AplikasiApplicationElektronikTechnology

Pilih Mana: iMac atau MacBook Pro?

Apple dikenal sebagai perusahaan yang kerap memperkenalkan teknologi canggih seperti Iphone, iPad serta MacBook. Ya, MacBook terbilang memiliki performa yang lebih baik dengan fitur canggih apabila dibandingkan dengan jenis laptop lainnya. Tak hanya itu, iMac juga merupakan satu produk Apple yang banyak diminati banyak orang.

Namun, apa yang menjadi letak perbedaan dari iMac dan Macbook? Simak pembahasan berikut ini!

iMac

iMac masuk dalam jajaran komputer Mac versi desktop dan menjadi salah satu komputer Mac yang laris di pasaran. Bagi Anda yang ingin membeli komputer desktop, untuk memudahkan pekerjaan Anda, iMac nampaknya jadi pilihan menarik. Dengan desain “All in One”, iMac mudah dibawa atau dipindah oleh pengguna karena tak perlu lepas-pasang monitor dan CPU.

Kelebihan iMac

1. Komputer Siap Pakai
iMac mrupakan komputer all in one yang siap digunakan sesaat setelah Anda membelinya. Terdapat mesin komputer, layar, serta piranti input berupa keyboard dan mouse yang sudah termasuk satu paket dalam kemasannya.

Tidak seperti Mac Pro atau Mac Mini yang memerlukan layar tambahan. Satu-satunya kabel yang keluar dari iMac adalah kabel listrik untuk menghidupkan komputer tersebut. Tentunya hal ini membuat iMac menjadi komputer unik yang siap menemani aktivitas Anda.

2. Resolusi Tinggi
iMac hadir dalam ukuran layar diagonal 21,5 inci dan 27 inci. Untuk ukuran 21,5 inci hadir dalam pilihan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) atau Retina 4K (4096 x 2304). Sedangkan untuk ukuran 27 inci hanya tersedia dalam resolusi layar Retina 5K (5120 x 2880 piksel).

3. Kapasitas Penyimpanan Besar
Produk iMac sudah pasti menggunakan layar Retina Display, dibekali dengan teknologi Fusion Drive untuk bagian penyimpanan. Dengan Fusion Drive, kamu bisa mendapatkan kecepatan proses atau akses komputer seperti menggunakan SSD, namun dalam ukuran kapasitas penyimpanan yang besar seperti menggunakan hard disk (mulai dari 1TB).

4. Kartu Grafis Mumpuni
Bagi Anda yang mencari komputer Mac untuk kebutuhan pekerjaan multimedia, iMac adalah solusinya. Dengan kartu grafis yang mumpuni sudah cukup untuk beragam kebutuhan multimedia seperti editing foto, video, animasi atau bahkan pengolahan gambar 3D.

Di seri iMac 21,5 inci 4K Retina, Apple telah menggunakan kartu grafis Radeon Pro 555X with 2GB of VRAM atau bahkan hingga Radeon Pro Vega 20 with 4GB of VRAM. Sedangkan untuk iMac 27 inci 5K Retina, Apple menggunakan kartu grafis Radeon Pro 570X with 4GB of VRAM hingga Radeon Pro Vega 48 with 8GB of VRAM.

6. Bisa di Upgrade
Tidak seperti MacBook Pro atau MacBook Air, perangkat iMac masih bisa melakukan upgrade hardware. Salah satunya ialah RAM di iMac ukuran 27 inci yang dapat diganti dengan mudah karena ada akses khusus di bagian belakang. Bahkan iMac dalam versi tahun tertentu, dapat dimodifikasi hardware yang cukup ekstrim.

Kekurangan iMac

1. Sulit di bawa kemana-mana

Beli iMac online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Macbook Pro

MacBook merupakan salah satu produk dari Apple selain iMac yang banyak dipakai semua orang. Bisa dikatakan bahwa MacBook adalah produk andalannya.  MacBook pro cocok digunakan untuk aktivitas atau kebutuhan yang lebih berat seperti rendering dan editing.  Baca Juga Pilih Mana: MacBook Pro atau Asus ROG?

Lihat juga:  Pilih Mana: iPhone 5s atau iPhone 6?

Kelebihan MacBook Pro

1. Design Elegan
Dari segi desain, MacBook memiliki desain yang simple namun tetap elegan. Ukuran keseluruhan dari MacBook juga slim yang membuatnya dapat dibawa kemana-mana.

2. Sistem Keamanan Kuat
Keamanan sistem produk Apple tidak perlu diragukan lagi. Dibanding Windows, keamananya MacBook jauh lebih baik. Pengguna macbook juga tidak perlu repot-repot instal software antivirus tambahan.

3. User Friendly
Apple menawarkan system bernama Mac Os. Hal ini memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Sehingga memberikan kemudahan dalam menggunakannya.

4. Hardware Berkualitas Tinggi
Laptop ini memiliki hardware berkualitas tinggi. Seperti penggunaan keyboard dan trackpad yang mudah. Selain itu suara yang dihasilkankan pun jernih yang membuat MacBook lebih unggul dari jenis laptop lain.

5. Daya Tahan kuat
Kelebihan MacBook pada daya tahan mesinnya yang terbilang kuat. Tak heran jika harganya lebih mahal. Dengan demikian MacBook dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Kekurangan MacBook Pro

1. Biaya Perbaikan Mahal
Seperti halnya laptop lain, saat terjadi kerusakan atau masalah, service dari macbook akan memakan biaya yang cukup mahal.

2. Tempat Service yang Langka
Kekurangan dari MacBook adalah langkanya tempat service. Produk keluaran apple hanya memiliki tempat service yang resmi dan tidak terdapat di semua daerah, melainkan hanya ada di kota-kota besar saja.

3. Aksesoris Mahal
Jika ingin mempercantik MacBook, Anda dapat membeli berbagai aksesorisnya. Namun, Anda harus menyiapkan budget lebih dikarenakan aksesoris yang dijual cukup mahal.

4. Mudah Panas
Kekurangan selanjutnya dari MacBook ialah cepat panas. Saat menjalankan aktivitas berat, MacBook cenderung menjadi lebih panas. Seperti saat streaming, editing dan beragam aktivitas berat lainnya.

5. Beberapa Software & Game cukup Langka
Ada beberapa dukungan software dan game yang kurang bahkan langka di MacBook. Selain itu software atau game yang berjalan pada sistem windows belum tentu dapat digunakan pada Mac Os. Hal itu membuat MacBook tidak sepenuhnya ada.

Beli MacBook online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: iMac atau MacBook Pro?

Keterangan iMacMacBook Pro
Kelebihan - Komputer Siap Pakai - Resolusi Tinggi - Kapasitas Penyimpanan Besar - Kartu Grafis Mumpuni - Bisa di Upgrade- Design Elegan - Sistem Keamanan Tidak diragukan - User Friendly - Daya Tahan kuat - Hardware Berkualitas Tinggi
Kekurangan - Sulit di bawa kemana-mana- Biaya Perbaikan Mahal - Tempat Service yang Langka - Aksesoris Mahal - Mudah Panas - Beberapa Software & Game cukup Langka
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Itulah beberapa perbedaan yang ada pada MacBook Pro dan Macbook Air. Bagi Anda yang ingin membelinya, perlu memperhatikan detail dari masing-masing MacBook, sehingga budget yang Anda keluarkan sesuai dengan fungsinya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iMac atau MacBook Pro

VS