Aplikasi

Pilih Mana: iFlix atau Netflix?

Tidak hanya layanan streaming musik, masyarakat Indonesia saat ini juga telah dapat memilih layanan streaming film dan serial televisi. Sebelum menentukan untuk berlanggan ke layanan streaming film tersebut, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Seperti harga yang ditawarkan, kelengkapan film yang dimiliki, serta pilihan pembayaran yang ditawarkan. Terdapat beberapa layanan streaming film yang dapat Anda pakai. Dua diantaranya yaitu iFlix dan Netflix. Lalu manakah yang lebih baik?

iFlix dan Netflix merupakan dua layanan streaming yang telah hadir dan dapat menjadi pilihan masyarakat Indonesia. iFlix hadir di Indonesia pada Juni 2016 tahun lalu. Sebelum hadir di Indonesia, iFlix terlebih dahulu menghampiri negara Malaysia, Thailand, dan Filipina. Hanya selang berapa bulan, Netflix telah hadir lebih dulu. Netflix pertama kali rilis di Indonesia sejak Januari 2016. Kedua layanan ini juga semakin banyak digandrungi oleh pecinta streaming film. Untuk mengetahui lebih detail tentang kedua layanan ini, simak artikel ini hingga selesai.

iFlix

iFlix merupakan salah satu layanan streaming film yang saat ini sedang banyak diperbincangkan. Aplikasi yang hadir sejak tahun 2006 ini disukai sukai karena bisa mendownload terlebih dahulu film yang akan ditonton sehingga bisa ditonton tanpa menyedot kuota. Selain itu, untuk berlangganan dengan iFlix Anda juga tidak dibebankan dengan biaya yang besar. Biaya yang dipatok oleh iFlix terbilang cukup terjangkau. Baca juga Pilih Mana: iFlix atau Viu?

Kelebihan dan Kekurangan iFlix

Agar Anda lebih memahami iFlix, berikut akan dipaparkan kelebihan dan kekurangan iFlix:

  • Harga

Perbedaan jelas pertama adalah harga. iFlix saat ini tengah bergandengan dengan IndiHome. Sehingga pengguna IndiHome dapat mengakses dan menggunakan layanan iFlix secara gratis selama satu tahun. Selain itu bagi pengguna GIG Indosat Ooredoo mendapatkan langganan iFlix gratis hingga 6 bulan lamanya.

Jika ingin berlangganan iFlix Anda dikenakan biaya Rp39.000 per bulan atau Rp375.000 per tahun. Dari segi harga, iFlix lebih murah daripada Netflix.

  • Konten

Konten yang terdapat di iFlix merupakan kategori film yang banyak disukai oleh acara regional. Acara tersebut misalnya anime, drama korea, film blockbuster, film dari Cina dan serial Hollywood. Jika Anda ingin menggunakan iFlix saat ini telah tersedia total 24.000 jam tayangan yang dapat Anda nikmati. Dalam hal konten iFlix masih di bawah Netflix. Sebagai contoh, Netflix memiliki Godfathers 1 & 2, tetapi iFlix memiliki Godfathers 1, 2 & 3. Mission Impossibles 1–3 tersedia di iFlix, tetapi Netflix memiliki Misi 1–3 serta Ghost Protocol. iFlix memiliki koleksi film-film korea yang lebih banyak. Sedangkan Netflix memiliki koleksi film-film barat yang lebih lengkap. Jadi, jika Anda pecinta korea, Anda dapat menggunakan iFlix. Mengingat koleksi film-filmnya yang memiliki banyak film korea. Tapi jika Anda mencari serial tv Amerika, Netflix layak Anda gunakan.

  • Pilihan Pembayaran

iFlix menyediakan pilihan pembayaran melalui kartu kredit karena saat ini iFlix mengaku belum menemukan pilihan pembayaran selain kartu kredit yang cocok digunakan di Indonesia. iFlix memberikan masa gratis kepada penggunanya selama satu bulan. Saat masa gratis ini, Anda tidak perlu memberikan informasi kartu kredit Anda. Anda hanya akan memberikan informasi kartu kredit ketika akan berlangganan dan melakukan pembayaran.

  • Audio

iFlix menggunakan kompresi audio yang kurang baik untuk videonya, merusak suara bagi banyak penonton dan pengguna. Jika Anda menonton film di ponsel, Anda mungkin tidak melihat perbedaan. Tetapi jika Anda memiliki home theater, Anda akan kecewa dengan audio yang dimiliki iFlix.

  • Kecepatan

Dibandingkan dengan Netflix, iFlix memiliki loading lebih lambat. Hal ini bisa jadi disebabkan karena sisi infrastruktur dan teknologinya yang masih kurang. Kekurangan lain yang dimiliki iFlix ini yaitu film yang ditampilkan kurang up to date, saat melakukan pencarian kadang film yang dicari tidak ditemukan dan beberapa film tidak memiliki subtitle bahasa Indonesia.

Netflix

Netflix terkenal dengan konten yang banyak menyajikan film dan serial. Nama Netflix bukanlah sesuatu yang asing bagi sebagian orang, apalagi bagi orang-orang yang memahami betul media internasional. Ragam konten yang dimiliki membuat banyak orang menggunakan layanan Netflix. Selain memiliki kelebihan terhadap kontennya, Netflix juga memiliki berbagai kelebihan lain yang menjadi daya tarik.

Kelebihan dan Kekurangan Netflix

Agar Anda lebih memahami Netflix berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Netflix:

  • Harga

Sama halnya seperti iFlix, Netflix juga memberikan masa gratis kepada pengguna selama satu bulan. Dalam jangka waktu yang telah ditetapkan tersebut, Anda bisa mengakses layanan ini tanpa dibebankan biaya sepeser pun. Setelah habis masa gratis tersebut, Anda tetap bisa mengakses Netflix jika berlangganan dan melakukan pembayaran paketnya.

Netflix menyediakan 3 jenis layanan yang bisa dinikmati, yaitu Basic, Standard, dan Premium. Untuk paket Basic Pelanggan cukup membayar biaya berlangganan Rp 109.000, Untuk paket standar Rp. 139.000 dan Rp 169.000 untuk paket Premium.

  • Konten

Secara keseluruhan konten yang dimiliki oleh layanan Netflix ini terdiri dari dua kategori yaitu film dan serial TV. Kedua kategori ini selanjutnya akan dibagi lagi sesuai genrenya masing-masing. Seperti horor, action, comedy, romance dan sebagainya. Menurut hitungan mereka sendiri, Netflix menawarkan lebih dari 14.000 judul di seluruh wilayah, tetapi hanya sebagian kecil dari yang saat ini tersedia di Indonesia. Konten asli Netflix juga sangat mengesankan, sinopsinya ditulis lebih baik, serta mengandung gambar thumbnail.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Netflix memiliki konten yang lebih baik daripada iFlix. Pada dasarnya, Netflix sebenarnya telah memiliki hak dan izin untuk menayangkan fim dan serial TV dari berbagai negara. Akan tetapi, wilayah kadang menjadi kendala, sehingga terdapat beberapa konten yang tidak bisa ditayangkan di Indonesia.

  • Pilihan Pembayaran

Sama seperti iFlix, untuk pilihan pembayaran pengguna hanya bisa memanfaatkan kartu kredit. Jadi untuk berlangganan dan melakukan pembayaran di Netflix, Anda memerlukan kartu kredit. Untuk mendaftarkan diri dan mendapatkan layanan gratis dari Netflix, Anda harus memasukkan identitas lengkap dengan kartu kredit ataupun kartu debit.

  • Audio

Berbeda dengan iFlix yang memiliki audio yang kurang bagus. Netflix menggunakan kompresi audio yang sama dengan mitranya dari Amerika, dan itu memberikan hasil audio yang sangat memuaskan.

Kekurangan yang dimiliki oleh Netflix adalah kualitas video atau film yang kadang tidak stabil. Untuk dapat menggunakan layanan ini, minimal Anda harus menggunakan internet dengan kecepatan 0,5 Mbps untuk kualitas SD atau 480p.

Pilih Mana: Lantai iFlix atau Netflix?

Setelah dipaparkan di atas, Anda telah dapat menilai perbedaan serta kelebihan dan kekurangan antara iFlix dan Netflix. Perbedaan antara iFlix dan Netflix telah dirangkum  pada tabel berikut:

iFlixNetflix
- Harga lebih murah dibanding Netflix- Koleksi film lebih banyak daripada iFlix
- Pilihan pembayaran hanya tersedia dengan kartu kredit- Pilihan pembayaran hanya tersedia dengan kartu kredit
- Loading lebih lambat daripada Netflix- Loading lebih cepat daripada iFlix

Kesimpulan

Dilihat dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki iFlix dan Netflix, sudah terlihat bahwa Netflix lebih unggul daripada iFlix. Harga yang dipatok kedua layanan ini sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Netflix memberikan kualitas yang lebih baik dari iFlix sesuai dengan harga yang diberikan. Untuk berlangganan di Netflix Anda membutuhkan biaya yang lebih besar. Jadi wajar saja jika Netflix lebih baik daripada iFlix.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iFlix vs Netflix

VS

Leave a Reply