ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Huawei P30 Lite atau Samsung Galaxy A50?

Kecanggihan teknologi tentu saja semakin pesat seiring berjalannya waktu. Begitu juga dengan smartphone yang sekarang semakin canggih dengan harga yang cukup ekonomis. Hal itulah yang diusung oleh produsen smartphone terkenal Huawei dan Samsung dalam seri Huawei P30 Lite dan Samsung Galaxy A50 mereka.

Huawei P30 Lite dan Samsung Galaxy A50 memiliki spesifikasi yang baik dikelasnya sehingga membuat beberapa orang mendambakannya. Terlebih mereka kalangan anak muda yang gemar bermain game via handphone.

Mau tahu detail dan spesifikasi lebih dalam mengenai Huawei P30 Lite dan Samsung Galaxy A50? Simak terus artikel ini agar bisa kamu jadikan referensi dalam memilih smartphone andalan kamu. Stay tune!

Huawei P30 Lite

Ponsel ini hadir cukup kokoh dan elegan berkat balutan material kaca berwarna Midnight Black. Huawei P30 Lite mempunyai dimensi 152.9 x 72.7 x 7.4 mm dan bobot 159 g.

Untuk mendukung kinerja smartphone ini Huawei membenamkan chipset Kirin 710 dengan prosesor Octa-core dan GPU Mali-G51 MP4. Penyimpanannya disokong RAM 6GB, ROM 128GB dan slot MicroSD sampai 512GB.

Dukungan teknologi GPU Turbo berbasis AI bisa membagikan performa maksimal terutama saat bermain game. Tidak hanya performa optimal, teknologi GPU Turbo bisa membuat daya tahan baterai lebih hemat. Baca juga Pilih Mana: Vivo Y91C atau Samsung Galaxy A10?

Kamera Huawei P30 Lite

Smartphone ini disematkan tiga kamera utama beresolusi 24MP, 8MP dan 2MP. Kamera utama dan selfie Huawei P30 Lite didukung teknologi AI yang mampu mengenali objek dan menyesuaikannya dengan skenario yang ada sehingga hasil foto bisa lebih maksimal.

Mode pengambilan gambar di perangkat ini juga sama dengan seri P30 lainnya kecuali tidak adanya mode aperture. Walaupun tidak ada mode aperture, Huawei P30 Lite masih bisa menghasilkan foto bokeh dengan mengaktifkan fitur AI di mode photo atau bisa juga memakai mode portrait.

Baterai Huawei P30 Lite

Kapasitas baterai P30 Lite yakni 3340 mAh. Ukuran baterai standar itu sanggup mendayainya dari pagi sampai malam dalam pemakaian normal dan kondisi baterai penuh.

Fitur Huawei P30 Lite

  1. Fingerprint
    Hanya saja pemindai sidik jari (fingerprint) pada perangkat ini tidak berupa in screen melainkan diletakkan di bagian belakang smartphone. Pemindai sidik jari di Huawei P30 Lite berfungsi dengan baik dan hanya membutuhkan waktu 0,25 detik untuk mengidentifikasinya. Dalam kondisi jari basah fitur ini juga masih bisa bekerja.
  2. Face Recognition
    Pengenal wajah juga bisa berfungsi dengan sudut kemiringan 45 derajat baik sisi kanan, kiri maupun atas dan bawah wajah.

Harga Huawei P30 Lite

Harga Huawei P30 Lite terbaru yakni sekitar Rp 4.299.000,- per September 2019. Dan varian warna yang dimiliki oleh smartphone ini adalah Peacock Blue dan Midnight Black

Kelebihan Huawei P30 Lite

  • Kualitas layar bagus
    Layar HP Huawei P30 Lite ini masih memakai panel berteknologi IPS LCD. Meski begitu, layarnya tetap nyaman dipandang mata sebab resolusinya juga sudah full HD + 1080 x 2312 piksel dengan kerapatan layar di atas 400 ppi.
  • Triple kamera
    Masing-masing lensanya berukuran 24 MP (wide) yang sudah dibekali fitur phase detection auto focus, kemudian ada lensa ultra wide untuk memotret gambar dengan jangkauan lebih luas berukuran 8 MP dan terdapat satu lensa depth sensor untuk foto background blur sebesar 2 MP. Sedangkan untuk kamera selfie-nya, Huawei membekali HP versi murah dari seri P30 ini dengan lensa 32 MP.
  • Performa kencang di kelasnya
    HP ini mempunyai performa yang tergolong kencang di kelasnya. Huawei P30 Lite cocok untuk dipakai dalam keseharian. HP ini tentu bisa dipakai untuk menjalankan aplikasi ringan seperti sosial media sampai streaming video via YouTube.

Kekurangan Huawei P30 Lite

  • Tidak tahan air dan debu
    HP Huawei P30 Lite juga memiliki kekurangan tersendiri. Yang pertama HP ini tidak mempunyai sertifikasi IP manapun, baik IP53, IP67 maupun IP68. Singkatnya, HP terbaru dari Huawei ini tidak mempunyai ketahanan yang baik terhadap air dan debu.
  • Cover belakang gampang kotor
    Kekurangan selanjutnya yaitu walaupun cover belakangnya tampil elegan bak dilapisi kaca, karena bahannya masih memakai polikarbonat alias plastik, alhasil bodi belakang HP ini rentan dipenuhi bekas sidik jari maupun goresan.
  • Kapasitas baterai masih kecil
    Kekurangan terakhir pada Huawei P30 Lite adalah kapasitas baterainya yang masih kecil. Dengan kapasitas 3340 mAh, kamu tidak bisa menggunakan smartphone ini untuk aktivitas yang super sibuk seharian karena mudah habis.
Spesifikasi Huawei P30 LiteKeterangan
Resolusi layar IPS LCD, 1080 x 2312 pixels
OSAndroid 9 (pie), EMUI 9
Prosesor Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
Dimensi152.9 x 72.7 x 7.4 mm
Berat159 gram
Kamera 24MP, 8MP dan 2MP
Baterai 3340 mAh
Lihat juga:  Pilih Mana: Realme X2 Pro vs OnePlus 7T

Samsung Galaxy A50

Samsung Galaxy A50 mempunyai desain bodi elegan, dengan bahan pembuatan berkualitas tinggi. Dengan dimensi berukuran 158.5 x 74.7 x 7.7 mm dan bobot cukup enteng cuma 166 gr.

Galaxy A50 juga memakai layar Super AMOLED model Infinity U Design dengan lebar 6,4 inci dan resolusi 2340 x 1080 piksel.

Galaxy A50 sudah memakai Android versi terbaru yakni Android 9 yang dikombinasikan dengan One UI versi 1.1. Melihat Samsung merupakan salah satu produsen smartphone yang konsisten memberikan update sistem operasi, kemungkinan besar Galaxy A50 akan mendapatkan 1-2 pembaruan besar Android berikutnya.

Galaxy A50 telah dilengkapi dengan chipset Exynos 9610 yang bertenaga dan pilihan RAM 4GB atau 6GB yang seharusnya sudah cukup untuk pemakaian jaman sekarang.

Kamera Samsung Galaxy A50

Galaxy A50 memakai kombinasi kamera utama 25MP, kamera ultra-wide 8MP, dan kamera Depth 5MP. Untuk kamera depannya, Galaxy A50 memakai kamera 25MP.

Kamera ultra wide di Galaxy A50 dipakai untuk mengambil foto dengan sudut yang lebih lebar dibanding kamera biasa sedangkan kamera Depth dipakai untuk membuat efek bokeh.

Baterai Samsung Galaxy A50

Baterai yang disematkan dalam Galaxy A50 cukup besar yakni 4000 mAh yang bisa dipakai untuk beraktifitas seharian tanpa perlu mengecas baterai. Daya tahan baterainya di aplikasi pengetesan PC Mark menghasilkan skor 11 jam 8 menit. Untuk pengisian daya baterainya dari 15% ke 100% membutuhkan waktu 2 jam 15 menit.

Fitur Samsung Galaxy A50

  1. Fingerprint
    Dengan fitur ini Samsung Galaxy A50 bisa terlindungi dengan aman. Sensitivitas dari fingerprint nya pun cukup baik.
  2. Face Recognition
    Fitur ini berfungsi untuk mengaktifkan ponsel kamu menggunakan wajah sebagai pemilik Samsung Galaxy A50 tersebut.

Harga Samsung Galaxy A50

Harga dari Samsung Galaxy A50 ini sekitar Rp 4.100.000,- per September 2019. Dan varian warna yang ditawarkan oleh ponsel ini adalah warna hitam, putih dan biru.

Kelebihan Samsung Galaxy A50

  • Dilengkapi tiga kamera utama
    Samsung Galaxy A50 mempunyai triple camera dengan fungsi berbeda-beda, seperti kamera utama 25 megapiksel (MP), kamera 8 MP dengan lensa ultra wide, dan kamera 5 MP dengan depth sensor. Kamera depannya didukung resolusi 25 MP.
  • Baterai besar dan mendukung fast charging
    Dengan baterai yang memiliki kapasitas besar dan mampu bertahan hingga 12 jam pada jaringan 3G dan 4G, serta 15 jam melalui Wi-Fi kamu tidak perlu takut lagi melakukan aktivitas dengan smartphone kamu.
  • RAM dan Storage mumpuni
    Samsung Galaxy A50 dilengkapi dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB dengan dukungan memori eksternal sampai 512 GB. Ada juga tipe yang lebih tinggi dengan dukungan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Kekurangan Samsung Galaxy A50

  • Bodi plastik
    Galaxy A50 hadir dengan balutan bodi berbahan plastik. Memang perihal ini membuatnya terasa seperti ponsel murah saat digenggam. Tetapi, tujuan dari pemakaian material ini tentunya yaitu untuk bisa menekan harganya.
  • Tanpa NFC
    Melihat kelebihannya yang mentereng, terselip hal kecil yang terlewat pada smartphone ini. Yaitu ketidakhadiran konektivitas near field communication (NFC). Fitur ini memang tidak dirasa begitu penting oleh semua orang. Namun, membantu untuk mempermudah pembayaran secara digital.
  • Tidak anti air
    Samsung Galaxy A Series umumnya dibekali dengan fitur tahan air dan debu. Namun, ketahanan ini tidak diberikan pada Galaxy A50. Sebabnya tentu sama, yaitu supaya harganya tidak melambung tinggi mengingat detail yang diberikan sudah baik.
Spesifikasi Samsung Galaxy A50Keterangan
Resolusi layar SUPER AMOLED 6,4 inci 2340 x 1080 pixels
OSAndroid 9 pie
Prosesor Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
Dimensi158.5 x 74.7 x 7.7 mm
Berat166 gram
Kamera 25MP, 8MP dan 5MP
Baterai 4000 mAh

Pilih Mana: Huawei P30 Lite atau Samsung Galaxy A50?

Huawei P30 LiteSamsung Galaxy A50
Kelebihan - Kualitas layar bagus - Triple kamera - Performa kencang di kelasnya - Dilengkapi tiga kamera utama - Baterai besar dan mendukung fast charging - RAM dan Storage mumpuni
Kekurangan - Tidak tahan air dan debu - Cover belakang gampang kotor - Kapasitas baterai masih kecil - Bodi plastik - Tanpa NFC - Tidak anti air

Kesimpulan

Huawei P30 Lite dan Samsung A50 tergolong canggih di kelasnya dan mumpuni untuk kamu jadikan perangkat bermain game kesukaan kamu seperti PUBG dan game-game lainnya. Namun saya merekomendasikan Samsung A50 karena memiliki baterai yang lebih besar daripada Huawei P30 Lite sehingga nyaman jika digunakan seharian. Tentukan smartphone kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Huawei P30 Lite vs Samsung Galaxy A50

VS