Smartphone

Pilih Mana: Huawei P30 Lite vs Huawei Y9 Prime

Huawei adalah brand elektronik raksasa di dunia dengan beberapa produknya yang canggih dan modern. Smartphone menjadi salah satu produk yang cukup diandalkan oleh Huawei, salah duanya seperti yang akan kita bahas sesaat lagi yakni Huawei P30 Lite vs Huawei Y9 Prime.

Huawei P30 Lite vs Huawei Y9 Prime adalah dua smartphone keluaran Huawei dengan spesifikasi dan kualitas yang cukup baik untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua smartphone ini? Untuk itu simak terus yuk Selera.id kali ini agar bisa kamu jadikan acuan saat memilihnya nanti. Disini aja ya!

Huawei P30 Lite vs Huawei Y9 Prime

Huawei P30 Lite

Untuk menunjang kinerja smartphone ini Huawei membenamkan chipset Kirin 710 dengan prosesor Octa-core dan GPU Mali-G51 MP4. Penyimpanannya ditunjang RAM 6GB, ROM 128GB serta slot MicroSD sampai 512GB.

Dukungan teknologi GPU Turbo berbasis AI sanggup memberikan performa maksimal terutama saat bermain game. Selain performa optimal, teknologi GPU Turbo sanggup membuat daya tahan baterai lebih hemat. Baca juga Pilih Mana: Huawei Y9 Prime vs Realme 5 Pro

Kamera Huawei P30 Lite

Smartphone ini disematkan 3 kamera utama beresolusi 24MP, 8MP dan 2MP. Kamera utama dan selfie Huawei P30 Lite didukung teknologi AI yang sanggup mengenali objek dan menyesuaikannya dengan skenario yang ada sehingga hasil foto dapat lebih maksimal.

Walaupun tidak menyandang kamera besutan Leica secara umum foto yang dihasilkan Huawei P30 Lite cukup dapat diandalkan bagi yang membutuhkannya untuk berbagi di media sosial. Foto bokehnya juga cukup rapi.

Mode pengambilan gambar di perangkat ini juga sama dengan seri P30 lainnya kecuali tidak adanya mode aperture. Walaupun tidak ada mode aperture, Huawei P30 Lite masih sanggup menghasilkan foto bokeh dengan mengaktifkan fitur AI di mode photo atau bisa juga memakai mode portrait.

Baterai Huawei P30 Lite

Huawei P30 Lite ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.340 mAh yang diklaim Huawei sanggup bertahan lama dalam pemakaian normal. Sementara itu, HUAWEI P30 Lite dibekali dengan fitur Fast Charging 9V/2A (18W) yang sanggup melakukan pengisian daya baterai dengan cepat cuma dalam waktu 1 jam 35 menit dari kondisi 0 sampai 100%.

Huawei P30 Lite vs Huawei Y9 Prime

Fitur Huawei P30 Lite

  1. Fingerprint
    Smartphone yang satu ini sudah dibekali dengan sensor fingerprint yang berada di bagian belakangnya. Sensor sanggup mengenali sidik jari penggunanya dengan cepat.
  2. Face Unlock
    Face Unlock pula sudah hadir pada produk ini yang memungkinkan penggunanya bisa membuka kunci memakai wajah. Pada saat memakai fitur ini, Huawei P30 Lite sanggup mengidentifikasi wajah pemakainya cukup cepat.

Kelebihan Huawei P30 Lite

  • Desain kekinian
    HP Huawei P30 Lite hadir dengan konsep kekinian. Cover belakang HP ini dibuat dari bahan plastik atau polikarbonat yang dibuat reflektif sehingga tampilannya tampak seperti kaca.
  • Performa kencang di kelasnya
    Huawei P30 Lite merupakan HP yang masuk ke dalam HP kelas menengah atau mid-range. HP ini ditenagai chipset HiSilicon Kirin 710 dengan sokongan RAM sebesar 6 GB dan memori internal 128 GB.
  • Baterai tahan lama
    Huawei P30 Lite dibekali dengan baterai berkapasitas 3.340 mAh yang tergolong cukup. Daya tahan baterai HP ini pula cukup awet. Baterai HP ini sanggup bertahan selama 13 jam 7 menit untuk memutar video secara terus menerus.

Kekurangan Huawei P30 Lite

  • Tidak tahan air dan debu
    HP Huawei P30 Lite pula memiliki kekurangan tersendiri, nih. HP ini tidak mempunyai sertifikasi IP manapun, baik IP53, IP67 ataupun IP68. Singkatnya, HP terbaru dari Huawei ini tidak mempunyai ketahanan yang baik terhadap air dan debu.
  • Cover belakang gampang kotor
    Walaupun cover belakangnya tampak elegan bak dilapisi kaca, karena bahannya masih memakai polikarbonat alias plastik, alhasil bodi belakang HP ini rentan dipenuhi bekas sidik jari maupun goresan.
  • Kapasitas baterai masih kecil
    Kekurangan terakhir pada Huawei P30 Lite adalah kapasitas baterainya yang masih kecil. Dengan kapasitas 3340 mAh, kamu tidak bisa menggunakan smartphone ini untuk aktivitas yang super sibuk seharian karena mudah habis.

Huawei Y9 Prime

Huawei memercayakan dapur pacunya pada prosesor buatannya sendiri, Kirin 710. Sekadar informasi, Kirin 710 merupakan prosesor terbaru besutan Huawei. Prosesor untuk kelas midrange ini diklaim lebih efisien dan cepat dibanding prosesor generasi lama. Ponsel ini dibekali sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka EMUI 9.0.

Untuk kapasitas penyimpanan Huawei Y9 Prime (2019) disediakan dalam 2 varian. Varian pertama 64 GB dan RAM 4 GB. Bila kapasitas itu masih kurang, kamu dapat memperbesarnya dengan ketersediaan slot microSD yang bisa diekspansi sampai 512 GB. Sementara varian kedua memiliki kapasitas 128 GB dan RAM 4 GB.

Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo V9 atau Vivo Y95?

Kamera Huawei Y9 Prime

Huawei Y9 Prime (2019) menjadi ponsel kedua dari Huawei yang menggunakan kamera pop-up. Di bagian belakang terdiri dari konfigurasi 3 kamera. Kamera utama beresolusi 16 MP, kamera kedua 8 MP, dan kamera ketiga beresolusi 8 MP dengan FOV wide.

Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/2.2. Pengoperasiannya pun cukup mudah. Bila kamu ingin selfie, kamera dapat otomatis naik dalam sedetik.

Baterai Huawei Y9 Prime

Baterai Huawei Y9 Prime (2019) memiliki kapasitas cukup besar, cocok untuk kamu jadikan daily driver. Kapasitasnya 4.000 mAh dengan kemampuan fast charging.

Kapasitas baterai Huawei Y9 Prime ini tentunya lebih besar dibandingkan dengan Huawei Y9 Prime yang barusan saja kita bahas diatas. Pastinya kamu tidak perlu khawatir lagi dengan baterai nya karena tidak mudah habis.

Fitur Huawei Y9 Prime

  1. Face Unlock
    Huawei Y9 Prime ini memiliki fitur face unlock yang bisa menjaga keamanan smartphone melalui wajah penggunanya.
  2. Sidik Jari
    Selain fitur face unlock, smartphone ini juga memiliki fitur sidik jari dibagian belakang bodi nya. Hal ini cukup disayangkan, padahal layarnya yang luas tanpa adanya takik dapat menjadi tempat terbaik pemindai sidik jari.

Kelebihan Huawei Y9 Prime

  • Kapasitas baterai yang besar
    Untuk kamu yang memiliki aktivitas padat via online, maka smartphone ini bisa menjawab semua persoalan kamu. Dengan kapasitas baterainya sebesar 4.000mAh, kamu bisa mengandalkan smartphone ini untuk segala jenis kegiatan kamu.
  • Desain kekinian
    Desain dari smartphone inipun cukup modern dan menarik sehingga cocok banget untuk kamu kaum milenial. Dengan berbagai macam varian warna yang disematkan, kamu bisa dengan percaya diri menggunakan smartphone ini untuk aktivitas harian kamu.
  • Layar lebar
    Mengusung layar bongsor, Huawei Y9 Prime 2019 dibekali dengan panel layar berukuran 6.59 inci dengan resolusi FHD dan layar berteknologi TFT LCD. Cocok banget buat kamu yang doyan bermain game atau menonton video.

Kekurangan Huawei Y9 Prime

  • Tidak adanya pelindung layar
    Huawei Y9 Prime ini tidak didukung dengan proteksi atau pelindung layar seperti corning gorilla glass atau sejenisnya. Ini mungkin sedikit disayangkan, smartphone android ini tidak dilengkapi proteksi layar.
  • Tidak anti air
    Smartphone ini juga tidak tahan air sehingga kamu mesti berhati-hati menggunakannya agar tidak terjadi kerusakan dan beberapa hal yang tidak diinginkan lainnya.
  • Harga yang mahal
    Harga yang disematkan oleh smartphone Huawei Y9 Prime ini memiliki harga yang cukup tinggi dan mahal di pasaran Indonesia. Hal ini tentu menjadi perbandingan tersendiri untuk sebagian konsumen.
SpesifikasiHuawei P30 LiteHuawei Y9 Prime
Dimensi152.9 x 72.7 x 7.4mm 163.5 x 77.3 x 8.8 mm
Resolusi layar 1080 x 2312 pixels 1080 x 2340 pixels
Kapasitas baterai 3340 mAh4000 mAh
Berat159 g 196.8 g
Harga per Februari 2020Rp 3.399.000,-Rp 6.700.000,-

Pilih Mana: Huawei P30 Lite vs Huawei Y9 Prime

Huawei P30 LiteHuawei Y9 Prime
Kelebihan- Desain kekinian - Performa kencang di kelasnya - Baterai tahan lama - Kapasitas baterai yang besar - Desain kekinian - Layar lebar
Kekurangan - Tidak tahan air dan debu - Cover belakang gampang kotor - Kapasitas baterai masih kecil - Tidak adanya pelindung layar - Tidak anti air - Harga yang mahal

Kesimpulan

Setelah membahas Huawei P30 Lite vs Huawei Y9 Prime tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini berkualitas tinggi dan spesifikasi yang diusung mumpuni untuk kegiatan kamu sehari-hari. Lalu yang mana pilihanmu? Pastikan sesuai dengan selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Huawei P30 Lite vs Huawei Y9 Prime

VS

Leave a Reply