Aplikasi

Pilih Mana: Imo atau LINE?

Selain WhatsApp yang hingga saat ini menjadi salah satu aplikasi chatting favorit rakyat Indonesia, namun sekarang ada pula aplikasi lain sejenis yaitu Imo dan LINE. Bagi Anda pengguna smartphone Android, mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi messenger gratis ini. Keduanya ini memiliki fitur yang hampir sama, namun juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, manakah yang paling bagus dan kaya fitur antara Imo dan LINE tersebut? Mari kita simak temukan jawabannya di bawah ini.

Imo

Imo adalah aplikasi perpesanan instan untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini memiliki kemampuan hampir sama dengan apa yang ditawarkan WhatsApp. Hingga saat ini, aplikasi ini telah tercatat diunduh lebih dari 500 juta kali.

Selain berfungsi sebagai sarana untuk mengirim pesan singkat atau obrolan, pengguna Imo juga dapat memantau dan mengelola beberapa akun dengan menggunakan aplikasi ini. Misalnya, pengguna aplikasi ini bisa mengelola akun Google, AIM, Facebook, Skype, MSN, Yahoo dan lebih banyak menggunakan Imo.

Tidak hanya itu, jika perangkat pengguna mendukung teknologi NFC, maka Imo juga bisa digunakan sebagai sarana pengiriman data ke perangkat lain yang kompatibel. Selain mengobrol bebas, Anda juga bisa melakukan video call dengan cara yang sangat mudah.

Untuk mengunduhnya pun sangat mudah dilakukan. Langkah pertama, unduh aplikasi Imo via Play Store atau App Store. Setelah itu, Anda diminta memasukkan nomor ponsel Anda. Proses instalasi dan registrasi pun selesai. Sekarang Anda sudah bisa melakukan video call dan chat.

Selanjutnya, Anda dapat mengundang teman di kontak telepon. Jika seorang teman di kontak Anda telah mendownload aplikasi Imo, maka Anda bisa langsung ngobrol dan melakukan video call tanpa perlu mengundangnya.

Tampilan antarmuka Imo juga sangat sederhana yang hanya didominasi dengan latar belakang putih. Bila seorang teman di kontak Anda sudah mendownload aplikasi Imo di ponselnya, maka namanya akan otomatis ditampilkan pada kontak di aplikasi. Klik ikon tampilan video berwarna biru untuk melakukan video call dan klik nama teman untuk mengobrol. Untuk bisa menggunakan aplikasi Imo ini, Anda perlu memastikan kedua smartphone tersebut sudah memiliki aplikasi Imo, memiliki fitur kamera depan dan juga terhubung ke jaringan internet dengan baik dan lancar. Baca juga Pilih Mana: WhatsApp atau Telegram?

Tentu saja, kehadiran aplikasi Imo ini diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi Anda dalam berkomunikasi dengan saudara, teman, saudara, rekan bisnis dan pasangan.

Beberapa fitur Imo:

– Kualitas panggilan suara jernih
– Lebih cepat dalam mengirim pesan
– Grup mengobrol dan berbagi foto atau video
– Temukan orang baru dan konten yang sesuai dengan Anda
– Voice IMs membuat Android Anda menjadi walkie talkie
– Multimedia lampiran: audio, video, file
– Berbagi lokasi dengan teman yang menggunakan riwayat Google Maps dan Placeschat dapat diakses dari seluler dan web
– Bisa chat ke Facebook chat, Google Talk, ICQ, AIM, Yahoo Messenger, Jabber, Hyver, Vkontakte dan Steam, serta Skype.

Imo Messenger tidak lebih dari sekedar aplikasi chat biasa, seperti WhatsApp, LINE, Skype, dan lainnya. Tapi tidak seperti aplikasi messenger yang serupa, keunggulan Imo ini adalah Anda dapat menggunakan multi akun sosial media dan chat sekaligus dalam satu aplikasi. Artinya, dengan Imo ini Anda bisa menggunakan akun Facebook, Twitter, WhatsApp dan lain-lain sekaligus. Jadi saat ada pesan masuk dari berbagai jejaring sosial, Anda tidak perlu membuka banyak aplikasi, buka saja Imo saja.

LINE

LINE dalah aplikasi pesan instan gratis yang bisa digunakan di berbagai platform seperti ponsel pintar, tablet, dan komputer. LINE diaktifkan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain-lain. LINE bahkan diklaim menjadi aplikasi instant messenger terlaris di 42 negara saat ini.

LINE dikembangkan oleh sebuah perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada bulan Juni 2011 dan awalnya hanya bisa digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah suksesnya kedua sistem tersebut, LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Kemudian pada tahun 2012, LINE secara resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows.

Keberhasilan LINE sebagai aplikasi instant messenger terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di seluruh dunia. LINE berada di peringkat 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, termasuk Jepang, Rusia, Hong Kong, Thailand, Taiwan, Spanyol, Singapura, Malaysia, Makau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lainnya. LINE secara resmi akan membuka kantor di Indonesia pada pertengahan 2012, dan konten aplikasi lokal Indonesia telah selesai pada 2013.

Saat ini, LINE mendukung Sistem Operasi berupa:
– iOS
– Android
– Windows Phone
– BlackBerry OS
– Mac OS X
– Windows 8

Tidak seperti Imo, LINE hanya bisa digunakan untuk pengguna LINE. Aplikasi dapat didownload di situs resmi LINE, BlackBerry App World, Google Play, App Store, atau Windows Marketplace. LINE menggunakan nomor telepon sebagai ID dan dapat membuat ID pengguna untuk mempermudah orang mengundang Anda. Anda juga dapat menyembunyikan nomor telepon untuk melindungi privasi Anda. LINE menyediakan fitur Blocked List di tab pengaturan privasi, dan juga menyediakan fitur keamanan kata kunci untuk menghindari orang lain membuka dan melihat konten percakapan Anda.

Beberapa fitur Line 

1. Koneksi
Koneksi LINE dibuat menggunakan jaringan internet yang digunakan oleh perangkat host.
Nomor HP dan User ID sebagai PIN pribadi. LINE menggunakan nomor ponsel sebagai teman kontak di LINE. Semua nomor ponsel di kontak smartphone Anda akan langsung menjadi teman Anda. Chat bisa dilakukan dengan sesama teman menggunakan aplikasi LINE ini. Selain menggunakan nomor tersebut, ID pengguna juga disediakan oleh LINE untuk memudahkan pencarian teman LINE Anda.

2. Tambahkan seorang teman
Untuk menambah teman LINE, selain cara menyimpan nomor ponsel teman anda, penambahan teman bisa dilakukan dengan fitur Shake It. Untuk menggunakan fitur ini pun sangat mudah yaitu hanya dengan menggoyangkan smartphone dan teman Anda dari jarak dekat. Selanjutnya, tambahkan teman LINE dengan mengetikkan ID pengguna teman Anda yang telah dia buat. Dengan ID pengguna, Anda tidak perlu menambahkan add friend LINE dengan menyimpan nomor ponsel teman Anda.

3. Tampilan
Untuk tampilan LINE, Anda bisa mengubah tampilan chat room sesuai selera Anda.

4. Pengaturan
Di bagian Pengaturan, Anda dapat mengatur Pengaturan Dasar dan Pengaturan Privasi. Di Basic Settings Anda dapat mengatur notifikasi pesan baru dan undangan grup. Notifikasi bisa dipilih sebagai Pop-up, suara sendiri, atau keduanya. Ada tiga opsi ukuran huruf, kecil, sedang, dan besar pilihan. Di bagian pengaturan privasi, Anda dapat menggunakan nama samaran atau nama panggilan untuk ditampilkan di profil Anda.

5.Group Chat
LINE juga menyediakan fitur obrolan kelompok yang bisa Anda buat sendiri. Dengan kapasitas hingga 200 orang, Anda bisa dengan bebas mengajak teman Anda untuk bergabung dalam obrolan berkelompok. Melalui obrolan berkelompok Anda dapat mengirim pesan secara bersamaan ke teman Anda yang terdaftar dalam grup.

Selain fitur utama di atas, LINE menawarkan berbagai fitur unggulan, termasuk:

– Sticker, adalah gambar yang merupakan bagian dari smiley IM. Anda bisa menggunakan stiker pada tab stiker. Ada lebih dari 500 stiker menarik untuk mengekspresikan percakapan dalam bentuk gambar.
– Lampiran, Anda dapat melampirkan file ke Anda untuk dikirim ke teman LINE Anda seperti suara, gambar, dan sebagainya.
– Call, dengan sesama pengguna LINE Anda bisa menghubungi teman LINE Anda tanpa membayar saat Anda memanfaatkan jaringan internet.
– Bisa menggunakan kode QR. Anda bisa memindai kode QR dengan aplikasi ini. Kode QR ini berfungsi untuk menambahkan teman di aplikasi LINE ini, dan sebaliknya.

Pilih Mana: Imo atau LINE?

ImoLINE
- Dapat mengelola multi akun sosial media dan chat sekaligus dalam satu aplikasi sehingga tidak perlu membuka banyak aplikasi, buka saja Imo saja- LINE hanya bisa digunakan untuk pengguna LINE dan tidak dapat membuka akun social media lainnya, namun tetap dapat membaca berita lewat Line Today
- Tampilan antarmuka sangat sederhana yang hanya didominasi dengan latar belakang putih- Tampilan chat room bisa diubah sesuai selera Anda dengan berbagai tema dan background
- Menambahkan teman cukup dengan menyimpan nomor teleponnya- Menambahkan teman dengan cara menyimpan nomor ponsel teman, dengan fitur Shake It ataupun menambahkan ID Line

Kesimpulan

Setelah kita membaca apa saja fitur dan kelebihan yang diusung oleh Imo dan LINE, maka kali ini kita bisa menyimpulkan bahwa LINE memiliki sedikit kelebihan dibanding Imo. Terlebih lagi, saat ini banyak sekali pengguna LINE di Indonesia sehingga kemungkinan mendapat banyak teman pun semakin besar. Apalagi sekarang, LINE memiliki fitur baru seperti LINE Nearby yang memungkinkan bisa menambah teman meski tidak saling kenal. Bagaimana pendapat Anda?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Imo vs LINE

VS

Leave a Reply