Kendaraan

Pilih Mana: Honda PCX Electric atau Yamaha NMAX?

Motor sendiri adalah sarana transportasi yang penting bagi manusia, motor memiliki beberapa manfaat khususnya bisa menemani kita menuju suatu tempat di perkotaan. Apalagi motor dengan teknologi tanpa besin seperti Honda PCX Electric memiliki spesifikasi yang sangat modern, dan juga Yamaha NMAX yang menjadi momok tersendiri bagi para produsen motor modern saat ini, kedua motor ini menjadi idaman bagi beberapa pecinta kendaraan roda dua. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua motor ini ? Jadi kali ini saya akan bahas mengenai Honda PCX Electric dan Yamaha NMAX. Stay tune ya.

Honda PCX Electric

PT Astra Honda Motor( AHM) baru saja meluncurkan Honda PCX Electric. Perihal ini sebagai tahap buat mengikuti tren kini kendaraan listrik. Motor ini memercayakan baterai sebagai daya penggerak. Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma berkata Honda PCX Electric merupakan salah satu perwujudan roadmap AHM buat memperkenalkan teknologi sepeda motor, sesuai kemajuan tren kendaraan dikala ini, sekalian memperkenalkan pengganti moda transportasi dengan teknologi listrik. Baca juga Pilih Mana: Suzuki Burgman atau Honda Grazia?

Desain Honda PCX Electric

Sedang secara format serta konsep dapat dikatakan sama persis dengan Honda PCX tipe mesin bakar konvensional. Yang membedakan cuma di bagian belakang memanglah nampak cungkring sebab tidak terdapat lagi area transmisi CVT di kiri serta knalpot di sisi kanan.

Kaki-kakinya nyaris sama saja, bentuk pelek sampai dimensi ban serupa. Yang beda cuma rem belakang di motor ini masih memakai teromol. Sedang berat memang berbeda, Honda PCX Electric menggapai 144 kg sedangkan tipe mesin bensinnya cuma 133 kg aja.

Sehabis dipromosikan di Jepang, untuk Asia Tenggara negara pertama yang bakal menyambut motor ini ialah Philipina, kita tunggu saja kehadirannya di Indonesia.

Mesin Honda PCX Electric

Motor listrik yang baru dibesarkan pada PCX Electric ini memakai dua baterai lithium-ion masing-masing 50, 4V dengan densitas besar yang dipasang secara serial. Konstruksi motor listrik memakai bentuk Interior Permanent Magnet (IPM) untuk memperoleh kemampuan tenaga serta performance motor listrik yang maksimal. Dua bagian baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack sanggup menjalankan sepeda motor sekitar 69 km dalam sekali pengisian penuh (perolehan pengetesan dengan kecepatan rata-rata 40 km/ jam secara konsisten).

Honda PCX Electric menciptakan output maksimal 4.2kW atau 5,7 PS yang diterima sejak putaran rendah, dengan akselerasi halus. Torsi maksimum 18 [email protected] rpm tetapi bobotnya 144 kg menjadikan akselerasi motor ini kurang nampol. Bagian daya yang kokoh serta ringkas mampu melindungi temperatur sepeda motor dan mengendalikan gerakan listrik secara mudah serta akurasi. Sistem elektrifikasi ini membuat pompa oli, radiator, serta kopling tidak lagi dibutuhkan.

Buat memuat baterai kosong, 2 Honda Mobile Power Pack bisa terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam dikala memakai pengisi energi opsional dengan metode off-board. Ada juga metode pengisian memakai sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam.

Fitur Honda PCX Electric

Honda PCX Electric mengangkat 96V EV system terbaru dari Honda yang dibekali dengan 2 baterai lithium-ion 48V yang dipasang secara seri. Generator motor listrik yang digunakan Honda PCX Electric mempunyai kode EF01M. Dikawal dengan motor temperature protection membuat generator motor listrik ini senantiasa dingin alhasil tidak lagi dibutuhkan pendinginan dengan oli ataupun radiator.

Posisi generator motor listrik ini terdapat di swing arm sebelah kiri roda, wujudnya mendekati boks transmisi CVT pada PCX konvensional. Bedanya, ruang semacam bulatan besar di situ merupakan motor listriknya, tersambung ke roda belakang memakai sebagian gear sebagai pengurangan terakhir sebelum ke roda. Honda PCX Electric ini pula tidak lagi memakai transmisi, cuma single speed. Tinggal gas aja maka motor langsung berjalan.

Harga Honda PCX Electric

Motor ini dijual di angka Rp 16.000.000,-. Tentunya sangat terjangkau banget mengingat milenial sangat mengidamkan motor elektrik ini.

Yamaha NMAX

Yamaha Indonesia menerapkan pembaruan pada skutik premiumnya yang bernama Yamaha NMAX 155. Tentu saja, peresmian NMAX 155 model 2018 itu ialah suatu bukti jelas buat membuktikan diri kalau pabrikan berlogo garpu tala itu masih mempunyai segudang inovasi buat bersaing dengan para kompetitornya.

Dengan begitu, tidak heran bila saat ini kompetisi di bagian skutik premium jadi semakin marak serta ketat. Terlebih, motor Yamaha ini yang akan jadi kompetitor berat untuk Honda PCX 150 itu saat ini sudah mendapat pembaruan secara signifikan yang buatnya tampak lebih modern.

Desain Yamaha NMAX

Pada bagian depan dari NMAX model 2018 yang masih menjaga konsep headlamp LED berukuran besar serta terlihat semacam headlamp sport bike Kawasaki Ninja lawas membuat skutik ini semakin terlihat mempesona. Tidak hanya itu, motor ini juga terlihat masih memakai visor bagian depan yang berukuran besar yang buatnya semakin menaikkan aura full sporty pada skutik premium Yamaha terbaru ini.

Sementara itu, pada bagian joknya sendiri, skutik Yamaha NMAX 155 itu saat ini sudah memakai konsep jok terkini yang mencampurkan 2 komposisi campuran dengan emboss logo NMAX yang disatukan dengan motif jahitan elegan membuat bentuk motor jadi lebih berkelas serta pastinya bakal membuat pengendaranya merasa amat aman, terutama kala menempuh perjalanan jarak jauh.

Motor ini juga mempunyai dimensi yang lebih besar dibanding dengan PCX 150 yakni 1966 x 740 x 1115 mm tampaknya tidak membuat motor matik ini menghasilkan berat lebih besar sebab cuma mempunyai berat 127 kg. Dengan dimensi itu membuat motor matik ini lebih afdal buat dikendarai buat ekspedisi jarak jauh( Touring).

Terlebih dengan berat yang lebih enteng 3 kg dari PCX 150 membuat motor Yamaha ini semakin terasa responsif. Buat bagian depan bakal dibalut ban berdimensi 110/ 70 R13, sebaliknya bagian belakang bakal disampul ban yang berukuran 130/ 70 R13.

Mesin Yamaha NMAX

Motor ini memakai mesin 4 Stroke (SOHC) dengan kubikasi sedikit lebih besar yakni 155 cc dengan perbandingan kompresi pembakaran 10.5:1 membuat motor matik ini menciptakan tenaga yang lebih besar dari produk rivalnya itu. Mesin berkapasitas itu memancarkan daya maksimum menggapai 14.8 Hp pada 8.000 RPM dengan torsi maksimum menggapai 14.4 Nm pada 6.000 RPM membuat motor ini bakal melesat lebih cepat sebab PCX 150 cuma mempunyai daya 13.1 Hp 8.500 RPM dengan torsi 13.1 Nm 5. 500 RPM.

Terlebih ditopang dengan berat yang lebih enteng 3 kg menciptakan PWR (Power to Weight Ratio) yang lebih besar serta lebih unggul yakni 0.0874 kW/ Kg dibanding PCX 150 yang cuma nangkring di angka 0.0749 kW/ Kg. Daya itu disalurkan lewat transmisi otomatis berjenis V-Belt menciptakan akselerasi yang maksimum. Dengan teknologi Blue Core terkini harapan Yamaha juga membuat Yamaha NMAX semakin menciptakan penampilan responsif serta irit bahan bakar.

Fitur Yamaha NMAX

Motor ini memiliki fitur pengereman ABS (Anti-Lock Brake System) yang disematkan pada bagian rem depan serta belakang bakal membuat pengemudi motor matik ini lebih aman keselamatannya bila melakukan pengereman tiba-tiba sewaktu terjadi peristiwa yang bisa menyebabkan kecelakaan parah. Fitur pengereman itu bakal menghindari terjadinya ban terkunci pada dikala melakukan pengereman tiba-tiba sehingga bakal meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Lalu motor ini disematkan fitur VVA (Variable Valve Actuation) yang ialah hasil kerja sama dari suatu produsen mobil asal Jepang yang begitu besar serta terkenal ialah Toyota Motor Corporation. Teknologi pada detail Yamaha NMAX itu mirip dengan teknologi mesin VVT-i yang ditemui pada beberapa besar mobil yang dilahirkan, di mana dengan teknologi itu diklaim bakal menciptakan mesin yang semakin efisien, berenergi, ramah lingkungan serta irit bahan bakar. Terlebih fitur pada motor Nmax itu dipadukan dengan teknologi Blue Core terkini andalan Yamaha yang membuat berkendara terus menjadi aman, nyaman serta asik.

Yamaha NMAX ini pula mempunyai frame yang diklaim amat enteng serta kuat alhasil menciptakan penampilan handling yang lebih responsif, sporty serta handal. Tidak hanya itu motor matik ini diklaim juga mempunyai fitur spedometer yang lebih lengkap serta unggul sebab mempunyai fitur MID yang amat bermanfaat.

Harga Yamaha NMAX

Yamaha bakal dihargai dengan nilai Rp 26,3 juta serta buat versi yang dilengkapi ABS bakal dihargai dengan nilai Rp 30,2 juta. Pasti, suatu nominal yang lumayan terjangkau buat sekelas skutik bermutu berkapasitas 155 cc.

Pilih Mana: Honda PCX Electric atau Yamaha NMAX?

Honda PCX ElectricYamaha NMAX
Kelebihan - Ramah lingkungan - Tidak perlu memakai BBM - Full baterai dengan masa pengisian yang cukup cepat- Riding position yang santai - Memiliki fitur ABS - Memiliki shock yang empuk
Kekurangan- Suara yang tidak terdengar sedikit membahayakan pejalan kaki - Infrastruktur pengisian daya masih sedikit - Belum memiliki penyala mati mesin otomatis (SSS) - Belum memiliki soket pengecas daya

Kesimpulan

Mengingat motor dengan teknologi elektrik seperti Honda PCX Electric tentunya menjadi pilihan tersendiri untuk beberapa orang, namun Yamaha NMAX juga memiliki spesifikasi yang tidak kalah keren dan canggih. Namun yang pasti makin kesini maka semakin modern juga teknologi begitu juga dengan motor. Tentukan motor mu sesuai dengan seleran dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda PCX Electric vs Yamaha NMAX

VS

Leave a Reply