Smartphone

Pilih Mana: Honor 7A atau Xiaomi Redmi 5 Plus?

Persaingan antar smartphone semakin ketat belakangan ini. Setiap vendor menawarkan produknya dengan spesifikasi yang sangat baik dan menawarkan harga yang relatif terjangkau. Dua di antaranya yaitu Honor 7A dan Xiaomi Redmi 5 Plus. Manakah smartphone yang paling cocok untuk Anda? Honor 7A atau Xiaomi Redmi 5 Plus?

Honor 7A dan Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan dua smartphone yang ditawarkan dengan harga relatif sama dan terjangkau. Meskipun harga yang ditawarkan relatif sama, namun kedua smartphone ini juga memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut mulai dari fitur, spesifikasi dan hal lainnya. Agar lebih jelas, simak artikel di bawah ini hingga selesai.

Honor 7A

Honor 7A merupakan salah satu seri smartphone yang dirilis pada Juni 2018. Smartphone ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau namun tetap memiliki banyak keunggulan. Baca juga Pilih Mana: Oppo F11 atau Samsung A50? 

Kelebihan Honor 7A

Berikut beberapa kelebihan Honor 7A yang perlu Anda ketahui:

Kamera Belakang Telah Dual Kamera

Kelebihan atau keunggulan pertama yang dimiliki oleh Honor 7A adalah memiliki kamera belakang yang telah dual kamera dan memiliki megapixel yang lebih besar jika kita bandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 Plus. Smartphone ini telah dibekali dengan kamera belakang 13 MP + 2 MP sementara Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki kamera belakang 12 MP.

Memiliki Sensor Finger Print

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Honor 7A adalah telah dibekali dengan sensor finger print. Dengan adanya sensor finger print ini, Anda akan lebih mudah dalam membuka perangkat dengan cepat.

Kamera Depan Telah Memiliki LED Flash

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Honor 7A adalah smartphone ini memiliki kamera depan dengan megapixel 8 MP dan telah didukung dengan adanya LED flash. Dengan demikian, hasil gambar akan menjadi lebih baik meskipun dipotret pada tempat yang minim cahaya karena bisa dibantu dengan LED flash.

Kekurangan Honor 7A

Berikut beberapa kekurangan Honor 7A yang perlu Anda ketahui:

Layar Lebih Kecil

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Honor 7A adalah memiliki layar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan layar yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus. Smartphone ini memiliki layar dengan ukuran 5,7 inci sedangkan Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki layar dengan ukuran 5,9 inci. Artinya, kita dapat melihat bahwa layar perangkat ini sedikit lebih kecil dari Xiaomi Redmi 5 Plus.

Resolusi Hanya Sebatas HD+

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Honor 7A adalah memiliki resolusi layar yang hanya mampu menampilkan gambar dengan resolusi HD+. Perangkat ini tidak bisa menampilkan gambar dengan resolusi yang full HD.

Kinerja Kalah Telak

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Honor 7A adalah memiliki kinerja yang lebih lambat atau kurang gesit dibandingkan dengan kinerja yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus. Perangkat ini memiliki hardware Chipset Snapdragon 430 sementara Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki harware Chipset Snapdragon 625. Tidak hanya itu, CPU yang dimiliki oleh Honor 7A juga tidak lebih baik dari CPU Xiaomi Redmi 5 Plus.

Kelebihan Honor 7AKekurangan Honor 7A
- Kamera belakang telah dual kamera- Layar lebih kecil
- Memiliki sensor finger print- Resolusi hanya sebatas HD+
- Kamera depan telah memiliki LED flash- Kinerja kalah telak

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan sebuah smartphone yang diluncurkan pada Februari 2018. Smartphone ini telah dilindungi corning gorilla glass, memiliki kinerja yang gesit, serta memiliki kapasitas baterai yang cukup besar juga.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo V9 atau Oppo F5?

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus yang perlu Anda ketahui:

Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Honor 7A. Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh sementara Honor 7A memiliki baterai dengan kapasitas 3.000 mAh.

Dilindungi Corning Gorilla Glass

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah telah dilindungi dengan corning gorilla glass. Karena hal tersebut, Xiaomi Redmi 5 Plus akan lebih tahan terhadap goresan atau benda tajam yang mengenai bagian depannya.

Kinerja Lebih Gesit

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki kinerja yang lebih gesit atau lebih cepat ketimbang kinerja yang dimiliki oleh Honor 7A. Hal ini dikarenakan Xiaomi Redmi 5 Plus telah dibekali dengan hardware yang lebih mumpuni sehingga secara pasti akan memengaruhi kinerja smartphone tersebut.

Kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus yang perlu Anda ketahui:

Hanya Menggunakan Single Kamera Belakang

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah masih menggunakan single kamera pada kamera belakangnya. Sementara Honor 7A telah memiliki dual kamera pada bagian kamera utamanya. Tidak hanya itu, megapixel kamera utama Xiaomi Redmi 5 Plus juga lebih kecil jika kita bandingkan dengan Honor 7A. Meskipun begitu, dikutip dari Antaranews.com kamera utama yang dimiliki oleh smartphone ini tetap bisa menghasilkan gambar dalam kondisi cahaya rendah.

Menggunakan Material Polycarbonat

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah masih menggunakan material polycarbonat. Saat ini telah banyak vendor yang menggunakan bahan metal atau aca pada produknya. Sayangnya Xiaomi Redmi 5 Plus masih menggunakan material polycarbonat.

Resolusi Kamera Depan Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki kamera depan dengan resolusi atau megapixel yang lebih kecil. Biasanya Xiaomi menyematkan kamera dengan resolusi yang sangat baik. Namun kali ini Xiaomi kalah dengan Honor 7A.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 PlusKekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus
- Kapasitas baterai lebih besar- Hanya menggunakan single kamera belakang
- Dilindungi corning gorilla glass- Masih menggunakan material polycarbonat
- Kinerja lebih gesit- Resolusi kamera depan lebih kecil

Pilih Mana: Honor 7A atau Xiaomi Redmi 5 Plus?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Honor 7A dan Xiaomi Redmi 5 Plus. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Honor 7A Xiaomi Redmi 5 Plus
- Dual kamera utama- Single kamera utama
- Layar lebih kecil- Layar lebih lebar
- Kinerja lebih baik dan lebih cepat- Kinerja hardware masih kurang baik

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Honor 7A dan Xiaomi Redmi 5 Plus di atas, dapat kita lihat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika diperhatikan, dengan harga yang relatif sama, Xiaomi Redmi 5 Plus lebih baik untuk Anda miliki karena memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan Honor 7A.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honor 7A vs Xiaomi Redmi 5 Plus

VS

Leave a Reply