GadgetsTechnology

Pilih Mana: HTC U12 Plus atau Samsung S10 Plus?

Pertumbuhan pasar smartphone yang sangat berkembang dengan pesat saat ini berdampak pada kompetisi antar produsen smartphone yang semakin sengit di Indonesia. Salah satu produsen yang memiliki banyak penggemar di Indonesia adalah Samsung.

Samsung masih berada  di posisi pertama produsen smartphone terbesar di Indonesia. Produsen asal Korea Selatan ini memperlebar jarak dengan produsen smartphone lainnya. Salah satu pesaing Samsung yang hadir sebagai pendatang baru yaitu smartphone HTC.

Kali ini akan kita sandingkan kedua smartphone yang mempunyai spesifikasi tinggi dan layak disandingkan yaitu varian dari HTC U12 Plus dan Samsung S10 Plus. Dapat kalian berbagai informasi yang lengkap pada artikel ini mengenai kedua HTC U12 Plus dan Samsung S10 Plus. Yuk disimak!

HTC U12 Plus

HTC U12 Plus merupakan smartpone pintar dengan perfoma mesin yang tangguh dan juga handal dalam menjalankan setiap konten. Tak hanya itu dengan layar berukuran 6.0 inchi yang dibawa ponsel ini pastinya kita akan lebih nikmat dalam menonoton film maupun bermaen game pada ponsel HTC U12 Plus ini.

HTC Corporation (sebelumnya bernama High Tech Computer Corporation) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berbasis di Taiwan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1997. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk telekomunikasi.

Desain HTC U12 Plus

Dilengkapi dengan kerangka alumunium dan dibalut dengan lapisan kaca membuat tampilan smartphone HTC U12 Plus ini makin trendy dan makin mewah. Tampilan ponsel ini semakin memukau dengan adanya layar yang berukuran 6.0 inchi beresolusi Quad HD 1440 x 2880 pixels yang memiliki aspek ratio 18:9 ratio.

HTC U12 Plus ini juga memiliki kemampuan tahan terhadap air dan debu dengan sertifikat IP68.

Layar pada HTC U12 Plus ini juga merupakan layar type Super LCD6 capacitive touchscreen yang meliki kerapatan pixels hingga 537 ppi per inchi serta memiliki tingkat kecerahan hingga 16 juga warna. Sehingga,  smartphone  HTC U12 Plus ini mampu menampilkan gambar-gambar dengan sangat jelas dan juga jernih. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy S10 Plus atau iPhone XR?

Desain HTC U12 Plus
Tipe LayarSuper LCD6 capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar 6.0 inches, 1440 x 2880 pixels, 18:9 ratio (~537 ppi density)
Material Metal

Mesin HTC U12 Plus

Mesin pada smartphone ini tertanam sebuah chipset berjenis Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 yang terkombinasi dengan sebuah prosessor jenis Octa-core yang berkonfigurasi Quad core 2.7 GHz Kryo 385 Gold dan Quad core 1.7 GHz Kryo 385 Silver. Tidak hanya itu saja perfoma pada smartphone ini akan semakin tangguh dan handal dalam menjalankan game yang memiliki grafis yang tinggi, dengan adanya GPU Adreno 630 yang diperkuat dengan Ram sebesar 6 GB.

HTC U12 Plus memiliki dua pilihan varian memory internal yakni 64 GB dan 128 GB, kedua varian tersebut juga dibanderol dengan harga yang berbeda.

Untuk sistem operasi HTC U12 Plus ini telah menjalankan sistem operasi Android 8.1 (Oreo) dengan menampilkan antarmuka HTC Sense UI, tentu saja akan membuat tampilan pada bagian layar smartphone ini semakin menarik dan keren, dengan sistem operasi android 8 yang digunakan pastinya akan banyak fitur-fitur terbaru yang lebih menarik dan lebih modern pada smartphone ini.

Mesin HTC U12 Plus
Memori Eksternal microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot) – dual SIM model only
RAM 6 GB
OS Android 8.1 (Oreo)/HTC Sense UI
ChipsetQualcomm SDM845 Snapdragon 845
Prosessor Octa-core (4×2.7 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPUAdreno 630

Kelebihan HTC U12 Plus

Sudah kita bahas mengenai beberapa spesifikasi dari smartphone HTC U12 Plus ini, kali ini akan kita bahas beberapa kelebihan dari smartphone ini yaitu:

  • Desain dan fitur utama yang keren
    HTC U12 Plus hadir dalam ukuran layar 6 inci, dengan pinggiran yang cukup tipis. Fitur Edge Sense 2 Touch bisa diakses lewat pinggiran bingkainya yang disematkan sensor tekanan, jadi kamu bisa melakukan task tertentu sesuai dengan setelan fungsi. Total kamera yang dimiliki HTC U12 Plus ada 4 buah.
  • Konfigurasi kamera dengan yang apik
    Seperti yang sudah disebutkan di poin pertama, HTC U12 Plus punya 4 sensor kamera.  HTC U12 Plus menggunakan kamera dual-sensor di belakang, dengan resolusi 12MP + 16MP. Di bagian depan, kombo kamera gandanya menggunakan resolusi 8MP + 8MP.
  • Kualitas audio mumpuni berkat HTC BoomSound Hi-Fi
    HTC U12 Plus dilengkapi teknologi audio HTC BoomSound Hi-Fi untuk kualitas suara speaker dan earphone terbaik. Di paket penjualannya, kamu akan mendapatkan earphone wireless HTC USonic dengan fitur Active Noise Cancellation.

Kekurangan HTC U12 Plus

  • Harga HTC U12 Plus yang dirasa cukup mahal
    Saat pertama kali di keluarkan HTC U12 Plus di bandrol dengan harga Rp 11 jutaan (64GB) / Rp 12 jutaan (128GB)- ( per Maret 2018), Dengan harga puluhan juta yang di bandrol oleh smartphone ini kebanyakan orang mikir dua kali untuk membelinya.
  • Menggunakan slot sim Hybrid
    Jadi dengan konsep slot hybrid tentu kamu harus memilih, apakah akan menggunakan dual SIM berbarengan atau sebuah SIM dengan kartu micro SD di dalamnya. Smartphone dengan slot hybrid bisa dikatakan kurang maksimal untuk urusan multimedia, terutama di sektor memori internal.
  • Service yang susah
    Kekurangan berikutnya adalah dari segi service, karena sparepart smartphone ini sangat susah ditemukan di Indonesia. Tempat yang menyediakan service untuk smartphone ini pun masih terbatas.
Lihat juga:  Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Redmi 7?

Samsung S10 Plus

Samsung Galaxy S10 Plus adalah varian flagship paling berkelas yang pernah dibuat. Samsung tidak mau mengikuti tren desain saat ini, Samsung menggunakan desain poni pada ponsel premiumnya. Tahun ini, Samsung tetap tidak menggunakan poni.

Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan.

Samsung juga melakukan upgrade yang cukup signifikan pada kamera Galaxy S10 Plus. Tidak tanggung-tanggung, ponsel ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang dan dua kamera depan. Namun, jumlah kamera tak selalu berbanding lurus dengan kualitas foto.

Desain Samsung S10 Plus

Galaxy S10 Plus merupakan smartphone paling premium Samsung saat ini. Dengan layr 6,4 inci, smartphone ini terlihat ramping dan tinggi. Sebelum bezel tipis menjadi tren. Namun, Galaxy S10 Plus tetap terasa nyaman saat digenggam.

Menggunakan desain Infinity-O pada Galaxy S10 Plus, Samsung hampir berhasil memberikan smartphone tanpa bezel. Samrtphone ini hanya memiliki bezel tipis pada bagian atas dan bawah, dengan lubang pada bagian kanan atas untuk kamera depan.

Desain Samsung S10 Plus
Proteksi Corning Gorilla Glass 6
Ukuran Layar 6,4 inci Quad HD (3.040x1.440) + Curved Dynamic AMOLED, rasio layar 19:9, 438ppi
Dimensi 157.6 x 74.1 x 7.8 mm (175 gram)
WarnaPrism White, Prism Black, Prism Green

Mesin Samsung S10 Plus

Samsung biasanya menyediakan dua varian, berdasarkan prosesor. Varian yang menggunakan Snapdragon Qualcomm dan varian yang menggunakan Samsung Exynos. Untuk kawasan EMEA, termasuk Indonesia, Galaxy S10 Plus menggunakan Exynos.

Galaxy S10 Plus tersedia dalam varian RAM, 12GB dan 8GB.

Prosesor Exynos dari Samsung sudah cukup mumpuni untuk melakukan tugas sehari-hari, membuka dua aplikasi sekaligus, dan juga bermain game. Ponsel juga tidak terasa panas ketika digunakan untuk bermain game.

Mesin Samsung S10 Plus
Chipset Exynos 9820 Octa
RAM8GB/12GB
CPUOcta-core (2×2.73 GHz Mongoose M4 & 2×2.31 GHz Cortex-A75 & 4×1.95 GHz Cortex-A55
GPU Mali-G76 MP12
Storage 128GB/512GB (microSD, up to 512 GB)
OS Android 9.0 (Pie)

Kelebihan Samsung S10 Plus

Beberapa kelebihan yang di tawarkan Samsung S10 Plus yaitu:

  • Teknologi layar terbaru
    Samsung menggunakan konsep layar terbaru yaitu Infinity-O AMOLED dengan layar berukuran 6,4 inci. Samsung Galaxy S10 Plus hadir dalam layar punch hole untuk menempatkan kamera. Desain tersebut disebut sebagai Infinity-O.
  • Performa tangguh
    Dapur pacu Samsung Galaxy S10 Plus menggunakan 2 teknologi chipset terbaru yakni, Exynos dan Snapdragon. Hanya saja, Samsung menggunakan Exynos 9820 berfabrikasi 8 nm di Indonesia. Arsitektur octa-core canggihnya membuat Galaxy 10 Plus bisa melakukan pekerjaan komputasi yang cukup berat.
  • Sensor fingerprint in-display
    Penggunaan teknologi terbaru yang jadi keunggulan Samsung Galaxy S10 Plus adalah sensor fingerprint-nya. Sensor pemindai sidik jari sudah tertanam di layar dan diklaim memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan in-display pada smartphone lainnya.

Kekurangan Samsung S10 Plus

Setelah berbicara tentang kelebihan Samsung S10 Plus, ternyata smartphone ini mempunyai kekurangan juga loh, Beberapa kekurangan Samsung S10 Plus diantaranya adalah:

  • Bodi yang licin
    Melihat dari desain bodi yang menawan  serta spesifikasi keren tidak menutupi kalau bodi pada Samsung Galaxy S10 Plus ini agak licin di tangan. Selain itu, karena ber-bezel super slim, mungkin saja kamu bisa secara tidak sengaja menyentuh layar.
  • Bixby masih belum sempurna
    Bixby masih lemah dalam beberapa fungsi di bandingkan yang lainnya. Pada hal-hal dasar seperti pertanyaan soal olahraga misalnya. Bixby masih belum memadai dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sehingga, orang-orang akan lebih memilih Google Assistant dibanding Bixby.
  • Harga yang mahal
    Samsung Galaxy S10 Plus menjadi salah satu smartphone flagship termahal yang pernah dikeluarkan oleh Samsung. Pasalnya, untuk mendapatkan ponsel pintar ini kalian harus mengeluarkan dana cukup besar.

Pilih Mana: HTC U12 Plus atau Samsung S10 Plus?

HTC U12 PlusSamsung S10 Plus
Kelebihan- Desain dan fitur utama yang keren - Konfigurasi kamera yang apik - Kualitas audio mumpuni berkat HTC BoomSound Hi-Fi- Teknologi layar terbaru - Performa tangguh - Sensor fingerprint in-display
Kekurangan- Harga HTC U12 Plus yang dirasa cukup mahal - Menggunakan slot sim Hybrid - Service yang susah - Bodi yang licin - Bixby masih belum sempurna - Harga yang mahal

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas mengenai kedua produk smartphone tercanggih HTC U12 Plus dan Samsung S10 Plus dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua smartphone tersebut mempunyai keunggulan yang membuat kita tercengang. Tetapi kami memberikan solusi bagi kalian yang ingin membeli smartphone dan bingung memilih dari kedua smartphone ini. Jika kalian ingin mencari smartphone dengan kapasitas besar Samsung S10 Plus dapat menjadi pilihan, Tetapi jika kalian ingin membeli smartphone melihat dari segi kamera yang apik kalian dapat memilih HTC U12 Plus karena smartphone ini dilengkapi dengan 4 sensor kamera yang oke banget!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

HTC U12 Plus VS Samsung S10 Plus

VS