ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Honor 9i atau Honor 8x?

Siapa yang tidak mengetahui perusahaan elektronik yang bernama Honor? Perusahaan ini adalah perusahaan elektronik yang sangat maju, di Indonesia pun sudah banyak orang mengetahui merek Honor ini, karena dengan mengeluarkan produk smartphonenya menjadi semakin terkenal di kalangan masyarakat. Honor juga adalah sub-bagian dari merek Huawei. Banyak tipe smartphone yang menjadi andalan karena banyak terjual. Salah satu tipe smartphone dari merek Honor yang menjadi perbincangan adalah Honor 9i dan juga honor 8x. Kedua tipe smartphone ini memiliki spesifikasi yang cukup baik. Disini saya akan menjelaskan lebih jauh mengenai tipe smartphone dari Honor ini.

Honor

Saat ini nama ponsel pintar Honor mulai terdengar di Indonesia karena promosinya yang gencar, baik secara online maupun offline. Tidak hanya itu, Honor sudah meningkatkan smartphone dengan desain menarik dan spesifikasi hardware menarik, tetapi harganya terjangkau.

Walaupun baru di Indonesia, tetapi Honor sendiri bukanlah brand baru di dunia smartphone karena sudah dibuat sejak tahun 2013 silam di Cina. Sekilas, Honor sendiri merupakan sub- brand dari Huawei yang mengincar segmen smartphone terjangkau maupun murah, dengan spesifikasi hardware dan desain yang menggiurkan.

Dengan kata lain Honor merupakan industri smartphone yang berasal dari Tiongkok. Tetapi Honor sudah dikenal juga kawasan Eropa karena kualitas dari smartphone buatannya tidak murahan. Honor sendiri fokus kepada perangkat mobile, seperti smartphone, tablet, dan perangkat wearable. Baca juga Pilih Mana: Honor 9i atau Honor 9 Lite?

Honor 9i

Honor 9I mempunyai desain yang cantik dengan ukuran yang pas digenggam. Handphone ini mengadopsi layar sebesar 5.84 inci dan Full HD+ dengan aspek rasio 19:9. Sebagai vendor yang” satu darah” dengan Huawei, Honor mencocokkan chipset Kirin 659 berprosesor octa core pada seri Honor 9i ini. Prosesor ini mampu berjalan pada kecepatan 2,36 Ghz.

Terdapat 2 versi RAM dan ROM yang bisa dibeli pengguna di Indonesia. Versi pertama yaitu RAM 3GB dengan ROM 32GB dan versi kedua merupakan RAM 4GB dengan penyimpanan 64GB. Bentuk bagian pinggiran yang agak melingkar membuat handphone ini nyaman di telapak tangan. Sayangnya material bentuk tubuh handphone bagian belakang terasa licin saat digunakan. Bagian belakang yang diberi lapisan yang berbahan mengkilat membuat handphone ini mudah terlihat kotor.

Terlebih jika tangan kamu mudah berkeringat, sebaiknya pakailah casing buat handphone ini. Pada bagian kanan serta kiri ada tombol standar yaitu power dan pengatur volume suara. Di bagian bawah kamu dapat menemukan jack audio 3.5mm port micro USB dan satu lubang speaker. Sayangnya handphone ini masih mengusung layar LCD sehingga tampilan warna yang diperlihatkan tidak begitu cerah tampak lebih redup.

Kamera Honor 9i

Honor 9i mengusung dual kamera di bagian punggung dengan besaran 13 megapiksel dan 2 megapiksel. Sedangkan kamera selfie- nya dibantu resolusi 16 megapiksel. Kamera belakang handphone ini dapat digunakan untuk mode portrait dengan menunjukkan efek bokeh yang cukup dalam.

Efek itu dihasilkan oleh lensa 2 megapiksel dan bokehnya dapat diatur ulang sehabis gambar diambil. Lensa depan handphone ini cukup bagus saat mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya. Sayangnya hasil foto kamera depan ini cenderung lebih halus daripada aslinya.

Spesifikasi Honor 9i

Fitur ini hadir dengan layar 5.84 inci dengan notch yang dapat dihilangkan melalui menu setting
Honor 9i muncul dengan 2 opsi RAM 3GB dan 4GB
Kamera dengan kualitas yang baik
Honor 9i didukung fitur keamanan face unlock yang bisa dibuka dengan kamera selfie
Kualitas bermain game tanpa ngelag
Harga yang terbilang standar
Warna yang cantik

Lihat juga:  Pilih Mana: Biznet atau IndiHome?

Warna Tersedia Honor 9i

Midnight black
Sapphire blue
Egg blue

Harga Honor 9i

Honor 9i dijual mulai dari Rp 2.599.000 jutaan untuk versi RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sedangkan untuk RAM 4GB dengan memori internal 64GB dijual Rp 3.099.000 jutaan.

Honor 8x

Honor 8x memiliki resolusi 1080 x 2340 dengan notch lebih panjang dibanding kakaknya. Smartphone ini mempunyai desain yang istimewa. Bagian belakang dilapisi kaca 2.5D mengkilap yang mempunyai 2 tekstur berbeda. Bingkai dibuat dari logam sedangkan bagian depan terbuat dari kaca. Handphone ini digadang- gadang oleh Honor bagaikan” flagship killer”.

Salah satu yang diandalkan Honor 8x untuk menyaingi handphone flagship adalah bingkai bezel) layar tipis, hanya selebar 4.25 milimeter di sisi bawah, sedangkan di sisi kanan dan kiri lebih tipis lagi. Dengan bingkai itu, ukuran layarnya juga dapat dibuat 6.5 inci. Honor mengklaim bahwa rasio layar terhadap bodi di Honor 8X mencapai 91 persen sehingga layar sangat mendominasi bagian wajah perangkat.

Soal dapur pacu, Honor 8x memercayakan chip Kirin 710 dengan teknologi GPU Turbo untuk akselerasi game. Secara garis besar, Honor 8x dipasarkan dalam 2 versi berdasarkan kapasitas memori. Tetapi di Indonesia, Honor hanya sediakan satu versi dengan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB yang bisa diekspansi hingga 400 GB dengan micro SD.

Kamera Honor 8x

Honor 8x juga menjagokan modul kamera ganda belakang yang berkonfigurasi 20 megapiksel(f atau 1.8) dan 2 megapiksel. Kamera kedua dengan resolusi lebih kecil digunakan sebagai pendeteksi jarak obyek untuk penerapan efek bokeh. Untuk penuhi keinginan selfie, Honor 8x menyediakan kamera 16 megapiksel yang terdapat di bagian poni di atas layar bersama earpiece. Kamera Honor 8x ditunjang teknologi artificial image stabilization(AIS) dan anti- shaking. AIS akan mendukung fitur Night Shot yang akan membuat foto objek di ruangan redup atau malam hari tetap jelas.

Spesifikasi Honor 8x

Desain yang premium bodi belakang berbahan kaca
Dapur pacu yang cepat dan hemat daya
RAM dan ROM besar
Layar luas dan berkualitas
Kualitas kamera yang baik
Keamanan fingerprint dan face unlock

Warna Tersedia Honor 8x

Merah
Hitam
Biru

Harga Honor 8x

Di Indonesia smartphone tipe ini dijual dengan harga sekitar Rp. 3.900.000 lebih. Kamu bisa membelinya di toko offline dan online.

Pilih Mana: Honor 9i atau Honor 8x?

Honor 9iHonor 8x
Kelebihan - Fitur ini hadir dengan layar 5.84 inci dengan notch yang dapat dihilangkan melalui menu setting - Honor 9i muncul dengan 2 opsi RAM 3GB dan 4GB - Kamera dengan kualitas yang baik- Layar luas dan berkualitas - Kualitas kamera yang baik - Keamanan fingerprint dan face unlock
Kekurangan- Slot sim hybrid - Tidak adak NFC(Near Field Communication)- Tanpa fast charging - Tanpa fitur NFC

Kesimpulan

Kedua tipe smartphone merek Honor ini yaitu Honor 9i dan Honor 8x adalah kedua smartphone yang memiliki spesifikasi yang cukup baik. Walaupun harganya di angka tiga, tidak menjadi hambatan untuk orang yang menyukai merek Honor. Karena harga sedemikian juga masih terbilang standar untuk sejenis smartphone. Jika kamu menginginkan salah satu tipe dari merek Honor ini, kamu dapat membelinya di toko offline dan juga online.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Honor 9i vs Honor 8x

VS

Leave a Reply