KendaraanSmartphone

Pilih Mana: Huawei P30 Pro atau Samsung S10?

Handphone semakin hari tentunya semakin canggih dengan adanya fitur dan spesifikasi yang sangat mumpuni untuk kita melakukan aktivitas dari jauh melalui handphone. Huawei P30 Pro dan Samsung S10 merupakan salah satu handphone yang saat ini salah satu yang tercanggih dan sangat didambakan khususnya kaum muda. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua handphone ini? So kali ini saya akan bahas Huawei P30 Pro dan Samsung S10. Disini aja ya.

Huawei

Huawei dibuat oleh Ren Zhengfei pada tahun 1987. Huawei ialah industri yang berplatform konsumer inovasi. Pemegang saham Huawei yakni para pekerjanya. Disaat ini Huawei mempunyai lebih dari 170. 000 pegawai.

Huawei saat ini jadi industri produsen perangkat telekomunikasi terbanyak di dunia. Huawei sudah melayani 140 lebih negara serta salah satu industri yang terdepan dalam meningkatkan teknologi internet 5G. Huawei juga jadi salah satu raksasa teknologi China. Baca juga: Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 SE atau Xiaomi Redmi Note 7 Pro?

Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro mempunyai dimensi 158 x 73,4 x 8,4 mm dengan berat 192 gr, membuat handphone ini kuat sekaligus nyaman buat digenggam. Sedikit lebih berat dari pendahulunya, P20 Pro yang mempunyai berat 180 gr.

Tidak usah diragukan lagi soal intensitas layarnya. Huawei P30 Pro memakai layar OLED 6, 47 inci dengan resolusi 2,340 x 1,080 pixel. Layarnya juga unik, mempunyai konsep lengkung atau kurva, menjadikannya nampak lebih modern serta hidup.

Huawei P30 Pro mempunyai kapasitas RAM 8GB dengan opsi memori internal 128 GB, 256 GB sampai 512 GB. Jika masih merasa rendah, kamu dapat meningkatkan memori hingga 256 GB dengan nano memory card karya Huawei.

Kamera Huawei P30 Pro

Total terdapat 4 kamera belakang bersama satu kamera depan sekaligus. Tiap kamera mempunyai keunggulannya masing-masing. Di antara lain, 40 megapiksel f/1.6, OIS, 20 megapiksel (ultrawide, f/2.2), kamera periskop 8 megapiksel (telephoto, f/ 3. 4) dan Huawei time of flight (TOF) camera. Kamera depannya sendiri berdimensi 32 megapiksel, tergolong memuaskan buat melakukan selfie.

Saking mumpuninya, kamera Huawei P30 Pro mendapat posisi paling atas oleh situs benchmarking kamera, DxOMark, menggeser P20 Pro yang sempat unggul sebelumnya. FYI, walaupun di cover belakang tertulis Leica, namun sensor kamera P30 Pro sesungguhnya memakai Sony CMOS. Peran Leica di sini sebagai perancang optical design dan kualitas.

Fitur yang sangat diunggulkan di Huawei P30 Pro adalah smartphone ini memiliki opsi zoom, yakni optic zoom 5x, hybrid zoom 10x dan digital zoom 50x, yang terdapat dalam kamera periskop superzoom 8 MP f/ 3. 4. Fitur ini juga dicoba oleh channel YouTube Beebom. Walaupun ada sedikit noise serta warna yang tidak begitu vibrant, tetapi perolehan fotonya tetap tajam. Digital zoom 50x ini setara dengan lensa 1343mm pada kamera full frame.

Baterai Huawei P30 Pro

Seluruh fitur mutahir itu dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 4.200 mAh. Dengan konsumsi standar, baterai ini dapat tahan antara 1 sampai 1,5 hari. Terdapat juga fitur fast charging, di mana kita dapat mengisi baterai dari 15 persen ke 100 persen cuma dalam durasi 45 menit saja.

Harga Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro sendiri mematok harga sekitar 999 euro ataupun setara dengan Rp16 juta. Versi paling tinggi dari Huawei P30 Pro dengan kapasitas memori internal 512 GB dihargai dengan harga 1.249 euro atau 20 juta rupiah. Terdapat 5 versi warna yang dapat dipilih, di antara lain yakni Amber Sunrise (jingga), Aurora (biru tua dengan nuansa ungu dan sedikit hint warna hijau), Breathing Crystal (biru muda dengan nuansa ungu dan pink), black dan white.

Lihat juga:  Pilih Mana: Scoopy Sporty atau Scoopy Stylish?

Samsung

Siapa yang tidak mengenal Samsung? Perusahaan itu saat ini merupakan produsen smartphone terbesar di dunia. Walaupun begitu, siapa yang berpikir bila seluruhnya berasal dari usaha berdagang buah, sayur serta ikan kering yang dirintis oleh pendirinya, Lee Byung- Chul di Taegu, timur laut Korea.

Sekarang, kesuksesan Samsung tidak lagi terbantahkan. Nyaris semua aspek teknologi sudah dijajal buat meningkatkan perusahaan itu. Apalagi smartphone andalan Samsung, yakni Galaxy S4 pernah jadi perangkat terpopuler tahun 2013 yang sekarang sudah merilis Galaxy S10.

Samsung S10

Samsung Galaxy S10 ditenagai SoC Exynos 9820 berpadu RAM 8GB serta memori internal 128GB yang dapat ditingkatkan lagi sampai 512GB. Detail ini jelas masuk di kelas high-end tetapi untuk kesekian kalinya SoC yang dipakai bukan dari Qualcomm Snapdragon.

Panel layarnya masih setia memakai AMOLED tetapi Samsung Galaxy S10 mempunyai dimensi layar 6,1 inci resolusi Quad HD+ (3040 x 1440). Dimensi itu masih lebih kecil dari Samsung Galaxy S10 Plus yakni 6, 4 inci.

Setelah itu masih lebih besar dari layar Samsung Galaxy S10e yang cuma berdimensi 5,8 inci dengan resolusi Full HD+. Sementara itu Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus mempunyai resolusi yang sama.

Kamera Samsung S10

Samsung Galaxy S10 masih dibekali kamera dengan resolusi yang sama dengan tipe Plus. Kamera belakangnya terdiri dari 3 kamera yakni kamera telephoto 12MP dengan OIS dan aperture f/2.4. Setelah itu terdapat kamera lensa Wide 12MP dengan OIS dan aperture f/1.5 dan sudut pandang 77 derajat.

Terakhir yakni kamera lensa Ultrawide 16MP dengan aperture f/ 2.2 ujung pandang 123 derajat. Buat kemampuannya merekam video, kamera belakang Samsung Galaxy S10 mempunyai bentuk maksimal 4K HDR10+ dengan fitur EIS bernama Super Steady yang membuat video amat stabil.

Buat keahlian fotografi kamera belakangnya dibekali dengan beraneka ragam fitur. Penciptaan warnanya amat baik dan akurat. Pada mode malam kecerahan warna yang diperoleh masih akurat, tidak berlebihan. Tetapi, pada mode Ultrawide Angle hasil fotonya bakal mempunyai sedikit efek fisheye.

Baterai Samsung S10

Galaxy S10 dibekali dengan baterai berkapasitas 3400 mAh. bertambah 400 mAh dibandingkan ponsel flagship Samsung sebelumnya, Samsung Galaxy S9. Sedangkan Galaxy S10+ mempunyai baterai berkapasitas 4100 mAh, naik dari 3500 mAh yang dipunyai oleh pendahulunya, S9 Plus. Bahkan, baterai Samsung S10 Plus pula lebih besar dari baterai Samsung Galaxy Note 9 yang besarnya 4000 mAh.

Buat mengecas baterai Samsung S10 dapat memakai cara lama alias dengan kabel USB-C serta dengan pengisian nirkabel (wireless). Pengisian energi Galaxy S10 dari posisi 5% sampai 100% membutuhkan durasi 80 menit dengan cas kabel dan 100 menit dengan cas nirkabel.

Harga Samsung S10

Samsung Galaxy S10 resmi dihargai Rp 12.499.000,- di Indonesia dengan menawarkan RAM 8GB serta memori internal 128GB. Pilihan warnanya sendiri ada 3 yakni Midnight Black, Emerald Green, dan Prism White.

Pilih Mana: Huawei P30 Pro atau Samsung S10?

Huawei P30 ProSamsung S10
Kelebihan - Desain modern - Kualitas kamera yang mumpuni - Kapasitas baterai yang besar- Performa yang gahar - Fitur kamera yang canggih - Tahan air
Kekurangan- Baterai cepat habis - Bodi licin mudah tergelincir di tangan- Sensor sidik jari yang masih lamban - Slot bertipe hybrid

Kesimpulan

Huawei P30 Pro dan Samsung S10 menjadi salah satu yang tercanggih dalam dunia smartphone. Spesifikasi yang diusung juga sangat mumpuni, namun jika kalian menginginkan kualitas kamera yang sangat mumpuni, Huawei akan cocok buat kamu. Tentukan smartphone kamu sesuai selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Huawei P30 Pro vs Samsung S10

VS

Leave a Reply