Finance

Pilih Mana: Investasi Tanah atau Emas?

Seperti yang Anda telah ketahui dan yang telah kami uraikan pada artikel sebelumnya, begitu banyak cara untuk berinvestasi. Bentuk investasi yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mendapatkan peluang keuntungan di masa mendatang. Jika Anda dihadapkan dengan dua jenis investasi maka pilih mana: investasi tanah dan emas? Memang benar setiap bentuk investasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Hukum ini berlaku untuk semua jenis investasi temasuk tanah dan emas.

Tentang investasi

Investasi itu sendiri dapat dipahami sebagai kegiatan yang terkait dengan harapan untuk dapat memperoleh manfaat dan keuntungan di masa mendatang. Menurut survei, orang-orang kaya di Indonesia lebih memilih investasi properti, termasuk tanah, dibandingkan dengan bentuk-bentuk investasi lainnya. Namun ada juga sebagian orang yang memilih berinvestasi dengan emas karena alasan tidak begitu banyak mengeluarkan modal untuk membelinya. Baca Juga: Pilih Mana: Investasi Properti atau Emas?

Investasi Tanah

Orang dulu yang memiliki rezeki pasti dibelikan tanah, inilah sebabnya investasi tanah disebut cara investasi paling kuno. Tanah tersebut bisa berupa tanah sawah, ladang, pekarangan, atau lain sebagainya. Investasi tanah tidak diragukan lagi merupakan salah satu instrumen investasi terbaik. Dengan teknik yang tepat, investasi tanah dapat memberikan keuntungan yang sangat besar.

Keuntungan Investasi Tanah

1. Harga tanah selalu naik
Kunci dari berinvestasi tanah adalah sabar, karena saat Anda membeli tanah butuh beberapa tahun untuk meningkatkan harga jualnya. Setiap tahun, harga tanah selalu naik. Luas tanah tidak pernah bertambah sementara kebutuhan akan tanah selalu meningkat. Inilah yang sering diamati oleh sebagian orang sebagai peluang investasi yang menguntungkan di masa depan. Apalagi jika Anda memiliki tanah di area yang strategis. Ini akan sangat menguntungkan Anda nantinya.

2. Sebagai jaminan
Hampir semua lembaga keuangan, bahkan perorangan bersedia menerima tanah sebagai jaminan.

3. Tidak perlu perawatan
Investasi tanah tidak seperti rumah yang mengharuskan Anda untuk membayar biaya perawatan.

4. Tingkat risiko
Menurut pakar investasi, risiko investasi tanah sudah dikunci oleh harga tanah itu sendiri sehingga dapat dikatakan memiliki risiko hampir 0%. Jika Anda harus menjualnya, maka harganya tidak akan tergerus. Selain itu tanah juga bukan obyek yang mudah dicuri atau diganti hak kepemilikannya, sehingga memiliki aset tanah akan lebih aman dan terjaga.

Kekurangan Investasi Tanah

1. Modal relatif besar
Bagi sebagian orang, membeli tanah membutuhkan modal yang relatif besar. Sehingga untuk investor yang tidak begitu memiliki banyak dana untuk membeli tanah, emas bisa menjadi investasi alternatifnya.

2. Kurang Cair
Ketika Anda ingin menjualnya, investasi tanah membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan pembeli yang sesuai dengan harga tanah. Berbeda dengan emas, yang bisa Anda jual kembali tanpa harus menunggu waktu yang lama.

3. Biaya tambahan selama transaksi
Dalam penjualan dan pembelian tanah transaksi juga diperlukan biaya tambahan, seperti biaya pajak. Dan biaya prosedur jual beli tanah.

Investasi Emas

Menurut BanjarmasinPost, sudah bukan rahasia lagi jika emas menjadi salah satu bentuk investasi yang paling populer dan banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat. Harga emas yang terbilang stabil dan cenderung mengalami peningkatan menjadi salah satu alasan utamanya.

Kelebihan Emas

1. Tidak tergerus inflasi
Harga emas tidak terkikis oleh inflasi. Bahkan emas adalah alat untuk menyimpan kekayaan. Harga emas tidak menurun untuk waktu yang lama. Jika disimpan dalam waktu dua tahun, investasi emas telah memberikan keuntungan besar bagi investornya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Saham atau Forex?

2. Harga universal di seluruh dunia
Bisa dikatakan harga emas sama di seluruh dunia. Oleh karena itu emas dikatakan sangat cair. Anda tidak akan kesulitan menjualnya bahkan emas akan laku jika dijual di negara manapun.

3. Bebas pajak
Berbeda dengan properti atau tanah, emas bebas pajak. Baik ketika transaksi maupun untuk penyimpanan. Sehingga pemilik emas tidak diharuskan untuk mengeluarkan pajak pada negara.

4. Dapat digunakan sebagai jaminan
Emas dikenal sebagai barang jaminan dan tempat menggadaikan emas tersebut umumnya di Pegadaian. Jadi jika sewaktu-waktu membutuhkan dana segar, Anda bisa menggadaikannya.

5. Modal relatif kecil
Untuk membeli emas, juga tidak perlu modal besar, sehingga hampir semua orang bisa membeli emas untuk berinvestasi.

Kekurangan Investasi Emas

1. Tidak ada pengaruh
Emas tidak bisa menjadi penghasilan pasif. Seperti diketahui, jika investasi tanah dapat memberikan penghasilan tambahan, yaitu dengan menyewakannya, investasi emas cenderung diam dan sulit memperoleh pendapatan pasif dari sana.

2. Kenaikan harga lambat
Jika kondisi ekonomi stabil maka kenaikan harga emas akan cenderung melambat. Selain itu Anda tidak memiliki kendali dalam menentukan harga, lain halnya dengan investasi tanah pemilik juga dapat menentukan harga sesuai pasaran lokasi tersebut.

3. Investasi jangka panjang
Keuntungan investasi emas baru dapat dirasakan jika dibiarkan dalam jangka panjang minimal 2 tahun ke atas.

4. Risiko
Emas merupakan benda yang mudah dibawa, sehingga risiko kehilangan emas juga tinggi. Oleh sebab itu, jika emas yang dimiliki berjumlah banyak maka emas membutuhkan tempat yang aman untuk menyimpannya, Cara paling aman untuk menyimpan emas adalah dengan menyewa safety box di bank.

Investasi TanahInvestasi Emas
- Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk berinvestasi- Modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi tidak terlalu besar
- Selain nilai jual yang tinggi juga memberikan penghasilan tambahan jika tanah disewakan- Keuntungan berdasarkan nilai jual yang tinggi saja, tidak memberikan penghasilan tambahan
- Proses transaksi jual beli biasanya akan dikenakan biaya tambahan dan pajak kepemilikan- Transaki jual beli tidak dikenakan biaya tambahan dan pajak kepemilikan
- Sifatnya yang tidak mudah dipindahtangankan membuat investasi tanah minim resiko kejahatan- Sifatnya yang mudah dipindahtangankan membuat investasi emas rentan terhadap resiko kejahatan
- Sertifikat tanah dapat digadaikan sebagai jaminan untuk kebutuhan yang mendesak- Anda dapat menggadai emas untuk kebutuhan yang mendesak

Kesimpulan

Dengan kelebihan dan kekurangan yang kami uraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa semua jenis investasi tergantung dengan kebutuhan Anda sendiri. Apabila Anda yakin bahwa keuangan bukanlah hal yang bermasalah dalam periode investasi maka investasi tanah bisa menjadi pilihan terbaik. Akan tetapi sebaliknya jika Anda sadar akan ada kemungkinan membutuhkan dana segar kapan saja selama periode transaksi maka investasi emas bisa jadi solusi untuk Anda memulai berinvestasi. Namun tetap perhatikan kelebihan dan kekurangan salah satu yang Anda pilih sehingga dapat menghindari risiko yang tidak diinginkan di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Investasi Tanah vs Emas

VS

Leave a Reply