Lainnya

Pilih Mana: iOS 9 atau 10?

Apple telah meluncurkan iOS 10 untuk pengguna iPad, iPhone, dan iPod Touch. Apabila Anda tertarik untuk meng-upgrade-nya, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diketahui yakni bagus mana iOS 9 dan 10? Sebelum Anda dapat menentukan pilihan harus tetap menggunakan iOS 9 atau meng-upgrade-nya ke iOS 10. Berikut kelebihan dan kekurangan di antara keduanya yang perlu Anda ketahui.

iOS merupakan sebuah sistem operasi perangkat yang dikembangkan dan didistribusikan oleh produsen terkemuka Apple Inc. OS ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 untuk perangkat Apple seperti iPhone, iPod Touch dan perangkat Apple lainnya. Baca juga Pilih Mana: Windows 7 atau Windows 10?

Kelebihan iOS 9 yang bisa Anda ketahui:

1. Ada memori ekstra
Dikutip dari MetroTVNews.com, Apple membela diri dengan menyebutkan bahwa gadget dengan iOS 9 akan memiliki memori kosong yang lebih besar karena iOS 9 tidak akan memakan terlalu banyak memori. Dengan begitu, iPhone yang tidak memiliki memori besar akan mendapatkan memori ekstra.

2. Keyboard yang lebih baik
Pengguna iPad akan lebih mudah mengetik dengan fitur QuickType di iOS 9. Sama seperti keyboard di Android atau Windows Mobile, iOS 9 akan menawarkan saran pengetikan dan opsi pelengkapan otomatis di bagian atas keyboard. Selain itu, keyboard pada iOS 9 juga memiliki tombol pintasan seperti memotong, menyalin atau melampirkan file.

Kekurangan iOS 9 yang bisa Anda ketahui:

1. Perangkat menjadi cepat panas
Kekurangan pada iOS 9 ialah masa pakai baterai yang dapat menurun dengan cepat dan pada penggunaan iPhone akan terasa panas ketika penggunanya membuka beberapa aplikasi yang diinginkan. Bahkan beberapa pengguna iPhone tidak dapat membuka kamera.

2. Wifi tidak bekerja optimal
Kekurangan lainnya yakni Wifi pada iOS 9 tidak berfungsi secara optimal. Saran SIRI pun tidak bekerja optimal. Ketika pengguna ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain akan menampilkan layar berwarna hitam.

Kelebihan iOS 10 yang bisa Anda ketahui:

1. Siri yang lebih cerdas
Siri adalah salah satu fitur Apple yang akhirnya membuka Siri untuk pengembang dengan iOS 10. Ini berarti pengguna akan dapat menggunakan kontrol suara untuk melakukan panggilan VoIP, mengirim pesan dengan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp atau bahkan memanggil taksi (Apple mendemonstrasikan ini dengan Uber).

2. Home App lebih baik
Seperti yang kita ketahui di iOS sebelumnya yakni iOS 9, penggunanya masih sulit untuk kembali ke Home. Dan sekarang dengan iOS 10, menepati janjinya untuk menempatkan Home App di sistem pembaruan mereka.

Kekurangan iOS 10 yang bisa Anda ketahui:

1. Press to Unclocknya ribet
Pada iOS 10 untuk masuk ke papan ketik kunci pengguna harus menekan tombol home. Ini tidak cocok untuk pengguna yang malas menekan tombol home karena dikhawatirkan tombol home iPhone akan cepat rusak jika ditekan berkali-kali

2. Berlaku pada iPhone 6s ke atas
Fitur terbaru di iOS 10 canggih, Rise to wake adalah fitur di mana iPhone dalam kondisi display off ketika diangkat maka display akan on tanpa harus menekan tombol apapun. Namun sayangnya fitur ini hanya mendukung untuk prosesor A9 ke atas yakni iPhone 6s ke atas. Ini berarti bahwa iPhone 5, 5c, 5s, 6 dan 6+ menggunakan iOS 10 tidak dapat menggunakan fitur Rise ti Wake.

Pilih Mana: iOS 9 atau 10?

iOS 9iOS 10
Siri– Lebih cepat dan optimal– Tidak bekerja dengan optimal
Fitur– Tidak begitu banyak– Lebih banyak
Maps– Desainnya biasa– Desainnya lebih baik dan menarik

Kesimpulan

Seperti yang diketahui, pembaruan atau peningkatan pada versi yang terbaru ialah menjadi pilihan utama untuk dipilih. Sehingga kami lebih menyarankan untuk meng-upgrade ke iOS 10 yang sudah memiliki fitur dan peningkatan yang lebih baik lagi dari pada iOS 9. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iOS 9 vs 10

VS

Leave a Reply