Smartphone

Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone 11 Pro?

Apple baru saja merilis  tiga model iPhone terbarunya untuk tahun 2019 ini. Masing-masing diberi nama iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Dari ketiga produk terbarunya kali ini kami akan membandingkan antara iPhone 11 atau iPhone 11 Pro lebih lanjut. Untuk melihat perbedaanya dan keunggulan yang ada pada iPhone 11 dan iPhone 11 Pro ini, langsung saja yuk disimak artikel di bawah ini.

iPhone 11

iPhone 11 ini merupakan lini seri yang bakal menjadi penerus iPhone XR, dan menjadi smartphone Apple yang memiliki harga paling terjangkau dari ketiga iPhone 11 yang dirilis.

iPhone 11 akan dilengkapi dengan prosesor A13 buatan Apple, dan dipasangkan dengan RAM 4GB.

iPhone 11 ini tampil dengan kamera depan berkemampuan 12MP dan sensor Face ID, sementara untuk kamera belakangnya hadir dengan pengaturan dua lensa 12MP. Baca juga Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone XS Max?

Dikategori memori internal, iPhone 11 akan hadir dengan varia 64/256/512GB. Sayang, seri ini tidak mendukung aksesoris Apple Pencil. Perusahaan diyakini bakal menjual iPhone 11 ini dikisaran harga Rp 13 jutaan.

Spesifikasi iPhone 11

Desain
Apple memberikan banyak varian warna baru  pada Iphone 11 ini, yaitu yaitu purple, white, green, yellow, black, and red. Sebagian warna ini memang sudah hadir sejak seri iPhone 5c hingga iPhone XR. Namun, Apple membawa warna ungu dan hijau tosca dalam jajaran ponsel terbarunya.

Performa
Peningkatan performa dari seri Iphone lainnya yaitu pertama terjadi dari sisi cipset. Kali ini, iPhone menggunakan cipset A13 Bionik dengan fabrikasi 7 nm. Diklaim sebagai CPU dan GPU tercepat di ponsel pintar.

iPhone 11 juga memiliki IP68 yang menandakan ketahanan air hingga 2 meter dalam waktu 30 menit.

Peningkatan juga berada dari sisi kamera. iPhone 11 dibekali dengan dual kamera 12 MP wide angle dan 12 MP ultra-wide camera yang mendukung 12x optical zoom. Seolah menantang vendor ponsel pintar lain, iPhone teranyar disematkan fitur night mode. Kamera depan kini juga bisa merekam secara slow motion.

Antarmuka kamera juga ditingkatkan, pengguna bisa melihat diluar frame kamera di layar. Sehingga pengguna bisa melihat atau membandingkan hasil foto wide dengan ultra wide.

Untuk kapasitas baterai 3. 110 mAh dan baterai 2942 mAh dan iPhone 11 juga dilengkapi dengan RAM 4 GB.

Kelebihan iPhone 11

  • Memiliki sistem operasi terbaru
    Mungkin tidak perlu dikatakan lagi, tetapi masih perlu diketahui bahwa iPhone 11 memiliki sistem operasi terbaru yang akan menjadikan iPhone tercepat. Kamu dapat merasakan sistem operasi menjadi sangat efisien. Kamu juga bisa memperbarui aplikasi tanpa memiliki Wi-Fi dan Anda juga akan memiliki akses ke transfer file yang lebih cepat dan banyak lagi.
  • Mode pengisian baterai lebih baik
    Selain memiliki kemampuan pengisian yang lebih baik. iPhone 11 akan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Baterai akan bertahan   bahkan tanpa pengisian. Mode baterai rendah bisa membuat fungsi teknologi baterai berjalan lebih maksimal.
  • Lebih banyak pilihan warna
    iPhone telah cukup banyak selalu datang dalam warna yang berbeda tetapi iPhone 11 keluar dalam 10 warna baru termasuk Midnight Green, yang sama sekali baru, dan klasik seperti merah, hitam, perak, dan lain-lain. Tetapi semua warna terbilang baru karena mereka menerima finishing matte. Selain itu, Apple merilis casing yang kokoh. Sehingga kamu benar-benar dapat memamerkan warna cantik iPhone.

Kekurangan iPhone 11

  • Masih memakai konektor lightning
    iPhone 11 masih memakai konektor Lightning, yang lebih rendah dari USB-C baik dalam kecepatan dan kemampuan. Hampir seluruh ponsel saat ini memakai USB-C yang lebih baik dan universal, bahkan iPad Pro serta Macbook milik Apple sendiri.
  • Layar kurang mumpuni
    Layar iPhone 11 adalah LCD 828x1792px 6,1 inci, sama dengan seri sebelumnya yaitu iPhone XR. Pada harga yang ditawarkan itu, konsumen seharusnya bisa mempunyai AMOLED 1440x3120px dengan kecepatan refresh 90Hz.
  • Penyimpanan dasar kurang update
    Penyimpanan dasar yaitu 64GB. Sudah terasa kuno waktu Apple membuat penyimpanan dasar setidaknya 128GB. Ini bukan ponsel murah dan siapapun bisa menemukan perangkat yang harganya separuh namun mempunyai lebih banyak penyimpanan dalam versi dasarnya.

iPhone 11 Pro

Untuk pertama kalinya, Apple menyematkan nama “Pro” pada perangkat smartphone terbarunya. Iphone 11 Pro ini hadir dalam ukuran layar 5.8 inci dengan display Super Retina Display XDR yang punya tingkat kecerahan mencapai 1.200 nit.

Layar pada Iphone 11 Pro ini makin lengkap karena didukung teknologi HDR10 dan Dolby Vision. Apple menjamin bahwa layar ini bisa memperlihatkan warna hitam yang paling silam yang sangat dianjurkan untuk dinikmati dalam Dark Mode.

Spesifikasi iPhone11 Pro

Desain 
Bodi iPhone 11 Pro terbuat dari frame stainless steel dan kaca bertekstur matte di punggung. Pilihan warnanya Midnight Green, Space Grey, Silver, dan Gold.

Kaca yang digunakan diklaim sebagai kaca paling kuat dibandingkan semua produk iPhone sebelumnya.

Untuk desain bagian luar, Apple memberikan sertifikasi IP68 untuk iPhone 11 Pro. Yaitu kemampuan tahan air hingga kedalaman 4 meter selama 30 menit.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 atau Samsung GAlaxy A70?

Membahas tentang teknologi layar,iPhone 11 Pro menggunakan teknologi Super Retina XDR. Teknologi ini mengusung spek kecerahan hingga 1.200 nits, system-wide color management, True Tone, dan contrast ratio 2 juta : 1.

Performa
Kamera iPhone 11 Pro mumpuni, malah lebih baik dari pendahulunya. Jumlah lensanya kini menjadi tiga buah. Sistem kamera utamanya terdiri atas sensor wide standar 12MP, sensor ultra wide-angle 12MP (120 derajat), dan sensor 12MP telefoto.

Kualitas foto, berdasarkan hasil uji beberapa media, terlihat jelas meningkat, khususnya untuk pengambilan gambar low-light. Ini berkat Neural Engine yang dibawa oleh chip terbaru A13 Bionic. Diperkenalkan pula mode “slofie” yang memungkinkan pengguna untuk mengambil video dengan perlambatan hingga 120 fps melalui lensa 12MP TrueDepth miliknya.

iPhone 11 Pro diperkuat oleh otak mutakhir A13 Bionic yang tersusun atas 8,5 miliar transistor lewat proses fabrikasi 7 nm. Untuk konfigurasi storage paling rendah, tersedia pilihan 64GB. Sektor daya tahan menjadi perhatian di mana kali ini Apple dapat bertahan sampai empat jam lebih lama dari iPhone XS.

  • Rentang dinamis yang diperluas dalam stabilisasi video dan sinematik menghasilkan hasil seperti film.
  • Berkat prosesor A13 Bionic-nya, iPhone 11 Pro merupakan smarthphone tercepat yang dapat kalian beli.
  • Pada sekitar 10,5 jam masa pakai baterai, iPhone 11 Pro menawarkan daya tahan yang baik, tetapi iPhone 11 Pro Max bertahan hampir 12 jam dengan pengisian daya.
  • Pengisi daya cepat di dalam kotak berfungsi dengan baik, membuat Anda mencapai 55% dalam 30 menit.

Kelebihan iPhone 11 Pro

  • Punya desain premium
    memiliki desain layar dengan bezel yang sangat tipis. Kemudian, di bagian atas, tepatnya di bagian tengah, terdapat sebuah tempat bagi Apple untuk menaruh kamera depan dan berbagai sensor lainnya. Ada empat warna yang diperkenalkan untuk iPhone 11 Pro, yakni hijau (green), space gray, silver, dan gold. Ya, Apple memperkenalkan warna baru untuk generasi baru ini, yakni hijau.
  • iPhone pertama dengan tiga kamera
    Phone 11 Pro menjadi iPhone pertama yang dibekali dengan tiga kamera utama. Ketiga kamera tersebut memiliki resolusi yang sama, yakni 12 megapiksel. Ketiga kamera ini tentunya memiliki fungsi yang berbeda. Kamera utama memiliki bukaan terbesar, yakni f/1.8 dengan fitur PDAF. Sedangkan kamera kedua punya tugas mengambil gambar dengan sudut super-lebar alias ultrawide dengan sudut 120 derajat. Sedangkan kamera ketiga berfungsi untuk mengambil gambar telefoto.
  • iPhone 11 Pro dilengkapi dengan spesifikasi kelas atas
    iPhone 11 Pro dibekali dengan chipset terbaru Apple, yakni Apple A13 Bionic. Apple sendiri sesumbar, ini merupakan chipset terkencang yang ada di dunia handphone (HP). RAM-nya sendiri sekencang 6 GB dan media penyimpanan berkapasitas 64 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Kekurangan iPhone 11 Pro

  • Harga yang dibandrol cukup tinggi
    Bukan menjadi rahasia umum lagi jika produk Apple selalu dibandrol dengan harga yang tinggi, Apalagi produk rilisan terbarunya iPhone 11 Pro ini dibandrol hampir Rp.20.000.000 atau lebih di Indonesia sendiri.
  • Penyimpanan minimum nya kurang update 
    Apple masih menyediakan kapasitas penyimpanan 64 GB.  smartphone masa kini sangat rakus kapasitas dengan kemampuan kameranya yang bisa menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi akan memakan kapasitas.
  • Desain kamera yang banyak pro kontra
    Karena baru merilis kamera berjumlah tiga dengan posisi yang cukup membuat beberapa orang risih, Karena beberapa orang yang memilki trypophobia akan sedikit berpikir ulang untuk memiliki iPhone 11 Pro ini.

iPhone 11 vs iPhone 11 Pro

Spesifikasi iPhone 11iPhone 11 Pro
Ukuran layar IPS LCD 6,1 inci, 878 x 1.792 piksel, rasio 19,5:9 OLED 5,8 inci, 1.125 x 2.436 piksel, rasio 19,5:9
Prosesor Apple A13 Bionic Apple A13 Bionic
RAM 4 GB 6 GB
Media penyimpanan 64 GB, 128 GB, 256 GB 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kapasitas baterai 3.110 mAh 3.190 mAh
Pilihan warna White, Red, Black, Green, Yellow, Purple Space Gray, Midnight Green, Silver, Gold

Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone 11 Pro?

iPhone 11iPhone 11 Pro
Kelebihan- Memiliki sistem operasi terbaru - Mode pengisian baterai lebih baik - Lebih banyak pilihan warna - Punya desain premium - iPhone pertama dengan tiga kamera - iPhone 11 Pro dilengkapi dengan spesifikasi kelas atas
Kekurangan- Masih memakai konektor lightning - Layar kurang mumpuni - Penyimpanan dasar kurang update - Harga yang dibandrol cukup tinggi  - Penyimpanan minimum nya kurang update  - Desain kamera yang banyak pro kontra

Kesimpulan

Telah kita bahas kedua smartphone terbaru keluaran dari Apple yaitu iPhone 11 dan iPhone 11 Pro pada artikel di atas. Dapat kita tarik kesimpulan bahwa Apple banyak menawarkan fitur terbaru pada produk terbarunya termasuk pada iPhone 11 dan iPhone 11 Pro dimana iPhone 11 tersedia banyak varian warna yang sangat menarik perhatian dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan seri lainnya dan iPhone 11 Pro yang dilengkapi dengan 3 kamera yang kehadirannya cukup menarik perhatian masyarakat dengan spesifikasi kelas atasnya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 11 vs iPhone 11 Pro

VS

Leave a Reply