HomeLayanan

Pilih Mana: Indovision atau TransVision?

Di zaman saat ini kebutuhan TV kabel atau TV satelit saat ini sedang sangat berkembanga pesat dan menjadi kebutuhan tersendiri bagi banyak orang. Banyaknya tempat yang bisa Anda pilih untuk memasang TV satelit berlangganan kedua diantaranya adalah Indovision dan Transvision.

Indovision dan Transvision merupakan merk atau suatu brand yang terkenal dengan TV satelit berlangganan dan menjadi banyak pilihan masyarakat Indonesia saat ini. Namun, pastikan Anda dapat mengetahui dengan jelas mengenai kelebihan dan kekurangan TV kabel satelit tersebut.

Anda berada pada tempat yang tepat, karena kami akan membahas mengenai Indovision dan Transvision. Selamat membaca.

Indovision atau Transvision

Indovision

Indovision adalah merupakan sebuah stasiun televisi satelit berlangganan yang diselenggarakan oleh PT MNC Sky Vision (sebelumnya bernama PT Matahari Lintas Cakrawala). Baca juga Pilih Mana: Indovision atau IndiHome?

Perusahaan yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1988 ini memulai memasarkan produk jasanya pada awal tahun 1994 dan bertanggung jawab atas pemasaran program pengelolaan serta pelayanan kepada pelanggan.

Pada mulanya Indovision menggunakan jasa Satelit Palapa C-2 untuk menggunakan transponder dan sistem broadcasting serta menggunakan analog dengan frekuensi C-Band. Namun, kemudian di rancanglah proyek pembuatan dan peluncuran satelit Indostar-1.

Tetapi sekarang telah menggunakan satelit Indostar 1 atau yang lebih dikenal dengan satelit Cakrawarta 1 yang menggunakan frekuensi S-Band yang lebih tahan terhadap cuaca buruk dan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Kelebihan Indovision

  • Pilihan channel anak terlengkap
    Menghadirkan saluran anak terlengkap,mulai kategori anak umur 0-15 tahun. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir akan kurangnya tayangan khusus anak yang mendidik. Ditayangkan Non Stop 24 jam. Tahan cuaca juga menjadi kelebihan dari Indovision menggunakan frekuensi S-Band melalui Satelit Indostar 2 milik sendiri, frekuensi S-Band mempunyai daya tahan terhadap cuaca yang tinggi,dengan kualitas tinggi diatas KU-Band dan C-Band.
  • Dukungan lebih dari 100 kantor cabang
    Didukung oleh 100 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia hingga di tingkat kabupaten untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan kepuasan layanan tayangan, juga sebagai pelopor yang melayani pemirsa TV berbayar di Indonesia sudah lama menjadikan Indovision pilihan yang tepat dan terpercaya bagi keluarga Indonesia.
  • Semua peralatan dipinjamkan gratis selama berlangganan
    Dari Parabola,kabel,decoder sampai dengan remote dan jika ada kerusakan pun diganti gratis selama berlangganan. Sehingga pelanggan tidak perlu beli alat dan hanya perlu bayar iuran bulanan saja.

Kekurangan Indovision

  • Paket harga basic mahal dan ditambah pajak
    Kekurangan yang pertama pada Indovision ini yaitu harga paket basic yang cukup mahal dan juga harga tersebut belum termasuk pajak, Namun dengan harga yang cukup mahal channel yang ditawarkan cukup beragam dan banyak.
  • Setiap bulan mengalami perubahaan tagihan
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada Indovision yaitu beberapa pelanggan mengeluhkan bahwa setiap bulan saat ingin melakukan pembayaran harga mengalami perubahan. Hal ini lah yang membuat pelanggan banyak yang kecewa.

Indovision atau Transvision

  • Sering terjadi eror
    Kekurangan yang terakhir adalah Indovision sering terjadi eror, oleh sebab itu jika hal ini juga terjadi terhadap Anda pastikan Anda untuk mengkonfirmasi ke pihak Indovision terdekat di daerah rumah Anda.

Transvision

Transvision (sebelumnya diketahui sebagai TelkomVision dan YesTV) merupakan perusahaan Trans Media, Trans Corp dan Telkom Indonesia yang bergerak di bidang layanan TV berlangganan dengan kantor pusat yang berada di Jakarta, Indonesia.

Transvision didirikan pada tanggal 7 Mei 1997 dengan nama TelkomVision dan layanan hingga tahun 2008 sudah mengalami beberapa kali perubahan baik dari susunan pengurus perseroan maupun kepemilikan saham.

Perubahan tersebut terjadi seiring dinamika dan regulasi bisnis yang berkembang sangat cepat sehingga perusahaan perlu melakukan penyesuaian untuk menyambut bisnis multimedia pada masa mendatang.

Transvision dalam perkembangan bisnisnya meluncurkan produk unggulannya, yaitu YesTV, TV berbayar dengan 2 metode pembayaran yakni layanan prabayar dengan sistem voucher dan layanan dengan sistem berlangganan atau berbayar bulana

Kelebihan Transvision

  • Menggunakan dekoder terbaru
    Transvision Internet TV menggunakan dekoder terbaru Android TV OS Oreo, dimana pelanggan dapat menjadikan TV biasa sebagai Smart TV serta memberi akses hiburan terkini dengan berbagai pilihan pre-installed aplikasi menarik yang telah tersedia dan dapat langsung digunakan.
  • Pilihan channel yang lengkap
    Sama halnya dengan Indovision. Transvision juga memiliki channel yang cukup lengkap. Bahkan untuk anak juga tersedia banyak channel. Jangan khawatir untuk channel anak yang kurang ada, karena pada Transvision lengkap berbagai channel anak yang dikembangakan.
  • Mengadopsi teknologi adaptive bitrate
    Transvision mengadopsi teknologi adaptive bitrate, di mana hanya dengan menggunakan internet minimal 2 Mbps pelanggan dapat menikmati berbagai layanan interaktif Transvision. Pelanggan secara fleksibel dapat menggunakan koneksi internet dari provider manapun untuk menjalankan dekoder tersebut.

Kekurangan Transvision

  • Saluran sering terjadi tidak terkoneksi
    Kekurangan yang pertama dari Transvision ini adalah yaitu banyaknya review yang mengatakan bahwa saluran dari Transvision jika terjadi hujan tidak akan bisa menonton TV dengan baik. Apalagi hujan lebat TV tidak akan terkoneksi dengan baik.

Indovision atau Transvision

  • Gambar masih kurang jernih
    Kekurangan lainnya adalah gambar masih kurang jernih apabila dibandingkan pesaingnya. Mungkin bisa dimaklumi karena faktor usia satelit yang sudah tua. Selain itu semenjak berganti nama jadi Transvision, paket prabayar dihapus padahal saat masih bernama TelkomVision sistem prabayar ini jadi andalan utama dalam merebut hati penonton.
  • Terdapat denda jika pencabutan kurang dari 1 tahun
    Sering terjadi pinalti jika di berbagai tempat yang menyediakan TV berlangganan. Sama hal dengan Transvision ini banyaknya review yang ada mengatakan bahwa adanya denda kurang dari 1 tahun pemakaian.

Tips Memilih TV Kabel

1. Kenali merk TV berbayar
Pertama, usahakan cari data sebanyak-banyaknya mengenai TV kabel yang Anda pilih. Mulai dari forum, teman atau kerabat yang sempat menggunakan, dan lain sebagainya. Karena, untuk yang sudah memakai TV Kabel dan puas terhadap layanan yang diberikan, biasanya mereka tidak segan- segan untuk merekomendasikan TV yang mereka gunakan pada orang lain.

2. Pastikan bahwa layanan tersebut resmi
Anda wajib benar-benar memastikan bahwa layanan yang akan digunakan merupakan layanan resmi dan terdaftar sebab saat ini banyak sekali penawaran-penawaran langganan televisi satelit dengan harga amat ekonomis.

Apabila ditawari langganan TV satelit dengan puluhan kanal namun dengan berkisar Rp 50.000 per bulan, maka perlu curiga. Bisa jadi ini merupakan layanan ‘abal-abal’ yang kualitasnya tidak terjamin.

3. Kualitas sinyal
Percuma jika membeli paket layanan TV berbayar tetapi pada akhirnya hanya dapat gigit jari karena layar yang banyak “semut”. Sebaiknya tanyakan pada tetangga sekitar yang juga berlangganan TV berbayar tentang kualitas sinyal TV berbayar yang mereka gunakan.

4. Teliti paket yang ditawarkan
Jangan malu bertanya tentang channel apa saja yang disediakan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Pilihlah paket yang benar-benar akan ditonton Anda dan keluarga di rumah. Jika Anda mempunyai anak yang belum cukup umur, hingga Anda perlu memastikan adanya saluran edukatif dan saluran khusus anak.

5. Pelajari syarat dan ketentuan yang berlaku
Setelah Anda percaya untuk mulai berlangganan TV kabel, hal terakhir yang patut Anda pelajari dengan seksama merupakan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jangan hanya mendengar penjelasan dari SPG atau SPB yang sedang bertugas. Lihat ulang seluruh syarat ketentuan yang berlaku tersebut pada bagian belakang formulir pendaftaran.
KeteranganIndovisionTransvision
MerkIndovision Transvision
Tahun BerdiriTahun 1994 Tahun 1997
LayananTV berlanggananTV berlangganan

Pilih Mana: Indovision atau Transvision?

IndovisionTransvision
Kelebihan- Pilihan channel anak terlengkap - Dukungan lebih dari 100 kantor cabang - Semua peralatan dipinjamkan gratis selama berlangganan - Menggunakan dekoder terbaru - Pilihan channel yang lengkap - Mengadopsi teknologi adaptive bitrate
Kekurangan- Paket harga basic mahal dan ditambah pajak - Setiap bulan mengalami perubahaan tagihan - Sering terjadi eror - Saluran sering terjadi tidak terkoneksi - Gambar masih kurang jernih - Terdapat denda jika pencabutan kurang dari 1 tahun

Kesimpulan

Mengenai TV kabel atau TV satelit seperti Indovision dan Transvision keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaannya juga harus Anda survei terlebih dahulu, karena belum tentu bagus di orang akan bagus juga di Anda. jadi ada baiknya Anda mengikuti tips sebelum memilih TV berlangganan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Indovision vs Transvision

VS

Leave a Reply