KesehatanParenting

Pilih Mana: Hufagripp atau Triaminic?

Batuk dan pilek merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Batuk dan pilek terjadi sebab infeksi virus ringan pada saluran pernapasan bagian atas dengan jenis virus yang paling sering menyerang adalah Rhinovirus. Baca Juga: 10 Obat Flu Anak Paling Bagus 2022

Untuk penyakit ini dapat menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Pada dasarnya batuk dan pilek ini akan sembuh dengan sendirinya, akan tetapi beberapa orang tua ketika mengetahui anaknya menderita penyakit ini akan langsung memberikan obat.

Obat batuk dan pilek untuk anak-anak cukup banyak diperjualkan secara bebas. Walaupun dijual secara bebas orang tua harus jeli saat membeli obat ini untuk si kecil. Karena pemilihan obat juga harus didasari dengan kondisi anak.

Menemukan obat batuk dan pilek tidaklah sulit karena sudah banyak dijual di pasaran bebas. Dua jenis obat batuk pilek yang sangat efektif untuk mengobati penyakit ini adalah Hufagrip dan Triaminic. Kedua jenis ini pastinya akan memiliki kelebihan dan kekurangan

Simak pembahasan antara kedua produk obat ini!

Obat Anak Hufagripp

Hufagripp Batuk Pilek adalah obat untuk mengurangkan gejala flu seperti hidung tersumbat serta bersin-bersin yang disertai batuk kering dan menurunkan panas pada anak-anak.Hufagrip memiliki berbagai varian sesuai dengan warna kemasan. Seperti Hufagripp Flu & Batuk dengan kemasan berwarna kuning, Hufagripp BP berwarna hijau, Hufagripp TMP dengan warna merah, dan Hufagripp Pilek yang berwarna biru.

Kelebihan Obat Anak Hufagripp

1.   Memiliki berbagai varian

Dengan banyaknya varian dari obat hufagripp ini tentunya akan mempermudah dalam memberikan obat yang sesuai dengan kondisi dari anak. Adapun jenis dan kandungan hufagrip sebagai berikut:

  • Hufagripp flu dan batuk (kuning)

Varian obat Hufagripp ini bermanfaat untuk meringankan gejala flu, seperti demam (panas), batuk dan pilek. Pada tiap 5 ml obat ini, mengandung 120 mg paracetamol, 7,5 mg pseudoephedrine HCL, 0,5 mg chlorphenamine maleate dan 50 mg glyceryl guaiafenesin.

  • Hufagripp pilek (biru)

Obat Hufagripp ini memiliki manfaat untuk meringankan gejala flu, seperti bersin dan hidung tersumbat. Tiap 5 ml obat ini mengandung 15 mg pseudoephedrine HCL dan 1 mg chlorpheniramine maleate.

  • Hufagripp BP (Hijau)

Varian obat anak Hufagripp ini bermanfaat untuk meringankan batuk dan pilek. Tiap 5 ml obat ini mengandung 7,5 mg dextromethorphan HBr, 15 mg pseudoephedrine HCL, dan 0,5 mg chlorphenamine maleate.

  • Hufagripp TMP (Merah)

Obat varian ini bermanfaat untuk meredakan demam (panas), sakit kepala, atau sakit gigi. Pada tiap 5 ml obat ini, terkandung 100 mg ibuprofen.

2.   Mudah ditemui

Untuk obat Hufagripp ini memiliki kemudahan dalam menjumpainya di apotek. Dengan kemudahan ini akan membuat obat ini menjadi penolong pertama dalam keadaan darurat.

3.   Obat bebas terbatas

Untuk obat ini tergolong bebas terbatas, artinya kita bisa membeli obat ini tanpa resep dokter tapi dengan mengikuti cara pemakaian obat ini dengan tepat dan benar.

4.   Dapat dikonsumsi oleh batita

Untuk obat ini dapat dikonsumsi oleh anak yang berusia di bawah 2 tahun dengan catatan haru sesuai anjuran atau resep dokter.

5.   Harga yang murah

Selain dapat menyebabkan penyakit batuk dan pilek dengan kandungan yang kompleks. Obat Hufagripp ini dapat dibeli dengan harga yang murah.

Lihat juga:  Pilih Mana: Curcuma Plus atau Scott Emulsion?

Kelemahan Obat Hufagripp

1.   Memiliki efek samping

Kandungan Pseudoephedrine di dalam obat ini akan menimbulkan efek samping berupa gangguan tidur, denyut jantung yang cepat, pusing atau hilangnya nafsu makan. Kandungan ibuprofen juga dapat menyebabkan kembung, mual atau pusing.

Obat Anak Triaminic

Triaminic ialah obat untuk menangani batuk pilek. Obat yang tersedia dalam wujud sirup ini tersedia dalam 3 varian yakni Triaminic Pilek, Triaminic Batuk Pilek, serta Triaminic Expectorant.Triaminic Batuk & Pilek adalah obat yang mengandung Pseudoephedrine serta Dextromethorphan. Pseudoephedrine dalam Triaminic Batuk & Pilek berguna untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat. Dexromethorphan bertindak dengan cara menekan batuk alhasil frekuensi batuk jadi menurun.

Kelebihan Obat Anak Triaminic

1.   Memiliki beberapa varian

Obat anak traiminic ini memiliki varian yang berguna untuk lebih akurat dalam menangani kondisi batuk dan pilek yang dialami oleh anak, adapun beberapa variannya adalah

  • Triaminic Pilek

Triaminic pilek memiliki kandungan Pseudoephedrine HCl 15 mg dan Chlorpheniramine maleate 1 mg dalam setiap 5 ml. obat ini bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah yang akan mengurangi pembengkakan pada hidung yang tersumbat.

  • Triaminic batu dan pilek

Triaminic Batuk Pilek ini memiliki kandungan Pseudoephedrine HCl 15 mg, Dextromethorphan HBr 5 mg. obat ini digunakan khusus untuk mengatasi batuk berdahak.

  • Triaminic Expectorant

Triaminic Expectorant ini memiliki kandungan Pseudoephedrine HCl 15 m dan Guaifenesin 50 mg. obat ini dapat membantu mengencerkan dahak pada saluran pernapasan.

2.   Reaksi obat yang cepat

Obat ini memberikan reaksi yang cepat ketika menangani virus yang menyebabkan batuk dan pilek. Sehingga tidak perlu mengkonsumsi obat ini dalam jangka waktu yang panjang.

3.   Tidak menimbulkan efek samping yang berat

Untuk obat ini tidak menimbulkan efek samping yang berat. Efek samping yang didapatkan setelah mengkonsumsi obat ini adalah kantuk, keringat berlebihan dan mudah haus.

Kelemahan Obat Anak Triaminic

1.    Harga yang mahal

Untuk obat Triaminic ini memiliki harga yang cukup tinggi, mengingat bahwa kandungan di dalam obat yang dapat meringkan batuk dan pilek dengan cepat.

2.   Tidak diperbolehkan untuk batita

Untuk obat ini boleh dikonsumsi untuk anak-anak dengan usia minimal 6 tahun. Untuk bayi sama sekali tidak dianjurkan untuk meminum obat ini.

Pilih Mana: Hufagripp atau Triaminic?

Keterangan HufagrippTriaminic
Kelebihan - Memiliki berbagai varian - Mudah ditemui - Obat bebas terbatas - Dapat dikonsumsi oleh batita - Harga yang murah- Memiliki beberapa varian - Reaksi obat yang cepat - Tidak menimbulkan efek samping yang berat
Kekurangan - Memiliki efek samping- Harga yang mahal - Tidak diperbolehkan untuk batita
Beli disiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Kedua obat yang telah dibahas di atas sama-sama memberikan manfaat untuk meringankan sakit batuk dan pilek. Memang benar jika batuk dan pilek dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi akan lebih baik jika anak-anak diberikan obat untuk meringankan gejalanya. Selalu pilihlah obat yang sesuai dengan kebutuhan anak ya! Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Hufagripp vs Triaminic

VS