GadgetsKameraSmartphone

Pilih Mana: Infinix Note 10 Pro atau Realme 8?

Setiap orang pasti ingin mendambakan handphone terbaik dan berkualitas tinggi, dari segi tampilan hingga fitur-fitur canggih yang menjadi incaran banyak orang. Berbagai spesifikasi handphone dari brand-brand pun bermunculan untuk menarik perhatian para konsumen.

Namun kali ini, ada 2 handphone yang cukup menarik untuk dibahas yaitu, Infinix Note 10 Pro dan Realme 8. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya? Mari kita bahas!

Infinix Note 10 Pro

Diluncurkan secara global pada bulan Juni lalu, Infinix menghadirkan model Infinix Note 10. Dengan menyasar kelas entry-level, smartphone ini dibekali banyak keunggulan dibanding kompetitornya. Tidak main-main, produsen HP asal China ini membekali ponsel buatannya dengan ponsel super lebar! Ya, keunggulan itulah yang dimiliki oleh HP Infinix Note 10. Baca Juga Pilih Mana: Infinix Hot 8 atau Realme C2?

SPESIFIKASI:

  • Layar IPS LCD
  • Resolusi 1080 x 2460 piksel (FHD+)
  • Chipset MediaTek Helio G95
  • CPU Octa-Core (2X2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55
  • GPU Mali-G76
  • Sistem Operasi Android 11, XOS 7.6.

Kelebihan Infinix Note 10 Pro

1. Chipset dan Processornya Jos!
Dengan jargon “Much Faster” Infinix berhasil membuktikannya dengan dukungan chipset MediaTek Helio G96 didukung proses fabrikasi 12nm. Perangkat ini hadirkan untuk mendukung seluruh aktifitas harian khususnya gameplay yang bisa professional dan superior.

Ponsel ini pun menggunakan model CPU Octa-Core yang memiliki 2 inti Arm Cortex-A76 yang kuat dengan clock speed mencapai 2,05 GHz. Selain itu adanya 6 processor dari Cortex-A55 mampu mendukung program hemat daya dengan laju sebesar 2,0 GHz. Anda dapat bermain game dengan ringan tanpa harus merasakan lag ataupun frame yang patah-patah.

2. Konfigurasi Kamera Impresif
Nah buat Anda yang hobi fotografi, spesifikasi kamera dari Infinix Note 10 Pro ini sangatlah cocok. Terdapat lensa primer dengan 64MP yang memiliki bukaan f/1.8 kemudian dilengkapi filter PDAF dan AI (Kecerdasan buatan) siap menampilkan hasil foto dengan ketajaman yang detail.

Lalu ada lensa ultrawide 8MP yang memiliki bukaan f.2.25 yang bisa membantu menangkap gambar agar mendapat cakupan yang lebih luas sampai 120°. dibagian kamera depan berukuran 16MP yang bisa memberikan hasil foto selfie terbaik bahkan saat malam sekalipun karena terdapat lensa flash sehingga bisa mendapatkan gambar yang cerah dan jelas. Apalagi dengan bantuan AI Beauty memberikan hasil foto dengan pewarnaan yang pas.

3. Kapasitas Baterai Besar
Dari segi kapasitas baterai, tidak perlu ditanya lagi. memiliki kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 5.000 mAh. Membuatnya mampu bertahan hingga 49 hari. Infinix Note 10 Pro ini dilengkapi fitur X-Charge 33W yang memungkinkan pengisian hanya selama 5 menit untuk menghidupkan ponsel selama 2 jam. Teknologi ini juga sudah tersertifikasi TUV Rheinland yang bisa membuat pengecasan tetap aman.

4. Dual Speaker Canggih
Nah untuk memberikan pengalaman audio yang memuaskan. Kamu bisa mendapatkan dual speaker yang memiliki suara sinematik yang lebih baik jika dibandingkan dengan DTS. Volumenya yang tinggi membuat Anda merasakan bermain game seakan-akan berada di dalamnya.

5. Layar Lebar dan Masif
Dilihat dari ukurannya, ponsel ini terbilang cukup besar dengan layar lebar yaitu 7.8mm, bahkan luas layarnya hingga 6,96 inch. Selain itu rasio layar ke body-nya hingga 91%. Kemudian panel layarnya juga sudah menggunakan IPS LCD dengan resolusi full HD+ yang dilengkapi laju penyegaran tinggi sekitar 90Hz dengan sampling rate 180Hz. Rasio kontras warnanya juga 1500:1, tenang saja ponsel ini sudah mendapatkan sertifikasi bebas radiasi biru.

Kekurangan Infinix Note 10 Pro

1. Tidak Memiliki Fitur Infra Merah
Fitur infrared memang sudah banyak dipakai pada smartphone untuk beberapa kebutuhan seperti menjalankan ponsel sebagai remote control. Sedangkan pada Infinix Note 10 Pro ini tidak memiliki port infrared.
Sayang sekali padahal sinyal infrared ini bisa untuk pengontrolan perangkat elektronik seperti AC, TV, bahkan juga DVD player. Tetapi hal ini bukanlah fitur urgensi, karena masih ada remote asli pada perangkat tersebut, hanya saja tidak bisa multifungsi.

2. Tidak Memiliki Fitur NFC
Fitur NFC merupakan salah satu fitur yang paling penting karena bisa memudahkan dalam pembayaran tanpa cash. Namun pada seri ini memang belum memiliki NFC dikarenakan Infinix telah mengeluarkan Infinix Note 10 Pro NFC.

3. Proteksi Layar Kurang
Sayangnya Infinix Note 10 Pro belum dilengkapi dengan pelindung layar mumpuni. Padahal jika ponsel tersebut memiliki lapisan gorilla glass maka layarnya tidak akan tergores benda keras seperti batu dan lainnya.

4. Belum Mendukung Pengisian Nirkabel
Kekurangannya yaitu belum mendukung pengisian baterai secara nirkabel. Padahal ada banyak ponsel pintar yang sudah menggunakan teknologi semacam ini untuk memudahkan pengecasan agar tidak memerlukan kabel USB untuk mengecas.

Beli Infinix Note 10 Pro online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Realme 8

Realme 8 resmi diluncurkan pada 7 April 2021 di Indonesia. Ponsel itu turut meluncur bersama dengan Realme 8 Pro. Dibanderol harga RP 3,6 jutaan, apa saja kelebihan yang ditawarkan ponsel ini? Simak penjelasan dibawah!

Lihat juga:  Pilih mana: Redmi Note 9 vs Redmi Note 9 Pro?

SPESIFIKASI:

  • Dimensi: 160.6 x 73.9 x 7.99 mm
  • Berat: 177 gram
  • Material: Kaca di bagian layar, bodi plastik, frame plastik
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Diagonal 6,4 inci, panel Super AMOLED, tingkat kecerahan maksimal sampai 1000 nits, rasio layar ke bodi mencapao 83,3 persen, resolusi 1.080 x 2.400 piksel
  • Sistem operasi: Android 11, Realme UI 2.0 Chipset: MediaTek Helio G95
  • RAM dan memori internal: 8/128 GB
  • Kamera belakang: 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF; 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera depan: 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″, 1.0µm
  • 3,5 mm jack: Ada
  • NFC: Ada
  • USB: USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Pemindai sidik jari di layar, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 5.000 mAh, pengisian daya cepat 30 Watt
  • Warna: Cyber Silver, Cyber Black

Kelebihan Realme 8

1. Desain ramping dan ringan
Didesain ramping sekaligus ringan membuat Realme 8 nyaman untuk digenggam dan dibawa kemana-mana dengan bobot 177 gram saja, sedangkan ketebalannya hanya 7,99 mm. Meggunakan chipset MediaTek Helio G95 Realme 8 menggunakan chipset MediaTek Helio G95.

MediaTek Helio seri G merupakan chipset yang dirancang untuk bermain game di ponsel kelas menengah. Chipset itu ditenagai dua CPU Arm Cortex-A76 2,05 GHz, enam CPU Cortex-A55, dan GPU Arm Mali-g76 MC4 dengan AI Processing Unit (APU). Di Realme 8 versi Indonesia, chipset tersebut disandingkan dengan RAM dan memori internal yang besar, yaitu RAM 8 GB dan memori 128 GB.

2. Baterai jumbo dan fast charging 30 Watt
Dibekali baterai berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh membuat Realme 8 sudah jadi yang terbaik di kelasnya. Menariknya, baterai ponsel ini telah didukung pengisian daya cepat 30 Watt.
Baterai ini diklaim mampu bertahan selama 43 jam jika digunakan untuk menelpon secara nonstop, 23 jam digunakan untuk streaming video, hingga 10 jam digunakan untuk bermain game. Selain itu realme 8 bisa terisi penuh sampai 100 persen hanya dalam waktu 65 menit saja.

3. Memiliki Fitur NFC
Sama seperti di Realme 8 Pro, Realme 8 juga dibekali fitur NFC. Fitur NFC memungkinkan pengguna Realme 8 untuk mengecek saldo eMoney (uang elektronik) hingga mengisi saldo eMoney langsung di perangkat.
Layar AMOLED, dengan sidik jari di permukaan layar.

Realme 8 Pro sudah menggunakan layar berpanel Super AMOLED 6,4 inci (1.080 x 2.400 piksel) dengan touch sampling rate 180Hz dan tingkat kecerahan hingga 1.000 nits. Di sisi lain kelebihan layar AMOLED adalah dapat digunakan sebagai pemindai sidik jari di layar (in-display fingerprint scanner). Nah, fitur pemindai sidik jari ini juga disematkan di layar Realme 8.

Kekurangan Realme 8

1. Bodi belakang mencolok
Bodi belakang Realme 8 terlalu tampil mencolok. Itu terlihat dengan adanya tulisan “DARE TO LEAP” berukuran besar yang melintang secara horizontal. Andai saja tulisan itu bisa lebih kecil, atau mungkin dihilangkan, desain Realme 8 bisa lebih menarik. Apalagi bodi belakangnya sudah tampil dengan finishing glossy (mengkilat) yang dilengkapi bingkai kamera berbentuk persegi di pojok kiri atas.

2. Refresh rate masih 60 Hz
Walaupun sudah menggunakan panel layar AMOLED, ternyata refresh rate layar di Realme 8 masih 60 Hz. Padahal, ponsel lain di kisaran harga Rp 3 jutaan saja sudah menggunakan refresh rate 90 Hz.

3. Material bodi masih plastik
Meski tampilannya sudah mengkilat, ternyata material bodi yang digunakan Realme 8 bukan kaca, melainkan plastik. Ini tentu patut disayangkan. Dengan banderol harga Rp 3,6 jutaan, Realme 8 bisa saja menggunakan material kaca untuk bodinya.

Beli Realme 8 online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: Infinix Note 10 Pro atau Realme 8?

Keterangan Infinix Note 10 ProRealme 8
Kelebihan - Chipset dan Processornya Jos! - Konfigurasi Kamera Impresif - Kapasitas Baterai Besar - Dual Speaker Canggih - Layar Lebar dan Masif- Desain ramping dan ringan - Baterai jumbo dan fast charging 30 Watt - Memiliki Fitur NFC
Kekurangan - Tidak Memiliki Fitur Infra Merah - Tidak Memiliki Fitur NFC - Proteksi Layar Kurang - Belum Mendukung Pengisian Nirkabel- Bodi belakang mencolok - Refresh rate masih 60 Hz - Material bodi masih plastik pengisian cepat
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

KESIMPULAN

Nah, demikianlah kelebihan dan kekurangan Infinix Note 10 Pro dan Realme 8 dari segi spesifikasinya. Kedua ponsel itu punya beberapa kelebihan, di antaranya chipset-nya yang memang dirancang untuk bermain game, baterai besar, adanya fitur pengisian daya cepat, desain ramping dan ringan serta fitur NFC. Menurut Anda mana yang lebih menarik?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Infinix Note 10 Pro atau Realme 8

VS