Smartphone

Pilih Mana: Huawei atau Xiaomi?

Meskipun pasar smartphone Indonesia lebih banyak memilih Xiaomi ketimbang Huawei. Namun hal demikian tidak membuat pihak Huawei patah arah, karena di pasar smartphone dunia Huawei malah menempati posisi di atas Xiaomi. Berkat keseriusannya Huawei pun telah meluncurkan lini mumpuni miliknya yang pantas untuk diadu dengan smartphone lain, termasuk Xiaomi. Lantas bagus mana Huawei vs Xiaomi? Berikut kelebihan dan kekurangan keduanya.

Huawei

Huawei menggunakan empat kamera sekaligus, yang terdiri dati dua kamera depan beresolusi 13 MP + 2 MP dan dua kamera belakang beresolusi 16 MP +2 MP. Sehingga kamera Huawei mampu menghasilkan efek foto bokeh baik dari depan maupun belakang. Baca juga Pilih Mana: Huawei Nova 2i atau Honor 9 Lite?

Kelebihan Huawei

1. Performa lebih unggul
Dalam pengunjian benchmark, terlihat performa Huawei lebih unggul ketimbang performa Xiaomi. Huawei sendiri dipersenjatai oleh chipset kelas menengah dari Kirin 659 Octa core yang dibekali RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

2. Hasil foto lebih baik
Sektor kamera memang selalu menjadi hal penting sebelum membeli smartphone. Dikutip dari Liputan6.com, kamera yang dimiliki Huawei mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus seperti Xiaomi. Namun ketika dilihat lebih dekat, Huawei memiliki hasil foto dengan warna yang terlihat lebih kontras, akurat dan detail. Hal ini berkat adanya dukungan HDR, pengambilan gambar di pencahayaan gelap, fitur OIS dan masih banyak lagi.

Kekurangan Huawei

1. Harga cenderung lebih mahal
Harga yang dibanderol Huawei nampaknya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga Xiaomi. Selisih harga di antara keduanya bisa mencapai Rp 200 ribu sampai Rp 400 ribu. Ini mungkin sepadan dengan kemampuan jepretan dan performa yang ada di Huawei.

2. Masih menggunakan port microUSB
Dengan berbagai kelebihan di atas, fitur yang ada pada Huawei masih terbilang minim ketimbang fitur yang ada pada Xiaomi. Bahkan Huawei masih menggunakan port microUSB sedangkan Xiaomi lebih unggul karena sudah menggunakan port USB Type-C.

Xiaomi

Xiaomi membekali kamera depan beresolusi 5 MP dan kamera ganda di belakang perangkat yang masing-masing beresolusi 12 MP + 12 MP.

Kelebihan Xiaomi

1. Hemat konsumsi baterai
Walau Xiaomi menggunakan kapasitas baterai yang lebih kecil dari kapasitas baterai yang dimiliki Huawei. Akan tetapi kapasitas baterai ini dirasa cukup untuk menemani kinerja dari Snapdragon. Selain itu pihak Xiaomi mengklaim bahwa berkat penggunaan chipset dari Snapdragon 625, membuat hemat dalam mengonsumsi energi baterai.

2. Fiturnya lebih banyak
Tidak seperti Huawei yang hanya memiliki fitur sensor fingerprint, dukungan dua SIM, jaringan 4G LTE, Wifi, GPS dan Bluetooth. Xiaomi telah memiliki semua yang dimiliki Huawei, dan ditambah dengan fitur lain seperti FM Radio, gyroscope dan port USB Type-C.

Kekurangan Xiaomi

1. Layar hanya Full HD
Layar Xioami memiliki ukuran yang lebih kecil dan masih beresolusi Full HD. Xiaomi memiliki ukuran layar sebesar 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Sedangkan Huawei terlihat unggul karena telah menggunakan layar lebih besar yakni 5,9 inci dengan resolusi yang lebih tinggi yakni Full HD+ 2160 x 1080 piksel.

2. Performa masih di bawah
Sesuai yang kami sebutkan di atas, performa dari Xiaomi masih di bawah Huawei. Meskipun keduanya menggunakan RAM yang sama berukuran 4 GB dan ruang penyimpanan internal 64 GB yang bisa ditambahkan microSD. Namun pada prosesor, Xiaomi kalah karena menggunakan chipset kelas menengah dari Qualcomm Snapdragon 625 Octa core.

Pilih Mana: Huawei atau Xiaomi?

HuaweiXiaomi
Kapasitas baterai– 3340 mAh– Hanya 3080 mAh
Prosesor– Kirin 659– Qualcomm Snapdragon 625
Layar– Berukuran 5,9 inci & resolusi Full HD+– Berukuran 5,5 inci & resolusi Full HD

Kesimpulan:

Dilihat dari beberapa kelebihan dan kekurangan di atas, Huawei lebih cenderung unggul pada performa, kamera, dan layar. Sementara Xioami lebih unggul berkat harga, daya tahan baterai dan fitur yang lebih banyak dari pada Huawei. Semoga bermanfaaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Huawei vs Xiaomi

VS

Leave a Reply