Lifestyle

Pilih Mana: Hotel atau Apartemen?

Menginap haruslah di sebuah tempat yang nyaman agar kamu bisa beristirahat dengan tenang. Selain itu tentunya memiliki ruangan kamar yang bagus dan nyaman serta memiliki fasilitas lainnya yang bisa menunjang istirahat kamu dengan baik, seperti halnya Hotel dan Apartemen.

Hotel adalah sebuah bangunan yang khusus untuk dijadikan tempat penginapan dengan sebagian fasilitas yang baik, sedangkan Apartemen bisa kamu jadikan sebagai tempat menginap atau bisa juga kamu jadikan sebagai tempat tinggal kamu.

Bagaimana detail mengenai Hotel dan Apartemen? Apakah Hotel dan Apartemen memiliki kelebihan dan kekurangan? Semua itu akan dibahas lebih dalam melalui artikel ini. Disini aja ya!

Hotel

Hotel merupakan suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan untuk masyarakat umum, baik mereka yang menginap di hotel tersebut atau mereka yang cuma memakai fasilitas tertentu yang dipunyai hotel itu.

Menurut Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/ HK103/ MPPT 1987, hotel merupakan Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan serta minuman dan jasa lainnya untuk masyarakat umum yang dikelola secara komersil. Baca juga Pilih Mana: AirBnB atau Hotel?

Kelebihan Hotel

  • Ruang istirahat yang nyaman
    Sudah pasti hotel menyediakan ruang istirahat atau kamar tidur yang nyaman. Kasur yang empuk, free wifi, kamar mandi nyaman serta beberapa fasilitas lainnya sudah pasti tersemat di dalam hotel. Ini merupakan ujung tombak sebuah hotel yang akan dinilai oleh orang yang sudah atau hendak menginap di hotel tersebut.
  • Pelayanan ramah
    Pelayanan yang ramah menjadi salah satu perihal yang paling dicari. Bagaimana tidak, pelayanan yang ramah bisa membuat pengunjung merasa lebih nyaman. Pelayanan yang nyaman membuat kamu lebih betah stay di sebuah hotel.
  • Keamanan terjamin
    Keamanan hotel tidak perlu diragukan sebab beberapa hotel bahkan mempunyai keamanan tingkat tinggi pada bagian parkir. Beberapa hotel bahkan mempunyai basement level untuk area parkirnya sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan kendaraan kamu.

Kekurangan Hotel

  • Harga mahal
    Harga yang mahal sudah tentu tersemat di dalam Hotel. Hal ini bisa dilihat dari tingkat kenyamanan, tingkat keamanan dan beberapa fasilitas yang baik disediakan hotel tersebut.
  • Tidak disediakan menginap dalam waktu yang lama
    Kamu tidak bisa tinggal di hotel dalam waktu yang lama sebab tidak disediakan paket untuk menginap dalam waktu yang lama alhasil akan benar-benar menguras uang kamu dengan cepat.
  • Banyak suara yang masuk ke kamar
    Sudah pasti banyak orang yang berada di dalam hotel, maka dari itu sudah pasti banyak suara yang akan masuk ke dalam kamar kamu. Seperti langkah kaki, live musik dan suara-suara lainnya.

Jenis Hotel

City Hotel
Hotel yang berlokasi di perkotaan, umumnya diperuntukkan untuk masyarakat yang bermaksud untuk tinggal sementara (dalam jangka waktu pendek). City Hotel disebut juga sebagai transit hotel karena umumnya ditempati oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan fasilitas dan pelayanan bisnis yang disediakan oleh hotel tersebut.

Residential Hotel
Hotel yang berlokasi di wilayah pinggiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, namun mudah mencapai tempat-tempat kegiatan usaha. Hotel ini berada di daerah-daerah tenang, terutama karena diperuntukkan untuk masyarakat yang mau tinggal dalam jangka waktu lama.

Resort Hotel
Hotel yang berada di wilayah pegunungan (mountain hotel) atau di tepi pantai (beach hotel), di tepi danau atau di pinggir aliran sungai. Hotel semacam ini diperuntukkan untuk keluarga yang ingin beristirahat pada hari-hari libur atau untuk mereka yang mau berekreasi.

Motel (Motor Hotel)
Hotel yang berada di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran jalan raya dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar. Hotel ini diperuntukkan sebagai tempat istirahat sementara untuk mereka yang melakukan perjalanan dengan memakai kendaraan umum atau mobil sendiri.

Spesifikasi HotelKeterangan
FasilitasKamar tidur, restauran, kolam renang, meeting room, spa, bar dan business center
DiperuntukkanCocok untuk mereka yang memiliki budget lebih dan menginginkan tempat istirahat yang nyaman
Dijadikan tempat tinggal Tidak bisa

Apartemen

Apartemen/Flat merupakan suatu model tempat tinggal yang cuma mengambil sebagian kecil dari suatu ruang bangunan, seringkali disebut “rumah-rumah”. Di dalam apartemen itu ada sebagian rumah yang ditempati oleh keluarga yang berbeda.

Saat ini tinggal di apartemen menjadi gaya hidup serta kebutuhan masyarakat modern masa kini sebab lokasi apartemen yang strategis membuat banyak kalangan yang menyukai model hunian ini. Umumnya dibangun dekat dengan kawasan perkantoran, bisnis, industri, sekolah, pusat perbelanjaan, pusat hiburan dan dekat dengan akses tol.

Jika kamu ingin membeli apartemen, kamu bisa mengecek katalog apartemen yang tersebar di seluruh Indonesia di rumah.com yang bisa kamu sesuaikan dengan lokasi yang kamu inginkan.

Kelebihan Apartemen

  • Berdekatan dengan lokasi kerja
    Para pengembang umumnya memilih lokasi pembangunan apartemen di tempat- tempat strategis yang dekat dengan pusat perkantoran, pendidikan, dan pusat pemerintahan. Kalangan pengembang tahu betul pasar hunian apartemen akan banyak dicari oleh para pekerja kantoran, mahasiswa, sampai golongan pegawai negeri sipil (PNS) yang mau tinggal berdekatan dengan lokasi mereka bekerja.
  • Harga relatif lebih rendah
    Harga apartemen relatif lebih rendah dibanding dengan rumah tapak. Karena, konsumen apartemen cuma membeli bangunan saja. Sedangkan konsumen rumah tapak membeli bangunan beserta lahan atau tanahnya.
  • Tidak direcoki tetangga
    Untuk Kamu yang biasa risih dengan recokan tetangga, maka memilih tinggal di apartemen merupakan opsi pas. Mayoritas para penghuni yang tinggal di apartemen umumnya tidak ingin ikut campur urusan tetangganya. Berbeda dengan tinggal di rumah tapak, umumnya beberapa para tetangga ingin serba tahu urusan orang lain.

Kekurangan Apartemen

  • Tidak memiliki tanah sendiri
    Bila tinggal di rumah tapak kamu bisa membuat taman atau mempercantik area lahan yang tersisa, maka tidak demikian ketika kamu tinggal di apartemen. Sebab tidak ada lahan sama sekali, maka kamu tidak bisa melakukan banyak untuk mengotak-atik lahan yang ada.
  • Jarang berinteraksi sosial
    Para penghuni apartemen cenderung suka menghabiskan waktunya di dalam ruangan dibanding bercengkrama bersama tetangga. Kalaupun ke luar ruangan, umumnya mereka nongkrong di lobi atau ke mal-mal terdekat.
  • Ruang terbatas
    Ruang yang ditempati merupakan keseluruhan bangunan. Yang tersisa paling cuma ruang untuk menjemur pakaian. Dengan begitu, kamu tidak akan memiliki halaman rumah, taman atau teras yang bisa kamu gunakan. Berbeda bila Kamu tinggal di rumah tapak yang mempunyai banyak ruang untuk bisa dinikmati.

Jenis Apartemen

Studio
Studio merupakan jenis apartemen terlaris di Indonesia. Bentuk minimalis serta biayanya yang murah amat sesuai untuk kamu yang terbiasa hidup praktis. Luasnya tidak lebih dari 30 m2 dan berbentuk 1 ruang multifungsi. Ruang tersebut sudah mencakup area tidur, dapur dan kamar mandi.

Alcove
Jenis apartemen ini masih “bersaudara” dengan studio. Luasnya juga hampir sama, bedanya alcove berbentuk L dan mempunyai ruangan kecil atau half room yang biasa dipakai sebagai kamar tidur.

Convertible
Jenis apartemen convertible lebih besar dari jenis apartemen studio. Karena luasnya yang sedikit lega, kamu bisa memasang partisi untuk memisahkan satu area sebagai kamar tidur yang lebih private.

Junior 1 Bedroom
Satu tingkat di atas jenis apartemen convertible ada junior 1 Bedroom (1 BR). Mempunyai 1 kamar tidur terpisah dengan ruangan lainnya, menjadikan jenis apartemen ini cocok buat kamu yang sudah berkeluarga.

2 Bedroom
Apartemen 2 bedroom menjadi salah satu jenis apartemen terbesar yang banyak ditawarkan developer Indonesia. Peminatnya pun umumnya sudah berkeluarga dengan 1 atau 2 orang anak. Sama halnya seperti rumah tapak biasa, jenis apartemen ini mempunyai 2 kamar tidur dengan ukuran sama besar (atau sedikit berbeda). Kemudian ada juga dapur dan ruang tengah.

Duplex atau Triplex
Hunian vertikal dengan 2 atau 3 tingkat. Lantai kedua dan tiga cuma dipakai sebagai kamar tidur. Bahkan terdapat sebagian apartemen jenis Duplex atau Triplex yang mempunyai kamar mandi di setiap lantainya.

Loft
Satu ruangan besar dengan plafon dan jendela sangat tinggi. Memiliki loteng atau mezzanine yang biasa dipakai untuk kamar tidur.

Classic Six
Di Indonesia sendiri tidak ada developer properti yang menawarkan jenis apartemen ini. Apartemen classic six umumnya berada di gedung berusia tua namun masih amat kokoh.

Three-Room
Apartemen ini bukan berarti letaknya di dekat rel kereta api, tetapi apartemen ini berbentuk persegi panjang yang ruangannya tersusun berdampingan tanpa lorong.

Garden Apartment
Apartemen taman? Ya, jenis apartemen ini selalu berada di lantai dasar dan menghadap ke taman. Bahkan letaknya ada yang di lantai bawah tanah (basement).

Spesifikasi ApartemenKeterangan
FasilitasKamar tidur, pusat perbelanjaan, tempat bermain, fasilitas olahraga
DiperuntukkanCocok untuk mereka ingin menginap dengan harga yang lebih ekonomis
Dijadikan tempat tinggal Bisa

Tips memilih tempat menginap yang nyaman

Tempat menginap merupakan sebuah tempat yang dihabiskan untuk kamu bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman. Untuk itu diperlukan beberapa cara yang bisa membuat tempat menginap kamu sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut ini adalah beberapa tips memilih tempat menginap yang nyaman.

  1. Lokasi tujuan liburan ataupun kegiatan acaramu
    Lokasi amat perlu kamu pikirkan karena semakin dekat lokasi penginapan dengan tujuan atau objek wisata mu maka juga akan bermanfaat dalam efektivitas waktu sehingga kamu tidak perlu membuang-buang waktu diperjalanan dan bisa mengoptimalkan waktumu di objek wisata atau di tempat kegiatan acaramu.
  2. Sesuaikan dengan kebutuhanmu
    Bila kamu banyak menghabiskan aktivitas dan waktumu diluar ruangan ada baiknya dalam memilih penginapan tidak perlu dengan fasilitas yang mewah sebab jika sudah sesuai dengan kebutuhan kamu dan cuma untuk menginap, istirahat dan mandi tidak perlu yang mewah.
  3. Sesuaikan dengan budget
    Bila kamu mempunyai budget yang tidak begitu besar, kamu tidak perlu khawatir sebab banyak penginapan yang menawarkan fasilitas yang lengkap dengan budget yang murah.
  4. Fasilitas sesuai dengan kebutuhan
    Memilih penginapan dengan fasilitas sesuai dengan kebutuhanmu. Lihatlah keterangan dari fasilitas sebuah penginapan sebagai perkiraan dan gambaran dari homestay tersebut sebelum kamu memesannya.
  5. Membaca testimoni penginapan
    Perihal yang tidak kalah penting dalam memilih penginapan yakni dengan membaca testimoni/review dari tamu-tamu yang menginap sebelumnya dari penginapan tersebut.

Pilih Mana: Hotel atau Apartemen?

Hotel Apartemen
Kelebihan - Ruang istirahat yang nyaman - Pelayanan ramah - Keamanan terjamin - Berdekatan dengan lokasi kerja - Harga relatif lebih rendah - Tidak direcoki tetangga
Kekurangan- Harga mahal - Tidak disediakan menginap dalam waktu yang lama - Banyak suara yang masuk ke kamar - Tidak memiliki tanah sendiri - Jarang berinteraksi sosial - Ruang terbatas

Kesimpulan

Hotel dan Apartemen sama-sama tempat yang nyaman untuk kamu bisa bisa menginap dan beristirahat dengan tenang serta nyaman. Fasilitas dan keamanan yang diberikan kedua tempat menginap itu juga cukup baik sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin menginap. Hotel dan Apartemen bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Hotel vs Apartemen

VS

Leave a Reply