wajar dengan kualitas yang pada mobil ini, jika melihat harga mobil Toyota Agya yang dibandrol sangat murah membuat kualitas yang disematkan biasa biasa saja terutama penggunaan material body yang tipis dan ringkih.
  • Bobot ringan
    Selain itu kekurangan bobot dari mobil Toyota Agya ini juga dirasa masih terlalu ringan, menjadikan mobil toyota agya akan terasa melayang ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi. Terlebih lagi jika kendarai seorang diri.
  • Fitur- fiturnya terlalu standar / kurang lengkap
    Kekurangan pada fitur audionya juga masih menggunakan tipe audio yang lama, masih belum menggunakan 2DIN, sehingga para pengguna masih belum bisa menikmati file video serta masih belum terdapat kamera belakang yg digunakan untuk mempermudah pengemudi saat parkir.

Honda Jazz vs Toyota Agya

Spesifikasi Honda Jazz Suzuki Swift
Tipe Mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW K14B, DOHC, VVT
Kapasitas 1.497 cc 998 cc
Torsi Maksimum 14,8kgm(145Nm)/4800rpm 9.1 Kgm /4,400 Rpm
Dimensi P X L X T 3.965 x 1.094 x 1.524 mm 3,660 x 3,660 x 1520 mm
Transmisi 5-Speed M/T Manual 5 Tingkat Kecepatan / 5-Speed Manual
Fitur keamanan- Struktur Rangka Bodi G-CON + ACE - Side Impact Beam - Pedestrian Protection - Dual Front SRS Airbags - Sabuk Keselamatan Depan (Seatbelt Adjuster) - Sabuk Keselamatan Belakang (Seatbelt 3P ELR (x3)) - Pretensioner w/ Load Limiter Seatbelt - ISOFIX & Tether - Wave Key Type - Keyless Entry - Immobilizer - Alarm System- Side Impact Beam - Dual SRS Airbags - New ABS (1.2 TRD) - Isofix - 3 Point Safety Belt - Seat Belt Reminder

Eksterior

Honda Jazz
Terlihat desain bumper baru bergaris tegas dan dilengkapi dengan air intake pada bumper depan yang memiliki ukuran lebih besar sehingga membuatnya tampak lebih agresif dan sporty. Tidak hanya itu saja, grille depan pada Honda Jazz terbaru ini juga dibuat lebih fresh dengan mengusung konsep Intake Trapezoidal-Shaped yang juga disematkan pula fog lamp yang siap berkolaborasi dengan headlamp DRL LED yang didesain menyipit tajam.

Honda Jazz menggunakan tema “It’s Cool, It’s You” untuk generasi terbarunya. Tema “cool” atau keren akan langsung dapat terlihat. 

Toyota Agya
Toyota Agya menjadi lebih stylish dan modern dengan lampu projector headlamp with LED light guide yang hadir di semua tipe, serta desain radiator grille berbentuk trapezoid memberikannya kesan sporty dan tidak memperlihatkan sedikitpun bahwa kendaraan ini dijual dengan harga relatif murah. Selain itu, Desain grille mesin semakin mempertegas aura dinamis dan modern pada mobil ini.

Pada lampu bagian belakang Toyota Agya ini memberikan kesan mewah sehingga secara keseluruhan menghadirkan kesan modern dan stylish. Penggunaan velg 14 inci dual tone alloy dengan proses machining, dan TRD desain yang baru menjadikan tampilan New Agya makin sporty dan trendi.

Interior

Honda Jazz
Pada bagian interior untuk dashboard dan kabinnya sendiri didominasi dengan warna hitam elegan, dengan struktur panel yang tertata sempurna. Mulai dari dashboard yang lengkap dengan panel instrumen seperti panel Cruise Control untuk Honda Jazz semua tipe, lalu ada fitur Advance Audio-Video System Touchscreen, One Push Ignition System, serta Audio Steering Switch yang hadir untuk Honda Jazz RS. Semua fitur pada dashboard tersebut akan melengkapi tata letak setir kemudi yang dirancang dengan desain dengan yang lebih sporty.

Toyota Agya
Interior pada Toyota Agya juga mengalami perubahan yang signifikan dengan adanya kombinasi warna hitam dan darker silver paint yang memberikan kesan yang elegan dan luas dengan Fabric Door Trim. penataan panel dashboard yang rapi dan terlihat modern dilihat dari penempatan lubang angin, audio controller, pengatur AC, dan juga terdapat tiga buah cupholder di sisi tengah mobil berdekatan dengan tuas persneling. 

Dari segi kenyamanan tempat duduk, tampilannya pun berubah karena mengikuti permintaan pasar, bangku standar menjadi New Semi Bucket yang membuatnya lebih tebal dan makin nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang depan. Penumpang belakang pun turut dimanjakan dengan adanya head rest untuk seluruh penumpang belakang.

Pilih Mana: Honda Jazz atau Toyota Agya?

Honda JazzToyota Agya
Kelebihan- Ukuran kabin yang tergolong luas - Desain tampak modern dan sporty - Fitur multimedia dan keselamatan yang lengkap - Lampu utama dilengkapi dengan LED light guide dan smoked projector - Fitur keselamatan terbaru - Interior yang modern 
Kekurangan- Harga cukup mahal - Ground clearance terlalu rendah - Mesin belum di dukung eartdream - Kualitas yang standar - Bobot ringan  - Fitur- fiturnya terlalu standar / kurang lengkap

Kesimpulan

Dari artikel di atas sudah kita bahas kedua mobil Honda Jazz dan Toyota Agya, dan dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, selain itu, keduanya juga mempunyai harga yang cukup berbeda. Jika kalian mencari mobil dengan harga yang lumayan murah Toyota Agya dapat menjadi pilihan, Tetapi dari segi fitur dan performa Toyota Agya masih di bawah Honda Jazz, dan jika kalian mencari mobil dengan kualitas yang lebih baik Honda Jazz lah dapat menjadi pilihan lainnya namun harga nya pun di atas dari Toyota Agya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Jazz vs Toyota Agya

VS

Leave a Reply