Pilih Mana: Intel atau AMD?

Loading...

Saat ini prosesor menjadi sebuah komponen yang teramat penting yang harus ada di sebuah perangkat berbasis teknologi. Prosesor merupakan sebuah otak yang diperuntukkan untuk sebuah komputer, laptop hingga smartphone. Dua prosesor yang paling terkenal yakni Intel dan AMD akan kami bahas pada hari ini. Lantas jika keduanya dibandingkan kira-kira bagus mana Intel atau AMD? Mari kita intip kelebihan dan kekurangan keduanya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Intel dan AMD
– Kelebihan & kekurangan Intel dan AMD

Intel
Gordon Moore, Robert Noyce dan Andy Grove merupakan tiga orang penggagas yang pertama kali menjalankan bisnis Intel (INTegrated Electronics) pada tahun 1968. Sampai saat ini Intel telah memproduksi banyak varian dan jenis prosesor yang terkenal dengan kehebatan. Maka tidak heran jika Intel menjadi salah satu pemasok prosesor terbesar di dunia.

Kelebihan Intel yang bisa Anda ketahui:

1. Tidak mudah panas
Saat laptop atau komputer bekerja dalam waktu yang cukup lama, maka kemungkinan perangkat tersebut akan terasa panas. Namun jika perangkat tersebut telah menggunakan Intel, maka masalah tersebut bisa diatasinya. Hal ini dikarenakan prosesor Intel telah dirancang untuk dapat mengatur suhu atau temperature pada saat laptop atau komputer sedang bekerja. Sebuah tekanan suhu dari sebuah perangkat akan segera diredam oleh Intel.

2. Tidak mengeluarkan suara yang berlebihan ketika prosesor bekerja
Intel tidak mengeluarkan suara yang berlebihan ketika prosesor bekerja. Hal ini dikarenakan Intel memasang teknologi heatsink yang diklaim mampu menghilang suara bising yang biasanya selalu keluar ketika sebuah prosesor bekerja.

Kekurangan Intel yang bisa Anda ketahui:

Loading...

1. Biaya yang tergolong mahal
Umumnya, Intel memiliki harga pasar yang bisa dikatakan tergolong mahal apabila disandingkan dengan merek lain termasuk AMD. Hal ini mungkin dikarenakan Intel telah memengang reputasi tinggi dan terkenal di pasar dunia saat ini. Dikutip dari Detik.com, meskipun AMD berusaha menyaingi Intel dengan menghadirkan prosesor dengan harga yang lebih terjangkau namun pihak Intel tetap yakin bahwasanya prosesor yang dimiliki Intel jauh lebih baik dan sebanding dengan harganya.

2. Biaya service mahal
Ketika Anda menjatuhkan pilihan pada prosesor Intel, maka pintar-pintarlah dalam menjaga dan merawat laptop agar tidak sampi rusak. Ketika laptop tersebut rusak apalagi pada prosesornya maka Anda harus bersiap mendengar biaya yang cukup mahal saat ingin men-servoce laptop tersebut.

AMD
Advanced Micro Devices, Inc atau lebih dikenal dengan AMD merupakan sebuah perusahaan semikonduktor internasional yang berbasis di California, Amerika Serikat tepatnya di Sunnyvale.

Kelebihan AMD yang bisa Anda ketahui:

1. Harga lebih murah
Ini merupakan salah satu kelebihan dari AMD. Apabila Anda merupakan seorang gamer yang tidak memiliki dana yang cukup, maka AMD bisa menjadi prosesor dengan harga terjangkau yang bisa disejajarkan dengan Intel.

2. Unggul dari segi grafis
Kualitas grafis milik AMD jauh lebih unggul ketimbang Intel, bahkan AMD sangat bagus dan cocok untuk menemani penggunanya saat bermain game. Namun, AMD tidak disarankan untuk Anda yang berprofesi sebagai youtuber atau tukang render.

Kekurangan AMD yang bisa Anda ketahui:

1. Lebih cepat panas saat bekerja
Saat sedang bekerja, perangkat yang menggunakan AMD akan terasa lebih sering mengeluarkan panas. Hal ini dikarenakan AMD masih menggunakan kipas (fan) sebagai komponen pendinginnya.

2. Kalah dalam popularitas
Hal ini dapat dilihat dari lebih banyaknya pengguna Intel dibandingkan dengan pengguna AMD. Merek AMD memang belum begitu terkenal apalagi bagi masyarakat awam.

Pilih Mana: Intel atau AMD?

IntelAMD
Harga– Cenderung lebih mahal– Tergolong murah
Komponen pendingin– Menggunakan heatsink– Masih menggunakan kipas (fan)
Popularitas– Lebih terkenal di pasar dunia– Belum cukup terkenal

Kesimpulan
Dengan demikian dapat disimpulkan, Intel jelas lebih unggul dalam banyak hal terutama popularitasnya yang mendunia. Jadi tidak heran jika Intel dibanderol dengan harga mahal. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Intel vs AMD

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *