Pilih Mana: Honor 10 atau Honor View 10?

Loading...

Cukup lama tidak terdengar, vendor Honor asal Tiongkok akhirnya kembali meluncurkan produk terbaru mereka ke pasar smartphone dunia, tidak terkecuali Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Honor meluncurkan tiga seri smartphone secara bersamaan, salah satunya adalah Honor View 10. Beberapa bulan kemudian, Honor kembali menghadirkan Honor 10 sebagai upgrade dari Honor 9 Lite. Sama-sama hadir di tahun ini, bagus mana Honor 10 atau Honor View 10?

Honor 10

Melalui anak perusahaannya, Honor, Huawei meluncurkan smartphone kelas menengah ke atas bertajuk Honor 10 di Indonesia pada bulan Agustus lalu. Peluncuran pertama dari Honor 10 secara global berlangsung di London pada Mei 2018. Honor 10 memiliki desain unik dengan balutan kaca yang mampu merefleksikan cahaya. Perangkat ini kabarnya merupakan penerus Honor 9 Lite. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy A20 atau Samsung Galaxy A30?

Kelebihan Honor 10

1. Desain Premium Dengan Efek Reflektif
Sejak peluncurannya, Honor 10 dikenal sebagai ponsel dengan desain premium yang terbalut kaca dan bisa menimbulkan efek reflektif saat terkena cahaya. Adapun varian warnanya ada tiga yaitu Phantom Green, Phantom Blue, dan Midnight Black. Setiap varian Honor 10 sejatinya tidak hanya memperlihatkan satu warna saja karena ponsel ini memilki sebutan sebagai “everchanging colour”.

Menurut James Yang selaku President Honor Indonesia, tim desain mereka telah mendesain Honor 10 sebagai perangkat yang bisa merubah warna casing-nya tergantung angle penglihatan kita. Material kaca yang dibungkus dengan teknik pancaran warna memungkinkan pengguna untuk melihat 36 kombinasi warna yang berubah dalam Honor 10. Misalnya, untuk varian Phantom Blue, dari sisi lain dapat muncul warna ungu, itu juga bisa menjadi ombre biru dan ungu di berbagai posisi.

Dimensi Honor 10 adalah semi-jumbo, mengandalkan layar IPS layar penuh 5,84 inci dengan rasio 19:9. Di atas layar ada poni atau notch sebagai wadah kamera depan, sensor jarak dan speaker. Kemudian, bagian bawahnya lengang dan bersih meskipun sebenarnya ada pemindai sidik jari. Lokasi sensor tertanam di bawah layar sehingga tidak terlihat.

2. Didukung Kamera AI
Kelebihan Honor 10 lainnya terletak pada kamera yang dibubuhi kecerdasan buatan (AI), baik di bagian depan maupun di belakang. Kamera depan sebesar 24 MP, sedangkan yang belakang menggunakan dual-kamera 24 MP dan 16 MP. AI memungkinkan kamera mengenali berbagai subjek untuk menyesuaikan dengan pengaturan optimal. Hasilnya, warna dan kualitas foto akan terlihat lebih alami dan nyata.

Loading...

Kekurangan Honor 10

1. Harga Cukup Tinggi
Sayangnya, Honor 10 dibanderol dengan harga yang cukup tinggi yaitu sekitar Rp 7 jutaan. Dengan harga setinggi itu, Honor 10 sedikit susah menggaet minat masyarakat Indonesia, karena masih banyak vendor lain yang menawarkan perangkat mereka dengan spesifikasi sama namun dengan harga yang lebih murah. Sebut saja Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

2. Tidak Tahan Air
Kekurangan lainnya dari Honor 10 adalah tidak tahan air, sehingga Anda harus ekstra berhati-hati dalam menggunakan ponsel di wilayah rentan. Selain itu, Honor 10 juga tidak didukung pengisian daya secara nirkabel dan belum memiliki koneksi Bluetooth seri teranyar.

Honor View 10

Bulan Maret lalu, Honor meluncurkan tiga seri smartphone dalam waktu bersamaan yaitu Honor 7X, Honor 9 Lite, dan Honor View 10. Dari ketiga seri ini, Honor View 10 terbilang paling menarik dan premium. Bukan hanya dari segi desain, namun segi teknologi di dalamnya juga sangat menggoda. Anda bisa membaca penjelasannya lebih lengkap di Liputan6.com.

Kelebihan Honor View 10

1. Performa Super
Honor View 10 ialah smartphone Android pertama dari Honor yang langsung menggunakan sistem operasi Android Oreo. Selain OS terbaru, perangkat ini dibekali chipset Kirin 970, RAM sebesar 6 GB dan memori internal lapang sebesar 128 GB, membuat performa smartphone ini berada di atas rata-rata. Anda dapat menginstal beberapa aplikasi dan game yang memiliki kapasitas besar kapan saja.

2. Kamera AI Dengan Fitur Cerdas
Sama seperti Honor 10, Honor View 10 juga dilengkapi AI pada fitur kameranya yang berfungsi untuk mengoptimalkan dual kamera. Dengan adanya AI, ponsel ini mampu menghadirkan berbagai jenis pengaturan cerdas berdasarkan kondisi cahaya dan scenario. Kameranya dapat mengidentifikasi 13 jenis objek dan adegan yang berbeda. Sebagai informasi, Honor View 10 membawa kamera ganda beresolusi 20 MP + 13 MP.

Kekurangan Honor View 10

1. Harga Lumayan Tinggi
Sepertinya Huawei masih mempertahankan prinsip ‘ada kualitas, ada harganya’ karena Honor View 10 dibanderol cukup tinggi yaitu sekitar Rp 7,3 jutaan. Tentunya harga ini jauh lebih murah jika dibandingkan perangkat kelas atas Huawei lainnya yang biasanya dibanderol sekitar Rp 12 jutaan.

2. Slot Hybrid
Pada Honor View 10, slot sim card kedua menyatu dengan slot memori eksternal, sehingga Anda harus memilih ingin menggunakan dua kartu operator atau memori tambahan. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena penyimpanan internal perangkat sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda.

Pilih Mana: Honor 10 atau Honor View 10?

Honor 10Honor View 10
Layar- 5.84 inches, 85.1 cm2 (~79.9% screen-to-body ratio)- 5.99 inches, 92.6 cm2 (~78.6% screen-to-body ratio)
Memori- Tidak ada slot memori eksternal, hanya ada penyimpanan internal sebesar 64/128 GB- Ada slot memori eksternal hingga 256 GB (uses SIM 2 slot)
Kamera depan - 24 MP, f/2.0- 13 MP, f/2.0

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa dua perangkat jebolan Huawei yaitu Honor 10 dan Honor View 10 memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, kami lebih merekomendasikan kepada Anda untuk memilih Honor 10 karena memiliki lebih banyak keunggulan dari Honor View 10, terlebih lagi bagi Anda yang suka selfie, kamera depan pada Honor 10 mengusung resolusi yang besar.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honor 10 vs Honor View 10

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *