Layanan

Pilih Mana: Indihome atau First Media?

Saat ini telah banyak perusahaan yang menyediakan layanan internet yang cepat dan didukung dengan teknologi yang terkini. Anda pastinya harus mampu memilih penyedia layanan yang cocok untuk Anda gunakan. Dua layanan yang dapat Anda gunaan yaitu Indihome dan First Media. Manakah yang lebih baik untuk Anda gunakan? Indihome atau First Media?

Indihome dan First Media merupakan dua perusahaan dengan tenologi fiber yang sangat baik. Meskipun demikian, kedua penyedia layanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat kita temukan dari beberapa perbedaannya. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak artikel berikut hingga selesai. Baca juga Pilih Mana: Xiaomi Redmi 6A atau 5A?

Indihome

Indihome merupakan salah satu layanan internet fiber rumah yang dikelola oleh Telkom. Indihome juga menyediakan layanan telepon rumah dan TV kabel. Indihome juga memiliki harga yang beragam sesuai dengan wilayah pengguna.

Kelebihan Indihome

Berikut beberapa kelebihan Indihome yang perlu Anda ketahui:

  • Layanan Internet Memiliki Kecepatan Tinggi

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Indihome adalah memiliki layanan internet yang berkecepatan tinggi. Dengan adanya kecepatan internet yang tinggi ini, Anda akan lebih mudah untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan internet dengan kecepatan yang tinggi.

  • Layanan Telpon Rumah Gratis

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Indihome adalah memberikan fasilitas telepon rumah gratis. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk mendukung kegiatan atau aktivitas Anda. Layanan telpon rumah gratis ini sebesar 1.000 menit untuk telepon lokal ataupun interlokal.

  • Jaringan Fiber Optic Telah Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Indihome adalah telah memiliki kemajuan dari jaringan tembaga ke jaringan fiber optik. Jaringan fiber optik merupakan jaringan yang sudah mumpuni dan layak untuk digunakan. Dengan demikian, jaringan yang dihasilkan akan lebih baik.

Kekurangan Indihome

Berikut beberapa kekurangan Indihome yang perlu Anda ketahui:

  • Kadang Tidak Komitmen

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Indihome adalah kadang kurang komitmen atau tidak komitmen terhadap apa yang dijanjikan atau pada kesepakatan awalnya. Hal ini merupakan salah satu alasan yang membuat penggunanya sering komplain.

  • Pelayanan Kadang Lambat

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Indihome adalah kadang memberikan pelayanan yang cukup lambat dan kurang responsif. Pelayanan yang kurang responsif ini dapat kita lihat ketika kita memanggil teknisi Indihome saat terjadi masalah pada jaringan atau masalah lainnya. Seharusnya Indihome lebih memerhatikan hal ini, karena pengguna sangat membutuhkan tindakan yang lebih cepat dan responsif.

  • Ada Kemungkinan Bandwith Membuat Banyak Pengeluaran

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Indihome adalah adanya kemungkinan bandwith membuat pengeluaran yang lebih banyak. Hal ini bisa terjadi jika Anda menggunakan semua fitur secara bersamaan. Fitur tersebut seperti internet, TV, dan telepon rumah.

Kelebihan IndihomeKekurangan Indihome
- Layanan internet memiliki kecepatan tinggi- Kadang tidak komitmen
- Layanan telpon rumah gratis- Pelayanan kadang lambat
- Jaringan fiber optik telah baik- Ada kemungkinan bandwith membuat banyak pengeluaran

First Media

First Media saat ini telah menghadirkan paket internet bersamaan dengan layanan TV kabel. First Media dinaungi oleh PT. Safira Ananda yang juga menaungi banyak berita. Dalam layanan internet dan TV kabel, First Media memiliki harga yang beragam tergantung pada wilayahnya.

Kelebihan First Media

Berikut beberapa kelebihan First Media yang perlu Anda ketahui:

  • Layanan Customer Service Lebih Responsif

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh First Media adalah memiliki layanan customer service yang lebih responsif dibandingkan dengan layanan customer service yang dimiliki oleh Indihome. Dengan demikian, Anda bisa menyampaikan keluhan dengan nyaman.

  • Tayangan yang Ditampilkan Telah Full HD

Kelebihan lain yang dimiliki oleh First Media adalah mampu memberikan tayangan atau tampilan yang telah full HD. Dengan demikian, Anda bisa menonton dengan maksimal karena pada First Media tidak rebutan bandwith. Selain itu, First Media juga memiliki internet yang stabil dan jarang memiliki gangguan teknis.

  • Selalu Komitmen Terhadap Pelanggan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh First Media adalah selalu komitmen terhadap pelanggannya. First Media telah dikenal bahwa mampu memberikan layanan yang sesuai dengan apa yang ditawarkan pada awalnya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan apa yang telah disepakati pada awalnya. Tidak hanya itu, dikutip dari Kapanlagi.com HomeCable HD dari First Media memiliki fitur parental lock. Fitur ini dapat membantu Anda agar bisa membantu Anda untuk membantu tontonan anak.

Kekurangan First Media

Berikut beberapa kekurangan First Media yang perlu Anda ketahui:

  • Area Jangkauan Terbatas

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh First Media adalah memiliki jangkauan yang cukup terbatas. Area jangkauan fiber optik yang dimiliki Firs Media ini hanya bisa didapati di kota besar. Jika Anda berada jauh dari kota besar, lokasi Anda akan lebih sulit untuk dijangkau menggunakan fiber optik.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh First Media adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal. Namun, meskipun lebih mahal, tapi First Media memiliki kualitas yang sangat baik. Tidak hanya itu, jika Anda menggunakan full fiber, maka harga yang ditawarkan juga menjadi lebih mahal.

  • Rasio Download dan Upload Relatif Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh First Media adalah memiliki rasio download dan upload yang relatif kecil. Rasio download dan upload First Media hanya sebesar 2Mbps saja. Namun, jika pengguna jarang mengunggah video atau data lain dalam jumlah yang besar, maka hal ini tidak akan menjadi masalah.

Kelebihan First MediaKekurangan First Media
- Layanan customer service lebih responsif- Area jangkauan terbatas
- Tayangan yang ditampilkan telah full HD- Harga relatif lebih mahal
- Selalu komitmen terhadap pelanggan- Rasio download dan upload relatif kecil

Pilih Mana: Indihome atau First Media?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Indihome dan First Media. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

IndihomeFirst Media
- Kadang tidak komitmen- Lebih komitmen terhadap pelanggan
- Pelayanan kurang responsif- Pelayanan lebih responsif
- Ada kemungkinan bandwith membuat banyak pengeluaran- Rasio download dan upload relatif kecil

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Indihome dan First Media di atas, dapat kita lihat bahwa keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan Anda untuk menggunakan First Media karena memiliki jaringan yang stabil dan paket yang ditawarkan sesuai dengan apa yang akan Anda dapatkan nantinya. Dengan demikian, Anda tidak akan menghabiskan waktu untuk komplain masalah komitmen.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Indihome vs First Media

VS

Leave a Reply