Auto TechKendaraanOtomotif

Pilih Mana: Honda Mobilio atau Toyota Avanza?

Bagi sebagian orang, memiliki mobil impian adalah yang diidamkan. Apalagi jika memiliki keluarga pasti yang membutuhkan mobil terbaik dengan kapasitas yang cukup. Apalagi, jika sedang ingin berpergian atau liburan bersama keluarga tercinta.

Saat ini, sudah banyak mobil keluarga yang dapat memenuhi ekspetasi para konsumen di mana bisa menampung banyak orang serta dilengkapi berbagai fitur canggih untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan pengguna. Harga mobilnya sendiri ditawarkan bervariasi, mulai dari ratusan juta rupiah.

Maka dari itu kami akan merekomendasikan 2 mobil keluarga yang dapat dijadikan pertimbangan untuk Anda saat ingin membelinya. Kedua mobil tersebut adalah Honda Mobilio dan Toyota Avanza, dua merek yang merajai pasar otomotif Indonesia. Apa kelebihan dan kekurangannya? Mari kita bahas!

Honda Mobilio

Apakah Anda tertarik untuk membeli mobil Honda Mobilio? Jika benar, sebelum membelinya, Anda perlu mengenali lebih dalam mengenai mobil ini. Mobilio merupakan salah satu merek terkenal di pasaran, sejak diluncurkan pada januari 2015 lalu. Mobil keluaran honda ini mengusung mobil bertipe MPV atau Low Multi Purpose Chicle yang cocok untuk keluarga. Baca Juga Pilih Mana: Toyota Sienta atau Honda BR-V?

Selain itu, Mobilio hadir dengan teknologi baru dan modern yang sebelumnya tidak dikeluarkan oleh Honda. Desain eksterior dan intertiornya pun lebih anggun dan berkelas. Selain itu, varian warna dari mobilio pun beragam, seperti crystal black pearl, loinzed bronze metalic, dyno blue pearl, taffeta white, polished metal metalic dan alabaster silver metallic.

Sementara, dibagian struktur bodi pada mobilio telah diterapkan terlebih dahulu oleh Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin yaitu menggunakan teknologi G-forece technology dan G-CON. Dengan keistimewaan tersebut Honda Mobilio dijual dengan harga mulai 168 juta sampai 222 juta saja.

Kelebihan Honda Mobilio

1. Desain Eksterior Berkelas
Desain eksterior Honda Mobilio merupakan desain yang berkelas jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. Mobil ini dirancang khusus untuk menjadi mobim keluarga yang sporty.

2. Performa Mesin
Mobil keluaran Honda ini memiliki mesin 1.500 cc L 15Z1. Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin mobil Honda Mobilio ini adalah 118 Hp. Tenaganya lebih kecil 2 Hp jika dibandingkan dengan Honda Jazz. Pengurangan tenaga ini merupakan strategi Honda agar konsumsi bahan bakar lebih irit dan lebih hemat. Mesin mobil ini juga menggunakan intake manifold berbahan plastik untuk mengurangi bobot kendaraan.

3. Sistem Kendali Lebih Baik
Honda Mobilio memiliki handling atau sistem kendali yang sangat baik. Body roll dan feedback setir mobil ini masih lebih baik dibandingkan mobil-mobil sekelasnya, walaupun ketika menggunakan EPS akan mengurangi feeling mengemudi.

4. Kabin yang Luas
Jika dilihat dari eksterior mobil ini, Honda Mobilio merupakan mobil yang paling rendah dari segi ketinggiannya, jika dibandingkan yang lain. Namun, kabin mobil ini jauh lebih luas dan lega dibandingkan dengan mobil MPV sekelasnya. Di sini Honda mencoba memaksimalkan desain kendaraan dengan menghadirkan kabin yang luas namun tak membuat mobil terlihat besar.

5. Bagasi Luas
Bagasi Honda Mobilio memang sangat luas. Bahkan, dikatakan paling luas di kelasnya. Luas bagasi Honda Mobilio disebutkan lebih besar jika dibandingkan dengan Kijang Innova. Agar memberikan kesan yang mewah, Honda menempatkan dongkrak dan toolkit di tempat yang tersembunyi dan tidak mengurangi ruang bagasi.

Kekurangan Honda Mobilio

1. Desain dan Kualitas Interior Kurang Menarik
Dari segi bentuk, bagi sebagian orang Honda Mobilio kurang begitu menarik. Di sisi lain, kualitas material dan finishingnya kurang begitu baik. Bahkan, tidak mendapatkan kompartemen penyimpanan yang melimpah, seperti mobil-mobil MPV sekelasnya. Interior Honda Mobilio ini sama persis desainnya dengan Honda Brio, kecuali pada pewarnaan yang diberikan.

2. Kualitas Pengerjaan Kurang Baik
Banyak hal dari Honda Mobilio ini masih dirasa kurang dari segi kualitas pengerjaan, seperti bodi dan engine bay, dashboard, door trim, hingga sambungan bodi. Sehingga, menimbulkan kesan asal-asalan dan tidak sesuai. Ini dikarenakan Honda terus menambah jumlah produksi Honda Mobilio, sampai akhirnya menurunkan kualitas pengerjaan dan material yang digunakannya kurang baik.

3. Suspensi Tidak Nyaman
Jika Anda melewati jalan bergelombang, maka Anda harus membawanya secara perlahan, terlebih pada suspensi belakang. Beda halnya seperti Honda Freed yang mempunyai suspensi yang nyaman. Namun hal ini tertolong dengan adanya handling, sehingga kekurangan pada suspensi tertutupi.

4. Kabin Tidak Kedap Suara
Saat Anda dalam kondisi kecepatan rendah, suara mesin mobil akan sangat tenang dan tidak terasa. Namun, ketika anda memacu mobil dengan kecepatan di atas 80 km/ jam, maka kekedapan kabin tidak dirasakan kembali. Suara mesin, angin, dan ban sangat mengganggu.

5. Transmisi CVT Tidak Kuat Menyalurkan Tenaga Mesin
Transmisi CVT pada mobil ini tidak bisa memberikan tenaga mesin yang sebenarnya. Pada kecepatan rendah, pedal memang sangat responsif, namun saat dalam kecepatan sedang (40 – 80 km/jam), performa transmisi CVT cenderung lambat dan tidak memberikan performa yang baik, seperti pada Honda Mobilio manual. Terlebih dalam kecepatan yang maksimal pada angka 150 km/jam, maka CVT tidak sanggup untuk memacu mobil lebih cepat lagi.

Lihat juga:  10 Wireless Router Terbaik 2022

Toyota Avanza

Siapa yang tidak mengenal mobil sejuta umat satu ini? Ya, Toyota Avanza yang sering dilihat di seluruh Indonesia. Avanza resmi diluncurkan pada tahun 2003. Nama Avanza sendiri berasal dari bahasa Italia yang bermakna “Peningkatan”. Saat diluncurkan Avanza disebut sebagai mobil MPV paling murah yang dikeluarkan oleh Toyota. Maka tak heran jika mobil ini disebut sejuta umat.

Seiring berjalannya waktu, Avanza pun terus dilakukan pengembangan. Kini Avanza hadir dalam berbagai jenis Avanza dengan berbagai model dan peningkatan spesifikasinya. Untuk lebih jauh berikut kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza.

Kelebihan Toyota Avanza

1. Desain Simple Tampilkan Kesan yang Lebih Stylish
Jika berbicara mengenai desain, Toyota Avanza tampilan desain eksteriornya khasnya. Avanza kini hadir dengan desain eksterior yang stylish dan elegan. Hal ini sudah ada perubahan pada beberapa lini, seperti pada headlamp depan yang lebih stylish (1.5 G Luxury), desain baru Cover Foglamp (1.3 G), serta New Front Aerokit (Type G Luxury) yang membuat mobil ini tampak lebih elegan dan sporty.

2. Mesin Bertenaga dengan 2 Varian Pilihan
Untuk performanya terletak pada bagian dapur pacu. Di mana, mobil ini telah hadir dengan dua varian mesin, yaitu tipe 1.5 liter berteknologi 3SZ-VE dan 1.3 liter K3-VE. Meskipun kapasitas dan teknologi yang dimiliki berbeda namun keduanya sama-sama menggunakan tipe DOHC VVT-I 16 katup dengan 4 silinder yang memberikan performa terbaik.

3. Harganya Cenderung Stabil
Hal menarik dari Toyota Avanza adalah harga jual yang ditawarkan. Mobil ini dijual dengan harga yang cenderung stabil. Jika suatu waktu Anda ingin menjualnya kembali, harganya tidak turun drastis. Selain itu, mobil ini memang laris di pasar Indonesia yang membuat harganya tidak begitu jauh berubah.

4. Spare Part Mudah Dicari
Salah satu kelebihan Toyota Avanza yang cukup menarik yaitu terletak pada spare partnya yang mudah dicari. Tidak harus ke bengkel resmi atau dealer service untuk menemukan spare part, Anda juga dapat menemukannya diberbagai bengkel otomotif manapun.

5. Biaya Perawatan Murah
Selain spare part yang mudah ditemukan, biaya perawatan pun juga terbilang cukup murah dan terjangkau. Sehingga, tak mengherankan apabila mobil sejuta umat ini menjadi salah satu mobil yang banyak dicari oleh para konsumen.

Kekurangan Toyota Avanza

1. Kurang Stabil Saat Kecepatan Tinggi
Beberapa pengguna mengeluhkan kestabilan mobil ini. Di mana, saat dikendarai, cenderung limbung ketika berada di kecepatan tinggi. Sedangkan, pada kecepatan rendah, mobil terasa empuk. Ini dikarenakan lingkaran pegas spiralnya yang terlalu lebar, sehingga secara tidak langsung akan membuat mobil ini terlihat sangat bongsor bila dibandingkan dengan dimensi shock absrober dan ukuran bodi.

2. Aki Sering Bermasalah
Kekurangan lain dari mobil ini adalah pada akinya yang menyebabkan mobil menjadi sulit dihidupkan saat mesin panas. Kekurangan tersebut tentu menjadi penilaian tersendiri bagi para penggunanya.

3. Kursi Bagian Belakang Terasa Sempit
Selain itu, kekurangan Toyota Avanza yang cukup menyebalkan ialah pada kursi baris ke tiga belakang yang terasa sempit. Sehingga membuat penumpang yang duduk merasa tidak nyaman.

4. Minim Fitur Keselamatan
Hal yang perlu menjadi perhatian pada Toyota Avanza adalah pada fitur keselamatan. Minimnya fitur keselamatan berdampak pada keamanan dalam berkendara. Apalagi, mobil ini tercatat sebagai mobil dengan rekor persentase kecelakaan yang cukup tinggi di Indonesia. Hal itu tak lepas dari beberapa fitur keselamatan yang minim dengan tidak disematkannya rem ABS yang sangat penting demi menghindari kecelakaan saat rem mendadak.

Pilih Mana: Honda Mobilio atau Toyota Avanza?

Keterangan Honda MobilioToyota Avanza
Kelebihan - Desain Eksterior Berkelas - Performa Mesin - Sistem Kendali Lebih Baik - Kabin yang Luas - Bagasi Luas- Desain Simple Tampilkan Kesan yang Lebih Stylish - Mesin Bertenaga dengan 2 Varian Pilihan - Harganya Cenderung Stabil - Spare Part Mudah Dicari - Biaya Perawatan Murah
Kekurangan - Desain dan Kualitas Interior Kurang Menarik - Kualitas Pengerjaan Kurang Baik - Suspensi Tidak Nyaman - Kabin Tidak Kedap Suara - Transmisi CVT Tidak Kuat Menyalurkan Tenaga Mesin- Kurang Stabil Saat Kecepatan Tinggi - Aki Sering Bermasalah - Kursi Bagian Belakang Terasa Sempit - Minim Fitur Keselamatan

Kesimpulan

Demikianlah kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio dan Toyota Avanza yang wajib Anda ketahui. Anda dapat mempertimbangkannya kembali ketika hendak membeli kedua mobil ini. Jika dirasa kurang sesuai, pilihlah mobil sejenisnya. Namun, perlu diketahui bahwa setiap mobil pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Mobilio atau Toyota Avanza

VS