KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Honda Revo FI dan Suzuki Titan?

Motor merupakan alat transportasi yang memudahkan orang untuk menuju suatu tempat tanpa memakan banyak waktu. Motor saat ini pun memiliki spesifikasi dan performa mesin yang mumpuni tanpa menyematkan harga yang mahal, seperti Honda Revo FI dan Suzuki Titan.

Honda Revo FI dan Suzuki Titan menjadi motor bebek yang cukup diminati oleh sebagian orang mulai dari yang muda sampai yang sudah tua sekalipun. Kamu tidak perlu khawatir lagi dengan performa mesin yang disematkan karena sudah diuji dengan baik di pabrik mereka masing-masing.

Artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai detail Honda Revo FI dan Suzuki Titan sehingga bisa kamu jadikan perbandingan dalam memilih motor bebek andalan kamu. Stay tune ya!

Honda Revo FI

Motor honda revo FI merupakan jenis sepeda motor bebek yg diproduksi oleh Honda Motor, motor honda ini mulai diproduksi di tahun 2007. Dan untuk generasi terbaru motor honda revo FI ini konsep lampu utamanya dikonsep terpisah dengan lampu sein, sehingga pada stang hanya terpasang lampu utama saja.

Untuk saat ini Honda memasarkan 3 varian New Honda Revo FI, yakni versi CW, FIT, dan SW. Yang membedakan ketiganya yaitu jenis velg, teknologi secure key shutter, dan desain speedometer. Baca juga Pilih Mana: Gesits Motor atau Yamaha Aerox?

Desain Honda Revo FI

Desain New Honda Revo FI tampak lebih gagah dibanding Honda Revo generasi sebelumnya. Terlihat dari penempatan lampu headlamp pada sisi depan yang dibuat runcing sehingga terkesan lebih gagah dan elegan.

Ukuran dimensinya mempunyai panjang 1.919 m x lebar 709 mm x tinggi 1.080 mm, dan mempunyai berat kosong sekitar 97.5 mm. Kemudian beralih ke bawah jok, sudah terselip tangki bahan bakar berkapasitas maksimum 4 liter, dan disediakan bagasi luas yang dapat menampung barang bawan mencapai 7 liter.

Tidak cuma tampil dengan konsep luar baru, motor ini juga dilengkapi panel spedometer terkini yang nampak lebih modern serta sporty. Pada panel itu sudah tersedia beragam informasi seperti indikator kecepatan, konsumsi bahan bakar, indikator lampu, dan pengoperasian gigi.

Kemudian pada bagian buritan, sudah ada lampu belakang dengan konsep modern memakai penutup lampu berjenis multi reflektor.

Mesin Honda Revo FI

Honda Revo FI sudah disediakan mesin 4 tak dengan silinder tunggal yang didalamnya dilengkapi teknologi mesin SOHC dan sistem pembakaran PGM-FI (Injeksi). Kombinasi teknologi tersebut tidak cuma membuat Honda Revo FI semakin irit, tetapi pula sanggup melaju kencang dengan top speed maksimum mencapai 108 km/jam.

Sedangkan tenaga yang berhasil disemburkan mesin itu mencapai 7500 rpm, sehingga akan terasa lincah ketika dibawa bermanuver di jalan raya.

Honda Revo FI cuma membutuhkan konsumsi BBM 62,2 km/ liter yang membuatnya menjadi salah satu motor bebek paling hemat di Indonesia. Dengan sistem pembakaran lebih sempurna, tentu performa mesin akan meningkat tajam.

Fitur Honda Revo FI

  1. Kunci kontak magnet otomatis
    Pengaman kunci kontak dengan magnet otomatis menjadi fitur unggulan pada sepeda motor bebek ini. Fitur itu sanggup meminimalisir tindak pencurian yang sering terjadi pada motor bebek tanpa adanya kunci jenis ini.
  2. Full Transistorized
    Pada sistem kelistrikannya, Honda Revo mempercayakan pengapian bertipe Full Transistorized dan sistem busi NGK CPR6EA-9S atau NDU20EPR9S yang siap memberikan daya pada sistem starter bertipe Starter kaki & elektrik.

Kelebihan Honda Revo FI

  • Desain yang lebih sporty
    Untuk motor honda revo fi yang terbaru mempunyai desain yang lebih elegan dibanding dengan sebelumnya karena telah dibekali dengan desain striping yang mencolok dan terlihat lebih sporty dan menawan.
  • Sudah dibekali dengan mesin FI
    Untuk mesinnya sendiri motor honda revo FI ini telah memakai sistem injeksi yang pastinya untuk pemakaian bahan bakar jadi lebih hemat pada pada versi konvensional atau karburator.
  • Berkarakter dinamis, lebih gesit dan lincah.
    Motor bebek honda revo fi ini mempunyai desain yang lebih dinamis dari versi sebelumnya selain itu juga motor honda revo fi yang terbaru lebih gesit dan lincah untuk bermanuver.

Kekurangan Honda Revo FI

  • Akselerasi kurang bagus
    Perihal itu dikarenakan oleh kapasitas mesinnya yang memang kurang besar sehingga menyebabkan akselerasi dari motor bebek besutan Honda tersebut menjadi kurang bagus.
  • Kerangka motor terlalu ringan
    Perihal itu berdampak kepada kestabilan motor pada saat dikendarai, jika saat mengendarai motor honda revo ini terdapat angin yang sangat kencang, tidak menutup kemungkinan motor tersebut akan goyang.
  • Pengoperasian gigi mesti benar benar tepat
    Perihal ini dilakukan supaya power dari mesinnya bisa keluar dengan sempurna. Jika timing penggantian gigi kurang baik, maka motor kurang stabil.

Berikut ini adalah harga motor Honda Revo FI per Oktober 2019

Lihat juga:  Pilih Mana: Mitsubishi Triton atau Ford Ranger?
Varian Honda Revo FIHarga
Honda New Revo FI CWRp 14.550.000,-
Honda New Revo FI FitRp 12.950.000,-
Honda New Revo FI SWRp 13.650.000,-

Suzuki Titan

Sepeda Motor Smash Titan yaitu salah satu produk sepeda motor jenis transmisi gigi yang diproduksi oleh Perusahaan Suzuki dengan tingkat spesifikasi dan kualitas yang ditawarkannya sudah cukup baik untuk dipakai oleh para konsumen. Produk motor Suzuki Smash Titan ini amat cocok dipakai oleh semua kalangan sebab memiliki desain bodi yg keren.

Detail mesinnya juga sudah cukup baik dan yg paling penting yaitu harga motor Smash Titan dibanderol dengan harga yg lumayan ekonomis dibanding dengan produk sepeda motor transmisi gigi 110cc lainnya.

Desain Suzuki Titan

Konsep Bodi sudah mempunyai panjang sebesar 1.930 mm, lebar 655 mm dan tinggi 1.050 mm dg jarak poros roda mencapai 1.240, berat Bersih mencapai 100 kg dan kapasitas bensinnya mencapai 4.3 liter dan jarak ke tanah 140 mm.

Motor ini mempunyai struktur bodi yg keren, lebih sporty dan amat mudah dipakai karena lumayan enteng sehingga amat cocok bila dipakai oleh para pemuda, remaja maupun para orang tua untuk memudahkan mereka di semua aktivitas.

Mesin Suzuki Titan

Mesinnya sendiri sudah memakai tipe mesin merk SOHC 4 Langkah dg diameter 51.0 mm x 55.2 mm yg sanggup menghasilkan daya maksimal sebesar 8.4 PS per 8.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 8.9 Nm per 5.000 rpm.

Tipe mesin Suzuki TItan juga memberikan volume tenaga kuda sebesar 110 cc dengan sistem pelumasan memakai SALCS sehingga dapat disimpulkan kalau detail mesin Motor Smash Titan mempunyai kualitas mesin yang cukup gahar untuk dipakai di jalanan.

Fitur Suzuki Titan

  1. TPS (Throttle Position Switch)
    Dengan adanya fitur ini membuat motor Suzuki Titan menjadi hemat bahan bakar dan menjadi daya tarik tersendiri agar menambah minat calon pembeli.
  2. Sistem Pengapian DC – CDI
    Dengan adanya sistem pengapian ini membuat spesifikasi mesin motor Suzuki Titan menjadi lebih gahar dan mumpuni untuk dibawa ke jalanan kota.

Kelebihan Suzuki Titan

  • Desain bodi kokoh
    Design bodi kokoh, dengan baut yang banyak menjadikan motor ini dapat dipakai sampe 100kpj. Motor ini juga tidak menghasilkan suara getaran bodi sama sekali hanya getaran mesin saja.
  • Hemat bahan bakar
    Titan juga dilengkapi TPS (Throttle Position Switch) yang berguna untuk efisiensi bahan bakar. Sehingga dibanding dengan para kompetitornya Titan lebih bertenaga dan lebih hemat.
  • Torsi mumpuni
    Daya maksimum dan akselerasi paling tinggi di kelas 115cc yaitu 8,9 Nm/5000 rpm. Jadi tidak perlu tarik lebih untuk bisa membuat Titan ini berkecepatan tinggi.

Kekurangan Suzuki Titan

  • Desain kurang sporty
    Desain dari Suzuki Titan sendiri bisa dibilang kurang sporty jika dibandingkan dengan para kompetitornya. Hal inilah yang membuat Suzuki Titan kurang diminati oleh sebagian orang pecinta motor bebek.
  • Jok terasa keras
    Untuk urusan mesin Suzuki Titan tidak ada duanya, namun untuk urusan jok bisa dibilang masih kurang. Dari beberapa review para penggunanya mengungkapkan jika motor ini memiliki jok yang keras sehingga tidak nyaman saat dikendarai.
  • Harga jual terpaut jauh
    Kekurangan yang satu ini bisa menjadi kelemahan yang paling ditakuti oleh calon pembelinya yaitu harga jual yang jatuh, sehingga membuat para calon pembelinya berpikir dua kali untuk membeli motor ini.

Berikut ini adalah harga motor Suzuki Titan per Oktober 2019

Varian Suzuki TitanHarga
Suzuki Smash Titan 115Rp 11.350.000,-
Suzuki Smash Titan 115 RRp 11.900.000,-
Suzuki Smash Titan 115 SRRp 12.975.000,-

Pilih Mana: Honda Revo FI dan Suzuki Titan?

Honda Revo FISuzuki Titan
Kelebihan- Desain yang lebih sporty - Sudah dibekali dengan mesin FI - Berkarakter dinamis, lebih gesit dan lincah. - Desain bodi kokoh - Hemat bahan bakar - Torsi mumpuni
Kekurangan- Akselerasi kurang bagus - Kerangka motor terlalu ringan - Pengoperasian gigi mesti benar benar tepat - Desain kurang sporty - Jok terasa keras - Harga jual terpaut jauh

Kesimpulan

Setelah kita bahas artikel diatas mengenai Honda Revo FI dan Suzuki Titan diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua motor ini memiliki detail mesin dan fitur yang menarik sehingga mumpuni untuk dibawa ke jalanan kota tanpa hambatan. Namun saya lebih merekomendasikan Honda Revo FI karena memiliki mesin yang lebih canggih dari Suzuki Titan. Tentukan pilihan motor kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda Revo FI vs Suzuki Titan

VS

Leave a Reply