Pilih Mana: Huion atau Wacom?

Loading...

Drawing pad atau pen tablet merupakan peralatan yang sudah sangat umum digunakan oleh orang yang bekerja sebagai desainer. Dengan pen tablet semua desainer bisa membuat berbagai desain, mulai dari mendesain gambar hingga menentukan posisi desain yang terbaik menjadi jauh lebih mudah. Di Indonesia sendiri sudah banyak merek dua di antara yang terkenal ialah Huion dan Wacom. Dan jika bandingkan bagus mana Huion vs Wacom?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Huion dan Wacom
– Kelebihan & kekurangan Huion dan Wacom
– Harga terbaik Huion dan Wacom

Huion
Huion adalah merek dagang ‘Shenzhen Huion Animation Technology Co., LTD perusahaan Cina yang berkantor pusat di ShenZhen, China, yang mengkhususkan diri dalam tablet grafis dan produk-produk terkait. Pada tahun 2010, Huion memperoleh pengakuan CE, FCC, dan CCC.1

Tablet Huion terkenal karena penggunaan pen digital tanpa kabel, tekanan-sensitif dengan baterai yang dapat diisi ulang (800 jam). Selain memproduksi dan menjual tablet, Huion juga memproduksi monitor digitalisasi grafis dengan teknologi input yang kompatibel dengan tablet interaktif Sistem operasi seperti Windows 8.

Kelebihan Huion yang bisa Anda ketahui:

1. Spesifikasi lebih beragam
Pen tablet yang digunakan desainer profesional tentu saja akan membutuhkan spesifikasi yang berbeda dengan Anda yang hanya menggunakannya untuk mendukung kegiatan presentasi. Spesifikasi cenderung sangat beragam satu dengan yang lain dan hal ini menjadi kelebihan dari Huion.

2. Ukuran bervariasi
Selain pertimbangan spesifikasi, segi ukuran juga perlu diimbangi sesuai kebutuhan Anda. Ini juga termasuk kelebihan dari Huion. Mengenai ukuran pen tablet yang ditawarkan tablet itu sendiri umumnya berkisar pada A4, A5 dan A6.

Loading...

Kekurangan Huion yang bisa Anda ketahui:
Huion memang memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga dari Wacom. Akan tetapi merek dan kualitas dari Wacom bisa dikatakan jauh lebih baik dari pada merek dan kualitas dari Huion.

Wacom
Wacom Co., Ltd. adalah perusahaan Jepang yang berkantor pusat di Kazo, Saitama, Jepang, yang mengkhususkan diri dalam tablet grafis dan produk terkait. Tablet Wacom terkenal karena penggunaan stylus tanpa kabel, tanpa baterai, dan tekanan-sensitif yang dipatenkan atau pena digital. Selain memproduksi dan menjual tablet, Wacom juga menyediakan teknologi input grafis untuk beberapa komputer tablet, yang disebut “Penabled Technology”.

Kelebihan Wacom yang bisa Anda ketahui:

1. Merek lebih terkenal
Terkadang merek adalah referensi utama bagi seseorang dalam membuat pilihan. Apalagi, jika sebelumnya seseorang telah menggunakan berbagai produk dari merek tertentu. Di sini merek Wacom bisa menjadi pilihan karena mereknya lebih terkenal dibandingkan yang lain.

2. Terjamin kualitasnya
Selain merek Anda juga harus perhatikan sisi kualitasnya. Mengingat setiap produk, baik itu dari merek yang sama atau tidak cenderung memiliki kualitas yang berbeda. Biasanya merek yang bagus akan menggambarkan kualitas yang baik. Maka di sini merek Wacom terjamin kualitasnya.

Kekurangan Wacom yang bisa Anda ketahui:
Dikutip dari KasKus.co.id, umumnya, harga dari Wacom dibanderol lebih mahah dari pada Huion. Harga Wacom dapat mencapai puluhan juta rupiah. Itulah sebabnya sebelum membeli pen tablet sesuaikan anggaran Anda dan kebutuhan Anda untuk mendapatkan tablet yang tepat. Pen tablet Wacom cenderung lebih diperuntukkan untuk kalangan profesional.

Pilih Mana: Huion atau Wacom?

HuionWacom
Merek– Nilai prestise yang rendah– Memiliki nilai prestise yang lebih tinggi
Varian– Lebih banyak– Tidak sebanyak Huion
Harga– Lebih murah– Cenderung mahal

Kesimpulan
Namun anggaran dan kebutuhan adalah hal yang paling mutlak bagi seseorang dalam membuat pilihan. Anggaran Anda terkait erat dengan berbagai penawaran pen tablet yang ada. Untuk saat ini, pen tablet berukuran sedang yang ditujukan untuk kalangan profesional di Indonesia kisaran harganya telah mencapai angka di atas Rp 3 juta. Jadi masalah harga, tidak heran harga Wacom jauh lebih mahal dari pada Huion. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Huion vs Wacom

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *