Pilih Mana: Honda WR-V atau Honda Jazz?

Loading...

Honda merupakan salah satu pabrikan ternama yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Salah satu produk Mobil terbarunya adalah Honda WR-V. Mobil tersebut adalah jenis SUV yang pengembangannya menggunakan platform dari Honda Jazz. Dengan tampilan yang hampir serupa kita akan bahas lebih lanjut mengenai spesifikasi dari kedua mobil keluaran Honda ini dari segi mesin, Fitur dan harganya. Untuk penjelasan lebih lanjut dan melihat perbedaanya silahkan di baca di bawah ya..

Honda WR-V

Dengan seluruh inovasi serta kecanggihan teknologinya, mengawali tahun 2017 ini Honda kembali meluncurkan mobil terbarunya yang bernama Honda WR- V. Mobil garapan Honda yang satu ini didatangkan dengan mengangkat rancangan SUV sehingga akan memperkaya barisan barisan keluarga SUV kepunyaan Honda yang ada di pasar global.

Meski pihak Honda terkini memberitahukan Honda WR- V ini untuk pertama kali pada November 2016 lalu pada pertandingan San Paulo International Motor Show di Brazil, tetapi hingga saat ini timnya masih belum membagikan penjelasan secara komplit terkait dengan peresmian SUV ini.

Akan tetapi, yang jelas jika mobil kompak crossover yang didesain dengan mengadopsi dasar dari Honda Jazz itu, kabarnya akan segera memulai debutnya di pasar Brazil bulan Maret 2017 ini saat sebelum Honda WR- V ini dipromosikan ke negeri Amerika Selatan serta sebagian negeri yang lain.

Menariknya, kemunculannya di kancah pasar otomotif global ini, diklaim akan dapat jadi kompetitor berat untuk Toyota Yaris Heykers yang beredar di Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Mazda Mpv atau Honda Odyssey?

Mesin Honda WR-V

Pada sektor permesinannya ini, tampaknya pihak Honda sendiri bakal menyematkan mesin yang cukup tangguh dan canggih. Pasalnya, di pasar India, mobil SUV ini ditawarkan dengan dua varian mesin, yakni jenis mesin bensin dan mesin diesel. Untuk jenis mesin bensin akan dibekali dengan mesin 1.2 L i-VTEC Petrol. Mesin yang tersemat pada Honda WR-V tersebut diklaim bakal mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 89 BHP pada putaran 6,000 rpm dan mampu mencapai titik maksimum torsi hingga 110 Nm pada putaran 4,800 rpm.

Sementara untuk jenis mesin diesel akan menggandakan mesin 1.5-litre i-DTEC Diesel yang akan menghasilkan tenaga 99 BHP pada putaran 3,600 rpm dan torsi 200 Nm pada putaran 1,750 rpm. Tenaga yang disemburkan mesin Honda WR-V tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi 5-speed manual untuk tipe mesin bensin dan 6-speed manual untuk tipe mesin diesel. Di sisi lain, SUV garapan Honda ini juga dibekali tangki bahan bakar berkapasitas 363 Liter yang dinilai cukup untuk dijadikan bekal ketika berkendara untuk menempuh jarak yang jauh. Tentu, dengan digunakannya mesin bertenaga pada permesinan dari spesifikasi Honda WR-V membuatnya layak dijadikan tunggangan yang tangguh.

Fitur Honda Wr-v

Spesifikasi Honda WR-V ini juga bakal dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang cukup fungsional untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Salah satu fiturnya yaitu dengan disematkannya panel infotainment atau entertainment pada dashboard di mana sistem navigasi pengoperasiannya mudah dikendalikan atau dioperasikan oleh setiap pengguna dari layar sentuh yang berada di tengah dashboard Honda WR-V ini. Selain itu, pada layar touchscreen tersebut juga sudah terintegrasi dengan sistem operasi Android maupun iOS pada iPhone sehingga pengguna bisa memainkan musik atau Mp3 dari perangkat pintar.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya kecelakaan maka Honda WR-V pun juga bakal dibekali sistem pengereman yang berteknologi ABS with EBD. Dengan adanya teknologi tersebut tentu akan mampu mencegah ban anti selip ketika pengereman mendadak sehingga akan memberikan kualitas pengereman yang kian sempurna. Tak sampai di situ saja, dual Airbags pada Honda WR-V pun juga siap melindungi pengemudi atau penumpang depan dari benturan keras dari arah depan ketika terjadi kecelakaan. Nah, dari beberapa fitur canggih yang disematkan tersebut tampaknya bakal mampu menunjang performa yang diusung spesifikasi Honda WR-V.

Harga Honda WR-V

jika mendasarkan atas harga jualnya di pasaran Brazil maka akan dibanderol pada kisaran Rp 208 juta hingga Rp 345 juta. Melihat nominal angka dari harga Honda WR-V tersebut, tampaknya banderol untuk memboyong SUV besutan Honda ini terbilang cukup standar untuk sekelas mobil SUV. Bahkan, bisa dibilang dengan harga di bawah dari BR-V dan HR-V maka akan membuat Honda WR-V ini kian laris manis di pasar otomotif global.

Loading...

Honda Jazz

Setelah pertama kali meluncur pada tahun 2004, kini Honda Jazz Facelift pun resmi dirilis oleh PT Honda Prospect Motor sebagai generasi baru dari pengembangan atas beberapa varian sebelumnya.Memandang dari varian sebelumnya, tampaknya Honda Jazz yang diluncurkan kali ini memang hadir dengan konsep yang lebih sporty dan fresh, terutama pada bagian eksterior maupun interior di dalam ruang kabinnya. Bahkan, beberapa fitur baru pun juga dihadirkan untuk menunjang kenyamanan dan memberikan nilai lebih kepada para konsumen.

Hal itu tampak jelas pada desain eksteriornya di mana pada Honda Jazz Facelift ini diketahui menerapkan gaya desain yang mengedepankan konsep hatchback yang lebih agresif dan gagah guna mendongkrak aura sporty yang lebih kental. Pembaruan pada bagian eksteriornya ini pun terlihat jelas pada setiap sisi atau sektor bodinya, baik dari sisi depan, samping maupun belakang. Sementara di sisi lain, pada sektor interiornya sendiri, Honda Jazz Facelift ini tak banyak membawa sentuhan baru.

Mesin Honda Jazz

Untuk sektor performa, sebenarnya semua tipe New Jazz dibekali oleh basis mesin yang sama, yakni mesin 1.5 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW dengan suplai bahan bakar PGM-FI yang sanggup menghadirkan performa impresif dan bertenaga. Basis mesin pada Honda Jazz sendiri performanya sudah sangat teruji karena mobil ini sudah sering turun di lintasan balap atau slalom. Power yang dihadirkan mesin pada New Jazz sendiri sudah sangat mumpuni dengan sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 88 Kw (120 PS)/6.600 rpm dan juga torsi maksimal 14,8 kg.m (145Nm)4.800 rpm. Selain sanggup memberikan performa unggul, mesin Honda Jazz juga terkenal irit berkat penerapan teknologi Drive by Wire (DBW) yang menghasilkan kontrol buka-tutup throttle valve untuk akselerasi yang lebih presisi namun tetap irit bahan bakar. Sedangkan untuk penggeraknya sendiri.

Honda Jazz menggunakan penggerak roda depan yang terpadu dalam dua transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan otomatis 5 percepatan. Untuk New Jazz bertransmisi otomatis mengusung mesin jenis CVT lengkap dengan teknologi Earth Dreams Technology untuk menghasilkan perpindahan transmisi lebih halus dan performa mesin yang maksimal. Jika menilik spesifikasi Honda Jazz pada ruang dapur pacunya, tak salah jika mobil ini mendapat predikat sebagai salah satu mobil paling bertenaga di kelasnya.

Fitur Honda Jazz

Kita akan membahas spesifikasi Honda Jazz pada fitur-fitur pelengkapnya. Sebagai kendaraan medium hatchback berstandar global, mobil ini memang harus bisa memenuhi tiga kriteria, yakni keselamatan, kenyamanan, serta keamanan. Dimulai dari fitur keselamatan, ternyata Honda Jazz hadir dengan fitur cukup komplet. Mulai dari struktur rangka yang aman lewat G-CON + ACE, lalu ada juga beberapa fitur keamanan berstandar internasional seperti Side Impact Beam, Pedestrian Protection, Dual SRS Front Airbags, Seatbelt Adjuster dan juga Seatbelt 3P ELR dengan Pretensioner with Load Limiter.

Tak hanya menyajikan fitur keselamatan lengkap, kabin pada Honda Jazz pun juga sudah diatur agar aman untuk balita lewat penerapan jok ISOFIX dan Tether. Sedangkan fitur kenyamanan, juga tak mau kalah dengan kehadiran fitur multimedia Audio Singel Din yang tersedia pada Honda Jazz tipe A.

Kemudian ada juga fitur Audio Double DIN (New Jazz S dan New Jazz CVT), 6.1 inchi Touch Screen Display (New Jazz RS dan New Jazz RS CVT), Advanced 7 inchi Audio-Video System yang tersedia pada All New Jazz RS CVT Limited Edition. Lalu, semua tipe Honda Jazz juga sudah dilengkapi dengan MID LCD Display dan juga Auto Door Lock by Speed. Sementara untuk menunjang kenyamanan, semua tipe New Jazz juga sudah didukung dengan AC double blower.

Terakhir pada fitur keamanan, New Honda Jazz sudah dilengkapi pula dengan Key Type berjenis Wave Type atau Smart Key, Keyless Entry, Immobilizer, serta Alarm System untuk semua tipe kecuali All New Jazz RS CVT Limited Edition. Nah, dari semua kelengkapan fitur yang ada, kita bis menyimpulkan bahwa spesifikasi Honda Jazz tak hanya memiliki desain eksterior yang keren, namun sisi keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengemudi serta penumpang juga sangat diperhatikan.

Harga Honda Jazz

Diketahui bahwa banderol harga Honda Jazz terbaru ini akan ditawarkan dengan lima tipe yang tersedia. Tipe terendah yaitu varian Standar manual yang dibanderol Rp 232.5 juta. Sementara itu, untuk varian menengah, ada tipe CVT yang dibanderol Rp 242.5 juta dan varian RS yang dipatok senilai Rp 262.5 juta. Nah, untuk harga jual Honda Jazz Facelift varian tertinggi yaitu tipe RS CVT yang diketahui akan ditawarkan dengan nominal angka Rp 272.5 juta.

Pilih Mana: Honda WR-V atau Honda Jazz?

Honda WR-V Honda Jazz
Kelebihan - Memiliki fleksibilitas tinggi dengan ground clearance 188 mm. Jalan rusak bisa dilewati dengan lebih pede - Panel body mirip Jazz, spare part pasti mudah- Honda Jazz tetap mempertahankan karakternya sebagai mobil yang lincah, praktis, dan disukai banyak orang - Performa mesin yang diperbaharui tenaganya tetap terbesar di kelasnya
Kekurangan- Mesinnya terlalu kecil. Untuk kelas ini, konsumennya akan sulit diyakinkan - Tidak fleksibel - Mesin L15 sudah mulai menua, meski setiap digunakan di model mobil baru, ada saja yang diperbaharui - G10round clearance rendah

Kesimpulan

Berdasarkan dari pembahasan dari artikel di atas mengenai kedua mobil ini yaitu Honda Wr-V atau Jazz, keduanya mempunyai kualitas pembuatan layaknya produk sebagian besar Honda. Itu artinya, Honda pasti memiliki kualitas yang patut diacungi jempol. Meski keduanya memiliki kegunaan yang berbeda, dengan fitur yang lengkap dan memang menunjang. Dapat anda pilih sesuai dengan selera masing-masing tiap orang ya..

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honda WR-V VS Honda Jazz

VS

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *