Aplikasi

Pilih Mana: iOS atau Android?

Kedua platform yang sangat populer di masyarakat saat ini, tidak lain tidak bukan yaitu iOS dan Android. Memang sangat banyak orang yang bilang bahwa iPhone yang memiliki sistem iOS merupakan ponsel terbaik hingga kini, yang dapat dibuktikan ketika Apple mengeluarkan seri terbaru ponselnya begitu banyak orang yang rela mengantri untuk mendapatkannya. Jika dihadapkan dengan dua pilihan, pilih mana: iOS atau Android? Mari simak terlebih dahulu ulasannya di bawah ini.

Platform populer

Dikutip dari Okezone.com, setiap orang yang membeli smartphone, tidak hanya budget saja yang menjadi pertimbangan akan tetapi sistem operasi (OS) yang dibawa pun harus dipilih sesuai kebutuhan. Masing-masing dari iOS dan Android memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga alangkah baiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu apa saja perbedaan di antara keduanya di bawah ini.

iOS

iOS adalah sistem operasi berbasis mobile yang dikembangkan dari perusahaan Apple. Sistem operasi yang dikembangkan ini hanya tersedia di iPhone Mobile yang diproduksi oleh perusahaan Apple. Pada tahun 2007 iOS diluncurkan pada perangkat iPhone dan iPod Touch. Sistem operasi ini bermakna non-komersial, yang berarti iOS tidak dapat diinstal pada perangkat keras non-Apple.

Kelebihan iOS

1. Aplikasi Bawaan yang Baik: Hal ini karena pada aplikasi mail di iOS memungkinkan pengguna untuk menyinkronkan beberapa akun email. Ini juga dapat memungkinkan Anda mengatur kontak VIP dan rangkaian pemberitahuan serta pencarian dengan tipe konten seperti ditandai atau lampiran. Pada iPhone terdapat aplikasi bawaan yang memudahkan Anda menemukan lokasi, aplikasi tersebut bernama Apple Maps, untuk lebih jelas Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya pilih mana: Google Maps atau Apple Maps?

2. Cadangkan dan Pulihkan: Jika Anda pindah ke perangkat iOS baru, Anda dapat menginstal cadangan iCloud dan dijalankan dalam hitungan menit saja.

3. Siri: Ini merupakan asisten pribadi Apple yang memungkinkan pengguna berbicara dengan ponsel mereka dengan cara yang sama seperti Google Voice. Akan tetapi Siri berbeda dengan Google Voice yang harus menekan lama tombol Home saat menggunakannya, dengan Siri Anda dapat menggunakan sepenuhnya tanpa harus menekan lama dan akan terhubung ketika Anda ucapkan “Hey Siri” diikuti kalimat perintah Anda.

4. Keamanan: Apple terus mengontrol ketat dari App Store dengan semua pengiriman diperiksa terlebih dahulu sebelum tersedia umum di store-nya. Ini berarti ada beberapa contoh malware. iOS memungkinkan Anda melihat informasi apapun di aplikasi yang dapat Anda pasang ke perangkat Anda dan memungkinkan pengguna untuk membatasi.

5. Kontrol Privasi Ketat: Kontrol privasi yang lebih ketat telah diperkenalkan di iOS 8. Anda dapat melihat secara pasti aplikasi mana yang memiliki akses ke data lokasi dan umumnya memiliki tiga pilihan ketika menuju ke pencarian. Anda pun dapat menonaktifkan pemberitahuan dan iklan yang mungkin muncul berdasarkan lokasi Anda juga.

Kekurangan iOS

1. Pilihan Perangkat Terbatas & Harga Tinggi : iOS berlisensi oleh Apple, sehingga sangat terbatas untuk beberapa pilihan saja. Dan Anda pun telah mengetahui bahwa harga iPhone terbilang cukup tinggi untuk dimiliki.

2. Sulit Menambah Kapasitas Penyimpan: Ini bisa menjadi hal yang menjengkelkan bagi pengguna yang membutuhkan ruang penyimpan yang besar, karena iOS tidak memiliki kemampuan memperluas penyimpanan fisik. Model 16GB entry-level tidak akan cukup untuk sebagian besar pengguna, sehingga Anda harus membayar untuk model 64GB atau 128GB. Ada sejumlah perangkat di pasar yang terhubung melalui port Lightening untuk menyediakan penyimpanan tambahan tetapi bukan solusi elegan seperti dapat memasukkan kartu MicroSD ke dalam slot.

Android

Dengan dukungan keuangan dari Google, Android kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005 walau awalnya Android adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Android, Inc.,. Sistem operasi pada Android berbasis mobile yang dirancang untuk ponsel layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Sistem operasi ini resmi dirilis pada tahun 2007 dan perangkat keras pertama kali dijual pada bulan Oktober 2008.

Kelebihan Android

1. Pilihan Perangkat & Harga yang Bervariasi: Terdapat ratusan perangkat Android yang bisa dipilih sesuai merek, spesifikasi, dan harga yang sangat bervariasi sehingga Anda dapat membelinya sesuai anggaran dan selera yang diinginkan.

2. Pemberitahuan: Mungkin ini fitur terbaik dari pengenalan tampilan, yang membuat tanda kurang intrusif. Anda dapat melihat dan menanggapi pesan dari layar kunci dan mengatur prioritas pemberitahuan. Saat Anda membuka aplikasi dan Anda menerima panggilan telepon, sebuah pop-up akan muncul sehingga ID penelepon tidak mengambil alih di seluruh layar.

3. Baterai: Banyak perangkat Android kelas atas memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dan ketika dalam opsi hemat baterai, baterai tersebut biasanya berlangsung lebih lama (awet).

4. Penyesuaian: Android dirancang untuk disesuaikan. Banyak opsi untuk “homescreens”, mengubah tema dan memasang widget jika Anda ingin snapshot email atau pesan jejaring sosial. Bahkan jika Anda tidak suka dengan tampilan antarmuka standar atau keyboard, Anda cukup buka aplikasi Google Play Store dan pasang alternatif pihak ketiga. Anda bahkan dapat membuat tampilan Android seperti iOS atau Windows Phone.

5. Google Now (Pencari Suara): Google Now memberikan informasi tentang cuaca, tim olahraga favorit Anda, check-in bandara, atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulang dari kantor. Sementara itu,vVoice memungkinkan Anda untuk mencari ponsel, web, dan lokasi terdekat tanpa perlu Anda mengetik. Anda juga dapat memanggil kontak dan mendapatkan petunjuk dengan mengatakan “Ok Google” diikuti oleh perintah yang Anda butuhkan.

6. Transfer File: Mentransfer file dari Mac atau PC ke ponsel Android dapat dilakukan dengan mudah dan simpel. Yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan perangkat dan itu akan me-mount seperti hard drive sehingga Anda dapat drag dan drop file tersebut dengan mudah.

7. Kemampuan Meningkatkan Penyimpanan: Banyak ponsel Android memiliki dukungan micro SD, yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan ukuran penyimpanan internal perangkat. Bahkan Anda dapat membeli USB OTG dengan konektivitas USB mikro jika perangkat Anda tidak memiliki dukungan micro SD.

Kekurangan Android

1. Keamanan: Android adalah target bagi para hacker karena perangkat ini banyak digunakan secara luas. Kebanyakan aplikasi tidak diperiksa sebelumnya oleh Google sebelum tersedia untuk dibeli di Play Store. Sebaliknya, Google memindai store untuk konten berbahaya, sehingga mudah bagi aplikasi nakal untuk tetap berada di store. Meskipun masalah malware adalah masalah besar, gunakan akal sehat dan hindari aplikasi dari pengembang yang tidak dikenal dan hindari aplikasi yang memiliki peringkat bintang yang rendah (karena bisa jadi itu mengandung malware).

2. Android Run Time (ART) Membutuhkan Ruang: bisa dibilang ART menghabiskan banyak ruang untuk setiap aplikasi. Ini berarti model dengan spesifikasi lebih rendah dengan penyimpanan yang lebih sedikit akan kehabisan ruang saat berhadapan dengan aplikasi ini. Ini karena aplikasi dikompilasi pada instalasi.

iOSAndroid
- Dirilis Apple pada tahun 2007- Dibeli Google pada tahun 2005 dan resmi diirilis pada tahun 2007
- Perangkat iOS dijual dengan rentang harga yang tinggi- Perangkat Android dijual dengan harga yang bervariasi, kelas bawah sampai atas
- Menawarkan assistan pribadi pintar bernama Siri- Menawarkan assistan pribadi pintar bernama Google Now

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda lebih menginginkan fleksibilitas, maka memilih Android bisa jadi jawaban karena Anda dapat melakukan banyak hal dengan mudah. Namun jika Anda ingin kualitas terbaik dan minim masalah maka iOS pilihannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iOS vs Android

VS

Leave a Reply