KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Honda Mobilio atau Honda Brio?

Diantara banyaknya brand mobil yang paling diminati masyarakat tanah air, ada salah satu yang kian populer dari tahun ke tahun. Honda, sebuah merek yang sudah tak asing ditelinga para pecinta otomotif di Indonesia.

Honda sebagai mobil Indonesia dari masa ke masa makin menyesuaikan dengan selera masyarakat, berawal dari desain yang kompak menjadi semakin mewah dan berkelas saat memasuki era 90-an. Hal ini juga mempengaruhi harganya. Harga mobil Honda di Indonesia tahun 2021 hingga 2022 pun berbeda dengan harga mobil Honda 2020. Namun meskipun demikian, tetap kompetitif jika dibandingkan dengan harga mobil Toyota, Daihatsu dan brand-brand mobil lainnya.

Ada banyak macam mobil keluaran Honda yang cukup populer seperti halnya Mobilio dan Brio. Kedua city car ini banyak menjadi pilihan masyarakat, bukan hanya mewah dan elegan, namun kaya akan fitur dan keunggulan yang sangat memanjakan para penggunanya. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini!

Honda Mobilio

PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi merilis pembaruan pada New Honda Mobilio facelift pada 21 Juli 2019 di Jakarta. Mobil ini merupakan tipe facelift generasi ke dua sejak pembaruan pertama pada tahun 2017 lalu ini. Mobil buatan Honda ini tampil dengan berbagai penyegaran pada eksterior serta beberapa fitur baru pada interior. Baca Juga Pilih Mana: Honda BR-V atau Mobilio?

Mobil ini mengedepankan konsep yang lebih stylish dan tentunya dibekali fitur terbaru nan canggih. Dari segi desain, model Low MPV yang satu ini hadir dengan tampilan yang lebih atraktif dan modern dari setiap sisi eksteriornya. Selain itu, mobil Honda Mobilio model 2019 ini juga telah mendapatkan pembaruan pada bagian interiornya.

Kelebihan Honda Mobilio

1. Desain Eksterior Berkelas dan Sporty
Dilihat dari desain eksteriornya, Honda Mobilio memiliki desain yang berkelas jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. Mobil ini dirancang khusus untuk menjadi mobim keluarga yang sporty.

2. Performa Mesin Irit
Honda Mobilio memiliki mesin 1.500 cc L 15Z1. Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin mobil Honda Mobilio ini adalah 118 Hp, lebih kecil jika dibandingkan dengan Honda Jazz. Pengurangan tenaga ini merupakan strategi Honda agar konsumsi bahan bakar lebih irit dan lebih hemat.

3. Sistem Kendali Lebih Baik
Honda Mobilio memiliki handling atau sistem kendali yang sangat baik. Body roll dan feedback setir mobil ini masih lebih baik dibandingkan mobil-mobil sekelasnya, walaupun ketika menggunakan EPS akan mengurangi feeling mengemudi.

4. Kabin Cukup Luas dan Lega
Dilihat dari eksterionya, Mobilio merupakan mobil yang paling rendah dari segi ketinggiannya. Namun, kabin mobil ini jauh lebih luas dan lega dibandingkan dengan mobil MPV sekelasnya.

5. Bagasi Luas
Bagasi Honda Mobilio memang sangat luas. Bahkan, dikatakan paling luas di kelasnya. Luas bagasinya diklaim lebih besar jika dibandingkan dengan Kijang Innova. Selain itu, Honda menempatkan dongkrak dan toolkit di tempat yang tersembunyi dan tidak mengurangi ruang bagasi.

Kekurangan Honda Mobilio

1. Desain Interior Kurang Menarik
Bagi sebagian orang, mungkin Honda Mobilio kurang begitu menarik. Hal ini dinilai dengan kualitas material dan finishingnya tidak begitu baik. Jika dilihat, interior Honda Mobilio ini sama persis desainnya dengan Honda Brio, kecuali pada pewarnaan yang diberikan.

2. Kualitas Pengerjaan Kurang Baik
Kekurangan lain ada pada segi kualitas pengerjaan, seperti bodi dan engine bay, dashboard, door trim, hingga sambungan bodi yang kurang sempurn sehingga, menimbulkan kesan asal-asalan.

3. Suspensi Kurang Nyaman
Saat melewati jalan bergelombang, maka Anda harus membawanya secara perlahan, terlebih pada suspensi belakang. Hal ini membuatnya kurang nyaman saat dikendarai terlebih membawa barang yang banyak.

4. Kabin Tidak Kedap Suara
Saat Anda dalam kondisi kecepatan rendah, suara mesin mobil akan sangat tenang dan tidak terasa. Namun, ketika anda memacu mobil dengan kecepatan di atas 80 km/ jam, maka kekedapan kabin tidak dirasakan kembali. Suara mesin, angin, dan ban sangat mengganggu.

Honda Brio

Sebagai mobil hatchback yang mempunyai konsep mirip dengan Bahasa desain Honda Jazz, Honda Brio muncul sebagai wajah baru. Sejak awal kehadirannya mobil Honda Brio langsung menarik perhatian banyak orang Indonesia.

Lihat juga:  Pilih Mana: Wuling Almaz atau Honda HR-V?

Hadir sebagai city car semacam Honda Jazz, mobil Honda Brio dibanderol dengan harga yang lebih bersahabat dan dimensi yang lebih akur menjadikannya sesuai sebagai kendaraan di dalam kota. Dengan konsep apiknya harga Honda Brio sendiri berada di bawah Honda Jazz yang menjadikan banyak orang yang mau membeli Jazz tetapi mempunyai kendala finansial akhirnya menjatuhkan opsi pada mobil Honda Brio.

Kelebihan Honda Brio

1. Fitur Kekinian
Honda Brio memiliki fitur kekinian, khususnya audio, Head Unit bawaan Brio sudah support Bluetooth dan Sportify. Fitur keselamatan seperti Airbag, rem ABS + EBD sudah jadi fitur keselamatan standar, begitupun AC yang sudah digital dan headlamp LED yang sudah kekinian.

2. Desain Keren dibanding sebelumnya
All New Brio membawa desain yang lebih keren dibanding generasi sebelumnya. Disaat kompotitornya seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla membuat desain kotak-kotak ala Xpander, namun Brio generasi tetap enak diliat.

3. Harga Relatif Terjangkau
Harga All New Brio khususnya Brio Satya harganya masuk kategori LCGC dapat dikatakan terjangkau.
Pakai banderol harga 2020, harga termurah Brio tipe S M/T Rp 146 juta, Brio E M/T 154 juta, sedangkan Brio E CVT Tp 170,1 juta.

4. Mesin Bertenaga dan Irit
Brio menamkan mesin berkode L12 i-VTEC berkapasitas 1.199 cc 4-silinder. Mesin tersebut mengeluarkan tenaga 90 PS (88,7 dk), ini membuat Brio salah satu compact car LCGC dengan tenaga terbesar sekaligus irit BBM dibanndingkan kompotitornya.

Akselerasi Brio transmisi CVT 0-100 km/jam mampu diraih dalam waktu 11,6 detik. Konsumsi BBM-nya pun tidak boros, pengetesan di rute dalam kota, All New Brio mencatat 16,9 km/liter, tapi rute tolnya bisa meraih 22,6 km/liter. Selain itu, transmisi CVT juga berperan penting soal efisiensi BBM, transmisi CVT dapat menjaga rpm rendah menjadikan Brio CVT irit BBM.

Kekurangan Honda Brio

1. Terlalu Ceper atau Rendah
Banyak pengguna Brio yang mengeluhkan ground clearance Brio kurang tinggi, alhasil Brio gampang gasruk di jalan berlubang maupun lewat polisi tidur yang agak tinggi.

2. Material Bahan Terkesan Murah
Kemudian yang menjadi kekurangan yakni build quality, meski desainnya bagus, tapi material alias bahannya masih terkesan murah, maklum saja hal ini dilakukan untuk menekan harga.

3. Belum Ada Sensor Parkir
Kekurangan berikutnya yaitu, belum adanya fitur sensor parkir kamera mundur, namun hal ini tidak terlalu mempermasalahkan hal ini, sebab Anda dapat memasang sensor parkir atau kamera mundur di bengkel variasi.

4. Road noise cukup mengganggu
Suara gesekan roda dan permukaan jalan terdengar hingga kabin. Masalah road noise bukan hanya dialami Brio saja tapi hampir di semua mobil-mobil Honda, meskipun Brio generasi ini sudah lebih kedap dari Brio lama, tapi masih cukup terdengar road noise-nya.

Pilih Mana: Honda Mobilio atau Honda Brio?

Keterangan Honda MobilioHonda Brio
Kelebihan - Desain Eksterior Berkelas dan Sporty - Performa Mesin Irit - Sistem Kendali Lebih Baik - Kabin Cukup Luas dan Lega - Bagasi Luas- Fitur Kekinian - Desain Keren dibanding sebelumnya - Harga Relatif Terjangkau - Mesin Bertenaga dan Irit
Kekurangan - Desain Interior Kurang Menarik - Kualitas Pengerjaan Kurang Baik - Suspensi Kurang Nyaman - Kabin Tidak Kedap Suara- Terlalu Ceper atau Rendah - Material Bahan Terkesan Murah - Belum Ada Sensor Parkir - Road noise cukup mengganggu

Kesimpulan

Mobilio dan Brio merupakan city car keluaran Honda. Jika dibandingkan, ada beberapa perbedaan di antara keduanya dari segi harga hingga fitur-fitur canggih yang tidak bisa disamaratakan satu sama lain. Namun, bagi Anda ingin berkendara dengan banyak muatan didalamnya, Anda dapat memilih Honda Mobilio yang dapat menampung banyak bawaan. Tapi jika Anda ingin berkendara simple di jalanan kota, Anda dapat menggunakan Honda Brio. Selamat memilih!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Mobilio atau Honda Brio

VS