Pilih Mana: Huawei P20 Pro atau S9 Plus?

Loading...

Baik Huawei maupun Samsung memiliki produk unggulan masing-masing. Di antara produk unggulan dari dua vendor tersebut yaitu Huawei P20 Pro dan Samsung Galaxy S9 Plus. Kedua smartphone ini merupakan dua ponsel yang ditujukan untuk kalangan menengah ke atas. Manakah smartphone terbaik? Huawei P20 Pro atau S9 Plus?

Tidak hanya dirilis oleh vendor yang berbeda, smartphone ini juga memiliki banyak perbedaan lainnya. Perbedaan tersebut seperti kapasitas baterai, megapixel kamera, ukuran, dan perbedaan-perbedaan lainnya yang dapat Anda simak pada artikel di bawah ini.

Baca juga: Pilih Mana: iPhone 7 Plus atau Samsung S7 Edge?

Huawei P20

Huawei P20 Pro merupakan sebuah ponsel yang dirilis oleh Huawei pada April 2018. Dikutip dari Gsmarena.com, smartphone ini telah dibekali dengan Chipset Hisilicon Kirin 970, CPU Octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53), dan GPU Mali-G72 MP12.

Kelebihan Huawei P20

Berikut beberapa kelebihan Huawei P20 yang perlu Anda ketahui:

Kapasitas Baterai Lebih Besar
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Huawei P20 adalah memiliki baterai dengan dukungan kapasitas yang lebih baik atau lebih besar jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9 Plus. Dengan dukungan baterai yang memiliki kapasitas baterai yang besar, Anda akan bisa menikmati menggunakan smartphone dalam waktu yang cukup lama.

Megapixel Kamera Lebih Besar
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Huawei P20 Pro adalah memiliki megapixel kamera yang lebih besar jika kita bandingkan dengan megapixel kamera yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J9 Plus. Dengan besarnya megapixel yang dimiliki oleh smartphone ini, maka hasil gambar yang diberikan akan menjadi lebih maksimal.

Bobot Lebih Ringan
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Huawei P20 Pro adalah memiliki bobot yang lebih ringan sehingga memberikan kesan yang elegan dan nyaman dipegang. Smartphone ini memiliki bobot 180 gram sementara Samsung Galaxy S9 Plus memiliki bobot 189 gram sehingga Huawei P20 Pro lebih ringan 9 gram.

Kekurangan Huawei P20

Berikut beberapa kekurangan Huawei P20 yang perlu Anda ketahui:

Ukuran Layar Sedikit Lebih Kecil
Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Huawei P20 adalah memiliki ukuran layar yang sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran layar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9 Galaxy. Namun perbedaan ukuran layar yang dimiliki oleh kedua smartphone ini tidak terlalu signifikan dan relatif kecil. Huawei memiliki layar dengan ukuran 6,1 inci sementara Samsung Galaxy S9 memiliki layar dengan ukuran 6,2 inci.

Kualitas Perekaman Video Kurang Baik
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Huawei P20 Pro adalah memiliki kualitas perekaman video yang masih kurang baik baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy S9 Plus. Meskipun memiliki megapixel yang lebih besar, namun Huawei P20 Pro hanya 2160 x 30fps sementara Samsung Galaxy J8 sudah mencapai 2160 x 60fps.

Loading...

Belum Memiliki DLNA
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Huawei P20 Pro adalah belum memiliki DLNA, sementara Samsung Galaxy S9 Plus telah memiliki sertifikat DLNA. Produk yang telah memiliki DLNA kompatibel dengan yang lain. Ketika perangkat yang berbeda terhubung ke jaringan yang sama, data dapat ditransfer dengan mudah antara mereka.

Kelebihan Huawei P20Kekurangan Huawei P20
- Kapasitas baterai lebih besar- Ukuran layar sedikit lebih kecil
- Megapixel kamera lebih besar- Kualitas perekaman video kurang baik
- Bobot lebih ringan- Belum memiliki DLNA

Samsung Galaxy S9 Plus

Samsung Galaxy S9 Plus merupakan salah satu smartphone besutan Samsung yang dirilis pada Maret 2018. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni sehingga sangat mendukung aktivitas Anda.

Kelebihan Samsung Galaxy S9 Plus

Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy S9 Plus yang perlu Anda ketahui:

Penyimpanan Internal Lebih Besar
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9 Plus adalah memiliki penyimpanan internal yang lebih besar dibandingkan dengan penyimpanan internal yang dimiliki oleh Huawei P20. Smartphone ini telah dibekali dengan penyimpanan internal sebesar 256GB yang jauh lebih besar daripada penyimpanan Huawei P20 yang hanya memiliki penyimpanan internal sebesar 128GB.

Kerapatan Pixel Layar Lebih Baik
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9 Plus adalah memiliki kerapatan pixel layar yang lebih baik jika kita bandingan dengan kerapatan pixel layar yang dimiliki oleh Huawei P20. Samsung Galaxy S9 Plus memiliki kerapatan pixel layar sebesar 529ppi sementara Huawei P20 Pro hanya memiliki layar dengan kerapatan pixel 408ppi.

Resolusi Layar Lebih Baik
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9 adalah memiliki resolusi layar yang lebih baik atau lebih tinggi sehingga mampu menghasilkan gambar yang lebih maksimal. Smartphone yang dibesut oleh Samsung ini telah memiliki resolusi 1440 x 2960px sementara Huawei P20 memiliki resolusi sebesar 1080 x 2240px.

Kekurangan Samsung Galaxy S9 Plus

Berikut beberapa kekurangan Samsung Galaxy S9 Plus yang perlu Anda ketahui:

Megapixel Kamera Lebih Kecil
Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9 Plus adalah memiliki kamera dengan megapixel yang lebih kecil. Hal ini berlaku untuk kamera utama maupun pada kamera depannya. Samsung Galaxy S9 memiliki kamera belakang 12MP & 12MP dan kamera depan 8 MP. Sementara Huawei P20 Pro memiliki kamera belakang 40MP & 20MP & 8MP dan kamera depan 24 MP.

Kecepatan Mengunggah Lebih Lambat
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9 adalah memiliki kecepatan mengunggah yang lebih lambat dibandingkan dengan Huawei P20 Pro. Smartphone ini membutuhkan waktu 200MBits/s untuk mengunggah. Sementara Huawei P20 Pro mampu mengunggah 221MBits/s.

Kapasitas Baterai Lebih Kecil
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S9 Plus adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Huawei P20 Pro. Samsung Galaxy S9 memiliki baterai berkapasitas 3.500 mAh sementara Huawei P20 Pro memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Kelebihan Samsung Galaxy S9 PlusKekurangan Samsung Galaxy S9 Plus
- Penyimpanan internal lebih besar- Megapixel kamera lebih kecil
- Kerapatan pixel layar lebih baik- Kecepatan mengunggah lebih lambat
- Resolusi layar lebih baik- Kapasitas baterai lebih kecil

Pilih Mana: Huawei P20 Pro atau S9 Plus?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Huawei P20 Pro dan Samsung Galaxy S9 Plus. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Huawei P20 Pro Samsung Galaxy S9 Plus
- Penyimpanan internal 128GB- Penyimpanan internal 256GB
- Kapasitas baterai 4.000 mAh- Kapasitas baterai 3.500 mAh
- Megapixel kamera lebih baik- Resolusi layar lebih baik

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Huawei P20 Pro dan Samsung Galaxy S9 Plus, dapat kita lihat bahwa keduanya sama-sama smartphone yang menawarkan banyak keunggulan. Keduanya memberikan kualitas yang hampir sama dan sangat baik. Anda hanya perlu memerhatikannya lebih seksama dan memilih mana yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Huawei P20 Pro vs S9 Plus

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *