AplikasiLayanan

Pilih Mana: iFlix atau Viu?

Saat ini menonton film secara streaming di smartphone dengan menggunakan aplikasi sedang populer di masyarakat Indonesia. Ini juga disebut dengan layanan Video On Demand. Tentu saja, layanan ini membutuhkan konektivitas internet yang selalu aktif. Seperti contoh pada iFlix dan Viu.

Dalam artikel ini kami akan mencoba membandingkan antara iFlix dan Viu dari segi kelebihan dan kekurangannya, Jangan sampai terlewat ya, Yuk disimak!

iFlix

iFlix merupakan layanan Video On Demand yang menyediakan streaming Film dan Acara Televisi melalui Internet . iFlix merupakan layanan Internet TV terbesar di Asia. Baca juga Pilih Mana: iFlix atau Netflix?

iFlix hadir pada tahun 2014 , Tetapi masyarakat di Indonesia baru menggunakannya di akhir tahun 2015 . Jenis konten yang disediakan pada Iflix ini sangat bermacam-macam. Mulai dari Serial TV , Film Box Office hingga acara khusus anak .

iFlix berasal dari Malaysia , namun kini layanannya bisa dinikmati di Filipina , Thailand , Vietnam , Srilangka dan tentunya di Indonesia .

Untuk pembayaran biaya berlangganan, iFlix melayani kartu kredit dan debit, electronic voucher, hingga potong pulsa sehingga memudahkan pengguna mobile.

  • Streaming film dan serial TV.
  • Menonton secara offline (download).
  • Bisa digunakan sampai lima perangkat.
  • Mengikuti playlist tontonan pilihan selebritas.

Beberapa cara untuk daftar iFlix 

1. Melalui web iFlix
– Bukalah terlebih dahulu iFlix.com.
– Setelah masuk, klik/ketuk tulisan “sign up free”. JIka tidak ada tulisan tersebut maka silahkan klik/ketuk “daftar” berada di pojok kanan atas.
– Selanjutnya, masukan data-data yang valid. lalu jangan lupa untuk klik tulisan “daftar gratis”.
– Kemudian ikuti petunjuk dari iFlix.

2, Langsung dari aplikasi iFlix-
– Langkah awal install terlebih dahulu aplikasi iflixnya di playstore ataupun di app store.
– Selanjutnya masukan “sign up free”.
– Setelah itu masukan data-data valid email dan nomor hp nya. Dan jika tidak ingin belibet silahka ditautkan google yang terhubung di hp android ke iflix.

Kelebihan iFlix

  • Memiliki kategori konten yang banyak digemari
    Konten yang terdapat di iFlix merupakan kategori film yang banyak disukai oleh acara regional. Acara tersebut misalnya anime, drama korea, film blockbuster, film dari Cina dan serial Hollywood. Jika kalian ingin menggunakan iFlix saat ini telah tersedia total 24.000 jam tayangan yang dapat kalian nikmati.
  • Memberikan masa gratis percobaan
    iFlix memberikan masa gratis kepada penggunanya selama satu bulan. Saat masa gratis ini, Kalian tidak perlu memberikan informasi kartu kredit. Kalian hanya akan memberikan informasi kartu kredit ketika akan berlangganan dan melakukan pembayaran.
  • iFlix memiliki koleksi film-film korea yang lebih banyak
    Jika kalian penggemar drakor, penggunaan iFlix ini wajib kalian gunakan, karena pada iFlix serial drama korea yang ada terbilang cukup lengkap dibandingkan dengan layanan Video On Demand lainnya.

Kekurangan Iflix

  • Audio yang kurang baik
    iFlix menggunakan kompresi audio yang kurang baik untuk videonya, merusak suara bagi beberapa penonton dan pengguna. Jika kalian menonton film melalui ponsel, Kalian mungkin tidak melihat perbedaan. Tetapi jika kalian menggunakan home theater untuk menonton, Mungkin kalian akan sedikit kecewa dengan audio yang dimiliki iFlix.
  • Film yang ada kurang up to date
    Kekurangan lain yang dimiliki iFlix ini yaitu film yang ditampilkan kurang up to date, saat melakukan pencarian kadang film yang dicari tidak ditemukan dan beberapa film tidak memiliki subtitle bahasa Indonesia.
  • Jumlah film unduhan terbatas
    Di iFlix sayangnya tidak bisa mengunduh lebih dari 10 macam unduhan yang sudah kamu simpan sebelumnya, dan akan hilang history menonton, Jika kalian berniat ingin menonton 15 episode dan mengunduhnya kalian akan sedikit kecewa dengan kekurangan yang ada pada iFlix ini.

Viu

Viu merupakan aplikasi Premium untuk menonton video film atau drama Korea terbaru dan berbagai film lainnya. Anda dapat menonton sesuai keinginan untuk menontonnya melalui berbagai perangkat seperti ponsel, tablet dan desktop. Selain itu, Anda juga bisa menonton video secara online atau mengunduhnya terlebih dahulu untuk kemudian menyaksikan secara offline.

Viu adalah layanan video over the top (OTT) yang dioperasikan oleh PCCW Media, anak perusahaan PCCW. Pada tanggal 26 Oktober 2015 Viu diluncurkan di Hongkong. Viu menyediakan drama Asia, program variasi, anime dan berita hiburan.

Aplikasi premium ini untuk menonton video (Film/Drama Korea terbaru dan berbagai film lainnya) sesuai keinginan kamu yang memberikan pengalaman luar biasa saat menontonnya melalui berbagai perangkat (ponsel, tablet, desktop). Selain itu, Kamu juga bisa menonton video secara online atau mengunduhnya terlebih dahulu untuk kemudian menyaksikan secara offline.

Lihat juga:  Pilih Mana : Axis atau Tri?

Kelebihan Viu

  • Pembayarannya banyak pilihan
    Pemilihan pembayarannya dapat berbagai cara dimana yang memudahkan, bisa diambil. Yang tidak memiliki kartu debit dengan bank yang tertera atau bahkan tidak memiliki kartu kredit, dapat bayar melalui indomaret ataupun alfamart terdekat. Dengan kode unik, nanti aplikasi Viu premium kamu dapat langsung diaktifkan. Tidak hanya itu, di tokopedia juga menyediakan beli paket data online. Yang memungkinkan kamu tidak terputus saat sedang asik-asiknya nonton Viu.
  • Dapat menonton secara offline
    Nonton video streaming terus-menerus mengandalkan konektivitas internet, adakalanya tidak terlepas dari gangguan jaringan. Hal ini tentu mempengaruhi kualitas tayangan dan kenyamanan menonton. Atau, kamu harus naik pesawat yang dilarang mengaktifkan jaringan internet. Nah, agar aktivitas nonton film favorit tetap lancar, Viu menawarkan fitur unduh yang bisa disimpan, sehingga bisa dinikmati secara offline.
  • Pengkategorian yang rapi
    Viu membuat dan menampilkan kategori film dengan rapi. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah memilih kategori film ketika bingung untuk memilih film yang akan ditonton. Anda bisa memilih berdasarkan kategori yang ditawarkan, seperti Hot Viu, action, thriller, romantic-comedy, drama, atau reality show.

Kekurangan Viu

  • Iklan yang banyak
    Kekurangan pertama yang ada pada aplikasi Viu ini adalah bahwa ketika menonton film yang kamu sukai dan adanya iklan-iklan yang sedang tayang dan harus menunggu untuk melewatkan iklan tersebut dengan waktu yang tersedia. Iklan pada Viu ini ketika kamu menonton akan muncul 3-5 kali iklan dalam satu episode film yang sedang kamu tonton.
  • Penggunaan kuota data yang boros 
    Untuk memperoleh gambar dengan kualitas yang bagus jaringan internet kamu harus kuat. Jika kamu menggunakan kuota untuk streaming atau download film, kuota kamu akan cepat habis karena Viu memakan banyak kuota. Sebenarnya, perihal ini sesuai dengan kualitas gambar yang ditampilkan. Dan jika kamu tidak menggunakan wifi atau kamu berada pada tempat dengan kondisi internet yang kurang bagus, maka sulit sekali untuk bisa melakukan streaming dengan kualitas gambar yang bagus.
  • Film Indonesianya belum update
    Kekurangan terakhir yang ada dari aplikasi Viu ini yaitu bahwa untuk film Indonesia Viu belum terlalu update perihal ini kamu dialihkan untuk menonton film Indonesia versi yang lama-lama, sangat disayangkan sekali ya karena mengingatnya untuk kita sebagai orang Indonesia harus mencintai karya anak bangsa pada Viu belum bisa kita menonton film Indonesia dengan banyak judul atau genre.
Waktu berlangganan iFlix ( Per Oktober 2019 )Viu ( Per Oktober 2019 )
1 BulanRp 39.000 Rp 30.000
3 bulan Rp 108.000 Rp. 90.000
6 Bulan- Rp. 150.000

Pilih Mana: iFlix atau Viu?

iFlix Viu
Kelebihan- Memiliki kategori konten yang banyak digemari - Memberikan masa gratis percobaan - iFlix memiliki koleksi film-film korea yang lebih banyak - Pembayarannya banyak pilihan - Dapat menonton secara offline - Pengkategorian yang rapi
Kekurangan- Audio yang kurang baik - Film yang ada kurang up to date - Jumlah film unduhan terbatas - Iklan yang banyak - Penggunaan kuota data yang boros  - Film Indonesianya belum update

Kesimpulan

Dari artikel di atas telah kita bahas mengenai iFlix dan Viu merupakan aplikasi yang menyediakan film secara online dan bisa juga di nikmati secara offline yang dapat dinikmati di smartphone, dan gadget lainnya. Dimana sudah kita ketahui keduanya mempunyai kesamaan yaitu mempunyai masa percobaan gratis selama 30 hari dan dari artikel yang telah kita bahas keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karenanya dapat kalian pilih di antara keduanya sesuai dengan selera kalian ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iFlix vs Viu

VS

Leave a Reply