Smartphone

Pilih Mana: Infinix atau Xiaomi?

Meskipun spesifikasi tidak menunjukkan kinerja smartphone sehari-hari, tetapi spesifikasi teknis yang dibawa oleh ponsel jelas akan menggambarkan seberapa baik ponsel dapat melakukan tugas atau menjalankan aplikasi.

Infinix

Dikutip dari Okezone.com, Infinix merupakan pabrikan smartphone besutan Negara Hong Kong. Tipe Infinix Zero 4 membawa layar berukuran 5,5 inci yang dapat dikategorikan sebagai phablet. Layarnya berteknologi IPS dengan resolusi full HD. Selain itu, smartphone Infinix unggul dengan memberikan perlindungan layar ekstra dari Gorilla Glass 3. Baca juga Pilih Mana: MIUI 7 atau MIUI 8?

Kelebihan Infinix yang bisa Anda ketahui:

1. Desain cantik dan menarik
Kedua ponsel ini tidak terlalu istimewa dalam hal desain, tetapi tidak dapat disangkal Infinix lebih cantik dengan champered metal di bagian belakang. Sementara Xiaomi mengusung desain belakang dari material metal, namun tidak semuanya metal karena ada dua potong plastik di bagian atas dan bawah. Infinix juga mengusung desain yang terlihat lebih menarik.

2. Kamera unggul
Walaupun keduanya memiliki resolusi kamera depan yang sama, namun pada kamera belakang Infinix tertanam resolusi kamera lebih besar mencapai 16 MP. Sedangkan Xioami membenamkan kamera 13 MP untuk kamera belakangnya.

Kekurangan Infinix yang bisa Anda ketahui:

1. Tidak cocok digunakan untuk bermain game
Xiaomi menyediakan chipset Snapdragon 625 yang kuat, sementara Mediatek MT6752 yang dimiliki oleh Infinix terasa sangat lemah dan kurang laku. Bahkan ponsel Infinix juga tidak cocok digunakan untuk bermain game HD yang cukup berat karena masih menggunakan GPU Mali-720MP4.

2. OS dan antarmuka kurang menarik
Xiaomi mengusung MIUI versi 8 berbasis Android Marshmallow 6.0.1. Namun, Xiaomi kini telah dapat diupdate MIUI 9 berdasarkan 7.1.2 Nougat. Sementara Infinix mengusung sistem operasi yang disebut XOS UI 2.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow. Sehingga MIUI memiliki penggemar dan dukungan yang lebih baik dan lebih luas dari XOS’s.

Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu pabrikan smartphone dari Negara China. Tipe Xiaomi Redmi Note 4 mengusung layar sama seperti Infinix, yakni 5.5 inci yang dilengkapi dengan resolusi full HD (1920 X 1080 piksel), sehingga kerapatan layar pada ponsel menengah ini mencapai ~ 401 ppi. Layarnya sendiri tipe IPS mampu menampilkan 16 juta warna. Desain 2,5 pada layar Xiaomi memberikan kesan yang indah kekininian.

Kelebihan Xiaomi yang bisa Anda ketahui:

1. Prosesor tangguh
Xiaomi mempercayai Chipset MSM8953 Snapdragon 625 buatan Qualcomm yang diklaim cukup tangguh dalam menjalankan berbagai aktivitas namun tetap efisien dalam penggunaan daya. Sementara Infinix masih menyediakan chipset Mediatek MT6753 Octa-core 1,3 GHz dan GPU Mali-T720MP4.

2. Dua varian RAM besar
Xiaomi memiliki dua varian untuk kapasitas penyimpanan internal dan RAM, yakni RAM 3 GB untuk penyimpanan internal 32 GB dan RAM 4 GB untuk penyimpanan internal 64 GB. Dan jika Anda merasa kurang, Anda bisa menambahkan micro SD hingga 256 GB. Sementara Infinix hanya memiliki satu varian dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB.

Kekurangan Xiaomi yang bisa Anda ketahui:

1. Slot Hybrid
Meskipun memiliki RAM dan penyimpanan internal besar, namun sayangnya untuk menambah kapasitas ruang penyimpan melalui microSD. Pengguna Xiaomi harus merelakan salah satu SIM saja, karena Xiaomi mengusung slot SIM Hybrid.

2. Desain standar
Xiaomi menghadirkan berbagai fitur terbaiknya untuk memanjakan para penggunanya. Akan tetapi jika membahas desain, desain Xiaomi tergolong standar, berbeda dengan desain yang dimiliki Infinix.

Pilih Mana: Infinix atau Xiaomi?

InfinixXiaomi
Slot microSD– Bukan Hybrid– Hybrid
Kapasitas baterai– 3200 mAh– 4100 mAh
Pilihan RAM– 2 pilihan RAM besar– Hanya RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB

Kesimpulan:

Keduanya memang mengusung ukuran layar dan resolusi layar yang sama. Namun jika disimpulkan dari performa, RAM dan penyimpanan internal maka Xiaomi tergolong lebih baik dibandingkan Infinix. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Infinix vs Xiaomi

VS

Leave a Reply